Ragam

Ini Dia Cara dan Syarat Menukar Uang Asing Di BRI

Tahukah kamu, ada beberapa syarat menukar uang asing di BRI yang harus dipenuhi jika ingin melakukan Money Changer. Seperti yang kita tahu, transaksi di Indonesia tidak mendukung pembayaran menggunakan mata uang Asing. Untuk itu, jika kalian memiliki uang Asing harus ditukarkan terlebih dahulu menjadi mata uang Rupiah agar dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi di Indonesia.

Sebenarnya ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk menukar uang Asing. Namun tempat yang paling aman tentulah pada Bank terpercaya di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Jika ingin menukar uang Asing, maka BRI Bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, perlu diketahui agar penukaran uang bisa diproses, kalian harus melengkapi beberapa syarat menukar uang Asing di BRI terlebih dahulu.

Syarat Menukar Uang Asing di BRI ?

Syarat Menukar Uang Asing Di BRI
Syarat Menukar Uang Asing Di BRI

Tindakan menukar uang sebenarnya cukup mudah dilakukan. Hanya saja, agar proses berjalan lancar kalian harus mempersiapkan beberapa syarat menukar uang Asing di BRI yang diperlukan, seperti :

  • Buku Tabungan BRI dan Kartu ATM BRI
  • Banknotes / mata uang yang akan ditukarkan
  • Kartu Identitas Diri yang masih aktif seperti KTP, SIM, Pasport, dan sebagainya

Jika jumlah uang asing yang ingin ditukarkan melebihi batas, silahkan bawa bukti sumber dana yang yang sah seperti riwayat transaksi luar negeri apabila diperlukan saat pengecekan sumber dana oleh petugas Bank.

Baca Juga :  17 Toko Perlengkapan Pramuka Terdekat dan Terlengkap

Cara Menukar Uang Asing Di BRI

Syarat Menukar Uang Asing Di BRI
Syarat Menukar Uang Asing Di BRI

Setelah melengkapi syarat yang diperlukan, silahkan kunjungi kantor cabang BRI terdekat didaerah kalian. Selanjutnya ikuti panduan dibawah ini untuk melakukan proses penukaran uang Asing.

  • Pastikan untuk membawa dokumen yang diperlukan
  • Selanjutnya jangan lupa membawa mata uang asing yang akan ditukarkan ke Bank BRI
  • Kunjungi kantor cabang BRI terdekat lalu ambil antrian ke teller Bank
  • Tunggu hingga nomor antrian kalian dipanggil
  • Jika sudah dipanggil, pergi ke arah teller bank lalu konfirmasi tujuan ingin menukarkan uang Asing
  • Serahkan syarat menukar uang Asing di BRI yang sudah disiapkan
  • Tunggu hingga proses penukaran selesai
  • Teller bank akan menyerahkan mata uang sesuai dengan kurs yang ada saat itu

Selain menukarkan uang Asing menjadi rupiah, ternyata kalian juga bisa melakukan transfer uang keluar negeri melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI). Tentu ini cukup membantu apabila kalian ingin mengirim dana kepada teman atau keluarga yang tinggal diluar negeri.

Keuntungan Menukar Uang Asing di BRI

Syarat Menukar Uang Asing Di BRI
Syarat Menukar Uang Asing Di BRI

Memilih Bank Rakyat Indonesia sebagai Bank penukaran uang tentunya karena ada keuntungan yang bisa didapatkan dibandingkan dari bank lainnya. Beberapa keuntungan menukar uang Asing di BRI ialah sebagai berikut :

Aman dan Terpercaya

Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank terpercaya di Indonesia. Bank ini juga menjadi pilihan banyak masyarakat. Selain itu, Bank BRI juga memiliki sistem keamanan yang ketat untuk memastikan transaksi kalian aman dari tindakan kejahatan seperti penipuan dan pencurian. Dengan begitu, menukar uang Asing menggunakan layanan BRI menajdi lebih nyaman dan aman.

Baca Juga :  7 Aplikasi Merangkum Buku Secara Online Terbaik

Proses lebih Mudah dan Cepat

Keuntungan berikutnya menukarkan uang Asing di BRI ialah proses yang mudah dan cepat. Syarat yang diperlukan tidak banyak dan permohonan penukaran uang bisa diproses saat itu juga.

Selain itu, Bank Rakyat Indonesia memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga kalian yang tinggal didaerah terpencil juga tidak sulit untuk mengunjungi kantor cabang. Bank BRI telah menggunakan sistem teknologi informasi modern, ini akan membantu proses yang berjalan menjadi lebih cepat.

Tersedia Berbagai Jenis Mata Uang

Bank Rakyat Indonesia menyediakan berbagai mata uang asing yang dapat kalian tukarkan seperti dolar Amerika Serikat, euro, yen Jepang, dolar Singapura, dan lain-lain. Beragam jenis mata uang tersebut dapat kalian manfaatkan sesuai kebutuhan.

Kurs Yang Kompetitif

Kurs yang kompetitif Bank BRI menawarkan kurs yang kompetitif dan mengikuti perkembangan kurs yang terbaru, sehingga kalian dapat memperoleh nilai tukar yang lebih baik dibandingkan dengan tempat penukaran uang asing lainnya.

Bisa Digunakan Untuk Transaksi Internasional

Jika kalian sering melakukan transaksi internasional, sebaiknya memang menukar uang Asing di BRI karena BRI menyediakan layanan untuk melakukan pembayaran atau transaksi internasional dengan mudah dan aman.

Jenis Mata Uang Asing Yang Bisa di Tukarkan di BRI

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalian dapat menukarkan uang asing di BRI dari berbagai mata uang. Lantas apa saja mata uang yang bisa ditukarkan pada bank BRI ? Berikut rinciannya :

  • USD – US Dollar
  • EUR – Euro
  • GBP – Great Britain Poundsterling
  • CHF – Swiss Franc
  • SHAR – Saudi Arabia Riyal
  • AED – Arab Emirates Dirham
  • PGK – Papua New Guinea Kina
  • AUD – Australian Dollar
  • BND – Brunei Dollar
  • CAD – Canadian Dollar
  • HKD – Hongkong Dollar
  • NZD – New Zealand Dollar
  • SGD – Singapore Dollar
Baca Juga :  22 Rekomendasi Motor Yang Cocok Untuk Tinggi Badan 140 Cm, Mudah Dibawa!

Untuk jumlah penukaran uang BRI hampir sama dengan jumlah pada Bank lainnya. Minimal penukaran uang Asing yang bisa dilakukan adalah jumlah 100 lembar. Jadi, jika kalian ingin menukar uang menjadi nominal 5000 maka dana yang cair adalah sejumlah Rp500.000.

Tips Menukar Uang Asing di BRI

Untuk menukar mata uang Asing menjadi rupiah ternyata tidak bisa sembarang dilakukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menukar uang asing menjadi rupiah seperti nilai kurs pada saat ingin menukarkan uang.

Jika kalian menukar uang Asing pada saat yang tidak tepat, dapat menimbulkan kerugian karena dana yang kalian terima bisa lebih sedikit dari seharusnya. Penukaran mata uang sebaiknya dilakukan pada saat kurs stabil.

Kalian juga bisa melakukan penukaran di awal pekan, apalagi saat pagi hari untuk mendapatkan harga yang lebih baik. Pantau terus pergerakan nilai tukar atau kurs antara rupiah dengan mata uang asing yang kalian miliki.

Selain itu, Sebelum melakukan tukar uang, ada baiknya jika kalian melakukan cek nilai mata uang yang nantinya akan ditukarkan. Kalian dapat melihat kurs mata uang asing lewat internet, ataupun bertanya kepada agen terdekat dalam membandingkan nilai tukar yang akan kalian didapatkan.

Penutup

Syarat Menukar Uang Asing Di BRI
Syarat Menukar Uang Asing Di BRI

Mengetahui syarat menukar uang Asing di BRI menjadi langkah awal yang harus dilakukan sebelum mengunjungi kantor cabang BRI. Ini akan melancarkan proses penukaran uang yang akan dilakukan. Beberapa syarat menukar uang Asing di BRI yang telah disebutkan diatas tentunya tidak sulit untuk disiapkan, begitupun langkah-langkah penukaran uang yang akan berlangsung.

Semoga informasi syarat menukar uang Asing di BRI yang telah kami uraikan dapat membantu sobat memahami proses penukaran uang Asing dengan mudah. Pastikan untuk mengecek kurs yang sedang berlaku untuk memperoleh jumlah penukaran yang lebih besar.

Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba.

Back to top button