5 Cara Private Number Telkomsel, Berikut Kode Lengkapnya!

Iusnar Sinaga

Apakah anda sedang menelusuri cara private number Telkomsel? Jika iya, maka anda tidak perlu khawatir karna dalam artikel ini kami akan mengulas lengkap penjelasan terkait cara private number Telkomsel.

Privasi number Telkomsel merupakan suatu trik yang belum banyak diketahui oleh para pelanggan Telkomsel. Private number ini sendiri merupakan suatu fitur yang akan berfungsi untuk tidak menampilkan nomor telepon anda ketika sedang melakukan panggilan telepon seluler kepada orang lain.

Fitur ini tentu sangat berguna untuk menjaga privasi anda, menghindari kemungkinan adanya niat buruk dari orang lain yang melihat nomor anda dan kemudian menyalahgunakannya. Lantas bagaimakah cara private number Telkomsel? Jangan kemana-mana, berikut kami jelaskan dalam isi artikel ini!

Seputar Mengenai Private Number Telkomsel

Cara Private Number Telkomsel
cara private number Telkomsel

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara private number Telkomsel, kami akan menjelaskan terlebih dahulu beberapa informasi terkait private number Telkomsel yang perlu kamu pahami sebelum memutuskan untuk mengaktifkan fitur private number ini di ponsel kamu.

  • Apa itu private number Telkomsel?

Private number Telkomsel adalah sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk bisa melakukan panggilan tanpa menampilkan nomor telepon anda kepada penerima panggilan. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika kita menghubungi seseorang, maka nomor kita akan tampil di layar HP mereka. Nah, dengan adanya fitur private number ini anda tidak perlu lagi khawatir karena nomor anda tidak akan terlihat pada siapapun yang anda panggil melalui telepon seluler.

  • Manfaat private number Telkomsel

Terdapat beberapa manfaat dari fitur private number Telkomsel seperti diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat penjelasan
Melindungi privasi pengguna Mungkin kamu pernah berada dalam situasi harus menelepon seseorang yang tidak kamu kenal dengan berbagai alasan tertentu. Dengan menggunakan private number, nomor HP anda yang anda gunakan untuk melakukan panggilan akan disembunyikan sehingga kamu dapat melindungi privasi mu dari orang-orang yang tidak kamu kenal
Meningkatkan keamanan Private number akan membantu pengguna untuk meningkatkan keamanan saat melakukan panggilan kepada orang lain, terutama saat dalam situasi dimana orang yang melakukan panggilan tidak ingin nomor teleponnya terbaca oleh orang lain.
Mencegah penyalahgunaan nomor telepon Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai kasus terkait pelaku kejahatan yang menyalah gunakan nomor telepon. Nah, dengan adanya private number ini, anda tidak perlu khawatir lagi karena ini akan membantu anda untuk mencegah penyalagunaan nomor telepon oleh pihak yang tidak bertanggung jawab seperti penipu, spammer, dan lain-lain.
Menjaga kenyamanan Mengetahui bahwa nomor telepon kamu tidak akan tampil di layar HP si penerima panggilan tentu akan menciptakan kenyamanan bagi anda karena tidak perlu lagi khawatir akan beberapa kemungkinan yang timbul jika nomor kamu akhirnya disalahgunakan.
  • Apakah semua jenis kartu Telkomsel mendukung fitur private number?

Sangat disayangkan bahwa fitur private number ini belum mendukung ke semua jenis kartu Telkomsel. Perlu untuk anda ketahui bahwa private number hanya bisa diaktifkan oleh pengguna kartuHalo Telkomsel. Jadi apabila anda termasuk sebagai salah satu pelanggan prabayar (kartu As, SimPATI, dan LOOP), maka anda tidak akan bisa menggunakan fitur ini.

  • Efek samping penggunaan fitur private number Telkomsel

Sebelum mengaktifkan fitur private number Telkomsel, kamu harus mengetahui terlebih dahulu konsekuensi yang akan kamu terima ketika mengaktifkan fitur ini di HP kamu. Perlu untuk anda ketahui bahwa ketika anda mengaktifkan private number, beberapa orang mungkin akan menganggap panggilan anda sebagai penipuan atau SPAM, sehingga mereka akan mengabaikan/ tidak mengangkat panggilan anda.

Cara Private Number Telkomsel

Terdapat beberapa cara private number Telkomsel yang dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan nomor telepon kamu saat sedang melakukan panggilan ke nomor lain. Beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Melalui pengaturan HP

 

  1. Langkah pertama silahkan buka menu panggilan di HP anda
  2. Lalu buka pengaturan panggilan biasanya ikon tombolnya berada di posisi pojok kanan paling atas
  3. Maka akan tampil beberapa menu. Silahkan scroll ke bawah dan klik pada “setelan lanjutan/ pengaturan tambahan
  4. Cari dan klik pada caller ID
  5. Terakhir pilih “Hide number” maka nomor telepon anda tidak akan ditampilkan lagi saat hendak menghubungi seseorang
  • Melalui kode rahasia

Cara Private Number Telkomsel melalui kode rahasia

Untuk membuat nomor anda menjadi tidak terlihat pada saat memanggil orang lain dapat juga kamu lakukan melalui beberapa kode rahasia, seperti diantaranya adalah:

⇒ Kode rahasia *67+nomor tujuan

Kode rahasia yang pertama yaitu *67+nomor tujuan. Tekan *67 sebelum memasukkan nomor telepon yang ingin anda hubungi. Misalnya jika nomor telepon tujuan anda adalah 082356347865, maka tekanlah *6782356347865. Kemudian tekanlah tombol memanggil seperti biasa. Maka nomor HP anda tidak akan tampil lagi dilayar HP penerima panggilan.

⇒ Kode rahasia #31#nomor tujuan

Kode rahasia yang selanjutnya adalah dengan menggunakan #31#nomor tujuan. Caranya sama juga seperti pada cara pertama yang telah dijelaskan diatas. Namun supaya anda lebih paham, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu panggilan di HP anda
  2. Lalu masukkan kode rahasia sebelum memasukkan nomor telepon tujuan (contoh: #31#082287345690
  3. Terakhir, tekan tombol untuk memanggil
  • Via aplikasi MyTelkomsel

Cara Private Number Telkomsel melalui aplikasi My Telkomsel

Cara private number Telkomsel yang berikutnya adalah dengan mengakses menu “panggilan rahasia” pada aplikasi My Telkomsel

Berikut adalah beberapa langkah-langkahnya:

  1. Langkah yang pertama, pastikan aplikasi Telkomsel sudah terpasang di HP anda
  2. Pada halaman utama, cari dan kliklah pada menu “panggilan rahasia
  3. Jika sudah anda temukan, silahkan aktifkan fitur tersebut dengan memilih opsi “Aktifkan
  4. Selesai! nomor anda tidak lagi ditampilkan saat melakukan panggilan ke nomor lain.
  • Melalui GraPARI

Selain beberapa cara diatas, terdapat juga cara lain yang dapat kamu lakukan sebagai cara private number Telkomsel, yaitu melalui GraPARI. Cara ini sekaligus sebagai alternatif terakhir jika beberapa cara yang telah di jelaskan diatas tidak berhasil menyembunyikan nomor anda saat melakukan panggilan. Jika kamu memilih cara ini, maka langsung saja ikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini:

  1. Silahkan kunjungi geleri Telkomsel (GraPARI terdekat)
  2. Kemudian sampaikan tujuan kamu kepada petugas terkait pengaktifan private number
  3. Maka petugas akan memberitahu kamu beberapa informasi seputar layanan private number termasuk syarat-syarat beserta prosedur pengaktifannya
  4. Lengkapilah semua persyaratan yang dibutuhkan/ sesuai instruksi yang telah disampaikan oleh petugas tadi
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai

Penutup

Cara Private Number Telkomsel Paling Mudah
Cara Private Number Telkomsel Paling Mudah

Itulah beberapa cara private number Telkomsel yang dapat kami tampilkan untuk sobat Telkomsel dimana pun berada. Dengan menggunakan fitur ini, anda akan dapat menjaga privasi anda saat sedang melakukan panggilan telepon seluler kepada orang lain.

Namun kami sebagai penulis artikel ini tetap mengingatkan sobat semuanya agar menggunakan fitur ini dengan bijak dan tidak untuk tujuan yang melanggar hukum atau merugikan orang lain. Demikianlah yang dapat kami bagikan, semoga beberapa informasi yang telah kami sampaikan melalui penjelasan diatas bermanfaat.

Related Post