Promo Top Up Game Termurahūüėć
NewsPeluang Usaha

13+ Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses

Ada banyak tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses untuk kamu ketahui. Terutama jika kamu tertarik di bidang kerajinan, kamu harus tahu siapa saja tokoh wirausahawan yang sukses untuk dijadikan motivasi serta panutan.

Tentunya, untuk menjadi seorang wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses, kamu harus rajin melatih ilmu di bidang kerajinan agar usaha yang kamu miliki bisa terus berkembang.

Selain itu, kamu juga bisa mencontoh perjalanan dari para tokoh wirausahawan yang sukses di bidang kerajinan tersebut.

Daftar Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses dan Inspiratif

Nah, berikut ada beberapa tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses untuk kamu jadikan motivasi serta panutan, yaitu:

1. Diah Rahmalita

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses
Sumber: Kaskus

Diah Rahmalita merupakan tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dan terkenal. Fokus kerajinan yang dijadikan bisnis olehnya berupa lukisan dari bahan daur ulang.

Diah Rahmalita sudah menggeluti usaha ini dari tahun 2007 sampai sekarang. Bahkan, makin eksis dengan keunikan produk kerajinan yang ia miliki.

Dirinya menceritakan bahwa modal awal yang digunakan untuk membuat lukisan unik nan menarik dari bahan daur ulang adalah sebesar Rp 1 juta. Medium-medium yang ada menjadi hiasan cantik untuk dipajang.

Walaupun dibuat dari bahan daur ulang, namun berkat tangan kreatif Diah Rahmalita, semua bahan itu disulap menjadi seperti lukisan baru. Banyak yang mendukung produk dari Diah Rahmalita, mulai dari para pembeli hingga pemerintah.

2. Dewi Tanjung Sari

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses berikutnya adalah Dewi Tanjung Sari. Dirinya memiliki cara unik untuk membangun bisnis dari hasil kerajinan miliknya.

Dewi Tanjung Sari membuat kerajinan dari sampah daun, seperti daun-daun yang berserakan di jalanan. Bisnis kerajinan dari sampah daun ini ia jalankan pada tahun 2003, saat masih berkuliah dan menekuninya secara serius sampai sukses seperti sekarang.

Berkat kreativitasnya, dirinya berhasil membuat berbagai souvenir dari sampah daun. Bentuk souvenirnya pun unik dan menarik, mulai dari bingkai foto, undangan pernikahan dan masih banyak lagi.

Dewi Tanjung Sari rajin mempromosikan karyanya ke berbagai pameran sampai diminati oleh orang luar negeri. Bahkan, pada tahun 2005, Dewi Tanjung Sari berani mengekspos karyanya ke berbagai negara, seperti Jerman, Hong Kong, Malaysia dan Australia.

3. Titik Winarti

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses
Sumber: Suara.com

Titik Winarti termasuk ke dalam salah satu tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dan menjadi perwakilan Indonesia pada forum resmi yang diadakan oleh PBB.

Bahkan, dirinya pernah diundang atas keberhasilannya mempekerjakan komunitas difabel di usaha kerajinan tangan yang dijalankannya.

Sejak kecil, Titik Winarti sudah tertarik dengan dunia kerajinan tangan, lho. Setelah menyelesaikan pendidikannya, dirinya mulai berani membuka bisnis di bidang kerajinan tangan.

Produk kerajinan tangan yang Titik Winarti buat pun ada berbagai macam, mulai dari souvenir, tas dan masih banyak lagi. Adapun usaha yang ia dirikan bernama Tiara Handycraft.

4. Komang Adi

Tokoh wirausahawan sukses di bidang kerajinan yang bisa dijadikan panutan berikutnya adalah Komang Adi. Beliau fokus menjual karya lukisan yang dibuat oleh tangannya sendiri.

Sejatinya, Komang Adi sudah melukis sejak kecil, lalu melanjutkan pendidikannya ke sekolah seni rupa yang ada di Bali. Setelah lulus, Komang Adi pun mulai mencoba untuk memulai bisnis lukisan tersebut.

Dalam menjalankan bisnisnya, Komang Adi memanfaatkan banyak wisatawan yang datang ke Bali untuk mempromosikan karyanya. Sayangnya, menjalankan usaha lukisan ini tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, para wisatawan yang datang hanya berminat untuk liburan semata.

Namun, Komang Adi tidak pernah menyerah dan terus melahirkan karya lukis yang autentik. Pada akhirnya, beliau pun memiliki galeri lukisan sendiri, lalu lukisan itu dijual ke berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Australia, Perancis dan Jerman.

5. Made Sutayama

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses
Sumber: DetikFinance – Detik.com

Made Sutayama juga termasuk ke dalam salah satu tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses. Dirinya mulai merintis bisnis kerajinan dari nol.

Awalnya, Made Sutayama bekerja di sebuah galeri seni, dari sinilah dirinya mulai berinisiatif untuk membangun usaha sendiri.

Made Sutayama mulai mempelajari segala hal tentang furniture, sampai akhirnya memutuskan untuk mendirikan usaha furniture yang memiliki desain cantik.

Dirinya memulai bisnis dari menemukan kayu bekas yang sudah tidak dipakai lagi di dekat pantai. Dari sana, Made Sutayama mengubah kayu bekas itu menjadi furniture yang lebih bernilai.

Karya yang dibuat oleh Made Sutayama pun berhasil menarik perhatian para wisatawan asing. Disaat bisnisnya semakin berkembang, Made Sutayama berinisiatif untuk mempekerjakan ibu-ibu yang membutuhkan bantuan di sekitar lokasi usaha. Produk usaha yang dirinya buat sudah berhasil masuk ke pasar Eropa.

6. Naomi Susilowati Setiono

Naomi Susilowati Setiono merupakan seorang wanita mandiri yang sukses berkat usahanya di bidang kerajinan batik. Saat itu, dirinya bertekad ingin memajukan batik lasem sebagai salah satu batik asli milik Indonesia.

Batik yang dibuat oleh Naomi Susilowati Setiono memiliki nilai kualitas yang tinggi. Bahkan, kualitasnya mampu bersaing dengan produk batik lainnya, baik di dalam maupun luar negeri.

Bisnis batik yang Naomi Susilowati Setiono berawal dari dirinya keluar dari rumah, lalu merantau ke kabupaten Kudus saat remaja usia 20 tahun-an.

Dirinya mulai bekerja serabutan, lalu meneruskan bisnis usaha orangtua yang digeluti hingga sekarang. Dirinya pun mengerahkan semua pengrajin batik disana dan menjadi pemimpin dalam usahanya tersebut.

7. Valkrisda Caresti

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses berikutnya adalah Valkrisda Caresti. Wirausahawan muda yang menggeluti kerajinan dari limbah kain dan kertas ini lahir di kota Surabaya pada tahun 1996.

Limbah yang ada, dirinya sulap menjadi berbagai kerajinan unik yang menarik, seperti Scrapbook hingga produk hiasan berupa album dan sejenisnya.

Ide usaha yang ia buat dimulai dari dirinya yang suka memberikan sesuatu yang unik kepada temannya saat ulang tahun maupun ada acara spesial. Dari situlah, usaha bisnis mulai ia pikirkan karena banyak yang suka dengan karya tersebut.

Tak heran, kini bisnisnya pun semakin berkembang dan menjadi salah satu wirausahawan muda yang sukses di bidang kerajinan.

8. Eni Aryani

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses
Sumber: Kaskus

Dengan bermodalkan kaleng serta kayu bekas, Eni Aryani mampu menghasilkan omzet hingga ratusan juta per bulannya. Dirinya sangat terampil dalam menyulap sampah tidak berguna menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang bernilai tinggi untuk dijual.

Karya kerajinan tangan milik Eni Aryani memiliki ciri khas tersendiri pada motif serta desainnya. Sehingga, mudah dibedakan dengan produk kerajinan milik wirausahawan di bidang kerajinan lainnya.

Perempuan kelahiran Yogyakarta, 22 Desember 1979 ini berhasil membuat lebih dari 20 varian produk kerajinan. Beberapa produk kerajinan Eni Aryani yang populer terdiri dari guci stempel, wadah untuk menyiram bunga, kaleng kerupuk, pensil, ember, vas bunga, tenong, ceret angkringan, tempat kue dan barang keperluan rumah tangga lainnya.

Meski hanya terbuat dari kaleng dan kayu bekas, barang kerajinan yang dibuat oleh Eni Aryani memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah, sekitar Rp 200 ribu – Rp 1,2 juta per produknya.

Salah satu alasan kerajinan milik Eni Aryani dipasarkan dengan harga tinggi karena kerajinan tangan itu dibuat sepenuhnya menggunakan tangan alias handmade.

Bisnis yang didirikan oleh Eni Aryani bernama Wastraloka dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Bisnisnya semakin berkembang hingga seringkali mendapatkan permintaan yang membludak dari masa ke masa.

Kini, nama Eni Aryani terkenal sebagai tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dan selalu memotivasi banyak orang.

9. Nur Handiyah

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses selanjutnya adalah Nur Handiyah. Di tangan beliau, tumpukan sampah kulit kerang berhasil disulap menjadi berbagai macam produk kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Semuanya berawal saat Nur dan sang suami, Jamie Taguba melihat ada banyak tumpukan sampah kulit kerang di pinggir pantai. Dari sini, dirinya dan suami berencana untuk memanfaatkan sampah kulit kerang menjadi barang pajangan yang unik dan indah.

Bisnis milik Nur Handiyah bernama Multi Dimensi Shell Craft yang didirikan pada tahun 2000. Salah satu alasan yang membuat Nur Handiyah menekuni bisnis ini adalah untuk mengurangi jumlah sampah kulit kerang yang berserakan di pantai.

Dirinya mendapatkan banyak pasokan sampah kulit kerang dari para nelayan yang ada di utara pulau Jawa. Setiap ton kulit kerang diperkirakan dia beli dengan harga Rp 1,5 juta.

Sampah kulit kerang tersebut bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan pajangan yang antik dan menarik, seperti vas bunga, lampu hias, meja, kursi, piring dan lainnya.

Nur Handiyah mengaku bahwa saat mengembangkan bisnisnya, dirinya tidak memiliki basic sama sekali dalam dunia kerajinan tangan. Nur Handiyah dibantu oleh para pemuda di sekitar rumahnya yang memiliki kemampuan di bidang tersebut.

Dirinya pun sering mengikuti berbagai macam kegiatan pameran untuk menunjukkan karya produk milik mereka. Saat ini, produk kerajinan dari sampah kulit kerang yang berhasil ia sulap menjadi berbagai macam produk bernilai tinggi ini sudah sering di ekspor ke berbagai negara, seperti Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis dan berbagai negara sekitar Eropa lainnya.

Selain ke Eropa, Nur Handiyah sering mengirimkan barang kerajinannya ke berbagai negara lain, seperti Arab Saudi, Amerika Serikat, Jepang, Thailand hingga ke beberapa benua Afrika.

10. Fauziah

Perempuan kelahiran 1957 di Palembang yang bernama Fauziah ini termasuk sebagai tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses juga. Dirinya mewarisi keahlian membuat songket dari orangtuanya.

Walau bisnis yang ia kendalikan termasuk ke dalam golongan bisnis rumahan turun temurun, namun proses pembuatannya memang cukup sulit. Bahkan, modal yang mesti dipersiapkan pun cukup banyak. Demi melanjutkan usaha songket ini, Fauziah sampai meminjam modal dari BUMN.

Tentunya, kain songket yang dibuat oleh Fauziah memiliki kualitas tinggi yang bagus. Sebab, Fauziah selalu menekankan kepada para karyawannya untuk menjaga kualitas produksi kain songket yang dibuatnya tersebut.

Dengan tetap mempertahankan loyalitas dari para pelanggan, Fauziah mampu menjual hingga 40 kain saat ramai dan 20-30 kain saat sepi per hari. Dari penjualan inilah, Fauziah berhasil meraup laba bersih sampai 100 juta per bulan.

11. Komaruddin Kudiya

Komaruddin Kudiya merupakan seorang wirausahawan batik Indonesia yang namanya cukup dikenal. Beliau lahir di Desa Trusmi Plered, Cirebon, pada tahun 1968.

Awalnya, Komaruddin kudiya sama sekali tidak ada niatan untuk melanjutkan usaha batik karena basic-nya ada di bidang IT setelah lulus dari ITB. Namun, setelah menikah dan istrinya memiliki latar belakang kuat di bidang batik, maka jiwa wirausahawannya pun muncul kembali.

Apalagi setelah memenangkan juara 1 dan harapan 1 berbagai lomba kategori cipta selendang batik Internasional di tahun 1997. dirinya pun mulai membuat desain batik yang baru, lalu fokus menjalankan usaha batik secara profesional.

Bahkan, saat ini usahanya sudah mendapatkan banyak dukungan dari pimpinan perindustrian dan perdagangan Jawa Barat. Tak heran, beliau pun masuk dalam salah satu tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses di Indonesia.

12. Erin Garcia

Erin Garcia termasuk ke dalam salah satu tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses. Dirinya memulai bisnis di bidang kerajinan pada tahun 2011. Ketika baru lulus SMA, Erin Garcia mendapat dukungan dari teman-temannya untuk menjual hasil kerajinan tangan buatannya berupa kartu ucapan dan hiasan dinding.

Dikarenakan dirinya gemar membuat kerajinan tangan, Erin Garcia pun memutuskan untuk mengikuti saran dari teman-temannya dengan menjual produk hasil buatannya sendiri.

Tak disangka, ternyata produk kerajinan tangan yang ia buat cukup banyak diminati. Bahkan, beberapa pemilik toko kerajinan mulai melirik produk buatannya tersebut. Dari sinilah, Erin Garcia mulai membuat merek untuk hasil kerajinan tangannya dengan nama Feed the Fish co, lalu memasarkan bisnisnya secara luas.

13. Radhika AJ

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses
Sumber: YourStory

Tokoh entrepreneur di bidang kerajinan yang sukses berikutnya adalah Radhika AJ. Dirinya gemar sekali membuat boneka Afrika dengan beragam warna yang terbuat dari koran bekas.

Walaupun menderita penyakit langka yang membuat tulang-tulangnya lemah, Radhika AJ tidak pernah putus asa. Waktu kosongnya di rumah dia manfaatkan untuk mengasah kemampuan tangannya dalam membuat produk kerajinan unik.

Diantaranya kerajinan kotak pensil, figura foto, kartu ucapan, hingga boneka Afrika. Semua produk yang ia buat terbuat dari bahan kertas serta koran bekas.

Awalnya, Radhika AJ menjual produk kerajinan itu di antara keluarga saja, namun penjualannya semakin berlanjut dari mulut ke mulut sampai ke internet. Sekarang, Radhika AJ sudah mendesain lebih dari 200 boneka Afrika dengan hasil penjualan yang begitu tinggi.

14. Camilla Westergaard

Camilla Westergaard merupakan seorang perempuan asal Britania Raya yang telah memulai usaha kerajinan tangannya di Sheffield, Inggris. Dirinya sendiri tumbuh di lingkungan rumah yang penuh dengan kerajinan tangan, berupa tembikar hasil karya ibunya.

Sejak saat itu, muncul ide dalam dirinya untuk membuat platform dan mengumpulkan para pembuat kerajinan tangan agar dapat menjual produknya disana.

Camilla melihat ternyata ada banyak pengrajin yang hanya fokus terhadap kreativitas dan kesulitan cara memasarkan produknya tersebut. Sehingga, dirinya pun mulai membentuk Folsky, sebuah e-commerce untuk para pengrajin Inggris yang ingin memasarkan produk mereka ke pasar dunia. Berkat usahanya itu, Camilla Westergaard pun termasuk ke dalam kategori tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses.

Baca juga Produk Kerajinan Pasar Lokal Dengan Bahan Dasar Dan Daerah Pemasarannya disini, ya!

Kesimpulan

Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses
Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses

Para tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses di atas bisa menjadi patokan untuk kamu agar tidak mudah menyerah dan putus asa. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang kerajinan tangan, maka kembangkan kemampuan tersebut dan buat kreativitas yang unik agar mudah dilirik oleh pasar nasional maupun Internasional.

Itulah beberapa tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses untuk kamu ketahui. Melihat banyaknya orang yang dapat sukses membentuk bisnis kerajinan tangan, maka jadikan hal itu sebagai inspirasi dan motivasi, ya. Sehingga, kamu bisa terus semangat dalam berkarya dan mencoba untuk memasarkan karya hasil kerajinan tangan sendiri kepada khalayak umum, baik secara online maupun offline.

Back to top button