8 Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati Total Baterai Tanam

Ristauli Sianturi

Lagi ngerjain tugas? atau lagi nyusun skripsi? laptop tiba tiba mati? tidak tau cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam?  Mari kita bahas yuk gimana sih caranya untuk menghidupkan laptopnya . Mari kita bahas yuk.

Kan pasti kesal kali kan lagi serius kali ngerjain tugas tiba tiba laptop mati. Belum lagi kalau kita lagi tingkat akhirnya dan laptop mati pasti kuatirnya luar biasa kali bahkan bisa sampai nangis ketar ketir pastinya. Jadi mari kita buat caranya.

Karena kejadian ini sudah tidak langka lagi. Karena sudah sangat banyak kasus tiba tiba begini dan langsung bawak ketempat service bongkar sana sini dan bayar mahal padahal ada hal sederhana yanh dapat dilakukan untuk melakukan tindakan awal yang dapat kita lakukan sendiri.

Lihat Juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Apa itu Baterai Tanam?

Sebelum bahas cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam kita harus tau dulu apa itu baterai tanam.

Baterai tanam sendiri memiliki arti bahwa baterai tersebut tidak fleksibel untuk dilepas atau dipasang seperti baterai removable. Dengan kehadiran baterai tanam tersebut, secara otomatis desain pun kemudian berkembang. Sehingga bentuknya lebih bagus

Penyebab Laptop Tanam Tidak Menyala

Sebelum tau cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam harus mengetahui terlebih dahulu apasih penyebabnya dari laptop itu mati total. Jadi jauhin hal dibawah ini ya:

cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam
Apa penyebab laptop mati: Sumber- Pixel
Penyebab Penjelasan
Windows Tidak Mau Merespon Windows menjadi salah satu faktor penyebab laptop asus baterai tanam tak bisa nyala. Masalah ini menjadi permasalahan serius karena ketika windows berhenti merespon, maka laptop akan mati secara tiba-tiba dan tidak bisa dinyalakan kembali.
Laptop Terkena Suspend Fitur laptop asus salah satunya adalah kemampuan tombol ‘Sleep’ yang biasa digunakan untuk menyimpan progres terakhir tanpa perlu mematikan laptop. Jika terlalu sering menggunakan fitur ini juga dilarang karena dapat membuat laptop tidak kembali dari mode sebelumnya atau terkena suspend.
Software Dalam Keadaan Freeze Terlalu banyak membuka tab sekaligus juga dapat menjadi penyebab laptop asus baterai tanam tak nyala, karena terlalu berat menjalankan program. Hal ini akan menyebabkan software yang tiba-tiba saja dalam keadaan freeze kemudian perangkat akan mati dan sulit untuk dinyalakan kembali.

Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati Total Baterai Tanam

Berikut cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam secara detail dan mudah. Dan sebagian cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam dapat kita lakukan dengan sendiri tanpa harus kita bawa ke konter. Jadi sangat menghemat biaya dan waktu juga untuk pergi ke konter bukan.

 

cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam
cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam: Sumber- Canvas

Mengecek Monitor Laptop

Pertama cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam, jika ada tanda-tanda kehidupan saat menyalakan laptop. Misalnya monitor memantulkan cahaya blur atau lampu power masih menyala, ini artinya terjadi masalah pada monitor. Untuk memeriksa kerusakan pada monitor, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Lepaskan semua perangkat eksternal seperti USB dan lainnya yang masih terhubung ke laptop. Tujuannya agar bisa mengetahui perangkat tersebut yang jadi penyebab proses booting terkendala.
  • Setelah itu, dengarkan suara yang keluar dari mesin perangkat, seperti suara kipas. Jika ada dan monitor tetap tidak ingin hidup, ini artinya layar laptop Anda bermasalah.
  • Jika muncul cahaya atau layar berwarna abu-abu, maka penyebab utamanya laptop tidak nyala pada kesalahan bagian monitor.

Mencharge Laptop Tanpa dan dengan Baterai

Cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam yang bisa anda coba yakni dengan menggunakan laptop tersebut dalam kondisi sedang di charge. Jika laptop bisa dihidupkan, namun kemudian mati lagi saat kabel charge dilepas, kemungkinan pada bagian baterai yang sudah bermasalah. Cara ini bisa juga Anda gunakan untuk mengetahui kondisi baterai yang memang habis atau tidak.

Namun jika laptop tetap tidak hidup, meskipun baterai tidak bermasalah. Ini berarti terjadi kerusakan pada kabel, konektor power, atau soket. Anda tentu ingin laptop tersebut bisa hidup kembali dengan sempurna. Sehingga Anda perlu melakukan penggantian baterai atau beberapa komponen eksternal. Saat akan melalukan penggantian baterai, akan lebih baik oleh tenaga ahli.

Melakukan Power Reset

Slenjutnya cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam kebanyakan pengguna laptop akan melakukan power reset sebagai salah cara efektif untuk menghidupkan laptop yang telah mati total. Cara ini dipakai saat mematikan laptop dengan prosedur yang salah, sehingga terjadi kesalahan booting.

Power reset merupakan upaya untuk memutuskan keseluruhan aliran listrik yang terdapat di komponen laptop. Cara ini bisa dicoba dengan catatan masih terlihat tanda-tanda layar blank atau blue screen. Nah, jika kamu ingin mencobanya, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  • Hidupkanlah laptop terlebih dahulu. Kalau perangkat telah menyala dan kemudian muncul blue screen, tekan dan tahanlah tombol power lagi sampai laptop kembali mati.
  • Segera cabut baterai dan juga charger yang sedang terhubung ke perangkat. Lepaskan juga komponen seperti RAM, Hard Disk, SSD, dan lainnya jika memungkinkan.
  • Diamkan laptop pada keadaan kosong kurang lebih 30 menit. Setelah dirasa cukup, hubungkan kembali dengan sumber daya dan pasang komponen seperti semula.
  • Terakhir, cobalah untuk menghidupkan laptop kembali.

Mengecek RAM dan Memori

Melakukan pengecekan pada RAM dan Memori juga termasuk bagian dari power reset. Cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam ini cukup mudah. Anda bisa mengetahui apakah terdapat tanda-tanda kerusakan atau masalah pada kedua komponen tersebut. Jika hanya karena kotor, maka bisa membersihkannya menggunakan tisu yang sudah dibasahi cairan khusus.

Tak hanya itu, Anda juga bisa bersihkan juga komponen lainnya seperti kuningan HDD atau SSD dan kuningan RAM. Anda bisa menggunakan karet penghapus atau minyak kayu putih. Namun jika ada kerusakan berupa memori retak, patah, tentu saja harus segera menggantinya sehingga laptop bisa hidup kembali.

Mengecek Monitor Laptop

Jika masih dijumpai tanda-tanda kehidupan saat kamu menyalakan laptop, misalnya monitor memantulkan cahaya blur atau lampu power masih menyala, ini berarti terjadi masalah di monitor. Untuk memeriksa kerusakan di monitor, kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  • Lepaskan semua perangkat eksternal seperti USB dan lainnya yang terhubung pada laptop. Tujuannya untuk mengetahui apakah perangkat tersebut yang jadi penyebab proses booting terganggu.
  • Selanjutnya, dengarkan apakah terdapat suara yang keluar dari mesin perangkat, contohnya suara kipas. Jika ada dan monitor tetap tidak mau menyala, berarti layar laptop kamu bermasalah.
  • Kalau muncul cahaya atau layar berwarna abu-abu, berarti penyebab utama laptop nggak nyala ialah kesalahan pada monitor.

Pilih Mode Booting Safe Mode

Kalau masalah laptop mati total karena gagal booting, berarti terjadi kerusakan pada system perangkat. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan booting ke safe mode Windows, loh. Cara untuk melakukan safe mode booting yaitu sebagai berikut.

  • Hidupkan laptop dengan memakai tombol power seperti biasanya.
  • Jika blue screen ataupun logo laptop masih muncul, tekan tombol F8 berkali-kali sampai dengan muncul menu.
  • Selanjutnya pilih Safe Mode yang tersedia pada menu tersebut.
  • Restart kembali laptop untuk mengetahui apakah metode ini bisa menyalakan laptop seperti semula.

Mengganti Komponen

Selanjutnya cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam kamu sudah mencoba semua cara tadi namun laptop nggak mau menyala juga? Berarti kemungkinan besar terjadi masalah yang serius pada beberapa komponen, meliputi Motherboard, VGA, Processor, dan lainnya. Misalnya, bagian komponen Motherboard mengalami kerusakan sehingga laptop mati total.

Buat masalah ini, kamu bisa mengkonsultasikannya dengan tukang service sehingga bisa segera diketahui mana saja komponen yang rusak dan dapat diganti baru. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan laptop dengan nyaman untuk kepentingan sehari-hari seperti sebelumnya.

Force reset laptop ASUS baterai tanam

Cara menghidupkan laptop ASUS yang mati dapat dicoba dengan melakukan force reset, untuk perangkat dengan baterai tanam. Langkah-langkah force reset untuk laptop ASUS diambil dari website resmi ASUS Indonesia.

Cara menghidupkan laptop ASUS yang mati ini ditujukan untuk berbagai seri notebook ASUS.Pertama, charger atau adaptor harus dilepaskan dari sumber listrik. Pastikan tidak ada aliran listrik ke laptop selama proses force reset.

Langkah selanjutnya dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol power. Tombol power adalah tombol yang digunakan untuk menghidupkan laptop. Tombol power ditekan selama 30 detik.
Setelah 30 detik, lepaskan tekanan pada tombol power. Charger dapat disambungkan kembali ke sumber daya dan dipasangkan ke laptop melalui socket pengisi daya.

Kesimpulan

Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati Total Baterai Tanam
Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati Total Baterai Tanam

Itulah artikel cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam semoga dengan baca artikel ini kita bia mencegah sesuatu yang dapat merusak laptop. Sehingga laptop tidak rusak ataupun mati total. Dan jika terjadi kita sudah tau cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam. Terima kasih

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay