Mengenal Rate Card Bagi Influencer dan Cara Terbaru Membuatnya

Soni Aman

Penggunaan media sosial yang sangat massif bagi kalangan milenial memberikan dampak ekonomis sangat besar. Hal ini berkaitan dengan peluang profesi baru sebagai influencer semakin terbuka. Apalagi saat ini sudah banyak pilihan media sosial yang bisa diakses dengan mudah.

Masing-masing media sosial juga memiliki karakteristik konten dan pengguna berbeda. Influencer dari setiap media sosial juga bisa menawarkan kerja sama bisnis kepada pihak lain. Keuntungan yang diraih tentu saja berdasarkan skema kerja sama. Kondisi ini yang membuat para influencer membutuhkan rate card. Cobalah untuk membuat rate card yang sesuai dengan kebutuhan bisnis saat ini.

Pahami apa itu rate card bagi influencer

Pahami apa itu rate card bagi influencer
Pahami apa itu rate card bagi influencer

Seluruh influencer yang memiliki pengaruh besar terhadap followers harus sudah mulai mempertimbangkan pembuatan rate card. Namun, sebelum menerapkan metode pembuatan rate card bagi para influencer cobalah untuk memahami dasar makna dari rate card itu sendiri.

Secara mendasar rate card adalah sebuah dokumen yang menjelaskan tarif atau harga yang ditetapkan oleh seorang influencer untuk setiap kampanye atau proyek iklan yang mereka terima. Biasanya tercantum informasi seperti jenis konten yang akan dibuat oleh influencer, platform media sosial yang akan digunakan, jangkauan atau alur penayangan konten, dan jangka waktu konten akan ditampilkan.

Baca Juga: 6 Distributor Baju Import Terbesar Tangan Pertama

Berguna bagi influencer untuk membantu mereka memahami nilai yang mereka tawarkan kepada brand dan agensi. Dengan memiliki rate card, influencer dapat memastikan bahwa mereka menerima gaji yang adil dan sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Ini juga membantu agensi dan brand untuk memastikan bahwa mereka memahami apa yang mereka dapatkan dari influencer dan menetapkan anggaran yang sesuai.

Dapat diterima atau ditolak oleh brand dan agensi. Namun, jika mereka menerima rate card yang diterima oleh influencer, maka hal ini menunjukkan bahwa mereka setuju dengan tarif yang ditentukan dan siap untuk membayar jumlah tersebut.

Banyaknya influencer yang ada di pasaran, memiliki rate card yang jelas dan sesuai membantu mereka membedakan diri dan menonjolkan keunggulan mereka di antara influencer lain. Rate card juga membantu memastikan bahwa mereka tidak memotong harga diri dan tidak membiarkan brand dan agensi membayar mereka dengan tarif yang rendah.

Namun, rate card yang diterima oleh influencer tidak selalu menjamin bahwa mereka akan menerima kampanye atau proyek iklan. Banyak faktor lain yang mempengaruhi penerimaan seperti relevansi niche, jangkauan audiens, dan kualitas konten yang mereka buat.

Secara keseluruhan, rate card adalah alat yang berguna bagi influencer untuk memastikan bahwa mereka memahami nilai yang mereka tawarkan dan menerima gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan.

Fungsi penting rate card bagi para influencer

Fungsi penting rate card bagi para influencer
Fungsi penting rate card bagi para influencer

Tentu saja kehadiran rate card memberikan banyak fungsi penting bagi para influencer. Bahkan, fungsi yang didapatkan memberikan keuntungan secara ekonomis. Cobalah untuk mempertimbangkan fungsional yang sangat efektif penggunaan ini. Berikut ini ada beberapa fungsi yang bisa dipertimbangkan bagi para influencer populer seperti:

  • Menentukan harga jual

Membantu influencer dalam menentukan harga jual layanannya secara jelas dan transparan. Ini memudahkan brand atau perusahaan dalam memahami biaya yang harus dikeluarkan untuk memasarkan produk mereka melalui jasa influencer. Beberapa influencer akan menyesuaikan harga jual dengan jumlah followers hingga rincian impressi dari setiap konten. Tentu saja semakin besar pengaruh influencer terhadap followers maka akan memiliki kemudahan dalam menentukan harga jual yang lebih tinggi lagi.

  • Menyediakan informasi harga yang konsisten

Memastikan bahwa harga yang dikenakan untuk layanan yang sama tetap konsisten, tidak ada diskriminasi harga terhadap brand atau perusahaan yang berbeda. Ini menjadi bukti bahwa influencer juga menerapkan skema profesional. Bahkan, dalam perhitungan harga juga menjadi bagian penting untuk mempertimbangkan kualitas konten hingga value influencer itu sendiri. Pastikan perhitungan harga juga melibatkan beberapa elemen penting.

  • Mempermudah negosiasi harga

Membuat proses negosiasi harga menjadi lebih mudah, karena brand atau perusahaan dapat memahami tarif yang ditawarkan dan membandingkannya dengan tarif yang diterima oleh influencer lain. Rate yang tercantum dalam card itu juga bisa dijadikan sebagai batas atas dari penawaran. Beberapa brand maupun KOL manager selalu melakukan negosiasi terhadap kerja sama. Bila terdapat kerja sama yang dianggap sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak maka influencer juga bisa mempertimbangkannya dengan baik.

  • Memperkuat profesionalisme

Menyediakan rate card memperkuat profesionalisme influencer dan membantu membangun citra mereka sebagai pemasar produk yang serius dan terpercaya. Ini juga bisa menjadi elemen penting untuk meningkatkan value. Apalagi saat ini banyak brand besar dan populer di Indonesia sudah mulai menggunakan banyak influencer untuk melakukan campaign maupun promosi produk. Semakin profesional influencer maka akan membuat value semakin bertambah.

Panduan lengkap membuat rate card influencer

Panduan lengkap membuat rate card influencer
Panduan lengkap membuat rate card influencer

Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan influencer untuk membuat rate card. Apalagi dalam rincian itu juga tercantum harga dari setiap pilihan skema kerja sama. Perlu diingat semakin efisien rincian kerja sama dari rate card maka akan memberikan dampak jangka panjang bagi peluang bisnis jasa influencer. Ini yang membuat para influencer harus menerapkan metode yang tepat. Berikut ini panduan lengkap membuat rate card influencer seperti:

  • Tentukan tujuan dan target pasar

    Hitung biaya produksi
    Hitung biaya produksi

Sebelum membuat ratecard, pertimbangkan tujuan dan target pasar dari kampanye influencer marketing Anda. Ini akan membantu Anda menentukan berapa banyak Anda bersedia membayar influencer dan bagaimana menentukan rate yang sesuai.

  • Cari tahu tingkat pengaruh influencer

Ini adalah langkah penting dalam membuat ratecard, karena tingkat pengaruh influencer akan menentukan berapa banyak Anda akan membayar mereka. Anda dapat menggunakan alat seperti HypeAuditor atau SocialBlade untuk menilai tingkat pengaruh influencer.

  • Tentukan jenis konten

Jenis konten yang akan dibuat oleh influencer juga akan mempengaruhi ratecard. Misalnya, konten video akan membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha dibandingkan dengan konten gambar, sehingga rate untuk video akan lebih tinggi.

  • Hitung biaya produksi

Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk membuat konten. Ini termasuk biaya alat produksi seperti kamera atau peralatan editing. Tentukan biaya ini dan masukkan dalam ratecard.

  • Tentukan rate influencer

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor di atas, tentukan rate influencer yang sesuai. Ingatlah bahwa rate influencer dapat berbeda untuk setiap influencer, tergantung pada tingkat pengaruh mereka, jenis konten, dan biaya produksi.

  • Sertakan syarat dan ketentuan

Sebelum menandatangani kontrak dengan influencer, pastikan untuk menyertakan syarat dan ketentuan dalam ratecard. Ini termasuk jangka waktu kampanye, tanggung jawab kedua belah pihak, dan proses pembayaran.

  • Revisi dan update secara berkala

Setelah membuat ratecard, pastikan untuk memantau dan memperbarui secara berkala. Ini akan memastikan bahwa ratecard Anda tetap relevan dan mencerminkan perubahan pasar atau industri.

Akhir Kata

Bisnis Rate Card
Bisnis Rate Card

Rate Card adalah sebuah dokumen yang menjelaskan tarif atau harga yang ditetapkan oleh seorang influencer untuk setiap kampanye atau proyek iklan yang mereka terima.

Dalam rate card, biasanya tercantum informasi seperti jenis konten yang akan dibuat oleh influencer, platform media sosial yang akan digunakan, jangkauan atau alur penayangan konten, dan jangka waktu konten akan ditampilkan.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay