Aplikasi IPOT: Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kekurangan

Gunawan Sumri

Sekarang sudah ada berbagai macam aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan investasi secara daring, salah satunya yaitu aplikasi IPOT. Inovasi yang dihadirkan oleh PT. Indo Premier Sekuritas ini dapat membantu masyarakat Indonesia untuk menginvestasikan dana mereka dengan lebih mudah. Untuk mengenal lebih jauh tentang aplikasi IPOT, inilah beberapa penjelasan singkatnya.

Mengenal Aplikasi IPOT

Mengenal Aplikasi IPOT
Mengenal Aplikasi IPOT

Pada dasarnya, aplikasi IPOT yang diluncurkan oleh perusahaan sekuritas ini merupakan suatu aplikasi trading saham dan investasi yang hadir dengan fitur lengkap. Peluncuran dari aplikasi ini dianggap sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat dalam membantu melakukan transaksi jual beli saham yang lebih komprehensif.

Kini, aplikasi IPOT telah dibekali oleh berbagai macam detail yang pastinya akan membuat seluruh nasabah tidak mengalami kesulitan lagi. Bahkan, meskipun nasabah atau pun pihak trader merupakan sosok yang masih pemula, mereka tetap bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik tanpa merasa kebingungan.

Fitur dan Kelebihan Aplikasi IPOT

Fitur dan Kelebihan Aplikasi IPOT
Fitur dan Kelebihan Aplikasi IPOT

Untuk membantu proses transaksi saham agar berjalan lebih lancar, pihak developer aplikasi IPOT telah menyisipkan berbagai macam fitur yang mumpuni. Ada beberapa fitur yang membuat aplikasi ini lebih unggul apabila dibandingkan dengan aplikasi saham online yang lain, beberapa di antaranya yaitu:

1. Menyajikan Berita Informatif

1. Menyajikan Berita Informatif
1. Menyajikan Berita Informatif

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh aplikasi IPOT yaitu aplikasi ini nantinya akan menyajikan berita yang selalu up to date dan informatif. Berita tersebut tentunya berkaitan dengan dunia keuangan dan ekonomi, sehingga setiap pengguna aplikasi dapat melihat secara langsung perkembangan yang ada di pasar.

Fitur Informasi Berita Saham

Berita tersebut pun telah dilengkapi oleh riset yang cukup mendalam dari pihak Indo Premier sendiri yang dilakukan dengan penuh ketelitian.

  • Oleh karena itu, maka Anda pun akan memperoleh beberapa bahan analisa baru yang akurat sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi saham.
  • Tidak hanya berita ekonomi dan keuangan saja, akan tetapi di aplikasi ini juga telah tersedia konten edukasi.
  • Hal tersebut sangat membantu seluruh nasabah yang masih memulai perjalanan menjadi seorang trading, bahkan sudah ada konten yang sesuai dengan kapasitas nasabah mulai dari newbie hingga yang sudah advanced.

2. Data Saham yang Begitu Detail

2. Data Saham yang Begitu Detail
2. Data Saham yang Begitu Detail

Selanjutnya, aplikasi IPOT memaparkan data saham terbaru yang begitu detail dan lengkap. Mereka akan menampilkan peralatan dan charting saham yang begitu komplit, mulai dari kalender aksi korporasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan, informasi tersebut pun sudah dilengkapi oleh notifikasi sehingga Anda akan tetap mendapatkan informasi baru tanpa harus membuka aplikasi.

Anda juga dapat melihat sendiri laporan gain/loss dan riwayat transaksi keuangan tanpa batas waktu. Anda dapat melihat transaksi awal sejak pertama kali menciptakan akun hingga sekarang tanpa terkecuali.

3. Tidak Ada Minimum Modal

3. Tidak Ada Minimum Modal
3. Tidak Ada Minimum Modal

Ketika pertama kali membuka akun rekening saham pada aplikasi IPOT, maka Anda tidak perlu merasa khawatir atau pun ragu dengan modal yang harus disiapkan. Sebab, pihak IPOT tidak akan membatasi jumlah modal minimal yang harus disetorkan oleh nasabah, sehingga peraturan ini akan sangat memudahkan nasabah yang tidak memiliki modal tinggi.

Keuntungan Fitur Tanpa Modal

  • Anda dapat langsung memakai dana setoran awal ketika ingin membeli saham sesuai dengan harga beli yang sudah ditentukan.
  • Mulai dari modal yang kecil atau pun besar sekalipun, Anda tetap bisa melakukan transaksi di aplikasi ini dengan mumpuni tanpa terhalang oleh masalah apa pun.

4. Transaksi Bisa Dilakukan dengan Bebas

4. Transaksi Bisa Dilakukan dengan Bebas
4. Transaksi Bisa Dilakukan dengan Bebas

Seperti yang sudah menjadi rahasia umum, aplikasi berbasis online memang akan selalu membuat nasabah tidak perlu harus menghadiri kantor perusahaan secara langsung. Hal itu juga berlaku untuk aplikasi IPOT, sebab dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan transaksi saham dalam jumlah yang bebas dari mana saja.

Keunggulan Transaksi Bebas

  • Anda dapat melakukan transaksi multi order dengan sangat praktis, sebab telah tersedia fitur sell atau pun fast buy yang bisa dipilih.
  • Harga dan jumlah nominal yang dapat dipilih pun bisa sesuai dengan keinginan, terlebih Anda dapat mengakses fitur tersebut di perangkat apa saja secara mudah.

5. Membeli atau Menjual Secara Otomatis

5. Membeli atau Menjual Secara Otomatis
5. Membeli atau Menjual Secara Otomatis

Ketika Anda merasa kerepotan harus melakukan transaksi secara terus menerus namun tidak memiliki waktu yang luang, maka kehadiran robo new task dapat menjadi jawaban atas hal tersebut. Fitur yang begitu canggih ini akan memungkinkan seluruh pengguna aplikasi yang satu ini untuk membeli atau pun menjual saham secara otomatis.

Keunggulan Menggunakan Sell Buy Otomatis

  • Keberadaan robot ini sangat berguna, sehingga para trader dapat mencapai stop loss dan profit taking secara otomatis tanpa harus mengotak-atik aplikasi terlebih dahulu.
  • Dengan begitu, bahkan tanpa melakukan apa pun, Anda tetap bisa memperoleh keuntungan yang didapatkan dari proses transaksi saham yang dilakukan secara otomatis.

6. Memantau Bursa

6. Memantau Bursa
6. Memantau Bursa

Fitur lain yang ada di dalam aplikasi IPOT yaitu adanya stock tools yang bisa membantu para nasabah dan investor agar mereka bisa memantau bursa secara cepat. Di dalam fitur ini, ada beberapa menu lain yang tidak kalah berguna seperti chart comparison, stock screener, top activities, top market, dan lain-lain.

Keuntungan Memantau Bursa Otomatis

  • Dengan memperhatikan aktivitas pasar dan bursa secara keseluruhan, Anda akan memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah seperti apa yang nantinya harus diambil.
  • Anda pun menjadi investor yang lebih cermat dan tidak perlu mengalami kerugian karena bisa mengetahui informasi yang ada di pasaran secara tepat.

7. Tampilan Aplikasi yang Mudah Dipahami

7. Tampilan Aplikasi yang Mudah Dipahami
7. Tampilan Aplikasi yang Mudah Dipahami

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini memang termasuk ke dalam jenis aplikasi yang dibuat dengan sedemikian rupa agar bisa memudahkan investor dalam menggunakannya. Tampilan interface pada aplikasi ini begitu user friendly, sehingga untuk pengguna yang belum merasa familier dengan aplikasi pasti tetap bisa menggunakan fitur dan menu yang ada di dalamnya dengan mudah.

Fitur Aplikasi Mudah Digunakan

  • Bahkan, ada fitur quicklink yang dapat Anda atur dengan bebas untuk memilih fitur favorit dan melihat informasi tertentu yang diinginkan.
  • Selain quicklink, ada pula opsi dark mode yang dapat dipilih untuk mengubah preferensi tampilan aplikasi agar terlihat gelap.
  • Dengan keberadaan mode tampilan ini, Anda yang kurang menyukai light mode dapat menggunakan aplikasi secara lebih nyaman lagi.

8. Tingkat Keamanan Tinggi

8. Tingkat Keamanan Tinggi
8. Tingkat Keamanan Tinggi

Ketika ingin mengunci aplikasi agar seluruh data yang tersimpan di dalamnya selalu aman, maka Anda akan dimanjakan dengan fitur keamanan aplikasi yang begitu tinggi. Pihak aplikasi sudah menjamin keamanan transaksi seluruh pengguna dengan menyediakan empat lapis sistem keamanan, seperti:

Fitur Empat Lapis Keamanan IPOT

Keempat lapis sistem keamanan itulah yang membuat IPOT sedikit berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi investasi yang lain.

  • Security Passion.
  • OTP (One Time Password).
  • PIN (Personal Identification Number.
  • Kata sandi dan username untuk log in ke akun.

Dengan keberadaan tingkat keamanan yang mumpuni, maka akun dan transaksi nasabah sangat terjamin kerahasiaannya.

9. Mempermudah Proses Reksadana

9. Mempermudah Proses Reksadana
9. Mempermudah Proses Reksadana

Tidak hanya untuk membeli dan menjual saham saja, namun aplikasi yang satu ini juga sangat mudah digunakan ketika ingin melakukan proses reksadana. Ada beberapa fitur menarik yang sudah disediakan oleh pihak aplikasi untuk melakukan reksadana, salah satunya yaitu fitur summary, fund comparison, dan fund list.

Fitur Proses Mudah Reksadana Ipot

Fitur summary nantinya berguna untuk menampilkan profil setiap reksadana secara lengkap dan mendetail. Informasi tersebut meliputi statistik unit, AUM, dan NAV yang disajikan dalam periode 1 bulan sampai 3 tahun.

  • Pertama, ada fitur fund comparison yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna ketika mereka ingin membandingkan antara suatu reksadana dengan reksadana yang lain.
  • Fitur ini akan membuat investor menjadi lebih mudah ketika mereka ingin memutuskan untuk membeli suatu reksadana.
  • Terakhir, ada fitur fund list yang akan menampilkan daftar produk-produk reksadana yang saat ini sedang diperjualbelikan di bursa secara real time.
  • Tidak hanya daftar produk reksadana, akan tetapi ada juga informasi lain yang bisa diperhatikan oleh setiap pengguna agar mereka mengenal lebih jauh tentang masing-masing produk tersebut.

Kekurangan Aplikasi IPOT

Kekurangan Aplikasi IPOT
Kekurangan Aplikasi IPOT

Tidak hanya kelebihan saja, akan tetapi IPOT juga tetap mempunyai beberapa kekurangan tertentu yang harus diperhatikan oleh setiap pengguna. Meskipun kekurangan tersebut bukanlah hal yang fatal, akan tetapi penting untuk tetap mempersiapkan diri sehingga Anda tidak kesulitan saat memakai aplikasi.

Inilah beberapa kekurangan IPOT yang harus dipahami:

  • Biaya Fee Transaksi

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh IPOT yaitu mereka akan mengenakan biaya fee transaksi yang cukup besar. Biaya tersebut yaitu 0,29 persen untuk penjualan dan 0,19 persen untuk pembelian dari seluruh nilai transaksi saham.

Jika dibandingkan dengan aplikasi yang lain, angka-angka tersebut bisa dikatakan lebih tinggi sehingga terkadang akan membuat beberapa nasabah merasa terbebani.

  • Loading Aplikasi Terlalu Lama

Selain biaya fee transaksi, proses untuk melakukan loading aplikasi terkadang juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Meskipun hal ini terdengar sepele, akan tetapi pengguna aplikasi tentunya akan merasa kurang nyaman dan jengkel apabila aplikasi tidak bisa segera digunakan dengan maksimal.

Umumnya, penyebab terjadinya hal ini bisa karena beberapa faktor, salah satunya yaitu jaringan internet yang tidak baik.

Usahakan untuk mengakses aplikasi dengan jaringan internet yang mumpuni sehingga loading tidak lambat. Selain itu, bisa juga karena aplikasi mengalami crash sehingga mau tidak mau Anda harus menunggunya normal kembali.

  • Harus Memasukkan PIN Lebih Sering

PIN yang diterapkan pada aplikasi ini memang bisa membuat keamanan pengguna menjadi lebih terjaga dengan baik, akan tetapi hal itu juga ternyata dapat membawa masalah lain yang akan membuat pengguna merasa kerepotan.

Salah satu masalah tersebut yaitu pengguna harus senantiasa memasukkan PIN agar bisa log in ke dalam aplikasi, bahkan ketika mereka baru saja keluar dari aplikasi selama 5 menit.

Apabila tidak memasukkan PIN dengan baik, maka pengguna tidak akan bisa melakukan transaksi dengan lancar. Hal ini dianggap cukup berlebihan oleh beberapa pengguna, sebab terkadang nasabah tidak ingin melakukan transaksi dan hanya ingin mengecek saldo namun mereka harus tetap memasukkan PIN.

Kesimpulan

Aplikasi IPOT
Aplikasi IPOT

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi IPOT sehingga Anda mengetahui tentang kualitasnya. Meskipun aplikasi ini juga memiliki kekurangan tertentu, akan tetapi kelebihan yang dimilikinya tidak bisa diabaikan begitu saja, sehingga penting bagi Anda untuk tetap mempertimbangkan aplikasi ini dalam melakukan kegiatan saham dan reksadana.

Gunawan Sumri

Pejuang Semester Akhir, Menyalurkan Inspirasi Dengan Menulis. Menyukai Kopi dan Kamu! Iya Kamu :D

Related Post

Tinggalkan komentar