8 Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh Wajib Diwaspadai!

Iusnar Sinaga

Penting untuk mengetahui efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mengkomsumsinya sebagai minuman kesehatan.

Minuman dari rebusan jahe, kunyit dan sereh telah lama diakui sebagai salah satu minuman herbal yang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Beberapa orang bahkan menjadikan minuman ini sebagai obat alami yang dikomsumsi dalam waktu yang tergolong sering.

Namun, apakah anda pernah terpikir dengan efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh? Nah, dalam artikel ini kami akan mengulas tentang sejumlah efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh yang perlu kamu waspadai.

Manfaat Minum Rebusan Jahe, Kunyit dan Sereh

Sebelum membahas lebih lanjut tentang efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh, kami akan menunjukkan terlebih dahulu sejumlah manfaat yang akan didapatkan dari mengomsumsi minuman herbal ini. Rebusan jahe, kunyit dan sereh memiliki beberapa potensi manfaat kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat Minum Rebusan Jahe, Kunyit dan Sereh
Manfaat Minum Rebusan Jahe, Kunyit dan Sereh
  • Menyeimbangkan kadar gula darah

Manfaat yang pertama adalah menyeimbangkan kadar gula darah. Masing-masing ketiga bahan yang digunakan dalam minuman herbal ini, memiliki efek positif pada kadar gula darah dan resistensi insulin. Seperti pada jahe, mengandung gingero, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan penurunan kadar gula darah. Demikian juga dengan kunyit, mengandung kurkumin yaitu senyawa aktif sebagai potensi regulator gula darah.

  • Mengatasi masalah keputihan

Selain karena perubahan hormon, keputihan pada wanita, terutama jika dalam jumlah banyak bisa menjadi tanda berbagai masalah kesehatan kewanitaan. Minuman dari rebusan jahe, kunyit dan sereh bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi masalah keputihan.

Dalam jahe terdapat senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan. Demikian juga dalam kunyit, terdapat antiseptik yang dapat membantu melawan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi hingga keputihan. Dan juga dalam sereh, memiliki senyawa yang efektif dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat keputihan.

  • Mencegah penyakit ganas seperti kanker dan tumor

Rebusan jahe, kunyit dan sereh mengandung senyawa-senyawa yang berpotensi untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya dan mematikan seperti kanker dan tumor. Mengomsumsi minuman herbal ini secara rutin, namun tidak melebihi dosis yang disarankan dapat mencegah atau mengobat penyakit kanker, tumor, dan berbagai penyakit lainnya.

  • Meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh

Ketiga bahan (jahe, kunyit dan sereh) mengandung senyawa-senyawa yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Minuman herbal ini dapat membantu melawan infeksi dan penyakit dengan merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh.

  • Obat flu, demam dan batuk

Anda tentu mengetahui bahwa jahe sering digunakan sebagai obat alami ketika sedang mengalami penyakit seperti flu, demam dan batuk. Mengomsumsi minuman herbal dari rebusan jahe yang ditambahkan kunyit dan juga sereh dapat meringankan dan menyembuhkan gejala flu dan batuk yang dialami.

  • Sebagai Anti Mikroba

Salah satu bahan dari minuman herbal ini yaitu sereh, memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dan jamur. Apalagi jika dikombinasikan dengan jahe dan kunyit, maka akan menciptakan minuman yang dapat membantu menjaga kebersihan sistem pencernaan.

  • Solusi untuk perut kembung

Kombinasi bahan alami jahe, kunyit dan sereh memiliki senyawa yang efektif dapat membuang gas dalam perut. Oleh karena itu, mengkomsumsi minuman ini sangat bagus untuk mengatasi masalah perut kembung. Namun perlu diingat, agar tetap memperhatikan porsi yang dianjurkan.

  • Memelihara kesehatan jantung dan persendian

Senyawa-senyawa antiinflamasi pada jahe dan kunyit, dapat mengurangi peradangan pada sendi dan membantu menurunkan risiko peradangan dalam pembuluh darah, yang dapat berkontribusi pada kesehatan jantung.

Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit, dan Sereh

Setelah memahami beberapa manfaat dari rebusan jahe, kunyit dan sereh, selanjutnya kami akan menjelaskan sejumlah efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mengkomsumsi minuman herbal ini.

Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh
Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh

Nah langsung saja diperhatikan, berikut ini kami tampilkan sejumlah efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh:

  • Efek pendarahan

Efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh yang pertama adalah timbulnya efek pendarahan. Perlu diketahui bahwa jahe memiliki efek pengencer darah. Oleh karena itu, mengomsumsi jahe dalam jumlah banyak bisa memicu timbulnya masalah pendarahan, terlebih lagi jika anda sedang dalam proses mengomsumsi obat pengencer darah.

  • Reaksi pada pencernaan

Pada sebagian orang yang mencoba minuman herbal rebusan jahe, kunyit, dan sereh mengalami masalah pencernaan seperti kembung, diare, mulas, dan sebagainya. Namun, kondisi ini biasanya terjadi bila dosisnya telah melampui yang seharusnya. Itulah pentingnya untuk mengomsumsi segala sesuatu, termasuk minuman herbal sesuai dengan yang anjurkan.

  • Memicu timbulnya alergi

Selanjutnya, ada juga efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh yakni memicu timbulnya alergi. Beberapa orang ada juga yang mengeluh akan adanya timbul reaksi alergi setelah minuman herbal dari rebusan jahe, kunyit dan sereh ini. Alergi yang timbul seperti ruam kulit, gatal, bengkak dan beberapa orang bahkan ada yang mengalami sesak napas.

  • Menyebabkan iritasi lambung

Perlu diketahui bahwa jahe dapat meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit yang berkaitan dengan masalah lambung perlu berhati-hati atau berkonsultasilah terlebih dahulu dengan medis. Hindari mengomsumsi terlalu banyak minuman herbal (rebusan jahe, kunyit dan sereh) ini, karena bisa memperparah kondisi atau meningkatkan gejala.

  • Keinginan untuk buang air kecil lebih sering

Sereh memiliki sifat sebagai diuretik alami. Diuretik merupakan obat atau makanan yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urine. Oleh karena itu, mengomsumsi minuman herbal yang menggunakan bahan sereh akan memicu lebih sering buang air kecil.

  • Peningkatan detak jantung

Selain menyebabkan buang air kecil menjadi lebih sering, sereh juga dapat mempengaruhi detak jantung. Maka dari itu, jika anda memiliki masalah kesehatan jantung atau pun tekanan darah tinggi, sebelum mengomsumsi minuman dari rebusan kunyit, jahe dan sereh, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  • Mengganggu fungsi ginjal

Efek samping minum rebusan jahe, kunyit, dan sereh yang terakhir adalah dapat mengganggu fungsi ginjal. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang dimiliki oleh kunyit. Mengomsumsi kunyit dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal, terutama untuk orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal.

Cara Membuat Rebusan Jahe, Kunyit, dan Sereh

Cara Membuat Rebusan Jahe, Kunyit, dan Sereh
Sumber: 2.tstatic.net

Selain memberikan kamu wawasan tentang efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh, dalam artikel ini kami juga akan menunjukkan bagaimana cara membuat rebusan jahe, kunyit dan sereh. Jika kamu ingin membuat ramuan minuman herbal ini, maka kamu dapat memperhatikan beberapa bahan dan cara pembuatannya dibawah ini:

Bahan:

  • 3 cm jahe (kupas dan iris tipis)
  • 2 cm kunyit, (kupas dan iris tipis)
  • 2 batang sereh (Memarkan bagian yang putih, lalu iris tipis)
  • 5-6 gelas air
  • Madu dan gula secukupnya (Opsional)

Langkah-langkah:

  1. Siapkan bahan: jahe, kunyi dan sereh yang telah diiris tipis
  2. Masukkan air ke dalam panci (Sesuaikan dengan berapa banyak rebusan yang ingin dibuat)
  3. Masukkan semua bahan (jahe, kunyit dan sereh) ke dalam panci
  4. Rebuslah campuran jahe, kunyit dan sereh dengan menggunakan api kecil. Biarkan hingga mendidih lama (kira-kira 15-20 menit)
  5. Saring kemudian rebusan untuk memisahkan air dengan ampas jahe, kunyit dan sereh tersebut
  6. Masukkan cairan yang telah disaring kedalam sebuah gelas
  7. Tambahkan pemanis rasa dengan menggunakan madu atau gula sesuai selera
  8. Minuman herbal siap disajikan. Nikmatilah selagi hangat, agar sensasi perpaduan jahe, kunyit dan serehnya lebih terasa

Note: Bahan-bahan yang disebutkan diatas dapat ditambahi ataupun sebaliknya, sesuai dengan seberapa banyak rebusan yang ingin anda buat

Sebaiknya, berapa kali minum rebusan jahe, kunyit dan sereh dalam seminggu?

Sebaiknya, berapa kali minum rebusan jahe, kunyit dan sereh dalam seminggu
Sumber:2.tstatic.net

Mempertimbangkan sejumlah efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh, penting bagi anda mengetahui informasi tentang “berapa kali sebaiknya minum rebusan jahe, kunyit dan sereh dalam seminggu” . Nah, untuk mendapatkan manfaat tanpa risiko efek samping yang signifikan, maka sebaiknya komsumsilah minuman herbal dari rebusan jaeh, kunyit dan sereh sekitar 2-3 kali dalam seminggu.

Penutup

Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh
Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit Dan Sereh

Minuman herbal dari rebusan jahe, kunyit dan sereh memang telah menghadirkan paduan rasa yang khas dan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, seperti halnya dengan banyak obat alami, perlu diperhatikan bahwa komsumsi berlebihan tanpa pertimbangan dapat menimbulkan beberapa efek samping yang perlu diwaspadai.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui efek samping minum rebusan jahe, kunyit dan sereh sebagai langkah bijaksana sebelum mengintegrasikan minuman herbal ini secara rutin. Untuk menghindari kemungkinan adanya gejala yang ditimbulkan dari minuman dari rebusan jahe, kunyit dan sereh, maka sebaiknya komsumsilah sewajar dan secukupnya saja!

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay