Ketahui 6 Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Sunlight dengan Mudah

Iusnar Sinaga

Anda sedang mencari tau bagaimana cara mengatasi WC mampet dengan sunlight? Jika iya, maka tepat sekali anda berada dalam bacaan ini, karena di postingan kali ini, Mocipay akan membahas dan menampilkan informasi terlengkap terkait dengan cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight.

WC mampet bisa menjadi salah satu cara yang sangat menyebalkan dan lumayan menguras pikiran. Namun, anda tidak perlu khawatir! Karena ada beberapa cara mengatasi WC tanpa harus memanggil jasa sedot WC, seperti salah satunya yaitu dengan menggunakan Sunlight.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight? Untuk menemukan jawabannya, ikuti penjelasan kami dalam artikel ini!

Penyebab WC Mampet

Penyebab WC Mampet
Penyebab WC Mampet

Mengetahui apa saja penyebab WC mampet terlebih dahulu merupakan langkah yang perlu kamu lakukan sebelum mencari tau tentang cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight. Oleh karena itu, berikut ini akan kami mulai penjelasan kami, pertama dari menampilkan sejumlah penyebab WC mampet.

Beberapa penyebab WC mampet, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan WC sebagai tempat pembuangan sampah

Penyebab pertama yang paling sering membuat WC mampet adalah karena WC yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, seperti sampah sisa-sisa makanan, sampah pembalut, plastik dan berbagai sampah lainnya. Membuang sampah secara terus menerus kedalam WC, dapat menyebabkan penumpukan sampah hingga akhirnya tersumbat.

  • Penggunaan tisu toilet berlebihan

Penggunaan tisu toilet secara berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran pembuangan karena sifatnya yang tidak mudah larut. Oleh karena itu, hindarilah memasukkan tisu ke dalam WC dalam jumlah yang banyak sekaligus. Dan sebaiknya, buanglah dalam beberapa kali agar bisa dengan lebih mudah dilarutkan dan berjalan lancar di saluran pembuangan.

  • Memasukkan benda asing ke dalam lubang toilet

Penyebab berikutnya yang membuat WC mampet adalah karena memasukkan benda asing ke dalam lubang toilet, seperti mainan anak-anak, batu, kain atau benda asing lainnya. Kasus ini kerap terjadi terutama di rumah yang terdapat anak-anak.

  • Penyumbatan akibat kotoran dan kerak

Kotoran dan kerak yang mendempul juga dapat menyebabkan WC mampet. Balik lagi ke penyebab sebelumnya yang telah kami sebutkan, adanya penumpukan kotoran dan kerak ini pada dasarnya disebabkan oleh kebiasaan yang menggunakan WC sebagai tempat pembuang sampah-sapah seperti sampah dari sisa-sisa makanan.

  • Struktur pemasangan pipa yang tidak tepat

Selanjutnya, yang membuat WC mampet bisa juga disebabkan oleh stuktur pemasangan pipa yang tidak tepat. Pipa saluran pembuangan yang tidak memiliki kemiringan yang cukup atau desain pemasangan yang buruk dapat menyebabkan pembentukan penumpukan dan penyumbatan karena jalannya saluran yang tidak bagus.

  • Membuang rambut ke dalam WC

Kamu mungkin sering membuang helaian rambut yang rontok saat keramas ke dalam WC. Rambut-rambut tersebut dapat melilit sehingga terjadi penumpukan dan menyebabkan adanya lendir kotoran, hingga lama kelamaan akan menghambat saluran pipa pembuangan.

  • Kerusakan pada sistem pembuangan

Terakhir, penyebabkan WC mampet dapat disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem pembuangan. Kerusakan pada sistem pembuangan yang dimaksud disini adalah seperti adanya retakan atau pecah pada pipa yang dapat menyebabkan penyumbatan.

Apakah Sunlight bisa Mengatasi WC Mampet?

Sebelum lanjut menampilkan langkah-langkah dalam cara mengatasi WC mampet dengan sunlight, kamu tentunya perlu memastikan terlebih dahulu apakah benar Sunlight bisa mengatasi WC mampet?

Nah, menjadi sebuah kabar gembira untuk kamu yang sedang mengalami masalah dengan WC yang mampet bahwa, dengan hanya bermodalkan sunlight saja, kamu bisa dengan mudah mengatasi kondisi WC kamu yang mampet.

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Sunlight

Setelah memastikan bahwa Sunlight dapat mengatasi WC mampet, selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah dalam cara mengatasi WC mampet dengan sunlight. Nah, langsung saja perhatikan penjelasan kami dibawah ini:

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Sunlight
Cara Mengatasi WC Mampet dengan Sunlight

Cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight:

  1. Terlebih dahulu, siapkanlah bahan yang diperlukan yaitu: Sunlight (1 bungkus yang ukuran 100 ml, dan air panas secukupnya)
  2. Tuangkan Sunlight ke dalam toilet yang mampet
  3. Biarkan Sunlight bekerja dalam beberapa menit. Sunlight ini akan membantu melonggarkan dan memecahkan penumpukan kotoran penyebab WC mampet
  4. Lalu tuanglah air panas, yang berfungsi untuk melunakkan kotoran yang diendapkan
  5. Biarkan sunlight dan air panas bekerja selama sekitar 15-20 menit
  6. Setelah waktunya sudah mencapai hingga 20 menit, cobalah anda cek, apakah air yang tersumbat di WC sudah berangsur berkurang.

Cara Mengatasi WC Mampet Lainnya

Jika cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight diatas tidak berhasil, jangan langsung merasa khawatir! Pada bagian ini, kami akan menampilkan juga beberapa cara atau alternatif lain untuk mengatasi WC mampet. Selain menggunakan Sunlight, terdapat beberapa cara mengatasi WC mampet, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Plunger

Plunger untuk mengatasi WC mampet
Sumber: alicdn.com

Cara mengatasi WC mampet yang pertama bisa anda coba dengan menggunakan “Plunger”. Plunger merupakan sebuah alat berupa pompa yang dirancang khusus untuk mengatasi saluran air termasuk WC yang mampet. Cara mengatasi WC mampet dengan menggunakan Plunger, dapat anda lakukan melalui beberapa langkah-langkah berikut ini:

  1. Gunakan Plunger khusus untuk WC
  2. Pastikan Plunger menutupi seluruh permukaan lubang toilet
  3. Lakukan gerakan pompa dengan gerakan yang kuat
  4. Dorong dan tarik plunger secara cepat hingga beberapa kali
  5. Tekanan yang dihasilkan dapat membantu membersihkan penyumbatan.
  • Gunakan campuran deterjen dan air panas

Cara kedua untuk mengatasi WC mampet dapat juga dengan menggunakan campuran deterjen dan air panas. Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight. Namun, agar lebih jelas dipahami, berikut kami tampilkan langkah-langkahnya:

  1. Ambil beberapa sendok deterjer cair
  2. Masukkan kedalam lubang toilet yang mampet
  3. Biarkan dalam beberapa menit
  4. Masukkanlah kemudian air panas secukupnya
  5. Lalu biarkan selama 15 hingga 20 menit
  6. Selesai, air yang tertahan dalam toilet karena mampet secara perlahan akan berangsur berkurang
  • Gunakan toilet Auger (pisau pembongkaran saluran WC)

Cara Mengatasi WC Mampet dengan toilet auger
Sumber: whiterosetools.com

Toilet auger atau pisau pembongkar saluran WC merupakan sebuah alat yang dirancang khusus untuk membersihkan penyumbatan yang lebih dalam. Cara penggunaannya cukup simpel, yakni: Pertama, masukkan pisau pembongkaran ke dalam lubang WC dan putar secara perlahan-lahan. Lalu tarik kembali untuk mengangkat dan memecahkan penyumbatan.

  • Menggunakan kombinasi baking soda dan cuka

Taukah kamu bahwa ternyata kombinasi antara baking soda dan cuka juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah WC yang mampet. Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkahnya berikut ini:

  1. campurkan setengah cangkir baking soda dengan setengah cangkir juga cuka
  2. Tuangkan campuran tersebut ke dalam lubang WC dan biarkan selama beberapa menit
  3. Lalu tambahkan juga air panas secukupnya
  4. Biarkan selama sekitar 15 hingga 20 menitan
  5. Maka penyumbatan akan terbuka dan WC mampet sudah bisa diatasi!
  • Memanggil jasa sedot WC

Jika semua langkah diatas tidak berhasil mengatasi masalah pada WC anda yang mampet, maka langkah terakhir yang dapat kami sarankan yaitu dengan memanggil jasa sedot WC atau tukang ledeng (ahli pipa) untuk mengecek apakah masalah WC mampet disebabkan karena adanya masalah kerusakan pada pipa saluran WC . Anda bisa menemukan dan menghubungi jasa sedot WC dan tukang ledeng terdekat dari lokasi anda dengan menggunakan mesin telusur Google.

Cara Mengantisipasi WC Mampet

Selain menampilkan cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight, dalam artikel ini kami juga akan menampilkan beberapa cara untuk mengantisipasi WC mampet. Ada beberapa cara mengantisi WC mampet yang perlu kamu ketahui agar dapat terhindar dari masalah seperti WC yang mampet. Sejumlah cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Jangan membuang sampah ke dalam lubang WC, termasuk sampah sisa makanan, sampah pembalut, plastik atau sampah lainnya yang tidak dapat dilarutkan
  2. Jangan membuang benda-benda asing ke dalam WC seperti mainan anak-anak, batu-batuan, ataupun benda asing lainnya yang berpotensi dapat menyebabkan penyumbatan
  3. Hindari membuang tisu ke dalam WC, dalam jumlah berlebihan sekaligus
  4. Jangan membuang rambut ke dalam WC
  5. Rajin membersihkan WC. Gunakan brush dan alat pembersih WC untuk hasil yang lebih maksimal
  6. Gunakan struktur pemasangan pipa saluran WC yang tepat

Akhir Kata

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Sunlight
Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Sunlight

Mengetahui bagaimana cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight akan membantu anda untuk bisa dengan mudah mengatasi masalah pada WC anda yang mampet tanpa harus menggunakan jasa sedot WC yang memerlukan biaya pengeluaran yang lumayan banyak.

Terlepas dari itu, ingatlah untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu penyumbatan pada saluran pipa WC, agar anda dapat terhindar dari masalah seperti WC mampet. Cukup sekian yang dapat kami bagikan. Sekian dan terimakasih.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay