10+ Rekomendasi Aplikasi Reksadana terbaik 2024

Ainsley

Aplikasi Reksadana Terbaik 2024 – Bingung mau mencoba berinvestasi apa? Jaman sekarang, anak-anak muda sebetulnya sudah bisa memutuskan untuk berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa dicoba, salah satunya reksadana. Apalagi, sekarang sudah banyak aplikasi reksadana terbaik.

Reksadana dianggap sebagai instrumen investasi yang paling tepat bagi mereka yang ingin mencoba tapi kurang mendalami ilmunya. Pasalnya, reksadana dikenal lebih aman untuk kamu yang tidak paham tentang resiko investasi.

Bahkan sekarang sudah banyak aplikasi reksadana yang sangat ramah bagi pemula. Kamu hanya memerlukan smartphone dan bisa langsung memulai investasi dengan sangat mudah. Namun, mengingat aplikasi reksadana sekarang banyak sekali jumlahnya, kamu mungkin bingung.

Khususnya dalam menentukan mana aplikasi reksadana terbaik dan paling aman. Jangan khawatir, karena di bawah ini akan dibahas tentang aplikasi reksadana terbaik yang beberapa telah bisa kamu unduh via Playstore.

Apa Saja Kelebihan Investasi Reksadana?

Aplikasi reksadana terbaik 2023
Sumber: Pexels

Sebelumnya, kamu mungkin masih ragu untuk memutuskan berinvestasi reksadana. Hal ini memang wajar terjadi, apalagi bagi yang masih pemula. Sebenarnya, berinvestasi reksadana aman-aman saja. Justru termasuk investasi yang memiliki beragam keunggulan, seperti:

1. Diversifikasi

Kelebihan pertama adalah investasi reksadana ini adalah diversifikasi aset. Contohnya seorang bisa melakukan investasi dengan membeli saham pada sektor keuangan dan membeli lagi di sektor Agrikultur pada waktu bersamaan.

Hal ini boleh dilakukan untuk menghindari fluktuasi pasar dan meminimalisir kerugian pada portofolio investasi. Selain itu, dengan reksadana kamu juga bisa melakukan diversifikasi aset secara instan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya yang mahal.

Dana utang juga memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam instrumen utang contohnya surat obligasi pemerintah dan instrumen pasar uang. Oleh sebab itu, penting untuk mencari aplikasi reksadana terbaik untuk mewujudkan semuanya.

2. Kemudahan Dalam Membeli Saham

Merupakan kelebihan lainnya ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi reksadana. Harus diketahui jika saat ini tidak sedikit investor yang kesulitan membeli saham terutama setelah dikurangi komisi.

Sebaliknya, reksadana dapat dibeli dengan nilai denominasi yang lebih kecil. Sehingga, kamu lebih mudah berinvestasi secara berkala melalui rencana yang sistematis seperti mengambil keuntungan dari kegiatan Rupiah Cost Averaging (RCA).

Artinya, para investor tidak perlu menunggu waktu lebih lama lagi untuk menunggu punya banyak uang sampai membeli saham perusahaan. Kamu hanya perlu memilih salah satu dari aplikasi reksadana terbaik sebagai manajer investasi.

3. Likuiditas

Reksadana juga memiliki keunggulan dibandingkan instrumen investasi lainnya seperti kemampuan untuk masuk dan keluar tanpa kesulitan. Sebagai investor, kamu bisa dengan mudah menjual reksadana dalam waktu singkat. Tanpa perlu lagi memikirkan perbedaaan harga jual dan nilai pasar yang sedang berlaku saat transaksi tersebut dilakukan.

4. Biaya Terjangkau

Instrumen reksadana diketahui memanfaatkan kekuatan kolektif sebagai cara untuk menurunkan biaya dan memaksimalkan profit. Misalnya, kamu beli satu buah jeruk, tentu biayanya akan lebih rendah saat jeruk dibeli selusin secara bersamaan.

Hal yang sama juga berlaku dalam jual beli sekuritas. Makin besar jumlah transaksi yang dilakukan, maka bisa membantu mengurangi biaya transaksi itu sendiri. Sudah mulai yakin mau mencoba investasi reksadana? Coba pilih dulu salah satu aplikasi reksadana terbaik.

5. Kemudahan Proses

Jika kamu sudah berhasil memiliki NPWP, sebenarnya sudah sangat siap untuk melakukan investasi. Sebab semua dana akan berintegrasi dengan baik oleh sistem, uang kamu nanti akan langsung tiba ke rekening bank masing-masing.

Hal ini sekaligus menjadi kelebihan utama berinvestasi reksadana. Untuk proses investasinya harus melalui beberapa tahap. Namun, semua prosesnya bisa dibilang mudah. Kamu hanya perlu mengisi formulir dan melampirkan salinan NPWP.

Setelah itu sudah bisa menandatangani cek untuk mulai berinvestasi reksadana. Tetap saja, kamu sebelumnya harus memutuskan satu dari salah satu aplikasi reksadana terbaik. Dengan begitu, untuk kedepannya, kamu tetap bisa berinvestasi dengan aman dan menguntungkan.

Jenis-jenis Investasi Reksadana

Kamu harus tahu, reksadana nyatanya terdiri dari beberapa jenis. Sebelum memilih aplikasi reksadana, kamu tentu harus paham tiap-tiap jenis reksadana. Jadi, jenis-jenis reksadana sendiri terdiri dari:

  1. Reksadana pasar uang
  2. Reksadana saham
  3. Reksadana pendapatan tetap
  4. Reksadana campuran
  5. Reksadana Syariah

Tips Memilih Aplikasi Reksadana

Setelah tahu apa saja jenis reksadana, kamu tentukan mana yang mau dipilih. Masing-masing tentu punya kelebihan masing-masing. Sayangnya pada pembahasan ini, tidak dijelaskan secara terperinci. Kamu boleh cari tahu dulu, lagipula informasinya sudah banyak sekali di jaman sekarang.

Ketika sudah menentukan jenis reksadana, baru kamu baru boleh memilih aplikasinya. Sebagai catatan penting adalah kamu dapat memilih satu dari beberapa opsi aplikasi reksadana terbaik. Tidak perlu bingung, gunakan saja tips memilih aplikasi reksadana berikut ini:

1. Cek Aspek Legalitasnya

Kamu pasti sudah paham jika resiko adalah hal yang tak mungkin dapat dihindari ketika memutuskan melakukan investasi. Untuk menjamin keamanan investasi reksadana, sebelum menentukan aplikasinya, kamu harus memastikan sudah terdaftar di OJK.

Manajer investasi reksadana yang sudah terdaftar di OJK, pada umumnya akan menampilkan logo OJK di aplikasi atau laman situs mereka. Semua produk reksadana bisa kamu dapatkan dari manajer investasi yang selanjutnya disebut dengan pihak ketiga atau Agen Penjual Reksa Dana.

Pihak yang termasuk Agen Penjual Reksa Dana itu sendiri adalah bank umum maupun perusahaan sekuritas yang telah terdaftar. Kamu juga bisa membelinya via dari agen yang telah menjalin kerjasama dengan pihak tersebut seperti misalnya Tokopedia atau Bukalapak.

2. Pastikan Telah Memiliki Rekam Jejak yang Baik

Memilih satu dari sekian aplikasi reksadana terbaik bisa dikatakan gampang-gampang susah. Mengingat investasi reksadana ibarat menitipkan yang pada pihak lain. Maka wajar jika kamu harus memastikan bahwa pihak manajer investasi memiliki riwayat kinerja yang baik.

Kamu bisa mengecek kinerja manajer investasi reksadana dengan cara melihat portofolio hasil investasi dari prospektus dan laporan keuangan. Indikator penilaian yang digunakan biasanya adalah AUM atau asset under management.

AUM sendiri adalah dana investasi hasil dari kelolaan manajer investasi yang didapatkan dari klien atau investor. Makin tinggi nilai AUM manajer investasi, artinya makin dipercaya sebab menunjukkan kualitas dan pengalamannya dalam mengatur investasi.

3. Pilih Aplikasi yang Memudahkan

Dari sekian aplikasi reksadana terbaik, kamu bisa pilih mana yang termudah. Kamu bisa tentukan dari aplikasi mana yang menyediakan fitur pendaftaran secara online. Namun saat ini aplikasi reksadana memang umumnya sudah menyediakan layanan daftar online.

Sehingga kamu hanya perlu mengunggah foto dokumen yang dibutuhkan saja. Supaya lebih nyaman, ada baiknya kamu juga mempertimbangkan soal biaya ketika memilih aplikasi reksadana.

Dalam reksadana, beban biaya biasa disebut expense ratio yang berarti semua beban biaya operasional pengelolaan reksadana dengan nilai rata-rata aset bersih dalam setahun. Kamu bisa pilih aplikasi mana dengan expense ratio yang rendah. Makin rendah expense ratio artinya kinerja manajer investasi tersebut juga makin baik.

Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik 2024

Buat yang tertarik untuk mulai berinvestasi, maka bisa pilih beberapa rekomendasi aplikasi reksadana terbaik berikut:

1. Bibit

Aplikasi Bibit
Aplikasi Bibit
Nama Aplikasi Bibit – Investasi Reksadana
Developer PT Bibit Tumbuh Bersama
Rating 4,8
Ukuran 13 MB
Link Download Klik Disini

Aplikasi reksadana terbaik yang pertama adalah Bibit. Di kalangan investor pemula, aplikasi ini sudah lumayan populer. Bibit dikenal memiliki interface dan user experience yang mudah dipahami. Banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Salah satunya adalah Robo Advisor yang berguna untuk membantu menyeleksi produk reksadana yang sesuai dengan profil risiko. Kamu juga bisa berinvestasi Syariah di Bibit. Kelebihan lain yaitu mempunyai sistem keamanan canggih biometrik yaitu fingerprint dan face ID. Keduanya dapat menjamin akun kamu tidak akan mudah dibuka oleh sembarang orang.

Nah, jika tertarik berinvestasi reksadana melalui Bibit, kamu bisa baca juga artikel tentang Aplikasi Bibit: Fitur, Keunggulan dan Cara Daftar Akun ini, ya.

2. Ajaib

Ajaib
Aplikasi Ajaib
Nama Aplikasi Ajaib – SupperApps Investasi
Developer Ajaib Teknologies
Ukuran 47 MB
Rating 4,3
Link Download Klik Disini

Berikutnya masih ada Ajaib yang juga merupakan pilihan aplikasi reksadana terbaik di tahun ini. Walaupun tergolong baru, Ajaib mampu membuktikan diri sebagai alternatif manajer investasi reksadana terbaik yang bisa dicoba.

Dalam satu aplikasi saja, kamu sudah dapat berinvestasi reksadana dan saham sekaligus melalui ajaib. Hal yang membuatnya menjadi aplikasi reksadana terbaik adalah dilengkapi dengan banyak keunggulan dan fitur menarik.

Seperti misalnya memberikan kemudahan dalam pendaftaran karena dapat dilakukan secara online. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi, isi formulir, dan mengunduh beberapa dokumen yang diperlukan.

Setelah itu, tinggal menunggu proses verifikasi selesai supaya dapat langsung mencoba berinvestasi. Selain itu, masih ada yang namanya fitur auto buy yang memungkinkan kamu agar dapat berinvestasi secara berkala setiap bulan.

Jangan khawatir, di sini kamu dapat mengatur sendiri jangka waktu investasi yang diinginkan berikut jumlah pembeliannya. Oleh sebab itu hingga sekarang aplikasi reksadana terbaik ini dianggap sangat cocok dan memudahkan kamu untuk rutin berinvestasi.

3. Bareksa

Bareksa
Bareksa – Super App Investasi
Nama Aplikasi Bareksa – Super App Investasi
Developer Bareksa Portal Investasi
Rating 4,7
Ukuran 19 MB
Link Download Klik Disini

Bareksa juga merupakan aplikasi yang menjual instrumen investasi reksadana secara online. Hampir mirip dengan aplikasi lain yang serupa, Bareksa juga dilengkapi dengan beberapa keunggulan. Salah satunya memiliki fitur Robo Advisor.

Dengan fitur tersebut seakan menjadi penasihat keuanganmu. Jadi, bagi yang merasa belum terlalu percaya diri untuk mengambil keputusan investasi mandiri, tentu saja sangat membantu. Pada umumnya, Robo Advisor akan memberikan saran tentang strategi investasi yang tepat.

Kamu juga akan diberikan rekomendasi produk investasi yang sesuai dengan kondisi keuanganmu. Bareksa bahkan tidak hanya menyediakan market update, namun juga menyajikan data reksadana yang sesuai dengan profil risiko setiap investor. Wajar jika banyak yang setuju jika Bareksa menjadi aplikasi reksadana terbaik.

4. IPOT

Nama Aplikasi IPOT – Investment SuperApp
Developer PT Indo Premier Sekuritas
Ukuran 37 MB
Rating 4.0

Pernah mendengar IPOT belum? IPOT ini adalah semacam super app dimana disana kamu bisa mencoba berbagai jenis investasi hanya dengan satu aplikasi saja. Banyak keunggulan IPOT yang membuatnya begitu populer. Mulai dari list, fund market live, comparison, statistic, new, hingga chart.

Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah secara periodic akan mengirimkan laporan yang transparan dan komprehensif untuk order status, transaction history, dan portofolio. Kamu harus tahu jika IPOT bahkan pernah menyabet penghargaan Best Retail Broker in Indonesia dan Best Bond Broker in Indonesia.

Tidak main-main, IPOT tercatat telah menjalin kerjasama dengan kurang lebih 43 manajer investasi. Maka, seharusnya kamu tak perlu meragukan lagi kualitasnya sebagai salah satu pilihan aplikasi reksadana terbaik.

Kalau kamu ingin mengetahui seputar aplikasi IPOT secara mendalam, maka bisa baca artikel Aplikasi IPOT: Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kekurangan ini, ya.

5. OVO

Nama Aplikasi OVO
Developer PT Visionet Internasional
Rating 4,2
Ukuran 10 MB

Selama ini apa kamu masih mengira OVO hanya sebatas dompet digital saja? Padahal, OVO juga merupakan alternatif aplikasi terbaik bagi kamu yang mau coba-coba berinvestasi reksadana. Mereka ada fitur terbaru yaitu OVO Invest yang merupakan hasil kerjasama mereka dengan bareksa.

Kamu sudah bisa mulai berinvestasi reksadana di OVO dengan modal awal hanya 10 ribu rupiah saja. Selain itu, pendaftarannya juga relatif mudah karena bisa dilakukan secara online.

Setelah daftar, kamu bisa langsung membeli reksadana menggunakan saldo yang ada di akun OVO masing-masing. Soal keamanan aplikasi reksadana terbaik ini juga sangat terjamin. Pasalnya sudah dilengkapi dengan fitur security code setiap akan melakukan transaksi.

6. Tokopedia

Nama Aplikasi Tokopedia
Developer Tokopedia
Rating 4,7
Ukuran 18 MB

Sering belanja online lewat Tokopedia? Mulai sekarang investasikan uangmu supaya lebih bernilai melalui aplikasi tersebut. Pasalnya, Tokopedia juga merupakan aplikasi reksadana yang mudah digunakan.

Sama dengan OVO, Tokopedia di sini juga bekerja sama dengan Bareksa. Menyediakan tempat bagi para investor pemula untuk mencoba berinvestasi reksadana dengan modal yang tidak besar.

Bagaimana tidak murah, kamu hanya perlu menyediakan dana investasi mulai 10 ribuan saja. Belum lagi, kamu juga tidak dikenakan biaya jual beli reksadana saat berinvestasi melalui aplikasi reksadana terbaik . Sehingga kalau dihitung-hitung memang sangat menguntungkan.

Banyak jenis reksadana yang disediakan pada para investor di Tokopedia. Bukan hanya reksadana pendapatan tetap dan pasar uang saja. Mereka juga menyiapkan fasilitas reksadana Syariah.

7. BukaLapak Investasi

Nama Aplikasi Bukalapak
Developer PT Bukalapak.com
Rating 4,6
Ukuran 29 MB

Banyak juga yang menyebutnya dengan BukaReksa. Aplikasi ini sebetulnya merupakan hasil kerjasama antara aplikasi tanamduit dan Bareksa. Cara berinvestasi reksadana melalui aplikasi ini cukup mudah.

Kamu hanya perlu membuat akun Bukalapak dulu baru bisa buka akun BukaReksa. Hanya dengan modal 10 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa berinvestasi di aplikasi reksadana terbaik ini. Sangat praktis, jadi kamu bisa puas berbelanja sambil investasi.

Untuk metode pembayarannya pun beragam. Kamu bisa melakukan pembayaran via transfer, virtual account, hingga minimarket atau kantor pos terdekat. Kelebihan lain yang dimiliki oleh BukaReksa adalah menawarkan paket bundling. Dimana kamu diperkenankan untuk membeli produk reksadana sekaligus asuransi dengan satu kali pembayaran saja.

8. Navi

Nama Aplikasi NAVI
Developer PT Mirae Assets Sekuritas Indonesia
Ukuran 18 MB
Rating 4,6

Sudah pernah mendengar aplikasi NAVI belum? Wajar sebetulnya, karena awalnya dulu aplikasi Navi ini bernama MaxFund. Pengembangnya adalah Mirae Aset yang ternyata juga bisa kamu manfaatkan untuk berinvestasi reksadana.

Navi diketahui menjadi salah satu rekomendasi aplikasi reksadana terbaik dan patut dipertimbangkan. Mirae Asset sendiri sebagai pengembang telah membedakan aplikasi ini untuk saham (Neo Hots Mobile) dan reksadana (Navi).

Keduanya memang sengaja dipisahkan. Namun, soal dana nasabah, kamu tak perlu khawatir karena sudah terintegrasikan dengan sangat baik. Dengan begitu, jika kamu punya rekening keduanya tidak perlu khawatir untuk menjalankannya.

Dari sekian fitur yang dimiliki Navi, Auto invest mungkin akan sangat membantu para investor. Melalui fitur ini, kamu yang ingin secara rutin menabung reksadana untuk masa depan menjadi terbantu sekali. Ditambah lagi interfacenya juga mudah dipahami kok, ukurannya pun kecil, cocok untuk smartphone dengan memori terbatas.

9. Tanamduit

Nama Aplikasi Tanamduit – Investasi & Asuransi
Developer Tanamduit.com
Rating 4,0
Ukuran 26 MB

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia reksana pasti sudah tidak asing dengan Tanamduit. Ini juga merupakan pilihan aplikasi reksadana terbaik yang sangat direkomendasikan. Selain reksadana, Tanamduit nyatanya menyediakan instrumen investasi lainya.

Mulai dari SBN, emas, hingga asuransi semua lengkap tersedia. Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah tidak adanya minimal setoran awal maupun biaya transaksi yang biasanya diterapkan pada manajer reksadana pada umumnya.

Sehingga, bagi kamu sebagai investor pemula akan sangat dimudahkan. Tanamduit hingga sekarang belum mempunyai Robo Advisor, namun tampilannya sangat user friendly. Jadi, sangat cocok bagi kamu para pengguna baru.

Kelebihan lain dari aplikasi reksadana terbaik ini adalah mempunyai banyak metode pembayaran. Bahkan, Tanamduit juga menyediakan fitur fingerprint. Membuat urusan autentifikasi jadi makin mudah.

10. Pluang – Crypto, US Stocks, Gold

Nama Aplikasi Pluang – Investasi Kripto Saham
Developer Pluang
Ukuran 18 MB
Rating 4,1

Merupakan aplikasi yang juga bisa kamu coba manfaatkan untuk kepentingan investasi reksadana. Disini juga menyediakan pilihan instrumen investasi lain tidak hanya reksadana. Dari mulai kripto, emas, hingga transaksi di pasar saham AS.

Bagi kamu yang merasa belum cukup dana untuk investasi pun tak perlu khawatir. Karena di sini hanya dengan 5 ribu rupiah saja sudah bisa memulai transaksi. Oleh sebab itu, aplikasi reksadana ini begitu populer di kalangan pelajar maupun mahasiswa.

Hal menarik lainnya yang dimiliki oleh salah satu aplikasi reksadana terbaik ini adalah terdapat komunitas telegram. Sebagai investor di sana, kamu dapat bergabung untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru tentang perekonomian, perusahaan atau hal-hal berbau investasi.

11. MyHero

Nama Aplikasi MyHero – Investasi Reksadana
Developer PT Henan Putihrai Assets Management
Ukuran 24 MB
Rating 4,7

Aplikasi reksadana terbaik ini bisa diunduh via Playstore maupun Appstore untuk kamu gunakan jika ingin mencoba berinvestasi reksadana. Termasuk masih baru sebenarnya, namun sudah cukup menyita perhatian.

MyHero kebetulan dikembangkan oleh PT. Henan PutihRai Managemen ini sudah punya izin sehingga resmi dan terpercaya. MyHero juga telah terjamin dan diawasi oleh OJK. Jangan lupa juga keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Termasuk modal awal yang ringan hingga membebaskan investor dari biaya administrasi. Dengan ukuran file yang relatif kecil, MyHero sangat bisa dipertimbangkan dan cocok dinobatkan sebagai aplikasi reksadana terbaik.

12. MotionTrade

Nama Aplikasi MotionTrade
Developer MNC Sekuritas
Ukuran 39 MB
Rating 4,0

Dari MNC Sekuritas, kamu juga bisa coba pakai aplikasi MotionTrade untuk urusan berinvestasi reksadana. Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan produk reksadana. Dari mulai reksadana saham, reksadana tetap, hingga reksadana pasar uang.

Untuk fitur-fiturnya sendiri juga lumayan beragam. Diantaranya seperti pengelolaan portofolio, informasi seputar pasar modal, sampai analisis kinerja investasi. Kamu sebagai pengguna pemula kemungkinan besar akan nyaman menggunakan aplikasi reksadana ini.

Tips Memilih Apilkasi Reksadana

Tips Penjelasan
Keandalan dan Keamanan Aplikasi Pilih aplikasi yang memiliki reputasi baik dalam hal keandalan dan keamanan. Pastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki sistem keamanan yang kuat dan terpercaya.
User Interface yang User-Friendly Pilih aplikasi dengan antarmuka pengguna (UI) yang mudah digunakan. Antarmuka yang sederhana dan intuitif dapat membantu Anda menjalankan transaksi dan melacak performa investasi dengan lebih efisien.
Fitur dan Fungsionalitas Pastikan aplikasi menyediakan fitur dan fungsionalitas yang sesuai dengan kebutuhan investasi Anda. Fitur seperti pengecekan nilai investasi, pembelian, penjualan, dan laporan performa bisa menjadi pertimbangan.
Dukungan Pelanggan yang Baik Pilih aplikasi yang menyediakan dukungan pelanggan yang baik. Layanan pelanggan yang responsif dapat membantu Anda menyelesaikan masalah atau mendapatkan bantuan saat dibutuhkan.
Biaya dan Fee yang Transparan Perhatikan biaya dan fee yang dikenakan oleh aplikasi. Pilih yang memiliki kebijakan biaya yang transparan dan mudah dimengerti. Biaya yang rendah atau adanya opsi tanpa beban dapat menjadi pertimbangan.

Kesimpulan

Aplikasi Reksadana Terbaik
Aplikasi Reksadana Terbaik

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi reksadana terbaik yang bisa kamu pilih untuk melakukan investasi. Ingat, sebelum mulai berinvestasi, pastikan untuk mempertimbangkan hal lainnya agar proses investasi bisa berjalan dengan lancar, ya.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay