Tips

6 Alasan Kenapa Volume HP Kecil Padahal Volume Full dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu sedang bertanya-tanya Kenapa Volume Hp Kecil Padahal Volume Full? Jika ya, maka kamu akan menemukan jawabannya pada pembahasan berikut ini.

Hp merupakan teknologi yang paling sering digunakan masyarakat untuk berkomunikasi saat ini. Bahkan tidak hanya berkomunikasi, Hp juga digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton video. Dimana kegiatan tersebut merupakan penggunaan Hp yang memerlukan suara.

Namun tidak jarang Hp mengalami masalah yang membuat volume Hp menjadi lebih kecil dari biasanya bahkan mungkin tidak mengeluarkan suara sama sekali. Masalah seperti ini tentu akan mengganggu aktivitas kamu saat menggunakan Hp.

Nah, sebelum mencari solusi mengatasi volume Hp kecil, mari kenali dahulu penyebab kenapa volume Hp kecil padahal volume full.

Penyebab Kenapa Volume Hp Kecil Padahal Volume Full

Kenapa Volume Hp Kecil Padahal Volume Full
Penyebab Kenapa Volume Hp Kecil

Jika volume Hp terdengar lebih kecil dari biasanya padahal sudah di fase paling besar pasti akan membuat pemilik Hp menduga bahwa speaker Hp rusak. Padahal masih banyak kemungkinan lain yang membuat volume Hp menjadi kecil.

Untuk itu, sebelum mengganti speaker dengan yang baru, kamu dapat mengecek kondisi Hp terlebih dahulu. Hal ini akan membantu kamu menemukan penyebab kenapa volume Hp kecil padahal volume full.

Speaker Hp Kotor

Penyebab utama kenapa volume Hp kecil padahal volume full adalah speaker Hp yang kotor. Dengan menumpuk nya debu pada saringan speaker Hp akan membuat getaran suara tidak lancar dan terhambat oleh kotoran tersebut. Untuk itu, Pemilik Hp dapat membersihkan speaker terlebih dahulu dan disarankan menggunakan kuas yang halus.

Baca Juga :  Mode Silent! 4 Cara Mematikan Suara Kamera Instagram

Speaker Kemasukan Air

Selain debu, air yang masuk ke saringan speaker juga dapat menjadi penyebab kenapa volume Hp kecil padahal volume full. Bahkan jika tidak langsung dibersihkan air akan merusak komponen speaker. Kamu bisa bisa mengeluarkan air dengan menepukkan Hp ke tangan atau mengeringkan dengan hair dryer.

Cache Hp yang Menumpuk

Cache Hp yang menumpuk dapat menimbulkan berbagai masalah pada kinerja Hp, salah satunya yaitu suara Hp yang mengecil. Hp tersebut akan melambat dan sulit menyaring suara yang akan dikeluarkan.

Gangguan Sistem Pada Hp

Kadang Kala gangguan sistem pada Hp juga dapat menyebabkan suara speaker HP kecil. Gangguan tersebut bisa terjadi karena Hp yang bekerja terlalu keras atau terlalu lama digunakan sehingga membuat Hp panas.

Masalah Pada Equalizer Hp

Equalizer Hp berfungsi sebagai pengatur volume suara, dimana aplikasi ini dapat memperbesar atau memperkecil suara speaker. Namun, jika bagian ini mengalami gangguan maka akan muncul masalah pada suara speaker.

Speaker Hp Rusak

Kemungkinan yang terakhir penyebab kenapa volume Hp kecil padahal volume full ialah speaker Hp rusak. Hal ini bisa terjadi karena masalah ringan yang tidak langsung diatasi seperti tumpukan kotoran yang tidak langsung dibersihkan atau kemasukan air yang terlalu lama dibiarkan.

Dengan membiarkan air atau kotoran terlalu lama di speaker akan menyebabkan perangkat speaker mengalami karatan sehingga tidak bisa berfungsi dengan maksimal seperti sebelumnya.

Cara Mengatasi Volume Hp Kecil Padahal Volume Full

Kenapa Volume Hp Kecil Padahal Volume Full
Cara Mengatasi Volume Hp Kecil Padahal Volume Full

Apabila sudah mengetahui penyebab kenapa volume Hp kecil padahal volume full, maka kamu sudah dapat memilih cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah kenapa volume Hp kecil padahal volume full.

Baca Juga :  30+ Efek IG Terbaru Untuk Selfie Aesthetic, Lucu dan Kekinian

Bersihkan Speaker

Cara mengatasi  volume Hp yang mengecil bisa dimulai dengan membersihkan speaker Hp terlebih dahulu. Langkah pertama diawali membuka casing Hp agar mempermudah proses selanjutnya. Setelah itu buka perekat speaker dengan hati-hati dan kemudian bersihkan bagian speaker dengan perlahan.

Sebaiknya bersihkan bagian tersebut menggunakan kuas khusus. Bisa jadi pada bagian tersebut sudah banyak debu yang menempel. Jika dirasa sudah bersih maka pemilik Hp bisa memasang casing Hp kembali.

Periksa Pengaturan Suara

Pengaturan suara yang berubah juga dapat menjadi alasan kenapa volume Hp kecil padahal volume full. Untuk itu, sebelum lanjut ke cara yang lebih serius periksa pengaturan suara Hp terlebih dahulu.

Untuk memeriksanya bisa dimulai dengan membuka menu pengaturan kemudian buka opsi sound. Pada halaman tersebut kamu dapat mengecek volume untuk notifikasi, panggilan, musik, dan fitur lainnya. Kemudian kamu juga dapat memeriksa apakah ada fitur tertentu yang sedang aktif sehingga mempengaruhi volume Hp yang keluar.

Hapus Cache dan Data Hp

Cara mengatasi volume Hp yang kecil berikutnya adalah menghapus sampah pada Hp. Menumpuk nya cache dan data dapat menyebabkan berbagai masalah karena memperlambat kinerja Hp.

Akibatnya Hp akan sering error dan tidak berjalan dengan baik. Tanpa disadari keadaan seperti ini juga mempengaruhi volume Hp. Maka solusinya, lakukan pembersihan sampah ataupun data yang sudah tidak diperlukan secara teratur.

Unroot Hp

Root pada hp berfungsi untuk membuka semua akses pada perangkat smartphone. Akan tetapi root tersebut mengganggu beberapa fungsi dari smartphone itu sendiri seperti pengaturan volume speaker hp.

Cara untuk melakukan unroot Hp bisa dilakukan dengan menginstall aplikasi SuperSU kemudian jalankan dari menu pengaturan, scroll layar kebawah dan klik opsi full unroot.

Restart Hp

Gangguan system yang terjadi pada Hp dapat diatasi dengan fitur restart Hp. Umumnya dengan melakukan restart akan membuat kinerja sistem HP kembali normal. Namun jika setelah dilakukan restart gangguan belum terselesaikan ada baiknya dilakukan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik.

Baca Juga :  Kode Saldo OVO Gratis! Berikut 6 Cara Dapat Saldo OVO Gratis

Gunakan Fitur Factory Reset

Cara selanjutnya untuk mengatasi volume Hp kecil ialah dengan memanfaatkan fitur Factory Reset. Cara untuk melakukannya dimulai dengan masuk ke menu pengaturan di Hp, selanjutnya klik bagian umum, klik reset, factory data reset. Cara ini akan mengembalikan pengaturan Hp ke pengaturan awal.

Setelah langkah tersebut, tekan tombol volume turun hingga terlihat opsi factory reset, akan muncul pilihan yes, lalu klik tombol daya. Tunggu sejenak hingga terlihat pilihan reboot, selanjutnya klik reboot system now, dan akhir dengan menekan tombol daya untuk memulai reboot system.

Namun untuk cara ini perlu dipertimbangkan dengan matang karena tidak hanya pengaturan suara, pengaturan fitur lainnya juga akan kembali setelan pabrik.

Gunakan Aplikasi Pembersih Speaker

Kenapa Volume Hp Kecil Padahal Volume Full
Aplikasi Pembersih Speaker

Selanjutnya untuk mengatasi masalah kenapa volume Hp kecil padahal volume full ialah menggunakan aplikasi pembersih speaker. Aplikasi ini dapat memeriksa efisiensi speakers secara instan, menganalisis dan membersihkan speaker, serta dapat menguji speaker secara otomatis dan manual.

Nama Aplikasi Speaker Tester & Cleaner Fix
Fitur Menguji dan Membersihkan Speaker
Rating 4,0
Jumlah Download 1M+
Link Download Klik Disini

Bawa Ke Tempat Service

Cara terakhir untuk mengatasi volume Hp yang kecil apabila tidak berhasil dilakukan sendiri ialah dengan membawa Hp ke tukang service. Jika semua cara  mengatasi volume Hp yang kecil diatas tetap gagal, maka ada kemungkinan bahwa Speaker Hp yang bermasalah.

Dengan membawa langsung ke servis center, maka masalah speaker bisa segera diatasi oleh ahlinya. Mungkin volume yang kecil tidak terlalu mengganggu saat mendengarkan lagu, namun masalah ini akan sangat mengganggu saat melakukan panggilan telepon.

Penutup

Kenapa Volume Hp Kecil Padahal Volume Full
Kenapa Volume Hp Kecil Padahal Volume Full

Itulah beberapa penyebab kenapa volume Hp kecil padahal volume full dan cara mengatasi masalah tersebut. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan dapat membantu mengatasi masalah volume Hp yang mungkin sedang sobat alami. Terima kasih telah berkunjung.

Back to top button