8 Arti Warna Hijau Dalam Logo Perusahaan

Iusnar Sinaga

Penasaran dengan arti warna hijau dalam logo? Dari banyaknya logo yang pernah kamu temui, logo yang menggunakan warna hijau mungkin merupakan salah satu jenis logo yang sering kamu lihat. Sebut saja seperti logo starbucks, pegadaian, Grab, spotify, beberapa jenis BANK, dan masih banyak lagi.

Pasalnya pemberian warna hijau pada logo dibuat bukan tanpa alasan. Warna hijau dalam logo ini memiliki banyak arti yang didasarkan pada berbagai sudut pandang. Singkatnya, desain logo yang menggunakan warna hijau bukan hanya sebagai hiasan atau daya tarik semata, namun dalam warna tersebut terdapat berbagai makna yang disampaikan oleh pembuat logo kepada orang-orang yang melihat logo tersebut.

Nah, apa sajakah arti warna hijau dalam logo? Temukan jawabannya dengan menyimak penjelasan yang akan kami paparkan dalam dalam artikel ini!

Sekilas tentang Warna dan Logo

Warna merupakan fenomena visual yang timbul akibat refleksi, penyerapan, dan pantulan suatu cahaya. Sedangkan pengertian Logo yang dikutip dari Wikipedia adalah suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu dan mewakili suatu arti dari perusahaan, produk, lembaga, organisasi, dan hal lainnya yang lebih singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Warna dan logo adalah dua hal yang sangat berkaitan erat serta tidak dapat dipisahkan. Selain sebagai daya tarik visual, penggunaan warna dalam logo juga memiliki berbagai arti spesifik yang secara lebih lengkap akan dijelaskan pada bagian selanjutnya dalam artikel ini.

Apa kaitan warna dengan logo?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai arti warna hijau dalam logo, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang kaitan antara warna dengan logo. Warna memiliki arti penting dalam desain logo karena dapat berpengaruh terhadap pandangan orang dengan merek atau perusahaan yang menggunakannya.

Untuk lebih jelas untuk dipahami, berikut ini kami tampilkan beberapa kaitan warna dengan logo:

Sebagai identifikasi Merek ataupun perusahaan Warna sebagai sebuah elemen yang dapat menjadi identitas atau tanda pengenal pada sebuah merek, brand, maupun perusahaan yang akan membuat orang menjadi semakin mudah mengetahuinya.
Warna dalam logo berperan dalam penyampaian pesan Penggunaan warna dalam logo juga dapat menjadi alat penyampaian pesan yang diinginkan oleh pembuat logo tersebut terhadap orang-orang yang melihatnya. Misalnya penggunaan warna merah dalam logo kerap menyampaikan pesan berupa peringatan.
Mencerminkan nilai dan kepribadian merek Warna dalam logo dapat mencerminkan nilai, kepribadian, maupun karakteristik dari merek atau perusahaan tertentu. Misalnya warna hijau kerap digunakan untuk logo yang berkaitan erat dengan alam. Pemberian warna yang tepat dalam logo dapat membantu merek ataupun perusahaan untuk menyampaikan identitasnya dengan lebih jelas

Arti Warna Hijau dalam Logo

Arti Warna Hijau Dalam Logo
Sumber: www.koalahero.com/ arti warna hijau dalam logo

Nah, bagi sahabat Mocipay yang penasaran tentang arti warna hijau dalam logo langsung saja simak penjelasan kami berikut ini:

  • Lambang kejayaan dan Kemakmuran

Arti warna hijau dalam logo yang pertama adalah sebagai lambang dari kejayaan dan kemakmuran. Bagaikan sebatang pohon yang bertumbuh dengan sangat baik, akarnya mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap komponen dari pohon tersebut, sehingga setiap bagiannya bisa bertumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Demikian juga penggunaan warna hijau dalam logo sebagai lambang dari kejayaan dan kemakmuran. Karena itulah ada banyak lembaga yang berhubungan dengan keuangan, seperti salah satunya Bank memilih warna hijau dalam logo mereka.

  • Lambang Kesuburan

Diibaratkan dengan tanaman yang tumbuh ditanah yang subur, tanamannya akan terlihat bernutrisi yang ditandai dengan daun lebat, hijau segar, memiliki batang yang kokoh dan cepat bertumbuh.

Demikian juga dengan beberapa perusahaan, brand, dan semacamnya yang menggunakan logo dengan warna hijau yang mewakilkan bahwa produk yang mereka bidangi berkaitan dengan kesuburan. Misalnya produk untuk perawatan tanaman, produk program untuk kehamilan, produk yang berhubungan dengan kewanitaan, dll.

  • Lambang Kesehatan

Sumber: puskesmasmuncan.lomboktengahkab.go.id/ arti warna hijau dalam logo

Logo hijau juga kerap sekali dikaitkan dengan kesehatan. Warna hijau sebagai gambaran dari alam. Kondisi alam yang asri dan sejuk memberikan kesan positif yang dapat menyenangkan hati dan menenangkan pikiran sebagai efek dari relaksasi yang ditimbulkannya.

Jika keadaan hati dan pikiran orang selalu tenang dan normal, otomatis akan berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, warna hijau sangat umum digunakan dalam logo yang berkaitan dengan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, farmaci, dll.

  • Lambang Keuangan

Taukah anda bahwa ternyata ada banyak negara yang menggunakan kertas uang berwarna hijau. Karena itu, warna hijau diasosiasikan dengan kekayaan dan financial. Pemberian warna hijau dalam logo dipercaya dapat memberikan kesan kestabilan, kesuksesan dan membangun kepercayaan kepada pelanggan dalam konteks keuangan.

  • Lambang Pertumbuhan, Kemajuan dan keberlanjutan

Sumber: www.pngwing.com/ arti warna hijau dalam logo

Warna hijau pada logo sering juga dimaksudkan sebagai lambang pertumbuhan, kemajuan dan keberlanjutan. Contoh kecilnya seperti pada produk peninggi badan, kerap sekali menggunakan warna hijau sebagai logonya. Warna ini sebagai bentuk gambaran dari kualitas produk yang dapat dipercaya akan memberikan hasil optimal layaknya seperti tanaman yang bertumbuh yang semakin hari semakin menunjukkan perkembangannya.

  • Lambang Kecintaan terhadap Lingkungan

Anda sendiri tentu mengetahui bahwa alam semesta pada umumnya identik dengan warna hijau. Konsep warna hijau pada logo dapat melambangkan kecintaan terhadap lingkungan. Contohnya: Logo Mahatala, logo kehutanan, dan berbagai logo terkait lainnya menggunakan warna hijau sebagai tanda bahwa mereka adalah orang-orang yang merupakan kelompok yang peduli terhadap alam.

  • Lambang Kealamian

Sumber: www.istockphoto.com/ arti warna hijau dalam logo

Warna hijau kerap sekali dikaitkan dengan alam. Hal tersebut dikarenakan banyak elemen alam seperti tanaman, dedaunan, pohon, ataupun rerumputan yang berwarna hijau. Oleh karena itu, warna hijau dalam logo sering kali digunakan untuk menciptakan asosiasi dengan alam sebagai lambang dari kealamian, kesegaran dan juga keamanan.

  • Lambang Keharmonisan

Arti warna hijau dalam logo yang terakhir adalah sebagai lambang keharmonisan. Sama seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa warna hijau sebagai gambaran alam dapat memberikan efek relaksasi yang menangkan hati dan pikiran yang secara berkelanjutan akan menjaga kesehatan mental setiap individu. Dengan kondisi seperti ini tentu saja akan menciptakan kesejukan dan kedamaian setiap waktu sehingga terciptalah keharmonisan satu dengan yang lain.

FAQ Seputar Arti Warna Hijau dalam Logo

Selain beberapa informasi yang telah kami jelaskan diatas, berikut ini kami tampilkan juga rangkaian informasi lainnya terkait dengan arti warna hijau dalam logo. dalam bentuk tanya jawab

Apa manfaat dari pemberian warna hijau pada logo?

Memberi warna hijau pada desain logo merupakan salah satu pilihan yang tepat! Alasannya adalah karena penggunaan warna hijau dalam logo memiliki sejumlah manfaat, diantaranya seperti:

  • Menambah daya tarik visual
  • Memancarkan makna dan kesan positif
  • Mempengaruhi persepsi atau pandangan orang lain terhadap merek/ perusahaan anda
  • Menarik minat orang banyak, karena warna hijau membangun citra merek yang ramah lingkungan

Apakah pemberian warna hijau dalam logo dapat menjamin kesuksesan?

Pemberian warna hijau tidak dapat menjamin kesuksesan ataupun keberhasilan sebuah brand produk atau perusahaan secara langsung. Karena selain desain logo yang menarik, terdapat juga beberapa faktor-faktor utama lainnya yang berpengaruh terhadap kesuksesan, seperti: strategi bisnis dan manajemen merek, kualitas produk, kepuasan dan kepercayaan pelanggan, dll.

Jadi kami tegaskan bahwa penggunaan warna hijau tidak dapat anda jadikan sebagai tolak ukur keberhasilan usaha yang akan anda jalankan. Namun, penggunaan warna hijau dalam logo dipercaya dapat mempengaruhi persepsi dan menarik hati konsumen terhadap merek atau perusahaan anda.

Simpulan

Arti Warna Hijau Dalam Logo
Arti Warna Hijau Dalam Logo

Itulah beberapa arti warna hijau dalam logo yang dapat kami tampilkan untuk sahabat Mocipay semuanya. Untuk kamu yang ingin memulai usaha atau menciptakan sebuah produk, merancang desain logo supaya terlihat lebih menarik merupakan sebuah langkah awal yang tidak boleh sampai kamu abaikan.

Penggunaan warna hijau dalam logo patut untuk kamu pertimbangkan karena seperti yang telah kami jelaskan pada artikel ini warna hijau mengandung berbagai makna yang akan berpotensi besar dapat mempengaruhi persepsi dan minat orang lain terhadap usaha anda.

Related Post

Tinggalkan komentar