TutorialTips

8 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk

Hp yang tidak bisa menerima panggilan memang menghambat aktivitas, karena itu perlu memahami cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk.

HP merupakan alat elektronik yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain akses internet, HP juga digunakan sebagai media komunikasi, namun tidak jarang kita menemui permasalahan HP tidak bisa menerima panggilan masuk.

HP yang tidak bisa menerima panggilan masuk biasanya terlibat masalah pada kartu, sistem dan hal-hal lain yang tidak bisa diprediksi, untuk mengetahui lebih dalam simak pembahasan dibawah!

Kenapa HP Tidak Bisa Menerima Panggilan?

Beberapa faktor yang harus kamu perhatikan ketika HP tidak bisa menerima panggilan masuk :

  • Sinyal Lemah. Sinyal merupakan hal terpenting saat melakukan panggilan seluler melalui HP. Jadi, jika sinyal lemah dan bermasalah sudah pasti kamu tidak dapat melakukan panggilan tersebut.
  • Nomor HP terblokir. Jika sinyal stabil namun handphone tidak bisa menerima panggilan silahkan cek masa aktif kartu yang digunakan. Beberapa pengguna tidak sadar kartu yang digunakan sudah melewati masa tenggang (terblokir) karna tidak memperpanjang masa aktif
  • Kartu SIM tidak didukung. Beberapa wilayah memang tidak mendukung kartu SIM, hal ini ditandai jaringan tidak tersedia di wilayah tersebut.
  • Bug sistem android. Tidak hanya kartu SIM, bug pada sistem kerap membatasi aktivitas smartphone salah satunya tidak bisa melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan masuk.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk

Walaupun saat ini banyak pengguna sudah beralih menggunakan whatsapp sebagai media komunikasi, panggilan seluler masih dibutuhkan tak kala paket internet menipis, jadi tetap saja HP tidak bisa menerima panggilan masuk merugikan kita.

Nah, Setelah mengetahui apa saja penyebab HP tidak bisa menerima panggilan, mari kita ulas cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk!

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Foto Whatsapp Tidak Muncul di Galeri

Cek Jaringan

Cara pertama untuk mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk dengan melihat jaringan seluler yang kamu gunakan. Banyak pengguna tidak sadar kalau jaringan seluler yang digunakan tidak didukung tempat tertentu.

cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk
cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk, Sumber gambar: insidelombok.id

Jika masalah karna jaringan seluler, gunakan jaringan yang dijangkau lokasimu. Seperti telkomsel, biasanya operator seluler ini lebih mudah mencari jaringan dan dikatakan stabil bahkan utnuk daerah terpencil. Namun, opsi ini harus kamu dilakukan dengan ganti kartu yang berarti nomor penerima juga berubah.

Aktifkan Mode Pesawat Sesaat

Salah satu cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk dengan beralih sementara menggunakan airplane mode atau yang dikenal dengan mode pesawat.

Dalam jaringan seluler, mode pesawat digunakan untuk memperbaiki sinyal. Jika kamu mengaktifkan mode pesawat, semua fitur koneksi akan terputus dan apabila mode pesawat dimatikan smartphone otomatis akan mencari jaringan baru yang bisa jadi lebih kuat dari jaringan sebelumnya, dengan begitu jaringan lebih terkoneksi untuk menerima panggilan masuk.

Bluetooth juga akan menghambat panggilan masuk karena mempengaruhi sinyal telepon, karena itu nonaktifkan bluetooth agar sinyal mendeksi dan mengonfirmasi penggilan masuk.

Jangan Lock Jaringan 4G

Sering kali pengguna tidak menyadari jaringan 4G yang mereka gunakan terkunci, alhasil pada tempat yang susah jaringan kamu tidak bisa beralih jaringan otomatis.

Walaupun 4G menawarkan layanan lebih praktis dengan kecepatan 2x lipat dibandingkan jaringan 3G dan 2G, sebaiknya jangan kunci jaringan, gunakan layanan 4G diutamakan, jadi jika sewaktu-waktu layanan 4G terganggu jaringan bisa beralih otomatis ke layanan 3G.

Untuk melihat apakah kamu mengunci layanan 4G dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu pengaturan
  2. Klik pengaturan jaringan seluler dan lihat apakah kamu mengaktifkan mode 4G LTE Only
  3. Sekarang kamu bisa ubah pengaturan jaringan dengan menandai jaringan 4G diutamakan yang berarti 3G atau 2G sewaktu-waktu bisa digunakan.

Hapus Cache Data Telepon

cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk
Hapus cache telepon

Banyaknya cache yang menumpuk bisa saja penyebab HP kamu tidak bisa menerima panggilan, langkah awal sebagai cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk dengan menghapus cache telepon yang terletak pada menu pengaturan.

  • Buka menu pengaturan pada ponsel
  • Klik notifikasi dan aplikasi
  • Pilih aplikasi dan klik telepon
  • Pada menu telepon, klik penyimpanan dan cache lalu hapus cache
  • Selesai
Baca Juga :  Berapakah Ukuran KTP Di Word? Lihat Jawaban disini!

Pastikan Nomor Penelepon Tidak di Blokir

Jika masalah tidak bisa menerima panggilan masuk antar dua nomor telepon saja, silahkan periksa apakah nomor penelepon masuk dalam daftar hitam kartumu/diblokir.

Cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk dengan memastikan nomor kamu tidak diblokir dan nomor penelepon tidak kamu blokir, dengan begitu kamu SIM tidak akan membatasi panggilan masuk dan kamu tetap bisa menerima panggilan.

Periksa Apakah Notifikasi Telepon Sudah Aktif

Cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk dengan melihat apakah kamu sudah mengaktifkan perizinan aplikasi untuk mengelola panggilan. Sederhananya jika aplikasi menu panggilan tidak memiliki izin, maka kamu tidak bisa akan menerima panggilan masuk ataupun melakukan panggilan keluar.

cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk
Cek izin telepon

Mengingat sistem touchcren yang sensitif bisa saja kamu tidak sadar akan hal ini dan menonaktifkan perizinan panggilan. Untuk melihat izin telepon dilakukan dengan cara berikut:

  • Buka menu telepon
  • Klik aplikasi dan notifikasi lalu pilih aplikasi
  • Pada menu aplikasi klik telepon
  • Selanjutnya klik izin dan lihat izin telepon sudah aktif atau tidak, jika belum klik izinkan sekarang.

Cek Masa Aktif Kartu

Cek masa aktif kartu salah satu cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk. Semua operator memberlakukan masa aktif untuk meninjau apakah pelanggan merupakan pengguna aktif atau tidak.

Nah, mengisi pulsa merupakan salah satu opsi menambah masa aktif kartu yang kamu gunakan, jika kamu tidak mengisi pulsa dalam jangka tertentu berakibat kartu memasuki masa tenggang bahkan terblokir, pada kondisi berikut dipastikan kamu tidak bisa melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan masuk.

Untuk melihat masa aktif kartu bisa dilakukan dengan dial up dan aplikasi. Seperti provider telkomsel cukup akses kode dial *888# maupun via aplikasi MyTelkomsel dan lihat apakah kartu memasuki masa tenggang dan terblokir.

Baca Juga :  8 Cara Menggandakan WA Tanpa Aplikasi

Reset HP

Opsi lain yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk dengan reset HP. Cara ini dilakukan jika kamu tidak bisa mendeteksi kerusakan dan masalah panggilan cukup lama dialami.

Sebelum mereset HP pastikan kamu menyimpan data-data penting, berikut cara reset HP melalui menu pengaturan:

  1. Buka menu pengaturan dan pastikan baterai lebih dari 50%
  2. Cari opsi more setting atau pengaturan lainya
  3. Disini silahkan klik reset, berikan tanda centang pada opsi format phone storage dan klik clear now
  4. Tunggu progres sampai selesai, jika sudah HP anda akan mati dan hidup otomatis.

Setelah 8 cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk diatas, menghubungi call center provider untuk menanyakan seputar masalah pada jaringan seluler bisa juga dilakukan.

Cara Langkah
1. Cek Mode Pesawat Pastikan ponsel tidak dalam mode pesawat. Mode ini memutuskan koneksi seluler Anda.
2. Nonaktifkan Do Not Disturb Pada beberapa ponsel, fitur ini akan mencegah panggilan masuk. Nonaktifkan jika aktif.
3. Cek Pengaturan Panggilan Masuk Pastikan Anda tidak tanpa sengaja memblokir panggilan dari nomor tertentu atau tidak dikenal
4. Restart Ponsel Kadang-kadang, masalah teknis sederhana dapat diatasi dengan mengulang start ponsel Anda
5. Periksa Sinyal Pastikan Anda berada di area dengan sinyal yang kuat. Jika tidak, pindah ke area dengan sinyal lebih baik
6. Cek Kartu SIM Lepas dan pasang kembali kartu SIM Anda, atau coba di ponsel lain untuk memastikan kartu SIM tidak bermasalah.
7. Update Perangkat Lunak Pastikan Anda telah memperbarui sistem operasi ke versi terbaru jika ada pembaruan tersedia.
8. Reset Pengaturan Jaringan Ini akan mengembalikan semua pengaturan jaringan ke default. Anda mungkin perlu mengatur ulang koneksi Wi-Fi setelahnya.
9. Hubungi Operator Seluler Mungkin ada masalah pada layanan jaringan atau akun Anda.
10.Reset Pabrik Sebagai langkah terakhir, pertimbangkan reset pabrik. Ingat untuk mencadangkan data Anda terlebih dahulu.

Kesimpulan

cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk
cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk

Berbagai cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan masuk sudah kita ulas, sekarang kamu bisa mengkaji hal-hal yang membuat handphone tidak bisa menerima panggilan berikut dengan cara mengatasinya.

Itulah informasi yang bisa mocipay bagikan, jika pembaca menemukan kesalahan penulisan maupun kritik yang membangun silahkan sematkan pada kolom komentar, sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Back to top button