Tips

7 Alasan Kenapa Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan

Artikel ini membahas tentang “kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan” yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah terkait nomor telepon tidak bisa menerima panggilan. Kamu tentu pernah mengalami hal, dimana kamu melakukan panggilan pada orang lain namun yang terdengar adalah sebuah pesan suara dari operator seluler yang mengatakan bahwa “Nomor yang anda tuju sedang tidak dapat menerima panggilan, silahkan coba beberapa saat kemudian“.

Tak jarang keinginan keinginan kita untuk berbicara dengan orang lain melalui telepon menjadi tertunda karena nomor yang kita tuju tersebut sedang tidak dapat menerima panggilan. Pada saat situasi genting, masalah ini tentu menjadi hal yang meresahkan bagi para pengguna telepon seluler terutama bagi orang yang belum menggunakan media chat online seperti WA, Telegram, Instagram, dll.

Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab dari kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan? Jika kamu penasaran dan ingin mengetahuinya maka jangan di skip! baca isi dari artikel ini sampai tuntas.

Kenapa Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan

Kenapa Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan
kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan/ 3.bp.blogspot.com

Berikut ini ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab dari kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan. Beberapa penyebab yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Jaringan/ sinyal lemah

Jaringan/ sinyal lemah
Jaringan/ sinyal lemah

Nomor yang anda tuju tidak bisa menerima panggilan, bisa jadi disebabkan oleh jaringan atau sinyal yang lemah/ tidak ada layanan pada area dimana orang yang ingin kamu hubungi berada. Namun hal itu tak menutup kemungkinan juga untuk kamu perhatikan, karena ketika akan menghubungi seseorang melalui telepon kamu juga harus memastikan sinyal di HP kamu memadai.

Baca Juga :  25+ Link Penambah View TikTok Gratis, Aman dan Proses Cepat

Cara Mengatasi:

Pastikan sinyal di ponsel kamu bagus. Namun jika sinyalmu ternyata lancar, kemungkinan masalahnya terdapat pada ponsel orang yang ingin kamu hubungi sedang lemah. Jika sudah demikian, maka yang dapat kamu lakukan adalah menunggu sampai sinyal orang yang kamu tuju normal kembali.

  • Panggilan dialihkan

Panggilan dialihkan merupakan suatu keadaan dimana orang yang sedang ingin kita hubungi sedang tidak dapat menerima panggilan atau karena si penerima mungkin mengaktifkan mode pesawat. Saat mode pesawat di hidupkan maka secara otomatis sinyal pada HP akan kosong dan tidak akan bisa menerima panggilan maupun pesan.

Cara Mengatasi:

Silahkan tunggu beberapa saat dan ulangi panggilan kembali dalam rentan waktu tertentu sampai panggilan telepon kamu dapat terhubung.

  • Nomor yang dituju sudah tidak aktif

kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan/ i.ytimg.com

Penyebab kenapa nomor telepon tidak bisa menerima yang berikutnya bisa jadi juga disebabkan karena nomor yang anda tuju tersebut sudah tidak aktif/ sudah tidak digunakan lagi. Nomor yang sudah tidak aktif biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu sengaja mengganti nomor baru atau yang kedua disebabkan oleh masa aktif dari kartu yang sudah habis karena tidak melakukan pengisian pulsa.

Cara Mengatasi:

Sama seperti cara mengatasi pada poin sebelumnya, ketika nomor yang kita hubungi sedang me-nonaktifkan HP nya maka kita tidak dapat berbuat apa-apa selain menunggu sampai orang/ nomor tujuan kita aktif kembali.

  • Nomor telepon sibuk

Nomor telepon sibuk merupakan suatu kondisi dimana nomor yang kamu tuju sedang berada dipanggilan lain/ sedang melakukan obrolan telepon seluler dengan orang lain. Pada situasi seperti ini sudah pasti nomor mereka tidak akan bisa menerima panggilan.

Baca Juga :  7 Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir

Cara Mengatasi:

Ketika nomor telepon yang kita hubungi tidak dapat menerima panggilan karena sedang berada dalam panggilan yang lain, maka yang dapat kamu lakukan adalah menunggu dan melakukan panggilan secara berkala, atau jika terdapat kerabat yang berdekatan dengan orang yang kamu tuju tersebut, maka kamu dapat meminta bantuan pada mereka agar menyampaikan bahwa kamu ingin berbicara.

  • Nomor anda telah di blokir

kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan

Kondisi apabila nomor anda telah di blokir akan menyebabkan anda menjadi tidak bisa melakukan panggilan telepon pada nomor telepon orang yang memblokir nomor telepon anda. Karena itulah muncul pesan suara “nomor yang anda tuju sedang tidak dapat menerima panggilan” setiap kali anda melakukan panggilan telepon.

Cara Mengatasi:

Apabila nomor seseorang saat anda hubungi selalu saja tidak bisa menerima panggilan, ada kemungkinan bahwa nomor anda telah diblokir. Untuk mengetahui pasti apakah nomor anda di blokir atau tidak, anda bisa mencoba menghubungi dengan menggunakan nomor lain. Jika ternyata tetap tidak terhubung juga maka sudah dapat dipastikan bahwa nomor orang tersebut memang sudah tidak aktif lagi.

  • Jaringan telekomunikasi sedang dalam perbaikan

kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan/ cdn1.katadata.co.id

Alasan selanjutnya terkait kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan adalah adanya perbaikan atau pemeliharaan jaringan telekomunikasi yang membuat sinyal menjadi tidak stabil untuk sementara waktu. Pemeliharaan ini biasanya rutin dilakukan untuk memastikan jaringan telekomunikasi tetap berjalan dan tersalurkan dengan lancar kepada masyarakat/ pengguna.

Cara Mengatasi:

Silahkan tunggu sampai perbaikan jaringan selesai ditangani oleh pihak teknisi jaringan telekomunikasi dan lakukan panggilan telepon secara berkala untuk melihat apakah jaringan sudah stabil.

  • Terdapat masalah pada perangkat

Adanya masalah pada perangkat khususnya pada perangkat lunak HP, dapat menyebabkan panggilan telepon anda tidak bisa terhubung pada orang lain. Meski kemungkinannya kecil, namun jika sudah berlangsung dalam jangka waktu yang sudah lama/ setiap hari, maka kemungkinan masalahnya memang terdapat pada bagian itu.

Baca Juga :  9 Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian Yang Wajib Bangat Kamu Coba!

Cara Mengatasi:

Cobalah untuk memulai ulang/ restart HP anda dan pastikan juga HP anda bersih dari sampah. Namun jika tidak kunjung membaik juga silahkan reset ulang HP anda. Ketika sebuah ponsel di reset ulang maka pengaturan nya akan kembali ke pengaturan awal/ pabrik sama seperti saat anda pertama kali menggunakan HP anda atau dengan kata lain Hp anda akan kembali seperti baru. Dengan melakukan reboo Hp, system operasi pada ponsel anda akan dimulai ulang sehingga masalah yang terdapat dalam perangkat lunak HP akan bisa diatasi.

Kesimpulan:

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah terkait kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan. Jika semua cara diatas telah dilakukan namun tak juga membuahkan hasil sementara panggilan telepon anda tidak pernah bisa terhubung pada nomor tujuan mana pun dan sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka solusi terakhirnya adalah membawa ponsel ke orang yang lebih berpengalaman/ tukang servis HP.

Berikut adalah tabel rangkuman mengenai alasan mengapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan

No Penyebab
1 Kartu SIM Tidak Aktif
2 Tidak Ada Sinyal
3 Paket Nelpon/Telpon Habis
4 Pengaturan DND (Do Not Disturb)
5 Masalah Jaringan Operator
6 Pengaturan Blokir
7 Kerusakan pada Ponsel
8 Nomor Salah

Penutup

Kenapa Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan
Kenapa Nomor Telepon Tidak Bisa Menerima Panggilan

Telepon yang tidak terhubung karena nomor yang dituju sedang tidak bisa menerima panggilan merupakan suatu kondisi yang meresahkan dan membuat niat kita untuk mengobrol melalui telepon kepada orang lain menjadi tertunda. Terutama pada saat-saat tertentu ketika kamu memiliki kepentingan yang mendadak dan harus dibicarakan melalui telepon. Oleh karena itu, kami berharap semoga beberapa cara mengatasi masalah terkait “kenapa nomor telepon tidak bisa menerima panggilan” dapat membantu sobat semuanya.

Back to top button