Review UangMe Terbaru 2024

Soni Aman

Review UangMe – Platform UangMe adalah sebuah aplikasi keuangan yang menyediakan layanan pinjaman peer-to-peer (P2P lending) di Indonesia. Penggunaan teknologi AI dan big data membuat UangMe bisa dengan mudah menjadi perantara pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower) secara otomatis.

UangMe didirikan pada tahun 2018 oleh PT UangMe Fintek Indonesia bekerja sama dengan SuperAtom.  Jumlah dana yang dapat dipinjamkan oleh UangMe kepada pengguna individu berkisar antara Rp 400 ribu hingga Rp 4 juta dengan tenor pinjaman mulai dari 30 hari hingga 6 bulan. Bunga pinjaman yang dikenakan adalah 0,8% per hari atau 23,7% per bulan.

Review UangMe

Review UangMe
Review UangMe

UangMe merupakan perusahaan yang terdaftar dan legal di Indonesia. UangMe telah mendapatkan izin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor S-584-/NB.213/2018 serta izin OJK dengan nomor KEP-4/D.05/2021 tertanggal 6 Januari 2021.

Hal ini menunjukkan bahwa UangMe adalah perusahaan yang diawasi oleh otoritas keuangan dan bukan merupakan penipuan atau bahkan termasuk investasi bodong. Sebagai pemberi pinjaman (lender) di UangMe, Anda memiliki empat produk pendanaan yang dapat dipilih berdasarkan tenor atau jangka waktu. Produk-produk tersebut meliputi jangka waktu 21 hari, 30 hari, 3 bulan, dan 4 bulan.

UangMe menggunakan teknologi AI dan big data untuk mencarikan peminjam secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu mencari dan memilah pengajuan pinjaman satu per satu.Sebagai peminjam (borrower) di UangMe, Anda akan menjalani proses credit scoring (penilaian kredit) yang akan menentukan plafon pinjaman dan tenor pinjaman yang dapat Anda ajukan.

Baca Juga : Review Adakami: Jenis, Syarat, Kelebihan dan Cara Pengajuan Pinjaman

Berbagai Kelebihan Platform UangMe Dibandingkan Lainnya

UangMe adalah aplikasi peer to peer (P2P) lending yang populer di Indonesia dan memiliki sejumlah kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan UangMe yang bisa menjadi pertimbangan bagi para calon nasabah yaitu:

  • Legalitas dan Keamanan

UangMe terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga dijamin legalitasnya dan terpercaya. Aplikasi ini juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data pengguna.

  • Tingkat Keberhasilan Pengembalian Pinjaman

Review UangMe memiliki tingkat keberhasilan pengembalian pinjaman 90 hari (TKB90) sebesar 100%, yang menunjukkan kemampuannya dalam mengelola risiko kredit. Hal ini membuatnya menjadi salah satu P2P lending yang berhasil mempertahankan pencapaian ini.

  • Fleksibilitas Produk Pendanaan

Bagi pemberi pinjaman (lender), UangMe menawarkan empat produk pendanaan dengan jangka waktu yang berbeda, mulai dari 21 hari hingga 4 bulan. Hal ini memungkinkan pemberi pinjaman untuk memilih produk yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

  • Teknologi AI dan Big Data

Review UangMe menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan analisis big data untuk mencocokkan peminjam dengan pemberi pinjaman secara otomatis. Hal ini memudahkan pemberi pinjaman dalam menemukan peminjam yang sesuai tanpa harus melakukan pencarian secara manual.

  • Fitur Paylater dan LunasinYuk

Selain pinjaman online, review UangMe juga menyediakan fitur Paylater yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja di merchant-merchant mitra UangMe. Fitur LunasinYuk juga ditawarkan untuk membantu pengguna melunasi tagihan bulanan seperti listrik, pulsa, dan internet. Ini menambah fleksibilitas pengguna dalam mengelola keuangan.

  • Kerjasama dengan Merchant Terkemuka

UangMe telah menjalin kerjasama dengan sejumlah merchant terkemuka di Indonesia, termasuk McDonald’s, Hartono Mall, RTMart, dan lainnya. Hal ini memperluas jangkauan pengguna untuk menggunakan fitur Paylater dan memberikan lebih banyak pilihan belanja.

  • Kompetitif dalam Bunga dan Limit

Review UangMe menawarkan bunga pinjaman yang kompetitif, yaitu 0,8% per hari atau 23,7% per bulan, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh OJK. UangMe juga memberikan limit pinjaman yang mencapai Rp 4 juta untuk peminjam dan limit paylater hingga Rp 20 juta.

  • Dukungan Pelanggan yang Baik

UangMe memiliki tim dukungan pelanggan yang responsif melalui customer service real time.

Perhitungan Nominal yang Berlaku bagi Lender dan Borrower di UangMe

Perhitungan Nominal yang Berlaku bagi Lender dan Borrower di UangMe
Perhitungan Nominal yang Berlaku bagi Lender dan Borrower di UangMe

Para review UangMe juga mencakup rincian nominal pinjaman, bunga yang diberlakukan hingga tenor dari UangMe. Rincian ini juga ditetapkan untuk para pemberi pinjaman atau sering disebut dengan Lender dan juga kepada peminjam atau sering disebut Borrower, seperti:

Pemberi Pinjaman (Lender):

  • Jangka 21 hari : Pendanaan minimal Rp 1 juta dengan kelipatan/pertambahan Rp 100 ribu. Bunga maksimum yang dijanjikan adalah 13% per tahun.
  • Jangka 30 hari : Pendanaan minimal Rp 600 ribu dengan kelipatan Rp 100 ribu. Bunga maksimum yang dijanjikan adalah 13,5% per tahun.
  • Jangka 3 bulan : Pendanaan minimal Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 100 ribu. Bunga maksimum yang dijanjikan adalah 14% per tahun.
  • Jangka 4 bulan : Pendanaan minimal Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 100 ribu. Bunga maksimum yang dijanjikan adalah 14,5% per tahun.

Peminjam (Borrower):

  • Jumlah pinjaman : Rp 400 ribu hingga Rp 4 juta.
  • Tenor pinjaman : 30 hari hingga 6 bulan.
  • Bunga pinjaman : 0,8% per hari atau 23,7% per bulan (maksimum yang diizinkan oleh OJK dan Asosiasi Fintech).
  • Denda keterlambatan : 0,8% per hari.

Khusus bagi peminjam diberlakukan peraturan khusus OJK. Peraturan OJK menyatakan bahwa semua biaya, termasuk bunga, biaya layanan, dan denda keterlambatan, tidak boleh melebihi jumlah pokok pinjaman. Sebagai contoh, jika Anda meminjam Rp 1 juta, jumlah maksimum yang akan Anda bayarkan adalah Rp 2 juta (200% dari pokok pinjaman).

Syarat Pengajuan Pinjaman di Platform UangMe

Syarat Pengajuan Pinjaman di Platform UangMe
Syarat Pengajuan Pinjaman di Platform UangMe

Sama seperti platform pinjaman online lainnya, review UangMe memberlakukan syarat pengajuan kepada calon nasabah. Berikut ini adalah syarat-syarat pengajuan pinjaman kepada UangMe:

  • Kewarganegaraan dan Domisili : Anda harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki domisili di Indonesia.
  • Usia : Usia minimal untuk pengajuan pinjaman adalah 21 tahun, dan usia maksimal adalah 55 tahun.
  • Identitas : Anda perlu memiliki e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik) yang valid sebagai bukti identitas.
  • Rekening Bank : Anda harus memiliki rekening bank yang aktif di bank yang beroperasi di Indonesia dan terdaftar atas nama sesuai dengan e-KTP yang digunakan.
  • Nomor Telepon : Anda harus memiliki nomor telepon seluler aktif yang terdaftar di Indonesia.
  • Penghasilan Tetap : UangMe mungkin mengharuskan Anda memiliki penghasilan tetap sebagai salah satu persyaratan pengajuan pinjaman. Persyaratan penghasilan tetap dapat berbeda tergantung pada produk pinjaman yang Anda pilih.

Selain syarat-syarat di atas, perlu diingat bahwa review UangMe juga melakukan penilaian kredit (credit scoring) terhadap peminjam untuk menentukan plafon pinjaman yang dapat diajukan dan tenor pinjaman. Bunga pinjaman yang dikenakan adalah sebesar 0,8% per hari atau 23,7% per bulan, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech.

Produk dan Layanan yang Tersedia di UangMe

Produk dan Layanan yang Tersedia di UangMe
Produk dan Layanan yang Tersedia di UangMe

Review UangMe adalah sebuah aplikasi keuangan yang menyediakan layanan pinjaman peer to peer (P2P lending) serta fitur Paylater dan LunasinYuk. Berikut adalah pilihan produk yang tersedia di UangMe:

Pendanaan untuk Pemberi Pinjaman (Lender):

  • Jangka 21 hari

Produk ini memungkinkan Anda sebagai pemberi pinjaman untuk mendanai pinjaman dengan tenor 21 hari. Jumlah pendanaan minimal adalah Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 100 ribu. Bunga paling tinggi yang dijanjikan adalah 13% dalam satu tahun.

  • Jangka 30 hari

Produk ini menawarkan pendanaan dengan tenor 30 hari. Jumlah pendanaan minimal adalah Rp 600 ribu dengan kelipatan Rp 100 ribu. Bunga maksimum yang bisa didapat adalah 13,5% per tahun.

  • Jangka 3 bulan

Jika Anda memilih produk ini, Anda dapat mendanai pinjaman dengan tenor 3 bulan. Pendanaan minimal adalah Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 100 ribu. Bunga maksimum yang bisa diperoleh adalah 14% per tahun.

  • Jangka 4 bulan

Produk ini menawarkan pendanaan dengan tenor 4 bulan. Jumlah pendanaan minimal adalah Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 100 ribu. Bunga maksimum yang dijanjikan adalah 14,5% per tahun.

Pinjaman untuk Peminjam (Borrower):

  • Pinjaman dengan tenor 30 hari hingga 6 bulan

Review UangMe menawarkan pinjaman kepada individu dengan jumlah dana yang dapat dipinjamkan antara Rp 400 ribu hingga Rp 4 juta. Tenor pinjaman dapat dipilih mulai dari 30 hari hingga 6 bulan. Bunga pinjaman yang dikenakan adalah 0,8% per hari atau 23,7% per bulan.

  • Fitur Paylater

Fitur Paylater di review UangMe memungkinkan pengguna untuk menggunakan pinjaman sebagai alat pembayaran di merchant-merchant yang bekerja sama dengan UangMe. Limit paylater yang ditawarkan adalah hingga Rp 20 juta, dengan opsi pembayaran satu kali dalam jangka 30 hari atau pembayaran dicicil dalam 3-6 bulan.

  • Fitur LunasinYuk

LunasinYuk adalah fitur yang membantu pengguna melunasi tagihan bulanan seperti listrik, pulsa, dan internet. Sistem kerjanya mirip dengan Paylater, di mana LunasinYuk akan membayar tagihan pengguna melalui aplikasi, dan pengguna harus melunasi tagihan tersebut kepada UangMe dalam jangka waktu 30 hari.

Panduan Sederhana Pengajuan Pinjaman Dana di UangMe

Panduan Sederhana Pengajuan Pinjaman Dana di UangMe
Panduan Sederhana Pengajuan Pinjaman Dana di UangMe

Pada review UangMe ini juga memberikan rincian tentang panduang lengkap untuk pengajuan pinjaman dana. Berikut ini langkah yang harus dilakukan borrower di UangMe yaitu:

  1. Unduh aplikasi UangMe dari Play Store atau App Store dan pasang pada ponsel pintar Anda.
  2. Setelah terinstal, buka aplikasi untuk melakukan registrasi. Masukkan nomor HP Anda dan ikuti instruksi untuk menerima kode OTP. Setelah itu, klik “Daftar”.
  3. Pilih opsi “Peminjam” ketika diminta untuk memilih antara Peminjam atau Pendana.
  4. Anda akan melihat limit dana yang dapat Anda ajukan, beserta tenor pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan saat pelunasan. Tekan “Ajukan Sekarang” untuk memproses pinjaman online Anda.
  5. Aplikasi mungkin akan meminta izin untuk mengakses lokasi dan beberapa bagian lain dari ponsel Anda. Klik “Izinkan” jika Anda setuju.
  6. Isi informasi diri Anda seperti nama lengkap, alamat, dan nama gadis ibu kandung.
  7. Lengkapi data pekerjaan Anda, seperti bidang pekerjaan dan nama perusahaan.
  8. Isi data kontak darurat untuk situasi darurat jika Anda tidak dapat dihubungi.
  9. Ambil foto KTP Anda menggunakan kamera belakang dan lakukan selfie sambil memegang KTP menggunakan kamera depan.
  10. Isi informasi rekening Anda untuk pencairan pinjaman. Setelah itu, klik “Kirim”.
  11. Verifikasi akan dilakukan melalui WhatsApp. Pastikan nomor yang Anda daftarkan telah terdaftar di WhatsApp. Jika tidak, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor WhatsApp yang aktif.
  12. Tunggu sampai pengajuan Anda diproses. Review UangMe menjanjikan pemrosesan pinjaman dalam hitungan menit.
  13. Jika pinjaman Anda disetujui, Anda akan menerima pemberitahuan melalui aplikasi. Harap diingat bahwa jumlah pinjaman yang disetujui mungkin lebih rendah dari limit Anda.
  14. Tunggu 1-3 hari untuk pencairan pinjaman ke rekening Anda. Ini bisa berbeda-beda, dan pinjaman Anda mungkin juga bisa dicairkan pada hari yang sama.
  15. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran cicilan tagihan tepat waktu untuk menghindari denda.

Kesimpulan

Review UangMe
Review UangMe

Review UangMe menjadi platform fintek yang sangat canggih dengan berbagai fitur dan layanan. Selain memberikan layanan pinjaman, para pengguna juga bisa menjadi pemberi pinjaman dengan nominal keuntungan cukup tinggi.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay