4 Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Sanra Hutagalung

Cara Menghidupkan laptop Tanpa Tombol Power ini bisa kamu coba apabila tombol power pada laptop yang digunakan sudah tidak berfungsi dengan baik lagi.

Tombol power memiliki peran yang sangat penting bagi laptop, yaitu untuk menghidupkan kembali atau menjalankan kembali perangkat tersebut.

Apabila tombol power ini sudah tidak berfungsi, tentu saja pengguna akan mengalami masalah baru seperti kesulitan dalam menghidupkannya, Meskipun demikian, agar laptop dapat difungsikan kembali, kamu harus melakukan alternatif lain untuk menghidupkannya.

Namun untuk melakukannya, tentu saja akan lebih rumit dari pada menghidupkan laptop menggunakan tombol power. Bahkan kamu juga harus memiliki keakhlian khusus untuk melakukannya.

Sekilas Tentang Tombol Power Laptop

Tombol power laptop merupakan tombol yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan laptop. Secara umum, tombol tersebut terletak dibagian atas samping keyboard.

Tombol ini biasanya berbentuk lingkaran atau persegi dengan ikon daya atau tombol on/off. Ketika tombol power ditekan, laptop akan mulai menghidupkan sistem operasi dan memuat pengaturan awal yang memungkinkan pengguna dalam mengakses dan menggunakan perangkat ini.

Sekilas Tentang Tombol Power Laptop
Sekilas Tentang Tombol Power Laptop

Selain itu, tombol power juga memiliki beberapa fitur tambahan, yakni diantaranya :

  • Sleep Mode – Dengan menekan tombol power secara singkat, maka lakan masuk ke mode sleep. Pada mode ini, laptop akan tetap aktif, namun mengonsumsi daya yang lebih sedikit dari pada saat laptop dalam keadaan menyala.
  • Hibernate Mode – Jika tombol power di tahan dalam beberapa detik, maka laptop akan memasuk mode hibernate. Pada mode ini, seluruh aplikasi dan data yang sedang digunakan akan disimpan ke dalam hard disk.
  • Shutdown Apabila tombol power ditekan dalam beberapa detik hingga laptop mati, maka laptop akan mati secara normal. Pada mode ini, seluruh aplikasi dan data yang sedang digunaan akan ditutup dan sistem akan berhenti sepenuhnya.

Namun perlu diingat, bahwa fitur tambahan tombol power memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada merek dan model laptop yang digunakan.

Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Sama seperti laptop pada umumnya, tombol power pun tidak terlepas dari resiko terkena masalah. Rusaknya tombol power tentu saja akan membuat pengguna merasa kesulitan untuk mengakses perangkat tersebut.

Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power
Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Akibatnya pengguna harus mencari cara agar tetap bisa menggunakan laptop tersebut. Adapun beberapa cara menghidupkan laptop tanpa tombol power yang bisa kamu coba, yakni diantaranya :

1. Menghidupkan Laptop Menggunakan Keyboard

Sebagian besar merek laptop dapat mengaktifkan pengaturan ini dalam settingan secara default, namun jika sistem yang dimiliki tidak terdapat pengaturan tersebut maka kamu harus mengaktifkannya melalui pengaturan BIOS.

Opsi ini dapat kamu lakukan sebelum mengalami masalah kerusakan pada tombol power laptop yang digunakan

  1. Akses interface pengaturan BIOS terlebih dahulu. Untuk mengakses BIOS kamu bisa menekan tombol khusus saat menyalakan laptop. Tombol khusus setiap laptop berbeda-beda namun yang paling sering digunakan yaitu tombol DEL, F10 atau F2 sesuai merek pada laptop.
  2. Cari pengaturan Manajemen Daya dan pilih opsi menu Power On By Keyboard atau menu serupa lainnya.
  3. Kemudian buat perubahan dan mengatur tombol mana yang ingin digunakan sebagai tombol darurat untuk menghidupkan laptop saat tombol power rusak.
  4. Setelah itu, simpan perubahan yang telah dibuat dan keluar dari laman tersebut.
  5. Hidupkan laptop dengan menekan tombol darurat yang telah diatur sebelumnya.
  6. Apabila tombol power rusak, kamu bisa memanfaatkan tombol tersebut untuk menghidupkan kembali laptop kamu.

2. Menghidupkan Laptop Melalui Motherboard

Metode ini sangat membantu apabila tombol power pada laptop mengalami rusak total. Namun untuk dapat menghidupkan laptop tersebut dengan menggunakan metode ini, kamu membutuhkan beberapa bantuan alat.

Berikut adalah langkah-langkah cara menghidupkan laptop tanpa tombol power menggunakan metode mothherboard.

  1. Langkah pertama, cabut kabel charger dari laptop.
  2. Buka casing laptop, kemudian temukan lokasi tombol power.
  3. Lepaskan tombol, maka akan muncul 3 hingga 5 pin dibawah tombol.
  4. Selanjutnya hubungkan pin menggunakan kawat atau konduktor, seperti obeng.
  5. Maka laptop akan menyala.

3. Dengan Bantuan Charger dan Stop Kontak

Stop kontak dalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyediakan daya listrik bagi peralatan listrik yang digubungkn ke dalamnya.

Biasanya metode ini diterapkan untuk berbagai merek laptop, misalnya ASUS, ACER, Lenovo, HP dan merek laptop lainnya. Adapun langkah cara menghidupkan laptop tanpa tombol power, berikut ini

  1. Cari kabel yang menghubungkan tombol daya ke Motherboard.
  2. Putuskan sambungan dan biarkan kabel dicabut.
  3. Lepaskan baterai laptop.
  4. Colokkan laptop ke soket yang menyala.
  5. Tunggu beberapa saat hingga laptop menyala.
  6. Terakhir, pasang kembali baterai laptop yang dilepaskan.

4. Menghidupkan Laptop dengan Power Reset

Power reset adalah prosedur untuk memaksa laptop merestart dengan cara memutuskan sementara pasokan listrik ke laptop. Power reset dapat membantu mengatasi masalah teknik, seperti crash, hang atau kerusakan pada tombol power yang mencegah laptop berfungsi dengan normal.

Berikut adalah langkah cara menghidupkan laptop tanpa tombol power, yakni diantaranya :

  1. Langkah pertama, lepaskan baterai laptop terlebih dahulu.
  2. Kemudian lepaskan charger yang terpasang pada laptop.
  3. Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik.
  4. Setelah itu, hubungkan kembali charger ke laptop.
  5. Pasang baterai laptop kembali seperti semula.
  6. Secara otomatis, laptop akan menyala.

Pastikan baterai dan charger sudah terpasang ke laptop, agar perangkat yang terdapat di dalam laptop bisa bekerja dengan baik untuk menyalakan atau menjalankan kembali laptop tersebut.

5. Menggunakan Metode Baterai Jam

Baterai jam di laptop juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan cara menghidupkan laptop tanpa tombol power dengan mudah dan praktis.

Untuk menggunakan metode ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Cabut kabel baterai dari motherboard.
  2. Kemudian lepaskan baterai jam dari motherboard.

Maka dengan begitu laptop tidak akan memiliki daya yang tersisa dari sumber daya manapun untuk memboot-nya. Setelah itu, pasang kembali baterai dan tunggu beberapa saat hingga laptop menyala.

Perlu diketahui bahwa cara ini memerlukan keahlian teknis khusus dalam mengelola perangkat komputer. Apabila tidak memiliki keahlian dalam memperbaiki laptop, sangat tidak disarankan untuk melakukan cara menghidupkan laptop tanpa tombol power dengan metode ini.

Cara Mengganti Tombol Power Laptop dengan Tombol Baru

Apabila tidak ingin melakukan cara menghidupkan laptop tanpa tombol power diatas terus menerus, maka sebaiknya memperbaikin tombol power yang lama dengan tombol baru saja.

Cara Mengganti Tobol Power Laptop dengan Tombol Baru
Cara Mengganti Tobol Power Laptop dengan Tombol Baru

Untuk melakukan cara tersebut tentu saja kamu harus memiliki komponen tombol power yang baru, berikut langkah untuk menggantinya :

  1. Lepaskan baterai dan semua daya yang tehubung ke laptop.
  2. Selanjutnya lepaskan RAM dan hard drive secara perlahan agar tidak merusak komponen listrik pada laptop.
  3. Lepaskan casing atas dan perhatikan tombol daya dan lepaskan tombol power dari build.
  4. Lalu ganti tombol power lama dengan tombol yang baru.
  5. Kemudian pasang kembali semua komponen yang sebelumnya di lepaskan, mulai dari keyboard, hard drive, RAM dan casing atas.
  6. Terakhir, nyalakan kembali laptop dengan menekan tombol power yang baru.

Pastikan tombol power yang baru sudah dipasang dengan benar agar cara menghidupkan laptop tanpa tombol power diatas tidak dilakukan lagi dan penggunaan laptop juga semakin lama.

Artikel Menarik Lainnya : 35 Rekomendasi Laptop Harga 3 Jutaan Core i3 Terbaik 2023

Kesimpulan

Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power
Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Itulah beberapa cara menghidupkan laptop tanpa tombol power yang bisa kamu coba apabila mengalami kerusakan pada komponen laptop tersebut.

Namun agar kondisi laptop tetap terjaga dan masa pemakaian laptop juga lebih lama, sebaiknya mengganti ke tombol power baru saja.

Semoga informasi cara menghidupkan laptop tanpa tombol power diatas bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Related Post