3 Cara Menjadi Agen Shopee dan Keuntungannya

Soni Aman

Informasi seputar cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya, belakangan ini banyak diburu oleh kalangan masyarakat yang ingin menambah penghasilan tambahan di era serba digital seperti sekarang ini.

Pasalnya, salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini tidak hanya menjadi tempat berjualan produk saja, namun juga bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Penasaran kira-kira seperti apa tips menjadi agen Shopee dan apa saja keuntungan di dalamnya, cari tahu jawaban selengkapnya di artikel berikut.

Cara Menjadi Agen Shopee dan Keuntungannya

Cara Menjadi Agen Shopee dan Keuntungannya
Cara Menjadi Agen Shopee dan Keuntungannya

Melihat tingginya kebiasaan masyarakat dalam berbelanja online, menjadikan bisnis jasa pengiriman barang semakin hari terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Oleh karena itulah, tidak heran jika saat ini muncul ide bisnis baru menjanjikan bernama agen Shopee, sehingga banyak orang ingin tahu mengenai tata cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya.

Sebelum kita mengetahui cara menjadi agen Shopee, ada baiknya bagi Anda di rumah untuk mengetahui informasi seputar apa itu agen Shopee. Istilah agen Shopee sendiri, umumnya dikatakan sebagai suatu jenis layanan pengiriman barang, yang mana pembeli dapat mengambil paketnya sendiri secara langsung di agen Shopee terdekat.

Apabila Anda sudah paham mengenai cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya serta bergabung dengan Shopee, maka Anda akan bertugas sebagai perantara penerimaan paket / barang dengan pengambilan paket / barang pelanggan.

Dalam hal ini, agen Shopee biasanya akan melakukan pengelolaan dua layanan yang memang telah disediakan oleh pihak Shopee dari mulai layanan drop off paket (khusus untuk penjual) dan layanan untuk ambil sendiri (khusus untuk pembeli).

Berkaitan dengan cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya, Anda sendiri pastinya penasaran bukan mengenai apa saja keuntungan bergabung menjadi agen Shopee tersebut? Meski demikian, tidak menutup kemungkinan menjadi agen Shopee juga memiliki kerugian yang mau tidak mau harus dipertimbangkan dengan baik.

Maka dari itulah sebelum Anda bergabung menjadi agen Shopee, sebaiknya kenali dulu beberapa keuntungan dan kerugian yang ditawarkan di tabel penjelasan di bawah ini.

Keuntungan Menjadi Agen Shopee Kerugian Menjadi Agen Shopee
Menawarkan komisi agen Shopee yang lumayan besar, sehingga bisa menambah penghasilan utama seseorang. Harus siap menanggung kehilangan paket / barang dari pelanggan.
Memiliki sistem pengiriman paket yang sudah terintegrasi dengan pihak Shopee. Perlu menyiapkan uang kembalian, khususnya jika paket menawarkan layanan COD (Cash On Delivery).
Memiliki layanan customer service yang fast respon, sehingga dapat mengatasi semua masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari. Agen Shopee harus stand by menunggu paket yang perlu diantarkan ke pelanggan.
Proses pendaftaran menjadi agen Shopee sangat mudah dan anti ribet. Perlu menyediakan tempat / gudang yang aman untuk penyimpanan paket / barang.
Berpeluang mendapatkan banyak keuntungan, dikarenakan jumlah paket akan terus mengalami peningkatan.
Cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya tidak memerlukan biaya apapun alias gratis.

Terlepas dari keuntungan dan kerugian yang sudah dijelaskan mengenai cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya di atas, Anda perlu tahu bahwa tidak semua pembeli atau penjual yang memiliki akun Shopee bisa menjadi agen.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa syarat dan ketentuan khusus yang perlu dipenuhi untuk menjadi agen Shopee. Adapun beberapa syarat dan ketentuan menjadi agen Shopee di antaranya sebagai berikut.

  • Merupakan pengguna terpilih yang sudah dihubungi secara langsung oleh pihak Shopee.
  • Calon agen Shopee diharuskan memiliki perangkat desktop, printer dan koneksi jaringan internet yang stabil untuk mendukung berjalannya kegiatan operasional.
  • Lokasi drop off paket diharuskan mudah diakses oleh kendaraan roda dua.
  • Wajib menyediakan ruangan khusus untuk tempat penyimpanan paket dengan luas minimal 3 x 4 meter.
  • Harus bersedia untuk memasang banner Agen Shopee di outlet
  • Melampirkan foto buku tabungan / mobile banking yang dimiliki.
  • Melampirkan foto outlet tampak depan.
  • Melampirkan foto jalanan di depan
  • Melampirkan foto kartu identitas diri yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Melampirkan foto selfie bersama dengan identitas diri berupa KTP.

Apabila semua syarat dan ketentuan mengenai cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya di atas sudah dipenuhi, maka Anda tinggal mengikuti beberapa tips mudah untuk menjadi agen Shopee tersebut.

Disini, pastikan Anda mengikuti semua alur pendaftaran agen Shopee dengan baik dan benar, sehingga tidak ada kesalahan sedikitnya. Adapun beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan dalam proses pendaftaran menjadi agen Shopee, bisa Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 8 Rekomendasi dan Harga Mesin Cuci 2 Tabung yang Bagus dan Awet

1. Melakukan Proses Pendaftaran

Melakukan Proses Pendaftaran
Melakukan Proses Pendaftaran

Tips cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya yang perlu Anda lakukan pertama, yakni dengan melakukan proses pendaftaran agen Shopee itu sendiri. Dalam hal ini, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi dan mengajukan formulir yang sudah disediakan.

Biasanya, bentuk formulir pendaftaran agen Shopee yang perlu diisikan berupa nama lengkap, nomor KTP, nomor ponsel yang terhubung dengan WhatsApp, alamat email yang aktif, alamat lokasi drop off paket, foto tampak depan lokasi dan foto jalanan.

Atau jika Anda mungkin baru pertama kali akan melakukan tata cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya, maka perlu mengecek semua proses pendaftaran dan dokumen yang harus disiapkan lewat website resmi Shopee.

Meski demikian, sebenarnya proses pendaftaran menjadi agen Shopee terbilang cukup mudah dilakukan, yang mana bisa Anda lihat tata caranya di bawah ini.

  • Tips pertama mendaftarkan diri menjadi agen Shopee, yakni silahkan Anda mengisikan formulir pendaftaran yang sebelumnya sudah disiapkan oleh pihak Shopee.
  • Setelah semua formulir pendaftaran diisikan dengan benar dan valid, Anda hanya perlu mengirim formulir dan dokumen lain yang diperlukan kepada pihak Shopee.
  • Jika sudah, Anda cukup menunggu proses verifikasi dari pihak Shopee mengenai formulir dan dokumen yang sudah Anda kirimkan sebelumnya.
  • Pihak Shopee, nantinya akan mengonfirmasi kelayakan dalam waktu kurang lebih selama 3 x 24 jam di hari kerja.
  • Apabila proses tersebut sudah berhasil dikonfirmasi pihak Shopee, maka calon agen Shopee akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian kerja sama, yakni antara pihak Shopee dan pemilik agen Shopee tersebut.
  • Terakhir, proses pendaftaran agen Shopee selesai dan pemilik agen Shopee bisa memulai untuk melakukan sesi pelatihan.

2. Mengikuti Semua Pelatihan yang Disediakan

Mengikuti Semua Pelatihan yang Disediakan
Mengikuti Semua Pelatihan yang Disediakan

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, bahwa jika proses pendaftaran cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya sudah selesai, maka agen Shopee akan mengikuti yang namanya proses pelatihan.

Yang mana, pelatihan yang disediakan pihak Shopee ini biasanya akan dimulai beberapa hari setelah proses tanda tangan surat perjanjian kerja sama oleh kedua belah pihak selesai dilakukan.

Dalam hal ini, pihak agen Shopee biasanya akan dihubungi kembali oleh pihak Shopee untuk melakukan sesi pelatihan. Oleh sebab itulah, disini penting bagi para pemilik agen Shopee untuk memahami dengan baik mengenai tugas yang akan dilakukan nantinya.

Dimana berkaitan dengan hal tersebut, pihak agen Shopee diharuskan untuk mengetahui dan memahami proses kerja secara online dan teknis menerima barang di dalamnya. Adapun yang perlu Anda ketahui disini adalah, bahwa pemilik agen Shopee nantinya tidak akan langsung menerima barang milik konsumen selama masih melakukan pelatihan.

Di samping itu, pihak tim Shopee juga nantinya akan memberikan berbagai perlengkapan kepada pemilik agen Shopee, salah satunya mengenai banner agen yang diwajibkan untuk dipasang di outlet miliknya.

Dan sebagai informasi tambahan untuk Anda, bahwa proses pelatihan yang dilakukan ini semuanya akan dilakukan secara online. Terlebih lagi, semua teknis kerja agen juga nantinya akan langsung dipraktikkan sendiri lewat pelatihan tersebut, sehingga pemilik agen Shopee dapat bekerja tanpa mengalami kendala.

3. Mulai Beroperasi Sebagai Agen Shopee

Mulai Beroperasi Sebagai Agen Shopee
Mulai Beroperasi Sebagai Agen Shopee

Jika proses pelatihan cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya yang dilakukan berjalan dengan baik dan pemilik agen tidak mengalami kesulitan lagi, maka selanjutnya pemilik agen Shopee dapat langsung beroperasi untuk melakukan kegiatan operasionalnya.

Yang mana dalam hal ini, kegiatan operasional akan dimulai dengan pengiriman paket pembeli Shopee yang memang lokasinya berada di sekitar wilayah agen tersebut. Sehingga, pembeli nantinya hanya perlu menjemput paket secara langsung ke pihak agen Shopee tersebut.

Walaupun kegiatan operasional cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya di atas kelihatannya mudah dilakukan, akan tetapi pemilik agen Shopee juga umumnya memiliki alur kerja secara mandiri.

Dimana berkaitan dengan hal tersebut, biasanya ada beberapa hal yang memang harus dikonfirmasi dalam aplikasi Shopee terlebih dahulu, agar nantinya tidak ada permasalahan mengenai paket barang yang diterima salah kirim. Bukan hanya itu saja, pemilik paket juga biasanya memiliki akses secara khusus dan pemberitahuan mengenai paket yang dipesannya.

Bagi Anda yang masih awam dan baru pertama kali mendaftar menjadi agen Shopee, tentunya masih bingung mengenai proses kerja agen Shopee tersebut, bukan? Maka dari itulah, di bawah ini akan kita jelaskan sedikit mengenai alur proses kerja agen Shopee yang harus Anda ketahui dan pahami sebelum memulai bergabung menjadi agen Shopee.

  • Pihak pembeli nantinya akan memilih agen sebagai lokasi penerimaan paket / barang, sehingga akan memilih lokasi agen terdekat dengan alamat tempat tinggalnya.
  • Pihak pembeli akan melakukan proses checkout dan membayar barang yang dikirim sebagai paket tersebut.
  • Paket / barang akan langsung dikirimkan ke lokasi tujuan.
  • Pihak kurir, nantinya akan mengirimkan paket ke agen yang sudah dipilih oleh pihak Shopee.
  • Pihak agen akan menerima paket yang dikirimkan dan melakukan konfirmasi di akun Shopee miliknya.
  • Pihak pembeli / pemilik paket akan menerima notifikasi pemberitahuan di akun Shopee dan memperoleh PIN.
  • Terhitung sejak hari pertama hingga hari keempat paket diterima agen Shopee, maka pembeli akan memperoleh notifikasi pemberitahuan untuk mengambil paket miliknya.
  • Paket / barang tersebut, kemudian akan disimpan oleh pihak agen Shopee selama 5 hari. Dan jika lebih dari 5 hari paket tidak segera diambil, maka agen Shopee akan mengembalikan paket / barang tersebut ke pihak penjual.
  • Apabila paket / barang sudah diambil pembeli, maka pihak agen Shopee nantinya akan memperoleh komisi dari paket tersebut.
Cara Menjadi Agen Shopee dan Keuntungannya
Cara Menjadi Agen Shopee dan Keuntungannya

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap yang perlu Anda simak baik-baik seputar tata cara menjadi agen Shopee dan keuntungannya. Sebelum benar – benar bergabung menjadi agen Shopee, pastikan Anda sudah mempertimbangkan banyak hal di dalamnya, termasuk mengenai kerugian yang ditawarkan di dalamnya.

Related Post

Tinggalkan komentar