5 Cara Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Wajah dan Manfaatnya

Rohma Dearni

Bagaimana cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah yang benar, sudahkah kamu tahu? Aloe vera merupakan jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk mengatasi masalah pada kulit.

Memang, olahan lidah buaya sudah dipercaya memberikan khasiat untuk tubuh baik dalam hal kecantikan, minuman dan obat-obatan. Dengan kandungan tersebut tidak sedikit yang memanfaatkan lidah buaya sebagai makser alami dan gooling lebih dalam cara penggunaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tanpa berlama-lama, berikut rincian seputar aloe vera gel, cara penggunaan dan beberapa manfaat apabila diaplikasikan dengan cara yang tepat.

Aloe Vera

Melansir dari Wikipedia Lidah buaya (aloe vera) adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genius aloe. Tumbuhan ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan taman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis dan kering di berbagai belahan dunia.

Aloe vera

Lidah buaya lebih banyak dibudidayakan untuk pengobatan, kecantikan dan tanaman hias. Tamanan ini lebih banyak ditemukan dalam produk minuman, olesan untuk kulit, kosmetik atau obat untuk menyembuhkan luka bakar.

Karena hal tersebut, budidaya aloe vera lebih banyak diolah untuk menghasilkan bentuk dan tekstur tertentu, salah satunya adalah tektsur gel. Aloe vera gel memang lebih banyak digunakan dalam bidang kosmetik, karena tumbuhan ini sudah dipercayai baik untuk kesehatan kulit dan mudah diaplikasikan.

Cara Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Wajah

Berbicara tentang aloe vera, mungkin kamu sedang menggunakan sebuah produk berbahan aloe vera namun tidak mandapatkan hasil yang diharapkan.

Pada umumnya wanita menggunakan aloe vera untuk merawat kulit wajah ketika kusam dan berjerawat. Sayangnya, tidak semua mendapatkan hasil karena beberapa hal yakni kondisi kulit yang tidak sesuai, cuaca ekstrim dan langkah penggunaan aloe vera gel yang tidak tepat.

Cara Menggunakan aloe vera gel untuk wajah
Cara Menggunakan aloe vera gel untuk wajah

Lalu bagaimana cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah? walau terdengar sederhana ternyata kamu harus memperhatikan cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal, diantaranya:

  1. Bersihkan Wajah

Sebelum mulai mengaplikasi aloe vera diwajahmu, bersihkan wajah menggunakan toner maupun face wash. Mengapa demikian? ini sangat penting dilakukan agar aloe vera gel mudah menyerap dan masalah kulit kusam dan bruntusan segera teratasi

  1. Ambil Aloe vera Secukupnya

Tahap kedua sebagai cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah dengan mengambil gel secukupnya, tidak berlebihan. Terlalu banyak menggunakan aloe vera untuk wajah tidak membuat masalah kulitmu cepat teratasi, malah dianggap sebagai pemborosan.

Jika ingin merawat wajah secara alami menggunakan aloe vera gel kamu harus intens mengaplikasikanya, mungkin 3 kali dalam seminggu pilihan yang tepat. Sekarang ambil aloe vera dan jangkau titik wajah yang mudah untuk meratakanya, seperti pipi, kening dan dagu.

  1. Oleskan Merata di Wajah

Cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah tahap selanjutnya dengan mengoleskan secara merata gel yang sudah ditempelkan. Sembari mengoleskan gel, kamu bisa tepuk-tepuk wajah agar aloe vera lebih cepat menempel dan sempurna.

  1. Tunggu Hingga Kering

Setelah mengoleskan secara merata, tunggu sampai gel kering yang biasanya memakan waktu 10 menit setelah digunakan. Namun pada umumnya, gel bisa saja lebih cepat kering dari perkiraan waktu tersebut, tergantung ketebalan dalam pengaplikasianya.

  1. Bilas Menggunakan Air Bersih

Akhiri cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah dengan membilas gel menggunakan air bersih. Beberapa dari pengguna sering bertanya apakah gel harus dibilas, mengingat fungsi dan tekstur yang ringan membuat mereka enggan untuk membersihkanya.

Ternyata, aloe vera gel harus kamu bersihkan agar tidak meninggalkan bekas dan membuat alergi diwajah, karena pada umumnya krim maupun gel aloe vera akan meninggalkan bekas yang membuat wajah menjadi gatal.

Lihat juga Distributor Kosmetik Murah Tangan Pertama Tahun 2023

Kapan Waktu yang Tepat Memakai Aloe Vera Gel untuk Wajah?

Selain cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah, mengetahui waktu yang tepat untuk mengaplikasikan gel keseluruh wajah merupakan hal penting yang harus diketahui.

Untuk menndapatkan manfaat kamu dapat menggunakan gel lidah buaya pagi dan sore hari. Gel ini sangat cocok digunakan sebelum mandi agar dapat dibilas bersamaan ketika mandi, pun waktu pengaplikasian sangat cepat lebih kurang 10 menit saja!

Manfaat Aloa Vera Gel untuk Wajah

Manfaat aloe vera gel untuk wajah

Setelah mengetahui waktu dan cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah, sudah saatnya kamu mengantungi infomasi manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit.

Lidah buaya jenis tumbuhan yang paling sering dimanfaatkan untuk produk kecantikan, digunakan sebagai masker rambut dan wajah. Tidak sampai disitu, aloe vera dapat mengatasi beberapa permasalah kulit sekaligus. Lalu apa saja manfaat aloe vera gel untuk kulit wajah? simak saja disini!

  • Melembabkan Kulit

Lida buaya memiliki kandungan mucopolysaccharide tinggi yang membantu menghidrasi kulit wajah. Lidah buaya akan membantu menahan hilangnya cairan tubuh yang membuat wajah tidak kering.

  • Mengatasi Jerawat dan Bruntusan

Lidah buaya kerap digunakan untuk mengatasi jerawat dan bruntusan. Senyawa inflamasi pada lidah buaya baik digunakan pada kulit wajah yang sensitif dan merawat kulit yang mengalami iritasi.

Tidak sedikit pengguna yang mengklaim lidah buaya sangat baik bagi wajah. Beberapa dari mereka menggunakan lidah buaya tanpa olahan dan sudah menikmati manfaat ganda pada kulit wajah.

  • Menangkal Serangan Radikal Bebas

Lidah buaya sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki banyak kandungan vitamin yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat polusi udara.

Kandungan gel ini sangat baik digunakan untuk mencegah tanda-tanda penuaan diri seperti garis dan keriput wajah karena kemampuan memproduksi kolagen yang tinggi.

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

manfaat aloe vera gel untuk wajah

Sel kulit mati di wajah membuat kita menjadi tidak percaya diri, apalagi kamu yang mendalkan penampilan dalam bekerja. Merawat wajah dengan rutin menggunakan lidah buaya membuat kulit sehat dan membebaskanya dari sel kulit mati.

Namun tetap saja, untuk mengangkat sel kulit mati kamu harus rutin merawat berdasarkan cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah yang sudah kami bahas. Perlahan tapi pasti kamu akan terhindar dari masalah kulit seperti sel kulit mati.

  • Mencerahkan Kulit

Mencerahkan kulit merupakan manfaat aloe vera gel yang dapat mocipay bagikan dipembahasan ini. Sobat yang kerap mengalami bintik-bintik dapat menggunakan lidah buaya untuk mengembalikanya kepada kondisi semula, pastinya dilakukan secara bertahap ya.

Kandungan dalam lidah buaya dapat membantu kamu menurunkan kadar pigmentasi dan menyeimbangkan kecerahan wajah dengan mengelupaskan sel kulit secara alami.

Intip juga 8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Dalam 1 Hari

Efek Samping Aloe Vera Gel untuk Wajah

Sekarang kamu sudah memahami cara menggunakan aloe vera untuk wajah dan segala manfaat penggunaan untuk kebaikan kulit. Terlepas dari keunggulan lidah buaya, ternyata tanaman ini memiliki efek samping untuk wajah.

Efeksamping aloe vera gel untuk wajah

Aloe vera menimbulkan alergi pada kulit yang sensitif yang ditandai ruam dan bintik kemerahan, karena hal inilah penggunaan gel aloe vera harus dibilas setelah digunakan mengingat produk melewati pabrik saat diproduksi.

Apabila wajah alergi setelah penggunaan, kamu dapat atasi segera lalu gunakan produk gel lain yang setidaknya menggunakan 90% bahan aloe vera asli atau segera konsultasikan kepada dokter kulit.

Merk Aloe Vera gel yang Bagus

Merawat kulit wajah tidak harus ke salon kecantikan, sobat yang memiliki dana terbatas dapat aplikasikan cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah yang sudah kita bahas. Untuk itu, berikut rekomendasi merk aloe vera gel yang bagus untuk kulit :

  1. Beauty Aramdaunsartam Jeju Aloe Vera Soothing
  2. Nature Republic Soothing & Moisture Aloe vera 92 % Soothing Gel
  3. Wardah Hydramild Multifunction Gel
  4. Kwailnara 98% Aloe Vera oisture Real Soothing
  5. Azarine Soothing & Hydratng aloe Vera Gel With Honey
  6. Herborist Aloe Vera Gel 98%
  7. Emina Aloe Vera Gel
  8. La Tulipe Aloe Vera Gel
  9. N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel
  10. Purbasari Aloe Vera Sotthing Gel
  11. Mineral Botanica All in One Aloe Vera Gel
Kriteria Penjelasan
Kandungan Aloe Vera Pilih produk yang memiliki kandungan Aloe Vera minimal 90%. Semakin tinggi kandungannya, semakin banyak manfaat yang bisa didapatkan.
Komposisi tambahan Pastikan produk memiliki sedikit atau tanpa alkohol, pewarna, paraben, dan bahan kimia berbahaya lainnya.
Sertifikasi Cari produk yang memiliki sertifikasi seperti “organic” atau “natural”. Ini menunjukkan bahwa produk tersebut berkualitas.
Ulasan dan rekomendasi Baca ulasan pelanggan online dan cari rekomendasi dari teman atau keluarga untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas produk.
Kemasan Pilih Aloe Vera gel dengan kemasan yang kedap udara untuk menjaga kesegaran dan kualitas gel.

Akhir Kata

Cara Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Wajah
Cara Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Wajah

Ternayata cara menggunakan aloe vera gel untuk wajah sangat mudah ya. Sekarang tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak untuk pergi ke salon, praktikkan saja saja cara diatas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mungkin itu saja yang dapat Mocipay bagikan, kunjungi kami untuk melihat informasi terupdate setiap harinya, sekian.

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay