Promo Top Up Game Termurah­čśŹ
Tutorial

9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Ketika sedang asyik menggunakan laptop, kadang kala kita mengalami masalah terkait keyboard laptop tidak berfungsi. Hal ini tentu saja menghambat aktivitas kita, karena keyboard merupakan salah satu komponen yang paling utama yang kita pakai saat sedang mengoperasikan laptop. Tanpa adanya keyboard kita tidak bisa mengetik apapun dilayar laptop kita.

Laptop merupakan komputer pribadi yang memiliki ukuran lebih kecil, ringan, dibandingkan dengan komputer dekstop. Kinerja laptop relatif lebih lambat dibandingkan apabila kamu menggunakan komputer desktop. Namun salah satu hal yang membuat laptop menjadi lebih menarik adalah dengan ukurannya yang minimalis serta bisa dilipat memungkinkan kamu bisa membawanya kemana-mana.

Di era digital seperti sekarang ini, selain HP, laptop juga termasuk menjadi salah satu alat yang memiliki peran penting untuk mempermudah pekerjaan manusia khususnya di dunia perkantoran. Selain itu, laptop juga sangat dibutuhkan oleh para anak kuliah, mereka mengerjakan berbagai project kuliah dengan bantuan laptop. Dengan demikian, kamu sendiri bisa menilai, betapa pentingnya laptop sekarang ini dalam kehidupan sehari-hari.

Namun ketika sedang menggunakan laptop kamu untuk sesuatu keperluan, pernahkah kamu mendapati keyboard laptop mu eror, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali? Mengapa bisa terjadi seperti itu? Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya dalam artikel ini!

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard laptop tidak berfungsi
Source: tekno.kompas.com

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, tentu kamu harus mengetahui beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi. Nah, maka dari itu dibawah ini kami akan menampilkan beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi:

  • Terkena Air

Penyebab pertama yang membuat keyboard laptop menjadi tidak berfungsi adalah apabila keyboard anda terkena air. laptop ketika sedang keadaan hidup jika terkena air maka akan menyebabkan korslet yang pada akhirnya membuat beberapa komponen salah satunya keyboard menjadi eror atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Maka dari itu apabila sewaktu-waktu anda terkena masalah laptop tersiram air, segera bertindak cepat dengan melakukan beberapa hal dibawah ini;

  1. Yang pertama usahakan untuk tidak panik. Hal ini bertujuan supaya anda bisa tetap berpikir jernih
  2. Langsung cabut charger laptop apabila kebetulan sedang di charge
  3. Segera matikan laptop
  4. kemudian posisikan laptop menjadi keadaan terbalik
  5. Keringkan dengan bantuan kipas angin
  6. Jangan buru-buru untuk menghidupkan laptop. Sebaiknya biarkan dulu 2-3 hari untuk memastikan tidak terdapat lagi sisa air pada laptop
  • Permukaan Keyboard yang kotor/ berdebu

Sumber: dewailmu.id

Meski kedengaran sepele, nyatanya permukaan keyboard yang kotor dan berdebu akan mengakibatkan keyboard laptop menjadi tidak berfungsi di beberapa tombol atau bisa juga tidak berfungsi secara keseluruhan.

  • Adanya masalah pada hardware dan software laptop

Penyebab berikutnya yang membuat keyboard laptop tidak berfungsi adalah terdapat masalah pada hardware seperti bantalan keyboard yang sudah mulai longgar maupun software laptop.

  • Terjadi masalah pada driver keyboard

Driver keyboard adalah komponen dari komputer yang berfungsi agar laptop dapat memahami apa yang diketikkan oleh keyboard. Sehingga jika terdapat kesalahan pada driver keyboard tentu akan berpengaruh terhadap fungsi keyboard.

  • Keyboard rusak

Sumber: caradasar.com

Keyboard laptop tidak berfungsi bisa jadi disebabkan oleh kondisi keyboard yang memang sudah rusak. Anda bisa mempertimbangkan hal ini apabila terdapat kecacatan fisik pada keyboard laptop anda. Selain itu usia laptop yang sudah lama juga bisa menyebabkan keyboard laptop menjadi tidak berfungsi karena semakin tua usia suatu produk kualitas dan kinerjanya juga akan menurun.

Baca juga postingan sebelumnya Cara Mengetik Simbol Di Laptop Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Sumber: www.qoala.app

Anda telah mengetahui beberapa penyebab dari keyboard laptop tidak berfungsi, sekarang kami akan memberikan anda beberapa cara untuk mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi:

  • Membersihkan keyboard laptop dari debu dan kotoran

Cara mengatasi yang pertama adalah dengan membersihkan keyboard laptop. Kamu bisa menggunakan kuas, korek kuping, atau pun benda-benda runcing yang aman digunakan untuk membersihkan keyboard laptop dari kotoran atau pun gumpalan debu.

  • Me-Restart laptop

Restart laptop adalah proses pengulangan kembali, yang tadi laptop anda dalam keadaan menyala, akan dimatikan dan kemudian dinyalakan kembali. Hal ini akan mempengaruhi kinerja laptop anda. Nah, dengan demikian jika yang menyebabkan keyboard anda tidak berfungsi adalah adanya masalah pada perangkat dalam laptop maka restart kembali bisa memulihkan system perangkat anda. Anda juga tidak perlu khawatir, karna melakukan restart pada laptop tidak akan membuat anda kehilangan data yang sedang anda kerjakan.

  • Menginstal ulang

Menginstal ulang laptop merupakan sebuah tindakan untuk melakukan pembaharuan sistem/ software yang digunakan oleh perangkat. Jika anda paham dalam dunia komputer maka menjadi suatu kebanggaan tersendiri karna anda tidak perlu harus mengeluarkan biaya untuk membayar jasa orang lain yang menginstall laptop anda. Namun jika anda menginstall laptop ke tukang servis laptop biasanya akan dikenakan biaya dari kisaran 50ribu – 100ribu.

  • Mengganti keyboard laptop

Jika masalah nya terdapat pada kondisi keyboard laptop anda yang sudah rusak maka sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru. Anda bisa mendapatkan keyboard laptop melalui pesan online seperti shopee, lazada, toko pedia, dll, supaya mendapatkan harga yang lebih murah. Namun jika anda kurang yakin untuk memesannya melalui online, anda bisa mengunjungi spare part laptop terdekat.

Dan perlu diingat juga, jika anda belum berpengalaman dalam melakukan bongkar pasang keyboard laptop, sebaiknya anda berikan kepada orang yang lebih ahli dengan memberikan jasa pasang yang setimpal.

  • Update driver keyboard

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa driver keyboard sangat berperan penting dalam laptop. Driver keyboard merupakan software yang bertugas untuk mengontrol hardware termasuk keyboard. Jadi ketika driver keyboard ini bermasalah maka akan membawa pengaruh juga dengan keyboard anda. Nah, solusi untuk masalah seperti demikian adalah dengan meng-update driver keyboard. Bagaimanakah caranya:

  1. pertama, silahkan buka menu device manager melalui pencarian windows
  2. Maka akan ditampilkan semua driver yang terinstal pada hardware laptop kamu
  3. Pada beberapa opsi yang ditampilkan. Silahkan klik “Keyboard”
  4. kemudian klik panah yang berada disamping kiri dari keyboard tersebut
  5. Lalu pilih “Update Driver”
  • Menggunakan keyboard ekternal/ keyboard USB

Keyboard laptop yang tidak berfungsi dapat juga diatasi dengan menggunakan keyboard eksternal atau keyboard USB. Terdapat keuntungan jika menggunakan keyboard ini, yaitu anda akan menggunakan keyboard sama seperti keyboard PC. Namun sayangnya jika anda menggunakan keyboard USB, maka akan sulit untuk dibawa kemana-mana, karena akan terpisah dari body laptop.

  • Reset Laptop

Sama seperti me-reset HP, reset pada laptop merupakan tindakan untuk mengembalikan pengaturan dan kondisi sistem ke pengaturan awal/pabrik saat anda baru pertama kali menggunakan laptop.

Namun untuk melakukan ini, sebaiknya diberikan kepada orang yang ahli dibidangnya. Karna bisa berakibat laptop anda menjadi mati total jika melakukan reset laptop tidak sesuai dengan prosedur.

  • Membawa ke tukang servis laptop

Jika cara-cara diatas tidak berhasil membuat keyboard anda menjadi normal maka langkah terakhir adalah dengan membawanya ke tukang servis laptop terdekat. Nantinya anda akan dikenakan biaya sesuai dengan kerusakan laptop anda. Namun jika seandainya laptop anda mengalami kerusakan keyboard dengan kondisi masih baru sebaiknya anda bawa ke tukang service resmi dari produk yang anda beli. Dengan demikian anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Cara Menghindari keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Selain menjabarkan beberapa penyebab dan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, kami juga akan menyebutkan beberapa cara untuk menghindari keyboard laptop tidak berfungsi. Apa sajakah cara yang dimaksud? Simak berikut ini!

  1. Hindari makan dan minum sambil meletakkan laptop dengan posisi/ jarak yang berdekatan anda
  2. Jaga kebersihan laptop anda. Gunakanlah tas laptop untuk meminimalisir masuknya debu ke dalam sela-sela tombol keyboard anda
  3. Rutinlah untuk melakukan install ulang laptop anda supaya mendapatkan pembaruan sistem

Selain pembahasan dalam artikel ini, ada juga nih postingan menarik buat kamu! Nama Kontak WA Unik Untuk Pacar, Ibu, Kakak, Sahabat

Simpulan Mengenai “keyboard laptop tidak berfungsi”

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Mengkaji terlebih dahulu penyebab dari suatu masalah adalah tindakan yang paling tepat ketika sedang mendapati keyboard laptop anda yang tidak dapat berfungsi seperti normal. Nah, pada penjelasan diatas kami telah menjabarkan dengan lengkap semua hal yang berkaitan dengan keyboard laptop tidak berfungsi.

Dengan demikian anda bisa memperhatikan kembali beberapa poin-poin diatas untuk mengatasi masalah pada keyboard laptop anda yang tidak berfungsi. Semoga yang kami bagikan dalam artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Trimakasih telah singgah.

Back to top button