10+ Cara Mengaktifkan Telkomsel Paylater

Irfan Nathanael

Untuk kamu pengguna setia kartu Telkomsel, kamu harus tau cara mengaktifkan Telkomsel Paylater untuk berjaga-jaga apabila kamu kehabisan pulsa dan sedang benar-benar membutuhkannnya.

Menjadi salah satu provider terbaik di Indonesia, Telkomsel terus memberikan dan meningkatkan layanan atau fitur yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Salah satu fitur yang sangat menarik adalah Telkomsel Paylater dengan konsep beli sekarang bayar nanti.

Fitur Telkomsel Paylater dapat digunakan oleh semua pengguna provider Telkomsel baik itu pengguna lama maupun pengguna baru. Untuk menggunakan fitur tersebut, tentu memiliki syarat dan ketentuan tersendiri yang harus kamu ikuti.

Cara Mengaktifkan Telkomsel Paylater

Cara Mengaktifkan Telkomsel Paylater
Cara Mengaktifkan Telkomsel Paylater

Cara mengaktifkan Telkomsel Paylater tergolong mudah, namun kamu harus benar-benar mengikuti setiap langkahnya agar lebih cepat di ACC. Dengan menggunakan Telkomsel Paylater terdapat beragam fitur unggul yang dapat mempermudah penggunanya dan lengkap untuk seluruh pelanggan Telkomsel.

Telkomsel PayLater dapat membuat pelanggannya melakukan transaksi beragam produk atau layanan digital yang ada di MyTelkomsel, mulai dari pembelian pulsa hingga paket data bagi pelanggannya.

Untuk kamu yang belum tau apa itu Telkomsel Paylater, Telkomsel Paylater adalah sebuah fitur atau layanan yang dihadirkan sebagai solusi kredit instan dan eksklusif untuk memberi kemudahan untuk setiap pelanggan Telkomsel agar dapat membeli berbagai produk digital baik itu pulsa ataupun paket data.

Fitur ini hadir dari kerjasama yang terjalin antara Telkomsel dan salah satu perusahan pembiayaan yang ada di Indonesia, Kredivo. Telkomsel Paylater hadir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan Telkomsel agar dapat membeli pulsa tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Karena dengan menggunakan fitur Telkomsel Paylater maka kamu akan membayarnya dikemudian hari sesuai dengan limit waktu yang sudah ditetapkan. Telkomsel Paylater sendiri dioperasikan dan dikelola oleh Kredivo.

Hampir sama dengan fitur Paylater yang ada di aplikasi belanja online atau aplikasi pinjaman online, untuk mengaktifkan Telkomsel Paylater kamu harus mendaftarkan diri dan memfoto KTP serta melakukan selfie untuk melakukan pendaftaran akun. Berikut ini adalah cara mengaktifkan Telkomsel Paylater dengan mudah dan pasti langsung di ACC:

  1. Cara mengaktifkan Telkomsel Paylater yang petama adalah buka aplikasi MyTelkomsel
  2. Klik Telkomsel Paylater yang ada di menu utama, lalu klik Daftar Paylater
  3. Setelah itu akan ditampikan menu untuk memasukkan informasi pribadi, infrormasi pekerjaan dan menu untuk melakukan sesi foto KTP dan foto selfie.
  4. Pada menu tersebut, klik Informasi pribadi dan masukkan informasi pribadi kamu lalu klik Simpan jika sudah selesai
  5. Begitu juga pada menu informasi pekerjaan, kamu harus mengisi informasi pekerjaan lalu klik Simpan jika sudah selesai
  6. Pada menu Upload foto KTP dan selfie pastikan kamu melakukannya sesuai yang diarahkan pada aplikasi supaya dapat terbaca dengan baik, lalu klik Simpan jika sudah selesai.
  7. Setelah menyelesaikan semua informasi yang dibutuhkan, klik dan centang persetujuan Perjanjian Penggunaan Telkomsel Paylater, Kebijakan Privasi dan Ketentuan Tanda Tangan Elektronik
  8. Klik Kirimkan untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  9. Berikutnya, kamu akan menerima notifikasi via aplikasi MyTelkomsel, SMS, atau email untuk mengaktivasi akun
  10. Setelah itu klik Aktifkan Paylater
  11. Kamu akan mendapatkan kode OTP
  12. Masukkan kode OTP, lalu klik Verifikasi
  13. Masukkan PIN dan konfirmasi PIN, kemudian klik Lanjutkan
  14. Pilih dan jawab pertanyaan keamanan, kemudian klik Kirim
  15. Kamu akan menerima notifikasi akun Telkomsel Paylater telah aktif
  16. Setelah selesai mengikuti cara mengaktifkan Telkomsel Paylater diatas, maka akun Telkomsel Paylater kamu berhasil diaktifkan dan kamu dapat menggunakan fitut tersebut.

Syarat Mendaftar Telkomsel Paylater

Syarat Mendaftar Telkomsel Paylater
Syarat Mendaftar Telkomsel Paylater

Setelah mengetahui cara mengaktifkan Telkomsel Paylater, maka hal yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah apa saja syarat dan ketentuan untuk mendaftar Telkomsel Paylater. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan untuk mendaftar Telkomsel Paylater, simak ya:

  • Syarat yang paling pertama dan utama adalah kamu pengguna dan mempunyai nomor Telkomsel
  • Batas kredit yang diberikan Telkomsel Paylater adalah 30 hari dengan limit mencapai Rp3.000.000
  • Untuk menggunakan fitur Telkomsel Paylater, selain mempunyai akun di aplikasi MyTelkomsel, kamu juga harus memiliki akun di aplikasi Kredivo
  • Layanan Telkomsel Paylater saat ini hanya terbatas pada pembelian produk Telkomsel sebagai pilihan metode pembayaran di MyTelkomsel, untuk selanjutnya akan hadir di platform aplikasi lainnya
  • Telkomsel dalam hal ini tidak membuat keputusan dalam cakupan fasilitas kredit yang diberikan, hal tersebut sepenuhnya menjadi keputusan Kredivo sebagai mitra institusi finansial dari Telkomsel Paylater
  • Tidak terdapat bunga dalam penggunaan Telkomsel Paylater, namun ketika kamu terlambat melakukan pembayaran, maka kamu akan dikenakan denda sebesar 4% dari jumlah tagihan kamu.

Cara Membayar Tagihan Telkomsel Paylater

Cara Membayar Tagihan Telkomsel Paylater
Cara Membayar Tagihan Telkomsel Paylater

Setelah kamu mengetahui cara mengaktifkan Telkomsel Paylater dan apa saja syarat untuk mengaktifkannya, kamu juga harus mengetahui cara membayar tagihannya.

Sesuai yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa fitur Telkomsel Paylater hadir dari kerjasama antara Telkomsel dan Kredivo. Jadi, tagihan transaksi yang dilakukan menggunakan Telkomsel Paylater akan secara otomatis masuk ke tagihan Kredivo. Kamu dapat membayar tagihan Telkomsel Paylater dengan beberapa cara, antara lain:

  • Masuk ke aplikasi Kredivo atau MyTelkomsel, klik Transaksi lalu pilih menu Bayar, dan pilih metode pembayaran yang kamu inginkan.
  • Terdaoat berbagai macam metode pembayaran yang daoat kamu pilih seperti pembayaran via ATM, M-Banking, aplikasi Tokopedia, gopay, atau melalui minimarket terdekat.
  • Setelah kamu memilih metode pembayarannya, kemudian kamu akan diberikan nomor virtual account
  • Kalau kamu melakukan pembayaran melalui ATM: maka ikuti langkah berikut:
  1. Kunjungi ATM terdekat
  2. Masukkan kartu & PIN
  3. Pilihlah Transaksi Lainnya
  4. Tekan Transfer
  5. Pilih Virtual Account
  6. Ketikkkan nomor virtual account
  7. Tekan Benar
  8. Ketik nominal bayar tagihan
  9. Tekan Benar lalu YA
  • Kalau kamu memilih metode M-Banking, maka berikut adalah langka-langkah yang harus kamu ikuti:
  1. Buka aplikasi M-Banking yang ada di handphone kamu
  2. Pilih menu transfer
  3. Kemudian klik pembayaran virtual account
  4. Masukkan nomor virtual account
  5. Klik lanjut dan kemudian klik konfirmasi
  • Kunjungi minimarket terdekat yang ada di tempat kamu, lalu kunjungi kasir dan sebutkan nomor virtual account kamu kepada kasir dan bayarkan sesuai nominal yang tertera di struk pembayaran.
  • Khusus untuk pembayaran melalui Alfamart hanya dapat melakukan 1 kali pembayaran tagihan per hari.
  • kamu juga bisa membayar tagihan Kredivo melalui Tokopedia. Buka website atau aplikasi Tokopedia, lalu pilih Pembayaran & Top Up, dan pilih Angsuran Kredit.

Tips Menggunakan Telkomsel Paylater

Tips Penjelasan
Pahami Syarat dan Ketentuan Sebelum mendaftar atau menggunakan Paylater, pahami dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan Anda mengerti bunga dan biaya yang terkait.
Gunakan dengan Bijak Gunakan Paylater untuk transaksi yang benar-benar diperlukan dan sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Hindari menggunakannya untuk pembelian impulsif.
Tetapkan Anggaran Tentukan anggaran bulanan yang dapat Anda alokasikan untuk pembayaran Paylater. Pastikan Anda memiliki dana untuk melunasi tagihan tepat waktu.
Pantau Pengeluaran Selalu pantau pengeluaran Anda yang menggunakan Paylater. Ini akan membantu Anda mengendalikan utang dan menghindari hutang berlebihan.
Bayar Tepat Waktu Selalu bayar tagihan Paylater Anda sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Terlambat membayar dapat mengakibatkan denda dan bunga tambahan.

Penutup

Cara Mengaktifkan Telkomsel Paylater
Cara Mengaktifkan Telkomsel Paylater

Jika kamu pengguna setia Telkomsel, maka kamu pasti dapat dengan mudah untuk mendaftar Telkomsel Paylater. Diatas adalah beberapa cara mengaktifkan Telkomsel Paylater yang dapat kamu ikuti. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat untuk kamu.

Untuk menggunakan fitur Paylater ini, terdapat limit 30 hari atau periode cicilan yang digunakan dan disesuaikan dengan limit yang tersedia di akun Kredivo. Sehingga setiap pelanggan Telkomsel memiliki limit bayar nanti yang berbeda-beda.

Download aplikasi My Telkomsel untuk mempermudah kamu mengetahui cara mengaktifkan Telkomsel Paylater, atau kamu dapat mengunjungi laman resminya melalui browser di handpohone kamu.

Related Post