Aplikasi Stockbit: Fitur, Cara Beli Saham, Kelebihan dan Kekurangan

Sutrisno Dermawan

Bagi kalangan masyarakat yang sudah lebih dulu terjun ke dunia investasi saham, pastinya sudah tidak asing lagi dengan hadirnya aplikasi Stockbit satu ini.

Aplikasi trading saham yang sudah terdaftar dan berizin resmi di pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini, umumnya menjadi salah satu aplikasi yang menunjang aktivitas trading saham bagi para investor.

Terlepas dari hal tersebut, bagi Anda yang mungkin saja membutuhkan informasi lengkap dari aplikasi saham Stockbit satu ini, maka bisa menyimak detail informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Ulasan Lengkap Penggunaan Aplikasi Stockbit

Ulasan Lengkap Penggunaan Aplikasi Stockbit
Ulasan Lengkap Penggunaan Aplikasi Stockbit

Sebagai informasi penting bagi Anda, bahwa aplikasi Stockbit sendiri merupakan salah satu aplikasi trading saham dari Stockbit Sekuritas Digital dengan pendirinya, yakni bernama Wellson Lo dan Johny Susanto pada tahun 2013 silam.

Aplikasi ini, umumnya dibuat sebagai aplikasi saham untuk memudahkan dalam melakukan analisis dan diskusi dengan para investor saham lain di seluruh dunia.

Dengan tampilan yang menarik dan fiturnya yang user-friendly, menjadikan aplikasi Stockbit ini turut memberikan warna baru di dunia investasi saham.

Adapun dalam hal ini, Stockbit turut menjalin kerja sama dengan pihak Sinarmas Sekuritas (Simas) dalam memudahkan para investor / pengguna melakukan transaksi secara real time.

Yang mana dalam hal ini, pihak Simas nantinya akan memperoleh nasabah di dalamnya. Sementara itu dari pihak Stockbit sendiri, mereka akan memperoleh fitur untuk mendukung kegiatan transaksi jual beli saham secara real time.

Selain menawarkan fitur lengkap dalam mendukung para pengguna untuk mengeksplorasi lebih dalam seputar investasi saham, penggunaan aplikasi Stockbit ini juga membantu pengguna agar lebih fokus dalam menganalisa saham secara fundamental ataupun teknikal.

Bahkan penggunaan Stockbit tidak hanya bisa dijadikan sebagai wadah untuk berdiskusi dan update berita terkini mengenai saham, akan tetapi juga bisa digunakan sebagai platform riset dan analisis investasi.

Tidak heran jika aplikasi saham dari Stockbit ini, dikatakan sebagai aplikasi saham populer dan banyak digemari oleh kalangan masyarakat, khususnya para investor.

Baca Juga : 10 Cara Jual Beli Saham Pemula Secara Online

Fitur-fitur Menarik di Platform Investasi Stockbit

Fitur-fitur Menarik di Platform Investasi Stockbit
Fitur-fitur Menarik di Platform Investasi Stockbit

Salah satu hal yang banyak ditanyakan oleh calon pengguna mengenai aplikasi saham Stockbit, yakni mengenai fitur apa saja yang bisa ditemukan dan digunakan oleh pengguna di dalamnya.

Pada saat Anda menggunakan aplikasi saham Stockbit nanti, maka dipastikan akan menemukan banyak sekali fitur menarik yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan investasi saham.

Adapun berbagai fitur menarik dan unggulan yang bisa Anda temukan di aplikasi saham Stockbit ini, di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Watchlist

Fitur pertama yang bisa Anda temukan di aplikasi Stockbit, yakni ada Watchlist yang berguna untuk memudahkan para pengguna melihat aneka saham yang sedang bergerak setiap harinya.

Dalam hal ini, para pengguna bisa dengan mudah melakukan filterisasi untuk saham pilihan dengan menjadikannya masuk ke dalam list Favorite.

Pada menu ini, Anda akan menemukan fitur Price Alert, yang nantinya akan memberikan notifikasi saat target harga yang sudah ditentukan pengguna menyentuh batas yang sudah ditentukan.

  • Stream

Selanjutnya, ada fitur Stream yang di dalamnya berisikan literasi yang berhubungan erat dengan berita dan update-update terbaru seputar dunia investasi saham.

Melalui fitur ini, Anda akan memperoleh beberapa hal menarik seperti berita, laporan, poling, prediksi, charts dan berbagai informasi menarik lainnya seputar investasi saham.

Dengan fitur Stream, pengguna akan lebih mudah dalam mengetahui sentimen pasar terhadap suatu saham serta dapat mengambil keputusan untuk menambah indikator dan parameter saham.

  • Search

Tidak kalah menarik dari fitur Watchlist dan Stream, di aplikasi Stockbit ini Anda juga bisa menggunakan fitur bernama Search atau fitur pencarian.

Yang mana, fitur Search satu ini berguna untuk membantu para pengguna mempermudah mencari saham pilihan dengan mudah, cepat dan pastinya akurat.

Karena itulah jika Anda menggunakan aplikasi saham Stockbit, tidak ada salahnya untuk menggunakan fitur Search satu ini.

  • Chat

Bisa dikatakan, bahwa Chat ini merupakan salah satu fitur unggulan dan out of the box yang bisa Anda gunakan di aplikasi saham Stockbit.

Hal ini dikarenakan, penggunaan fitur Chat di Stockbit sendiri yakni memungkinkan para pengguna untuk saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Sehingga, hal inilah yang menjadikan komunikasi yang berjalan akan lebih gampang dan nyaman dilakukan.

  • Portofolio

Terkhusus untuk fitur Portofolio di aplikasi Stockbit satu ini, yakni hanya dapat digunakan oleh para pengguna, apabila mereka sudah berhasil membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) di aplikasi saham tersebut.

Apabila ada dari para pengguna yang belum memiliki ataupun membuat RDN di Stockbit, maka bisa menggunakan fitur virtual trading yang berguna untuk memudahkan kegiatan trading dengan versi uji coba.

Nantinya, pihak dari Stockbit sendiri akan memberikan saldo demo kepada pengguna sebesar Rp 100 juta, yang mana saldo yang diberikan ini tidak bisa ditarik ke rekening pengguna.

  • e-IPO

Seperti yang kita ketahui, bahwa proses pembelian saham di IPO (Initial Public Offering) saat ini dikatakan tidak semudah pada zaman dulu.

Oleh karena itulah, di aplikasi saham Stockbit satu ini telah menghadirkan yang namanya fitur e-IPO yang pastinya akan sangat berguna bagi para pengguna di dalamnya.

Kegunaan utama dari fitur e-IPO sendiri, yakni memudahkan bagi para pengguna untuk mencari dan memesan saham IPO dengan mudah tanpa kesulitan sama sekali.

  • Stockbit Academy

Terkadang, masih banyak dari kalangan masyarakat yang mengaku bingung untuk memulai kegiatan trading atau investasi saham darimana.

Sebagai solusi paling tepat, disini Anda bisa belajar lebih mendalam mengenai dunia investasi saham dengan memanfaatkan fitur Stockbit Academy di aplikasi Stockbit.

Lewat fitur unggulan satu ini, Anda nantinya akan menemukan banyak sekali materi pembelajaran seputar dunia saham yang gampang dipahami, dikarenakan disampaikan oleh para profesional yang ahli di bidangnya.

Tata Cara Pendaftaran di Aplikasi Stockbit

Tata Cara Pendaftaran di Aplikasi Stockbit
Tata Cara Pendaftaran di Aplikasi Stockbit

Jika tadi kita sudah membahas mengenai beberapa fitur menarik dan unggulan yang ditawarkan di aplikasi Stockbit, mak selanjutnya Anda perlu tahu mengenai tata cara pendaftaran di aplikasi saham tersebut.

Pada dasarnya, pendaftaran di aplikasi saham Stockbit ini sangat mudah untuk dilakukan para pengguna. Yang terpenting disini, pengguna perlu tahu dan memahami bagaimana langkah-langkah dalam proses pendaftaran akun pengguna di aplikasi saham Stockbit tersebut.

Dengan mengetahui langkah-langkah pendaftaran di aplikasi saham Stockbit, maka pengguna bisa melakukan kegiatan investasi saham dengan mudah nantinya. Adapun untuk tata cara pendaftaran akun pengguna di aplikasi saham Stockbit sendiri, yakni sebagai berikut.

  • Langkah pertama, silahkan Anda download dan install terlebih dahulu aplikasi saham Stockbit di perangkat yang dimiliki.
  • Setelah aplikasi berhasil terunduh dan terpasang di perangkat yang dimiliki, maka selanjutnya tinggal klik fitur “Watchlist” di bagian paling bawah aplikasi. Lalu tinggal Anda pilih opsi “Buka Rekening Saham”.
  • Berikutnya, Anda akan diminta untuk membuat password / kata sandi dan lakukan konfirmasi sesuai arahan.
  • Kemudian, silahkan Anda masukkan nomor ponsel dan alamat email yang masih aktif.
  • Dalam hal ini, Anda diminta untuk mengecek email masuk dari pihak Stockbit untuk memperoleh kode verifikasi. Lalu, Anda hanya perlu menyalin kode verifikasi tersebut ke aplikasi saham Stockbit.
  • Jika sudah, Anda tinggal mengisikan identitas data diri, mengunggah foto KTP dan selfie memegang KTP. Jangan lupa juga, untuk mengisikan informasi yang valid mengenai rekening pribadi yang akan dipakai untuk kegiatan transaksi saham nantinya.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta oleh pihak Stockbit dalam menjawab beberapa pertanyaan tertentu. Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, yakni untuk menentukan bagaimana kondisi profil risiko investasi yang Anda miliki.
  • Langkah berikutnya, Anda pilih bank untuk pembuatan rekening RDN (Rekening Dana Nasabah).
  • Terakhir, Anda tinggal mengikuti semua instruksi selanjutnya hingga pendaftaran akun pengguna Stockbit selesai dilakukan.

Tips Beli Saham di Stockbit

Tips Beli Saham di Stockbit
Tips Beli Saham di Stockbit

Melalui aplikasi Stockbit, aktivasi pembelian dan penjualan investasi saham kini semakin mudah dilakukan oleh para pengguna.

Adapun bagi Anda di rumah yang ingin membeli saham di Stockbit, maka bisa menerapkan beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Pertama-tama, silahkan Anda buka aplikasi saham Stockbit yang sudah terunduh dan terpasang di perangkat ponsel Anda.
  • Jika sudah, masukkan password / kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Kemudian, Anda tinggal mencari produk saham yang ingin dibeli.
  • Apabila sudah menemukan produk saham yang diinginkan, maka Anda hanya perlu mengklik bagian menu “Buy” saja.
  • Setelah itu, tinggal masukkan saja jumlah lot saham dan harga yang diinginkan.
  • Terakhir, Anda klik kembali bagian menu “Buy” untuk mengonfirmasi pembelian saham.
  • Sebagai catatan, pembelian saham yang Anda lakukan ini nantinya akan masuk ke dalam antrean. Apabila harga saham yang dibeli match / cocok, jumlah lot saham akan mengalami peningkatan di portofolio.
Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Saham Stockbit
Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Saham Stockbit

Sebelum Anda benar-benar menggunakan aplikasi saham Stockbit, ada baiknya untuk mengetahui informasi mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki aplikasi tersebut.

Hal ini bertujuan, untuk memberikan akses kemudahan bagi Anda dalam mempertimbangkan penggunaan aplikasi saham tersebut nantinya.

Mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Stockbit, bisa Anda lihat dalam tabel informasi yang ada di bawah ini.

Kelebihan Stockbit Kekurangan Stockbit
Memiliki tampilan aplikasi yang user friendly bagi para pengguna. Fitur terbaik Stockbit hanya dapat diakses, khusus bagi pengguna yang sudah berlangganan (akun Pro).
Aplikasi saham Stockbit sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga terjamin keamanannya bagi pengguna. Stockbit belum menyediakan fitur order, yang berguna untuk memantau pergerakan saham di pasar modal.
Pengguna bisa dengan mudah melakukan kegiatan trading saham di Stockbit, dengan saldo yang kecil tanpa minimum deposit. Aplikasi Stockbit tidak bisa melakukan cek mutasi saldo Rekening Dana Nasabah (RDN).
Proses pendaftaran di Stockbit mudah, sebab pengguna bisa mendaftarkan diri secara online tanpa perlu kirim dokumen.
Biaya transaksi jual beli saham di Stockbit sangat terjangkau.
Memiliki banyak fitur menarik dan unggulan, yang bisa digunakan oleh pengguna dalam menunjang kegiatan trading saham.
Tersedia layanan live support bagi pengguna Stockbit.
Aplikasi Stockbit
Aplikasi Stockbit

Jadi, itulah tadi penjelasan menarik yang akan sangat bermanfaat bagi Anda seputar aplikasi Stockbit dalam memudahkan kegiatan trading saham.

Related Post

Tinggalkan komentar