Info Harga Sapi Brahman dari Anakan 1 Tahun Hingga Dewasa

Iusnar Sinaga

Sedang mencari sumber terkait harga sapi brahman? Tenang saja, artikel ini akan membahas mengenai harga sapi brahman yang sudah di rangkum dari beberapa sumber.

Kebutuhan pangan merupakan salah satu unsur utama bagi kelangsungan hidup manusia. Banyak yang dihasilkan dari beragam jenis pangan yang kita komsumsi sehari-hari seperti vitamin, protein, nutrisi, dll. Semua komponen tersebut bisa kita dapatkan dari salah satu jenis makanan yaitu daging. Maka tak heran jika banyak yang menyukai makanan yang berbaur daging karena selain rasanya yang enak, juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

Dalam artikel ini kita akan membahas daging sapi khususnya sapi Brahman. Sapi merupakan salah satu hewan yang biasanya dijadikan sebagai kurban pada saat hari raya besar umat muslim di Indonesia. Sehingga penelusuran terkait harga sapi ini selalu meningkat. Apakah kamu juga berniat ingin membeli untuk kamu pelihara, dijadikan kurban, untuk dimakan di acara besar, atau untuk di jadikan bisnis? Jika iya, ketahui dulu yuk harga sapi brahman dari anakan sampai dewasa dalam artikel ini.

Sekilas Tentang Sapi Brahman

Harga Sapi Brahman
Sumber: dinpertanpangan.demakkab.go.id

Dilansir dari Wikipedia sapi brahman adalah keturunan sapi zebu yang aslinya berasal dari India kemudian masuk ke Amerika pada tahun 1849. Ternyata di AS sapi ini berkembang pesat, sehingga orang Amerika mengembangkan sapi brahman untuk diseleksi dan ditingkatkan mutu genetiknya. Setelah berhasil, jenis sapi ini di ekspor ke berbagai negara termasuk ke Indonesia. Sapi brahman dikenal dengan nutrisi pada dagingnya yang tinggi. Namun sesuai dengan mutu dan kualitas yang dimiliki, harga daging dari sapi brahman ini juga tergolong mahal dibandingkan dengan daging jenis sapi lainnya.

Ciri Khas dan Keunikan Sapi Brahman

Sapi brahman memiliki keunikan dibandingkan dengan beragam jenis sapi lainnya. Keunikan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki punuk yang besar mirip seperti unta
  2. Memiliki fostur tubuh yang penuh dengan lipatan-lipatan dan bergelambir
  3. Berkulit longgar
  4. Memiliki telinga yang panjang dan runcing
  5. Memiliki tulang yang kecil

Jenis Sapi Brahman

Sebelum kamu mengetahui harga sapi brahman tentu kamu perlu juga mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis dari sapi brahman. Pada dasarnya, sapi brahman dibagi kedalam dua kelompok yakni sapi brahman asli dan sapi brahman  cross. Apakah perbedaan dari keduanya? Simak berikut ini!

  • Sapi Brahman Asli

Sumber: arenahewan.com

Sama seperti namanya, sapi brahman asli merupakan sapi brahman yang belum disilangkan dengan jenis sapi lain. Karena keasliannya membuat harga sapi brahman asli ini lebih mahal dibandingkan dengan harga sapi brahman cross.

  • Sapi Brahman Cross

Sapi brahman cross merupakan kebalikan dari sapi brahman asli, yang mana jenis sapi ini merupakan jenis brahman dari hasil persilangan dengan sapi lainnya seperti sapi simmental, Hereford, dan sapi Limosin.

Harga Sapi Brahman

Setelah kamu mengetahui deskripsi serta jenis-jenis dari sapi brahman, sekarang kami akan menyajikan harga sapi brahman terlengkap. Harga yang kami cantumkan dibawah ini merupakan harga yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber termasuk juga dari situs jual online. Untuk memudahkan kamu dalam melihat rincian harganya, maka kami akan tampilkan harga sapi brahman dalam bentuk tabel seperti di bawah ini:

Jenis Sapi Brahman Berat/ Kg Harga (Rp)
Sapi Brahman Asli Anakan

300 Kg

450 Kg

580 Kg

750 Kg

950 kg

Rp 12.000.000 – 17.000.000

Rp 24.000.000 per ekor

Rp 31.000.000 per ekor

Rp 40.000.000 per ekor

Rp 55.000.000 per ekor

Rp 62.000.000 per ekor

Sapi Brahman Cross Anakan

300 Kg

450 Kg

550 Kg

750 Kg

900 kg

Rp 10.000.000 – 13.000.000

Rp 20.000.000 per ekor

Rp 25.000.000 per ekor

Rp 32.000.000 per ekor

Rp 40.000.000 per ekor

Rp 48.000.000 per ekor

Baca juga Daftar Menu dan Harga Bakso Rusuk Joss

Penutup

Harga Sapi Brahman
Harga Sapi Brahman

Nah itulah info terkait harga sapi brahman yang dapat Mocipay bagikan untuk sobat semuanya. Harga yang tercantum merupakan harga sapi brahman yang sudah dirangkum dan disimpulkan dari berbagai sumber terpercaya. Namun perlu diingat bahwa harga bisa saja mengalami kenaikan maupun penurunan sewaktu-waktu. Terutama pada saat menjelang hari raya harga sapi pasti akan melonjak tinggi. Maka, harga diatas tidak mengikat dan menjadi patokan. Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih telah berkunjung.

Related Post