HargaRagam

Harga Anak Kambing Berdasarkan Jenisnya Di Indonesia

Harga Anak Kambing Berdasarkan Jenisnya Di Indonesia – Bagi peternak kambing yang baru pertama kali mulai masuk ke dunia peternakan, tentu saja mencari tahu Harga Anak Kambing terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk memperkirakan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh peternak tersebut.

Beternak kambing merupakan salah satu hal yang sangat menjanjikan, selain makan yang sangat mudah di dapatkan, untuk kebutuhan pangannya juga tidak terlalu besar. Meskipun beberapa anak kambing memiliki harga yang tinggi, tetapi hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi mereka yang ingin membeli terutama untuk kebutuhan kurban.

Kambing

Sumber : pixabay.com

Kambing merupakan jenis hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang memiliki ukuran badan sedang. Dalam bahasa latin, kambing disebut sebagai Capra aegagrus hircus.

Terdapat 300 jenis kambing yang yang berbeda-beda dan salah satu di antara spesies paling lama diternakan, untuk memproduksi susu, daging, bulu dan kulit. Kambing juga sudah di budidayakan oleh manusia sejak 8000 hingga 9000 tahun yang lalu.

Biasanya kambing hidup berkelompok sebanyak 5 hingga 20 ekor. Dalam pengembarannya mencari makan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua. Sementara kambing jantan menjaga keamanan kawanan.

Postingan Terkait

Jenis Kambing di Indonesia

Berikut jenis kambing di Indonesia yang paling sering di pelihara maupun di jadikan untuk kurban, yakni diantarannya sebagai berikut :

  • Kambing Etawa

Sumber : disnakkan.grobogan.go.id

Kambing etawa merupakan salaj satu jenis kambing perang yang ada di Indonesia dan banyak dipelihara. Jenis kambing ini tidak memiliki banyak daging sehingga sangat jarang diambil ketika hari raya kurban.

Untuk harga anak kambing etawa juga sangat terjangkau. Jenis kambing ini hanya untuk tipe penghasil susu, memiliki badan kurus.

Selain itu ciri khas yang dimiliki oleh kambing ini yaitu memiiki rambut yang beraga, mulai dari warna putih, hita, cokelat dan merah. Apabila di pelihara dari anakan hingga dewasa, biasanya bobot kambing etawa jantan hanya mencapai berat maksimal 65kg-91kg. Untuk kambing betina dewasa hanya mencapai 35kg-56kg.

  • Kambing Kacang

Sumber : pinhome.id

Kambing kacang merupakan jenis kambing yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Harga anak kambing kacang sangat terjangkau, hal tersebut yang menjadikan banyak masyarakat memeliharanya.

Menariknya, kambing kacang memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga sangat sulit terjangkit penyakit. Selain itu untuk perawatannya juga sangat mudah dilakukan, namun ukuran kambing kacang tidak terlalu besar.

Apabila dipelihara, biasanya bobot kambing kacang jantan hanya mencapai berat maksimal  30kg. Untuk kambing betina dewasa hanya mencapai 25kg. Memiliki ciri-ciri bulu pendek kecuali pada bagian ekor dan dagunya saja.

  • Kambing Boer

Sumber : fauna.id

Jenis kambing boer hasil kambing persilangan antara kambing kacang dan juga kambing lokal. Harga anak kambing boer sedikit lebih mahal dibandingkan anakan kambing lainnya, karena kambing boer dikenal sebagai kambing tipe daging.

Apabila dipelihara, bobot kambing boer jantan dewasa mencapai berat maksimal 100-110kg, sedangkan boer betina dewasa mencapai berat 85-95kg. Hal tersebutlah yang menjadikan kambing boer sangat sering dijadikan sebagai kurban menjelang hari raya.

Keunggulan yang dimiliki oleh kambing boer yaitu mempunyai pertumbuhan yang cepat dan reproduktivitas kambing boer sangat tinggi. Ciri khas yang dimiliki, bulu kambing boer berwarna putih, cokelat dan hitam.

  • Kambing Jawa Randu

Kambing Jawa Randu

Selain dikenal sebagai kambing jawa randu, kambing ini juga memiliki nama lain yang biasa di sebut Bilgon dan gumbolo. Kambing jawa randu sangat sering di temukan di Indonesia, kambing ini juga hasil persilangan antara kambing peranakan etawa dengan kambing kacang.

Untuk harga anak kambing jawa randu juga hampir sama dengan jenis anak kambing lainnya. Apabila kamu memiliki keinginan untuk diternak, kambing jawa randu sangat bagus dijadikan sebagai usaha.

Karena kambing jawa randu mampu menghasilkan susu sebanyak 1,5 liter per harinya. Ciri kambing ini memiliki tubuh yang kecil bahkan lebih kecil dari kambing etawa. Untuk bobot kambing jawa randu jantan dewasa mencapai berat maksimal 50kg, sedangkan jawa randu betina dewasa mencapai berat 40kg.

  • Kambing Merica

Sumber : starfarm.co.id

Jenis kambing lokal yang berasal dari Sulawesi Selatan adalah kambing merica. Kambing ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat melebihi kambing jenis kambing kacang. Fakta menarik yang dimiliki kambing merica yaitu mampu bertahan hidup hanya dengan memakan rumput-rumput yang sudang kering.

Untuk harga anak kambing merica juga sangat terjangka, untuk tingakt produktivitas nya juga sangat tinggi dan mampu beradaptasi dengan baik. Meskipun memiliki bentuk tubuh yang relatif kecing, tetapi masih ada peternak yang melestarikan jenis kambing ini.

  • Kambing Muara

Sumber : starfarm.co.id

Apabila kamu sedang mencari jenis kambing lokal kambing Muara merupakan solusi terbaik. Kambing muara juga dikenal sebagai kambing parah, karena kambing tersebut mampu menghasilkan susu yang melimpah dengan kualitas yang tidak dapat diragukan lagi.

Kambing muara sangat banyak kita ditemukan di Indonesia terutama pada Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Dominannya bobot kambing muara jantan mencapai berat 65kg, sedangkan bobot kambing muara betina mencapai berat 45kg.

Ciri khas yang dimiliki kambing muara yaitu memiliki karakter yang baik dan jinak, memiliki bulu yang bervariasi, seperti berwarna putih, cokelat, hitam dan cokelat.

  • Kambing Saanen

Sumber : pinhome.id

Selain kambing muara, kambing saenan juga cukup dikenal sebagai jenis kambing yang mampu menghasilkan susu berkualitas yang kaya akan manfaatnya. Namun perlu diperhatikan bahwa, jenis kambing saanen sangat sulit berkembing di wilayah tropis.

Hal tersebut terjadi karena jenis kambing ini sangat peka terhadap cahaya matahari. Oleh sebab itu di Indonesia, jenis kambing ini sering sekali disilagkan dengan jenis kambig lain seperti kambing etawa.

Kambing saenan juga pilihan yang tepat kamu pelihara, karena memiliki tubuh yang kekar dan tergolong ke jenis kambing yang cukup besar. Dominannya bobot kambing Saenan jantan mencapai berat 68-90kg, sedangkan bobot kambing saanen betina mencapai berat 35-62kg.

  • Kambing Kosta

Anak Kambing Kosta

Jenis kambing kosta merupakan salah satu kambing asli yang berasal dari Indoensia. Namun sangat di sayangkan jumlah populasinya sudah semakin terbatas sehingga berada diambang kepunahan.

Hal tersebut terjadi karena sulitnya mendapatkan pejantan Kosta di aerah sentra kambing tersebut. Meskipun demikian, masih ada peternak yang tetap fokus untuk melestarikan kambing jenis kosta ini.

Ciri yang paling umum dikenali dari kambing kosta yaitu memiliki motif garis sejajar pada bagian wajah, serta memiliki tanduk yang relatif pendek dan melengkung ke arah sampig.

Harga Anak Kambing Terbaru

Sudah tahukan beberapa jenis kambing yang paling banyak diternak di Indonesia? Berikut akan di ulas Harga Anak Kambing terbaru, yang di rangkum dari situs resmi olx.co.id dan gdmagri.com. Untuk memudahkan kamu mengetahui masing-masing Harga Anak Kambing terbaru.

Jenis Anak Kambing di Indonesia Harga Anak Kambing 
Jantan  Betina
Kambing Etawa Rp 1.000.000 Rp 950.000
Kambing Kacang Rp 850.000 Rp 750.000
Kambing Boer Rp 1.550.000 Rp 1.300.000
Kambing Jawa Randu Rp 800.000 Rp 700.000
Kambing Merica Rp 900.000 Rp 750.000
Kambing Muara Rp 750.000 Rp 650.000
Kambing Saanen Rp 1.200.000 Rp 1.000.000
Kambing Kosta Rp 1.100.000 Rp 950.000

Sebagai informasi tambahan terkait harga anakan kambing di atas sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung kebijakan dan penawaran harga dari masing-masing peternak. Apabila kamu ingin mengetahui lebih dalam terkait penawaran harga anak kambing, silahkan kunjungi situs resminya secara langsung.

Cara Ternak Anak Kambing

Agar anak kambing yang baru dibeli lebih besar atau gemuk, kamu harus simak tips merawat anak kambing berikut ini.

  • Memilih bibit kambing yang unggul.
  • Sesuaikan jumlah kambing dengan ukuran kadangnya.
  • Buat kandang kambing di lingkungan yang tenang agar tidak terganggu dengan keramaian.
  • Membarikan makanan yang bernutrisi.
  • Menjaga nafsu makan kambing.
  • Menjaga kebersihan kandang.
  • kandang kambing mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.
  • Mengenali penyakit kambing dan memberi minum yang cukup.

Selain itu, kenali penyakit yang di derita oleh kambing. Apakah mudah menular kepada kambing lainnya atau tidak. Apabila penyakit yang menjangkit kambing mudah menular, sebaiknya pisahkan kambing dari jangkauan kawanan lainnya agar tidak tertular.

Kemudian berikan kambing makanan hijau seperti dedaunan atau rumput yang dapat di peroleh pada lingkungan sekitarmu. Pastikan makanan yang diberikan juga bervariasi dan disukai oleh kambing.

Artikel Menarik Lainnya : 8 Jenis dan Harga Kucing Hutan di Indonesia

Kesimpulan

Harga Anak Kambing di Indonesia
Harga Anak Kambing di Indonesia

Demikian daftar harga anak kambing terbaru yang dapat Mocipay sajikan untuk kamu. Apabila terdapat kesalahan penulisan harga maupun informasi seputar jenis kambing. Silahkan tinggalkan komentar kamu di bawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat, sampai ketemu di informasi selanjutnya.

Back to top button