4 Daftar Makanan Penggemuk Anjing Terbaik

Rohma Dearni

Mengetahui daftar makanan penggemuk anjing adalah salah satu poin penting ketika anabulmu mogok makan dan bobot badan berkurang drastis.

Walaupun berbagai anjing dari ras tertentu memiliki badan kurus, namun bagi anda yang memiliki anjing dari ras berbeda hal ini patut dikeluhkan. Oleh karena itu, ada kalanya kamu perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut agar tidak membahayakan nyawa anjing kesayanganmu.

mengapa Anjing tidak mau makan

 

Anjing yang tidak memiliki selera makan lebih lesu dari biasanya, mereka lebih betah berbaring seharian bahkan ketika kamu menyuguhi makanan sekalipun. Kondisi ini tentunya menghkawatirkan kesehatanya, sehingga kamu kamu perlu mengetahui permasalahan yang dialami anjingmu.

Jika terus dibiarkan anjing akan kurus dan tidak menutup kemungkinan membahayakan nyawanya. Oleh karena itu banyak mereka yang langsung berkonsultasi dengan ahli sampai googling penyebab dan makanan penggemuk anjing yang sesuai.

Penyebab Anjing Kurus

Nah, membahas lanjut mengenai makanan penggemuk anjing akan kurang rasanya jika tidak kita bahas penyebab anjing kurus, hal tersebut bertujuan agar pembaca mengetahui langkah dan hal yang meminimalisir keadaan serupa untuk anjingmu.

Penyebab Spesifikasi
Makanan yang sama Anjing yang mogok makan bisa saja karena teksur dan rasa makanan yang itu-itu saja sehingga membuat bobotnya menurun drastis.
Stres Jika anjing stres mereka akan menunjukkan sikap pasif, hal ini mungkin saja karena lingkungan dan orang disekitar anjing, keadaan ini akan berdampak pada nafsu makan anjing.
Masalah Endokrin Endokrin merupakan permasalahan dimana sistem yang mengirimkan pesan ke dalam tubuh melalui hormon mengalami gangguan. Karena masalah tersebut membuat hormon anjing tidak seimbang yang mengakibatkan tubuh membakar lebih banyak kalori daripada yang biasa mereka makan.
Adanya Parasit Jika anjingmu terlalu kurus bisa jadi karena adanya parasit di tubuh. Berbeda dengan tiga faktor pertama, anjing yang mengalami masalah ini bisa saja tetap berselera makan namun tubuh kurus.

Itulah beberapa penyebab anabul kurus, beberapa masalah tidak akan selesai jika anda hanya memberikan makanan penggemuk anjing sebut saja seperti parasit dan masalah endokrin, sebaiknya tuntaskan terlebih dahulu permasalahan anjing dengan konsultasi di Halodoc, seiring masa pemulihan berikan satu dari beberapa makanan penggemuk anjing yang akan kita ulas berikutnya.

Jika anda berkeinginan menambah bobot anjing, selain memberikan makanan kaleng berikan makanan dari olahan nasi melalui referensi ini 9 Cara Membuat Makanan Anjing Dari Nasi Dengan Benar

Makanan Penggemuk Anjing

Bukan hal baru lagi cara meningkatkan bobot anjing dengan memberikan asupan yang berkualitas, pastikan anda memberikan makanan dengan kalori yang cukup dan kebutuhan nutrisi lainya, jika anda bingung terkait makanan penggemuk anjing, berikut kami berikan rekomendasinya :

  • Makanan Anjing Kemasan (Kering dan Basah)

Makanan Penggemuk Anjing
Makanan Penggemuk Anjing

 

Dijaman modern ini semua bisa didapatkan, sama halnya seperti  makanan penggemuk anjing. Ada begitu banyak makanan yang ampuh digunakan untuk menaikkan berat badan hewan peliharaanmu. Sebut saja seperti royal canin, cesar dan purina alpo.

Jika anjingmu bosan memakan makanan yang itu-itu saja gunakan alternatif lain dengan memberikan makanan kaleng, makanan basah dan sebagainya. Seperti penggunaan merk cesar, biasanya anjing lebih menyukai merek ini karena tekstur lembut dan beraroma wangi.

Agar bobot anabul bertambah, sebaiknya kamu gunakan makanan yang mengandung kalori tertinggi. Hal ini juga bisa dilakukan dengan mengganti makanan kering menjadi basah dan sebaliknya agar anjingmu terhindar dari rasa bosan.

  • Olahan Daging Sapi dan Hati Ayam

Jika bobot anjing anda turun drastis sebaiknya putar otak untuk mengolah beberapa bahan berikut ini. Pertama mungkin anda bisa membuat olahan daging sapi disela-sela jam makan nya, namun sebaiknya kamu mengolah sendiri agar mengetahui kadar daging dan jumlah lain yang dimasukkan kedalamnya.

Gunakan juga olahan hati ayam matang untuk menambah vitamin B12, namun pastikan anda memberikanya dengan waktu yang sesuai sekitar 2-3 kali satu minggu. Selain itu mencampurkan telur didalam makanan anjing diyakini bisa memberikan kebutuhan vitamin tersebut.

  • Olahan Labu dan Ikan Salmon

Makanan Penggemuk Anjing
Makanan Penggemuk Anjing

Sepertinya usaha menaikkan berat badan anjing harus dilkukan dengan cara extra. Kali ini kita akan membahas makanan penggemuk anjing yang kaya akan kalori sehingga mempercepat penggemukan pada anjing.

Selain itu, olahan ikan salmon diyakini mampu memberikan lemak sehat ataupun kalori baik untuk tubuh anjing. Nah, apabila anda ingin berat badan anjing kembali seperti semula sebaiknya kamu gunakan olahan ikan salmon dengan labu. Sama seperti olahan daging sapi dan hati ayam sebaknya kamu memberikan menu ini cukup 2-3 kali seminggu.

  • Campurkan Vitamin di Dalam Makanan

Sangat perlu dipahami cara meningkatkan nafsu makan anjing dapat dilakukan dengan bantuan vitamin yang akan membantu meningkatkan nafsu makanan. Ada banyak jenis vitamin yang bisa diandalkan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Tidak perlu khawatir jika anjing anda tidak menelan suplemen yang diberikan, beberapa jenis vitamin penggemuk memang tersedia dalam bentuk cairan dan bisa dicampurkan dalam makanan anjing, khususnya anak anjing, hanya saja kamu perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan.

Itulah empat poin penting untuk menambah berat badan anjing anda, cara lain juga dapat dilakukan dengan menambah jumlah makanan, semakin banyak makanan yang dikonsumsi kaloripun akan semakin bertambah. Namun waspadai memberikan makanan sekaligus, sebaiknya perhatikan waktu dan berikan secara bertahap.

Tips Menaikkan Berat Badan Anjing yang Kurus

Selain memberikan makanan penggemuk anjing, anda harus perhatikan beberapa tips berikut agar usaha menggemukkan anjing membuahkan hasil.

  1. Tetapkan target berat anjing agar kamu mengetahui progres berhasil melalui waktu dan pertambahan bobot anjing.
  2. Berikan makanan rumahan anjing yang diijinkan dokter hewan
  3. Jika ada parasit, sebaiknya musnahkan dengan obat resepan ahlinya
  4. Perhatikan jumlah kalori dalam makanan yang diberikan, yang berarti cukup tidak kurang maupun berlebihan. Walaupun diatas kamu dianjurkan memberikan makanan tinggi kalori, tetap perhatikan jumlah kalori agar tidak mengganggu pencernaan anjing.

Penutup

Makanan Penggemuk Anjing
Makanan Penggemuk Anjing

Nyatanya makanan pengemuk anjing bisa kita peroleh dalam kemasan ataupun mengolahnya sendiri, tetapi sobat dianjurkan untuk meniti awal penyebab turunya berat badan hewan pelihraanmu. Selain itu, merawat anjing yang kurus dapat dilakukan dengan cara berbeda, tergantung ras dan kesehatan tubuhnya.

Related Post