Resep Martabak Manis Teflon Anti Gagal

Soni Aman

Hai Sobat Kuliner! Apa kabar nih? Pasti lagi nyari resep yang enak dan mudah buat dimasak di rumah kan? Nah, pas banget nih, kita punya resep Martabak Manis Teflon yang pastinya anti gagal. Siapa sih yang nggak suka dengan martabak manis yang legit manisnya, lembut teksturnya, dan tentunya melimpah toppingnya? Hmmm, jadi ngiler kan!

Tips Agar Martabak Manis Teflon Anti Gagal

Tapi, sebelum kita masuk ke resepmnya, ada beberapa tips dan trik nih agar martabak manis kamu sukses total. Pertama, pilihlah bahan-bahan yang berkualitas. Kedua, pastikan teflon yang kamu gunakan dalam kondisi baik dan dirawat dengan baik. Ketiga, saat memasak, jangan terlalu buru-buru. Biarkan adonan martabak manis matang dengan sempurna agar hasilnya maksimal.

Lalu, kalo kamu ingin berkreasi, bisa banget lho membuat variasi martabak manis. Coba tambahkan topping sesuai selera kamu, bisa keju, coklat, kacang, atau bahkan buah-buahan. Kamu juga bisa mencoba variasi adonan, misalnya adonan pandan atau coklat.

Manfaat Martabak Manis Yang Jarang Diketahui

Eh, tapi kamu tau nggak sih, selain enak, martabak manis ini juga memiliki beberapa manfaat. Selain kandungan karbohidrat dari tepung yang memberikan energi, ada juga kandungan protein dari telur, serta vitamin dan mineral dari topping buah jika kamu menambahkannya.

Terdapat 2 jenis martabak yang kita ketahui yaitu Martabak telur dan Martabak Manis. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan.

Resep Martabak Manis
Resep Martabak Manis | sumber IG @lim_henni

Martabak manis merupakan suatu jenis kue dadar berupa adonan tepung terigu berasa
manis yang dipanggang, diberi topping, dan dilipat.

Jajanan ini digemari masyarakat sehingga mudah dijumpai dan dijual oleh pedagang kaki lima hampir di seluruh wilayah Indonesia. Karena popularitasnya, martabak manis memiliki berbagai nama seperti martabak Bangka, Hok Lo Pan, martabak Bandung, dan martabak terang bulan

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon
Resep Martabak Manis Teflon Anti Gagal

Resep Martabak Manis Teflon Anti Gagal


  • Author: Soni Aman
  • Total Time: 55 minutes

Description

Martabak Manis, yang juga dikenal sebagai Terang Bulan di beberapa daerah, adalah makanan penutup favorit banyak orang di Indonesia. Dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis, Martabak Manis sempurna untuk dinikmati sebagai cemilan santai atau makan penutup.


Ingredients

Scale

Bahan Membuat Martabak Manis

  • 3/4 sendok teh Baking powder (double acting merek hercules)
  • 2 Kuning telur atau 1 butir telur utuh
  • 300 gram Tepung terigu serbaguna (protein sedang)
  • 340 ml Air
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 60 gram Gula pasir

Instructions

Cara Membuat Martabak Manis

  1. Aduk semua bahan diatas kecuali telur menggunakan mixer speed rendah selama 5 menit / bisa juga menggunakan handwisk selama 5-10 menit, setelah adonan kalis masukkan telur lalu aduk rata saja
  2. Istirahatkan adonan selama 1-3 jam (minimal 1jam) tutup dgn clingwrap/kain
    Setelah adonan diistirahatkan, adonan dibagi 2 sama banyak ya
  3. Larutkan : (bikin 2x)
    25 ml Air
    1/2 sdt Vanilla essence
    1/2 sdt Soda kue / 2gr baking soda / soda kue (merek koepu koepu)
    Tuk rasa pandan tambahkan lagi 1/2 sdt pasta pandan atau 15 ml Endapan pandan asli
  4. Panaskan teflon di api sedang ke besar. Tunggu teflon panas dgn cara memercikkan air ke atas teflon kalau berdesis dan menguap berarti teflon siap digunakan. Masukkan larutan air & baking soda tadi sesaat sebelum adonan di panggang.
  5. Aduk rata menggunakan whisk. Lalu tuang adonan ke atas teflon.
  6. Tunggu sampai adonan mengembang dan mengeluarkan banyak gelembung baru kecilkan api.
  7. Tabur gula agar membantu gelembung2 pecah. Tutup teflon dan panggang sampai permukaan matang.
  8. Angkat dan langsung olesi mentega. Beri taburan dan topping sesuai selera. Selamat mencoba.

Notes

Meski Martabak Manis bisa dengan mudah ditemukan di banyak penjual makanan di jalanan atau pasar malam, membuatnya di rumah juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Dengan resep yang tepat dan sedikit latihan, kamu bisa membuat Martabak Manis dengan rasa dan topping sesuai selera kamu sendiri. Selamat mencoba! Sumber : Instagram @lim_henni

  • Prep Time: 15 minutes
  • Cook Time: 40 minutes
  • Category: Makanan Ringan
  • Method: Dipanggang
  • Cuisine: Olahan Tradisional

Nutrition

  • Serving Size: 2 Loyang

Keywords: Resep Martabak Manis Teflon Anti Gagal, Resep Martabak Manis, Resep Martabak Manis Teflon, resep martabak manis teflon lembut dan bersarang

Nah, itulah dia resep Martabak Manis Teflon Anti Gagal dari kita. Yuk, coba buat sendiri di rumah! Dijamin keluarga atau teman-teman kamu bakal ketagihan. Jangan lupa untuk berbagi resep ini ke mereka ya! Selamat mencoba, Sobat Kuliner!

Related Post

Tinggalkan komentar

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay