Peluang Usaha

Modal Awal Usaha Jual Telur Ayam Untuk Pemula

Jika bicara tentang Modal Awal Usaha Jual Telur Ayam tentunya bukanlah sesuatu yang harus dengan modal mahal dan usaha jual telur ayam ini tentulah salah usaha yang menguntungkan dan mudah didapatkan. Seperti yang kita ketahui bahwasanya telur adalah merupakan salah satu bahan makanan yang enak, murah dan mudah didapatkan sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Jadi tidak heran jika beberapa diantaranya ingin mulai  membuka usaha jual telur ayam yang pastikan akan jalan dalam jangka waktu yang panjang jika pandai mengolah.

Modal Awal Usaha Jual Telur Ayam
Sumber: beliusaha.com

Nah, jika kamu ingin memulai membuka usaha jual telur ayam dan masih pemula di bidang ini kamu tidak perlu khawatir karena semua masyarakat Indonesia tentunya akan selalu memasok atau menyediakan stok telur ayam di dapur mereka masing-masing untuk persediaan saat uang bulanan habis atau lapar ditengah malam. Dan telur ayam juga sudah bisa dibilang sebagai bahan utama dan bahan pelengkap beberapa usaha yang bergerak dibidang kuliner jadi akan sangat laku dan untung asalkan diolah dengan baik. Tidak perlu khawatir dengan modal awal usaha jual telur ayam, berikut ini akan kita bahas dengan tuntas berapa sih modal awal usaha jual telur ayam? Simak artikel ini hingga selesai.

Sekilas Tentang Usaha Jual Telur Ayam

Usaha jual telur ayam adalah salah satu usaha yang bisa dibilang menguntungkan, karena tidak perlu modal yang banyak kamu sudah bisa buka usaha jual telur ayam. Selain itu, usaha jual telur ayam ini adalah salah satu usaha yang bisa dalam jangka panjang karena mengingat bahwasanya telur merupakan salah satu pasokan makanan yang semua kalangan memakannya dan menyediakannya di dapur masing-masing termasuk mereka yang masih anak kos-kosan telur sangat diperlukan saat tanggal tua atau pegangan mereka sudah krisis.

Telur termasuk makanan yang enak, mau dimasak seperti apapun telur masih tetap terasa nikmat. Bukan cuma di rumah, namun para pebisnis yang bergerak dibidang kuliner pun seperti restoran memasok telur sebagai salah satu pelengkap dan menu masakan mereka, selain itu para penjual makanan kaki lima pun menggunakan telur ini sebagai pasokan jualan mereka karena selain mudah didapatkan harga juga terbilang lebih murah dibanding daging, sehingga tidak heran jika usaha jual telur ayam ini lumayan banyak di gendrungi oleh mereka yang akan memulai suatu bisnis.

Untuk memulai usaha ini pastinya butuh modal awal usaha jual telur ayam bukan? Namun tidak perlu khawatir karena modal awal usaha jual telur ayam tidak perlu sampai puluhan juta bahkan ada loh modal awal usaha jual telur ayam dengan modal yang bisa terbilang sangat minim. Semua tergantung bagaimana kamu meng-olah usaha jual telur ayam kamu dengan baik agar modal awal usaha jual telur ayam yang sudah kamu keluarkan tidak terbuang sia-sia.

Jenis Telur Ayam Yang Biasa Di jual

Sebelum membuka usaha jual telur ayam, kamu harus tahu dulu jenis-jenis telur ayam yang biasanya dijual di pasaran agar kamu bisa menentukan telur ayam yang jenis mana yang akan kamu jualkan karena masing-masing harga dari jenis telur ayam tersebut tentulah akan berbeda dan akan berpengaruh ke modal awal usaha jual telur ayam kamu. Jadi dengan mengetahui jenis telur ayam maka kamu akan bisa lebih matang menyiapkan modal awal usaha jual telur ayam.

Ada 2 jenis telur ayam yang biasa di jual di pasaran yaitu telur ayam negeri dan telur ayam kampung, kedua jenis telur ayam ini mempunyai perbedaan masing-masing yang menyebabkan harganya berbeda. Berikut adalah perbedaan diantara kedua jenis telur ayam tersebut.

Kandungan Gizi Wujud Ukuran Warna Isi Telur
Telur Ayam Negeri Energi(154 kkal), Zat besi (3mg), Kalsium (68mg), Protein (12,4mg), Lemak (10,8g) dan karbohidrat (1g)
  • Memiliki warna cangkang coklat gelap
  • cangkang telur ayam negeri cenderung kasar saat dipegang dengan titik-titik hitam kecil
45-60 gram Kuning cerah
Telur Ayam Kampung Energi(174 kkal), Zat besi (4,9mg), Kalsium (86mg), Protein (13mg), Lemak (10g) dan karbohidrat (1,5g)
  • Memiliki warna cangkang cenderung putih
  • Cangkangnya halus dan lebih mulus tanpa titik-titik hitam kecil
27-56 gram Orange
Baca Juga :  Cara Jadi Creator Capcut 2024, Ubah Hobi Menjadi Cuan

Cara Membuka Usaha Jual Telur Ayam

Setelah mengetahui tentang usaha jual telur ayam adalah menguntungkan tanpa modal yang besar, maka kamu harus tahu bagaimana cara membuka usaha jual telur ayam karena semuanya mempunyai tips-tips agar usaha kamu bisa berjalan dalam jangka panjang. Berikut adalah cara membuka usaha jual telur ayam yang bisa kamu pelajari dan jadi referensi kamu:

Mempersiapkan Lokasi Usaha Jual Telur Ayam

Hal yang pertama kali yang harus kamu lakukan sebelum memulai usaha jual telur ayam adalah menentukan atau mempersiapkan lapak atau lokasi yang bakal jadi tempat kamu berjualan karena setiap usaha tentunya membutuhkan lokasi dimana akan berjualan bukan?

Sumber: Koran Kaltim

Sebenarnya usaha jual telur ayam ini bisa kamu mulai dari rumah namun untuk memperoleh untung yang lebih banyak, lokasi usaha kamu harus berada di lokasi yang strategis, mudah dijangkau dan berpotensi tinggi pembeli seperti di pasar atau dekat dengan pasar dan jalan raya. Jadi, bagian ini tidak bisa dilewatkan.

Menentukan Jenis Telur Ayam Yang Akan Dijual

Selanjutnya adalah menentukan jenis telur ayam apa yang ingin dijualkan, apakah telur ayam negeri atau telur ayam kampung. Tipsnya silahkan menentukan jenis telur ayam yang ingin dijualkan dengan melihat dan menyesuaikan kebutuhan dan minat pasar, jika yang lebih unggul atau yang lebih banyak di pasar adalah telur ayam negeri maka jualkan telur ayam negeri tersebut, dan jika yang paling laris dipasaran adalah telur ayam kampung maka silahkan jualkan telur ayam kampung.

Sumber: Okezone Lifestyle

Namun biasanya yang lebih banyak di jualkan dan yang lebih laris di pasaran pada umumnya adalah telur ayam negeri karena memang harganya lebih murah dan lebih mudah didapatkan dibandingkan telur ayam kampung. Jadi sebagai saran kamu bisa memulai usaha jual telur ayam negeri atau jika modal kamu lebih tinggi maka kamu bisa jual 2 jenis telur ayam tersebut.

Perkiraan Stok Telur Ayam Yang Akan Dijual

Setelah menentukan jenis telur ayam yang ingin dijual, maka langkah berikutnya adalah memperkirakan atau menentukan stok telur ayam yang akan dijualkan seberapa banyak dengan pertimbangan modal awal usaha jual telur ayam, target pasar, potensi terjual per harinya tinggi atau tidak dan cara menjualkan yang memungkinkan telur ayam yang akan di stok nanti terjual habis atau paling tidak modal awal usaha jual telur ayamnya bisa kembali dalam berapa minggu.

Sumber: Tagar.id

Jika pertimbangannya sudah matang maka tentukan saja stok telur ayam yang akan bisa dijualkan dengan target modal awal usaha jual telur ayamnya kembali lebih awal dan bisa menambah dan memperbaharui stok penjualan telur ayamnya. Karena telur ayam hanya bisa bertahan 1-2 minggu di suhu udara ruangan, jadi harus detail saat menentukan stok telur ayam yang akan di jualkan, jika kamu pemula coba stok dengan stok jumlah kecil dulu ya.

Mencari Supplier Telur Ayam

Langkah berikutnya adalah mencari supplier telur ayam yang akan di jualkan, usahakan saat mencari supplier telur ayam harus yang benar-benar harga beli dan harga jual yang nantinya di pasaran bisa bersaing agar tidak kalah di penjualan. Seperti ini kita ketahui bahwasanya penjual telur ayam sudah tidak asing lagi dan sudah banyak baik di pasaran maupun di kios-kios pinggir jalan raya, nah jika modal awal usaha jual telur ayam dari supplier yang kamu pilih lebih tinggi dibanding yang orang lain pilih maka otomatis harga jual kamu harus tinggi juga agar modal awal usaha jual telur ayam lunas dan mendapatkan untung.

Sumber: Alamat Telepon

Tapi jika harga jual telur ayam kamu lebih tinggi dibanding penjual telur ayam lainnya otomatis para pembeli akan mencari penjual telur ayam yang termurah dan hal itu sudah jadi umum. Jadi tips nya kamu harus benar-benar mencari supplier telur ayam yang murah sehingga harga jual kamu bisa bersaing dengan harga jual pedagang telur ayam lainnya.

Baca Juga :  3 Ide Bisnis Terbaru yang Menjanjikan di Tahun 2022

Menentukan Harga Jual Telur Ayam

Jika sudah mendapatkan supplier yang cocok, langkah selanjutnya adalah menentukan harga jual telur ayam yang akan di jualkan, harga jual tidak bisa lebih rendah dari modal saat di kongkulasikan dan jangan terlalu tinggi. Buatlah harga yang netral yang tidak merugikan kamu dan tidak mencekik para pembeli, usahakan membuat harga yang menguntungkan untukmu dan menarik para pembeli ke lapak jualan telur ayam kamu.

Sumber: Google

Tips nya kamu bisa observasi dulu ke pasar-pasar terdekat atau sekitaran lokasi usaha jual telur ayam kamu dengan membeli beberapa telur ke para pedagang telur di sekitar, atau kamu bisa melihat detail harga mereka karena biasanya pedang telur akan membuat harga masing-masing telur yang di jualkan. Nah, dengan sudah mengetahui harga dari para saingan pedagang lain yang berada di sekitar mu barulah kamu membuat harga jual telur ayam yang akan kamu jual kan tersebut, usahakan harga kamu berbeda dari pedagang lain.

Menentukan Sistem Penjualan

Selanjutnya adalah menentukan sistem penjualan, bagaimana cara kamu menjualkan atau memasarkan telur ayam tersebut agar laris manis dan toko kamu banyak pengunjung. Setiap pelanggan tentunya memiliki cara tersendiri dalam menjualkan barang dagangannya, ada yang cuma buka kios, tampilkan barang lalu menunggu pembeli datang. Ada juga yang langsung menawarkan kepada para pembeli yang berlalu lalang, membuat template harga dan menawarkan promo, bahkan ada juga yang sambil menjualkan nya online free pengantaran sekitar daerah si pedagang telur ayam tersebut.

Jika kamu mau memilih sistem yang paling terakhir yaitu membuat template harga, membuat promo, menawarkan nya langsung dan menjualkan nya online tentunya telur ayam yang kamu jual kan akan lebih besar kemungkinan habis terjual dan modal awal usaha jual telur ayam yang kamu keluarkan lebih cepat kembali serta dengan untung-untungnya. Tips, jika membuat harga promo usahakan tidak merugikan kamu ya.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Biasanya untuk menarik para pembeli datang ke kios kita adalah dengan cara memberikan pelayanan terbaik. Ada beberapa pedagang telur ayam yang seakan tidak peduli dengan pembelinya apalagi yang dibeli hanya 1 butir atau 2 butir telur, mereka akan menjawab ketus dan lebih mementingkan pembeli lainnya yang lebih banyak membeli padahal di dalam berdagang hal itu sangatlah tidak bisa dan akan mempengaruhi usaha jual telur ayam tersebut dan itulah salah satu penyebabnya mengapa beberapa pedagang telur ayam gulung tikar karena tidak ada pembeli lagi dan modal awal usaha jual telur ayam mereka tidak kembali.

Oleh karena itu, kamu harus melakukan hal yang berbeda dengan pedagang-pedagang yang seperti diatas yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik, ramah, bersahabat dan memperlakukan pembeli sama rata dan sesuai antrian agar para pembeli tersebut menjadi langganan kamu.

Modal Awal Usaha Jual Telur Ayam

Biasanya para pemula yang baru ingin berkecimpung di dunia bisnis atau baru saja ingin menjalankan usaha pastinya akan ada rasa takut rugi dan belum tentu mereka siap akan hal itu. Namun yang perlu diketahui adalah jika membuka usaha jika kamu siap untung maka kamu harus siap rugi karena setiap usaha yang dijalankan seseorang tidak bisa dijamin akan selalu untung bahkan ada juga yang baru buka usaha namun sudah langsung rugi, memang seperti itulah resiko yang harus dihadapi oleh para pebisnis atau pengusaha termasuk kamu yang masih pemula.

Jika kamu masih pemula dalam membuka sebuah usaha maka usaha jual telur ayam adalah salah satu usaha yang terbaik karena tidak perlu modal besar. Modal awal usaha jual telur ayam bisa terbilang murah jika dibandingkan dengan usaha seperti londri dan ketring, karena hanya dengan modal awal 500 ribu saja kamu sudah bisa memulai usaha jual telur ayam, modal awal usaha jual telur ayam sebesar 500 ribu ini berlaku jika kamu sudah memiliki sebuah kios sendiri ya dan tidak perlu bayar sewa lagi jadi 500 ribu itu utuh hanya untuk modal awal usaha jual telur ayam, belanja stok telur ayam yang mau d ijual kan.

Baca Juga :  25K Followers Tiktok Dapat Uang Berapa? Berikut Penjelasannya!

Bagaimana Perhitungan Modal Awal Usaha Jual Telur Ayam 500 Ribu?

Cari supplier atau distributor telur ayam yang paling murah namun kualitas masih bagus, biasanya beberapa supplier memiliki harga tersendiri dimulai dari 220 ribu untuk 10kg telur ayam, yang dimana dalam 1kg telur ayam itu adalah sebanyak 16 butir dan ada juga yang menjual 10kg telur ayam seharga 230 ribu, 250 ribu bahkan ada yang menjual 340 ribu/10kg. Nah, disini kamu harus pandai dalam memilih ya, pilih saja yang termurah karena kadang walaupun murah kualitasnya masih bagus.

Misal kamu adalah seorang pemula dan dengan modal awal usaha jual telur ayam sebesar 500 ribu baiknya kamu ambil yang harga 220 ribu/10kg jadi kamu bisa beli 23kg dan total telur ayam yang akan kamu jualkan adalah 368 butir. Jika kamu menjualkan per butirnya seharga Rp. 1.500 maka pendapatan kamu jika semua butir telur ayam terjual habis adalah Rp. 552.000 untung Rp. 52.000. Jika kamu menjualkan  perbutirnya seharga Rp. 1.700 maka pendapatan kamu jika semua butir telur ayam terjual habis adalah Rp. 625.600 untung Rp. 125.600.

Hitungan diatas adalah masih hitungan harga sama rata per butir telur ayamnya, jika kamu menjualkan telur ayam  dengan harga yang berbeda-beda tergantung ukurannya seperti yang biasa dilakukan oleh penjual telur ayam pada umumnya maka untung kamu akan semakin banyak dan perlahan kamu bisa menambah pasokan telur ayam yang ingin kamu jualkan.

Apakah Dengan Modal Usaha Jual Telur Ayam 500 Ribu Menjanjikan?

Modal usaha jual telur ayam dengan 500 ribu jika dilihat dari perhitungan diatas tentulah sudah menjanjikan apalagi kalau kamu benar-benar bisa menjualkan nya setiap pasokan telur ayam yang kamu ambil tiap minggu habis  terjual maka tidak perlu khawatir lagi. Intinya adalah konsisten dan selalu update.

Jika saat kamu memasang harga Rp. 1.700 tidak begitu lagi maka silahkan turunkan harga jangan bertahan di harga itu agar telur ayam yang kamu jual cepat habis dan berganti karena telur ayam bertahan pada suhu ruangan hanya sekitar 2 minggu saja jadi pastikan habis dalam 2 minggu agar masuk telur ayam baru sehingga pelanggan kamu tidak lari.

Mengenali Jenis Telur Ayam Yang Bagus Dijual

Biasanya telur ayam yang dijual di pasaran atau yang biasa dijual tentunya adalah telur-telur yang berkualitas dan masih bagus, namun tidak menutup kemungkinan telur ayam tersebut mulai busuk atau bahkan sudah busuk apalagi jika sudah lama. Untuk itu perlu sekali bagi kamu tahu bagaimana mengenali telur ayam yang masih bagus untuk dijual ataupun di beli.

Telur ayam yang masih bagus biasanya cangkang nya masih nampak fresh  dan tidak pucat, jika sudah mulai nampak pucat lebih baik untuk tidak dijual atau dibeli karena akan mengecewakan. Berikut adalah cara mengetahui dan mengenali telur ayam yang masih bagus:

  1. Periksa cangkang telur ayam, biasanya yang masih fresh cangkang nya lebih kuat tidak rapuh serta warnanya masih cerah.
  2. Goyang telur ayam tersebut, jika isi telur nya sudah goyang artinya telur sudah mulai membusuk
  3. Arahkan telur ke arah matahari atau menggunakan senter, jika isi telur masih nampak kuning cerah dan orange bukan kehitaman artinya telur tersebut masih bagus
  4. Masukkan telur ke dalam air, jika telur mengapung di atas air artinya telur sudah tidak bagus karena biasanya telur yang masih bagus dan segar itu pasti akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air

Resiko Membuka Usaha Jual Telur Ayam

Meskipun modal awal usaha jual telur ayam itu bisa terbilang murah namun kamu harus tahu resiko membuka usaha telur ayam agar kamu dapat mengantisipasi atau lebih memikirkannya sebelum memulai usaha tersebut daripada nanti akan rugi total dan modal awal usaha jual telur ayam yang kamu keluarkan hangus begitu saja. Berikut adalah resiko membuka usaha jual telur ayam:

  1. Telur ayam mudah pecah jika penyimpanan tidak diperhatikan dengan baik
  2. Telur ayam membusuk jika sudah melewati tanggal kadaluwarsa, untuk suhu ruangan telur ayam hanya bisa bertahan 2 minggu, jika dimasukkan ke dalam pendingin akan bertahan sampai 6 minggu namun jika dikeluarkan akan langsung membusuk jadi harus stay di pendingin
  3. Harga tidak menetap akan naik dan turun

Penutup

Modal Awal Usaha Jual Telur Ayam
Modal Awal Usaha Jual Telur Ayam

Nah itulah seputar info tentang berapa modal awal usaha jual telur ayam yang bisa kamu jadikan referensi, intinya dalam usaha ini kamu harus bisa mengelola agar berjalan dengan lancar dan modal awal usaha jual telur ayam kamu tidak hangus karena mengeluarkan modal awal usaha jual telur ayam bukanlah sesuatu yang mudah meskipun modal awal usaha jual telur ayam terbilang murah.

Semoga artikel tentang modal awal usaha jual telur ayam kali ini bisa membantu kamu dalam menentukan pembukaan usaha jual telur ayam dan dapat menambah pengetahuan kamu tentang usaha jual telur ayam.

Back to top button