Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak, Ini Solusinya!

Iusnar Sinaga

Banyak orang-orang yang mengeluh terkait token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak. Apakah sebenarnya yang menyebabkan hal ini terjadi? Simak penjelasannya dalam artikel ini!

Menggunakan Token Listrik merupakan alternatif yang lebih dipilih oleh kebanyakan orang untuk menghindari masalah tagihan meledak yang sering di alami oleh para pengguna meteran (listrik pascabayar).

Dengan menggunakan token sendiri, orang-orang bisa dengan mudah mengatur dan mengontrol sendiri pemakaian listrik mereka serta bisa mengetahui rata-rata kebutuhan listrik mereka per waktu yang ditentukan. Namun tak jarang terdapat masalah “token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak” dirasakan oleh pengguna listrik prabayar. Bagaimanakah cara mengatasi masalah seperti ini? Jangan khawatir! kami pastikan kamu akan terbebas dari kebisingan token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak.

Token Listrik Bunyi di kWh berapa?

Sumber: cecepmunawar.files.wordpress.com

Sebenarnya pada kWh berapa token listrik akan bunyi tidaklah dapat dipastikan karena terdapat cara yang bisa dilakukan para pengguna token untuk mengatur pada kWh berapa agar alarm token berbunyi.

Namun terdapat batas minimal yang telah ditetapkan PLN agar alarm token bunyi yaitu 5 kWh. Artinya anda tidak bisa menyetel batas pulsa agar alarm token bunyi di bawah 5 kWh.

Apakah bunyi alarm token bisa dimatikan secara permanen?

Mungkin beberapa diantara kamu kadang merasa sangat terganggu dengan bunyi token yang sangat meresahkan terutama pada saat tengah terlelap tidur. Tak heran, dengan kondisi yang demikian anda berpikiran untuk mencari tau apakah bisa alarm token dimatikan permanen?

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa PLN sudah membuat ketentuan batas minimal kWh agar alarm token bunyi adalah 5 kWh, yang artinya bunyi alarm token listrik tidak akan bisa dihilangkan terkecuali jika seandainya batas minimal kWh token listrik bunyi bisa diatur saat sisa pulsa berada pada 0 kWh.

Cara mematikan bunyi alarm token listrik sementara

Mematikan alarm token secara permanen memang tidak bisa dilakukan, namun kamu bisa mematikan alarm token listrik untuk sementara waktu menunggu kamu mengisi ulang token kembali yaitu dengan menekan tombol 812 pada keypad meteran token diikuti dengan menekan Enter.

Cara mengatur batas sisa pulsa untuk alarm token bunyi

Sumber: riftom.info

Seperti yang sebelumnya telah kami katakan pada penjelasan diatas bahwa sebenarnya batas kWh token alarm token akan bunyi bisa kita atur semau kita, yang penting tidak berada di bawah 5 kWh.

Tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara melakukan hal itu. Mungkin kamu termasuk salah satu diantaranya. Tapi anda tidak perlu cemas, berikut kami tunjukkan caranya

Cara mengatur pada kWh berapa token listrik bunyi:

  1. Pertama, tentukan lah terlebih dahulu batas kWh yang kamu inginkan agar token listrik mu bunyi
  2. Setelah itu, silahkan tekan tombol kode untuk mengatur batas kWh token listrik yaitu angka 456 pada keypad meteran token listrik diikuti dengan angka dari batas kWh yang anda telah tentukan sebelumnya. Misalnya 45610 (jika anda ingin token anda bunyi pada sisa pulsa token yaitu 10 kWh)
  3. Kemudian tekan ENTER
  4. Finally! alarm token kamu akan bunyi setiap pada saat sisa pulsa token kamu berada pada 10 kWh.

Tapi ingat ya guys, jangan coba-coba untuk membuat batas kWh token bunyi berada dibawah 5 kWh (45601 – 45604) karna hal itu tentu tidak akan berhasil!

Mengapa Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

Biasanya alarm token listrik mengeluarkan bunyi yang berisik terus menerus menandakan bahwa pulsa anda sudah menipis/ akan segera habis. Hal ini akan terus berlanjut sampai anda melakukan isi ulang pulsa token anda.

Namun, bagaimanakah kasusnya jika token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak? Nah, biasanya hal yang menjadi penyebab dari token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak adalah “Terjadi Error pada meteran token” anda

Ketika yang terjadi adalah situasi error pada meteran token anda maka akan mengakibatkan alarm token akan bunyi terus menerus sekalipun masih terdapat banyak sisa pulsa.

Penyebab meteran token Error

Source: assets-a1.kompasiana.com

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan meteran token error sebagai penyebab token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Salah memasukkan kode

⇒ Ketika kamu melakukan pembelian pulsa token listrik, maka kamu akan menerima kode stroom token berupa kode yang berisi angka sebanyak 20 digit yang kemudian akan anda input ke dalam meteran supaya pulsa masuk. Perlu anda ketahui, berhatilah-hatilah ketika memasukkan kode yang berisi angka 20 digit tersebut, karena jika sampai salah sebanyak 3 kali maka token listrik mu akan terblokir otomatis.

  • Server PLN sedang bermasalah

⇒ Adanya masalah pada server PLN kerap akan menyebabkan ke-error an pada beberapa token listrik.

  • kWh over limit

⇒ Perlu anda ketahui pengisian ulang pulsa token juga memiliki batas maksimum pengisian sesuai dengan daya volt dari meteran token yang dimiliki pelanggan. Misalnya untuk golongan 900 VA, batas maksimal pembelian token per bulannya adalah sebesar Rp 842.400. Hal ini sengaja dilakukan oleh PLN supaya para pelanggan bisa berhemat dalam pemakaian listrik

  • Meteran token bermasalah

⇒ Error pada token listrik bisa jadi disebabkan oleh terdapat masalah pada meteran tokennya. Jika sudah demikian, sebaiknya anda hubungi saja pihak PLN.

Cara mengatasi masalah token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak

token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak
Token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak/ riftom.info

Anda telah mengetahui penyebab dari token listrik terus bunyi padahal pulsa masih banyak yaitu terjadinya error pada meteran token. Bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut dengan mudah? 

Hal tersebut hanya bisa anda atasi dengan melaporkan dan meminta bantuan pada pihak PLN. Anda tidak perlu cemas, untuk melaporkan masalah anda tidaklah mengharuskan anda untuk pergi ke kantor PLN secara langsung.

Anda bisa menghubungi petugas PLN dengan mudah via nomor layanan PLN yaitu (nomor area ) 123. Nomor area yang dimaksud adalah nomor area tempat kamu tinggal saat itu. Misalnya jika tempat tinggal anda di kota Medan maka kamu bisa menghubungi petugas PLN dengan nomor layanan (061) 123. Namun sebelum menelepon, pastikan pulsa anda tersedia ya guys.

Nantinya setelah telepon anda sudah tersambung, silahkan sampaikan keluhan anda yang sedang mengalami masalah terkait token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak. Setelah laporan disampaikan, tunggulah sampai petugas PLN datang mengunjungi lokasi anda.

Perihal nomor area, mengingat Indonesia terdiri dari beragam wilayah daerah, maka akan sangat memakan waktu jika kami tampilkan nomor area dari masing-masing daerah yang terdapat di Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu, untuk mengetahui nomor area tempat anda tinggal dapat anda cari melalui penelusuran google.com

Tips Menghubungi Call Center PLN

Tips Penjelasan
Persiapkan Informasi Penting Sebelum Anda menelepon, pastikan Anda memiliki informasi yang relevan, seperti nomor pelanggan PLN Anda, alamat atau lokasi masalah, dan detail tentang masalah atau pertanyaan Anda. Ini akan membantu staf call center memberikan bantuan yang lebih baik.
Gunakan Nomor yang Tepat Pastikan Anda menghubungi nomor call center PLN yang sesuai dengan wilayah atau jenis layanan Anda. PLN biasanya memiliki nomor call center berbeda untuk berbagai keperluan, seperti keluhan, pemasangan baru, atau gangguan listrik.
Siapkan Catatan atau Pertanyaan Anda Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah yang rumit, pertimbangkan untuk menuliskan catatan atau pertanyaan Anda sebelum menelepon. Ini akan membantu Anda tetap terorganisasi selama panggilan dan memastikan Anda tidak melewatkan informasi penting.
Periksa Waktu Terbaik Coba menelepon call center PLN pada waktu yang kurang sibuk, jika memungkinkan. Ini dapat mengurangi waktu tunggu Anda dan memungkinkan Anda mendapatkan bantuan dengan lebih cepat. Waktu paling sibuk biasanya terjadi saat ada gangguan listrik besar.
Bersabar dan Hormati Staf Call Center Ingatlah bahwa staf call center PLN bekerja keras untuk membantu pelanggan dengan berbagai masalah. Bersikaplah sabar dan hormati mereka, bahkan jika Anda merasa frustrasi dengan situasi Anda. Mereka akan lebih mungkin membantu Anda jika Anda bersikap sopan.

Akhir Kata

Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak
Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

Alarm token yang mengeluarkan bunyi yang bising secara terus menerus memang sungguh sangat meresahkan para pelanggan. Namun disisi lain, hal itu tentu sangat bermanfaat sebagai pengingat untuk anda agar melakukan pengisian pulsa token kembali sebelum pulsa token benar-benar habis (0 kWh).

Namun jika anda mengalami token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak maka kami sangat berharap agar kiranya solusi yang telah kami paparkan diatas dapat anda jadikan sebagai jalan keluar agar terlepas dari kebisingan suara alarm token yang tak kunjung berhenti.

Related Post