Kenapa Shopee Tidak Ada Gratis Ongkir Lagi? Ternyata Ini Alasannya!

Rohma Dearni

Belakangan ini banyak pengguna shopee yang mengeluhkan kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi padahal dahulu platform ini dielukan karena menawarkan voucher-voucher yang menarik.

Shopee memang dikenal sebagai platform yang gemar berbagi voucher-voucher bagi pelanggan, baik itu potongan harga, cashback dan voucher gratis ongkir.

Namun, belakangan ini pengguna shopee mengklaim bahwa voucher gratis ongkir mulai dibatasi yang menimbulkan rasa penasaran kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi? apakah kamu juga merasa demikian? jika iya, mari temukan jawaban setelah tuntas membaca artikel ini.

Apa Itu Voucher Gratis Ongkir Shopee?

Voucher merupakan salah satu promo yang biasa disediakan oleh satu marketplace untuk memotong biaya transaksi atau ongkos kirim pembelian.

Sedangkan voucher gratis ongkir shopee adalah voucher yang dapat digunakan untuk mendapatkan pengiriman barang secara gratis pada pembelian di shopee. Voucher ini biasanya diberikan oleh shopee kepada pengguna sebagai bagian dari promosi atau sebagai insentif untuk mendorong pembelian di aplikasi.

Voucher gratis ongkir shopee
Voucher gratis ongkir shopee

Dengan adanya voucher tersebut kamu tidak perlu memikirkan biaya pengiriman yang biasa di akumulasikan dengan total pesanan. Disamping menghemat biaya, kamu tidak perlu risau karna kualitas pengiriman sudah terjamin.

Nah, terkait penggunaan voucher berikut beberapa pengguna kerap kebingungan kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi, padahal semula aplikasi dikenal memiliki berbagai voucher yang menarik. Tanpa berlama-lama mari simak pernyataan berikut untuk membuktikan apakah shopee masih memberikan voucher gratis ongkir atau sebaliknya.

Kenapa Shopee Tidak Ada Gratis Ongkir Lagi?

Sobat apakah kamu setuju dengan pernyataan bahwa shopee sudah tidak ada gratis ongkir lagi? Shopee sebagai platform belanja online memang sudah memberlakukan beberapa ketetapaan dalam aktivitas jual-beli, termasuk biaya layanan yang dibebankan kepada pelanggan.

Kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi
Kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi?

Apakah program gratis ongkir shopee masih bisa digunakan atau sebaliknya? Ternyata shopee masih memberlakukan program gratis ongkir asalkan pelanggan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lantas apa saja syarat dan ketentuan gratis ongkir shopee tersebut? Pertama sekali pembeli harus berbelanja saat voucher masih tersedia, nomimal pembelian harus tercapai dan beberapa hal lainya.

Nah, jika saat ini kamu tidak dapat menggunakan layanan gratis ongkir dari shopee bisa saja karena akunmu tidak memenuhi syarat dan ketentuan berlaku, seperti yang sudah kami jabarkan.

Artikel terkait Cara Memunculkan Gratis Ongkir di Shopee

Alasan Kenapa Voucher Gratis Ongkir Tidak Bisa Digunakan

Sekarang terjawab sudah kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi yakni pelanggan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Lantas bagaimana upaya agar voucher gratis ongkir shopee mucul dan bisa digunakan kembali? simak penjelasan berikut:

  • Minimum Belanja Belum Tercapai

Pelanggan yang tidak memenuhi minimum belanja pastinya dikecualikan dari program ini. Minumum belanja untuk mendapatkan program gratis ongkir shopee biasanya adalah Rp 30.000 dalam satu kali checkout.

Penyebab gratis ongkir shopee tidak bisa digunakan
Penyebab gratis ongkir shopee tidak bisa digunakan

Seperti gambar diatas, kamu harus belanja dengan minimum Rp 30.000 untuk agar paketmu bebas biaya ongkos kirim. Disisi lain pelanggan dapat berbelanja menggunakan voucher gratis ongkir minimal belanja Rp 0. Sayangnya, voucher berikut muncul pada event tertentu baik pada hari besar dan tanggal kembar.

Jadi, jika kamu bingung dan bertanya kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi mungkin saja karena total belanja kamu tidak sesuai syarat dan ketentuan diatas.

  • Voucher Tidak Berlaku pada Barang Yang Dibeli

Voucher tersedia namun tidak bisa digunakan? mungkin produk yang kamu pilih salah. Jika kamu melihat keterangan voucher tidak berlaku, ini pertanda bahwa produk tidak dapat dibeli dengan voucher yang sudah ada sebelumnya,

Biasanya voucher ini tidak berlaku jika kamu checkout beberapa produk dari toko yang berbeda, jadi silahkan periksa keranjangmu dan checkout satu-persatu!

  • Masa Berlaku Voucher Sudah Habis

Tentu saja voucher yang sudah habis tidak akan muncul di halaman shopee, hal ini membuat pelanggan berasumsi kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi padahal waktu penggunaan voucher sudah lewat atau tidak lagi digunakan.

Seperti yang sudah disinggung bahwa program gratis ongkir shopee harus sesuai syarat dan ketentuan platform, termasuk masa aktif berikut. Misalkan kamu punya voucher gratis ongkir pada tanggal 2 april dan berlaku hingga 15 april, mengikuti ketentuan shopee bahwa voucher akan hangus pada 15 april jika tidak digunakan segera.

  • Metode Pembayaran yang Tidak Sesuai

Metode pembayaran yang tidak sesuai merupakan salah satu alasan kenapa shopee tidak dapat memuncukan voucher untuk pelanggan.

Nah, bagi kamu yang bingung kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi, ternyata metode pembayaran yang tidak sesuai bisa jadi penyebabnya. Agar bebas ongkir, pastikan kamu pakai metode pembayaran yang sesuai dan biasanya pembayaran via shopeepay lebih diutamakan dalam penyaringan voucher ini.

  • Tidak Sesuai dengan Jasa Pengiriman

Ternyata salah satu alasan kenapa shopee tidak memberikan voucher gratis ongkir pada pembeli karena jasa pengiriman yang tidak sesuai.

Kamu yang terbiasa menggunakan platform ini tentu mengetahui banyaknya pilihan ekspedisi yang membawa paketmu. Kesalahan saat memilih ekspedisi bisa berakibat tidak mendapatkan voucher ini, pastikan kamu menggunakan jasa pengiriman yang sesuai ya sobat!

  • Voucher Telah Digunakan Pada Transaksi yang Dibatalkan

Perlu diketahui bahwa voucher pada transaksi yang sudah dibatalkan tidak bisa lagi digukan 15 menit setelah pembatalan dilakukan, hal ini sering membuat pengguna bertanya kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi padahal ada syarat yang harus diperhatikan.

Apabila kamu baru saja membatalkan transaksi, silahkan bersabar sampai waktu 15 menit tercapai dan voucher gratis ongkir kembali muncul di halaman.

Artikel menarik untuk kamu Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal di Shopee

  • Akun Shopee Sedang Dalam Pembatasan

Salah satu alasan kenapa voucher shopee tidak bisa digunakan karena akun pengguna dalam pembatasan. Pembatasan akses ini karena perilaku dan kegiatan yang tidak wajar serta melanggar ketentuan dan kebijakan komunitas shopee.

Penyebab gratis ongkir shopee tidak bisa digunakan
Penyebab gratis ongkir shopee tidak bisa digunakan

Ketika akun dibatasi, maka kamu tidak bisa melakukan transaksi termasuk menggunakan kode voucher gratis ongkir tersebut. Jadi, kamu yang berasumsi dan bingung kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi dapat melihat apakah akses akunmu sudah dibatasi atau sebaliknya.

Apabila sedang dibatasi, kamu dapat mengatasinya dengan tidak melanggar komunitas akun termasuk spam dan melakukan fake order atau order palsu.

Kesimpulan

Minimum Belanja Belum Tercapai Voucher Telah Digunakan Pada Transaksi yang Dibatalkan
Voucher Tidak Berlaku pada Barang Yang Dibeli Akun Shopee Sedang Dalam Pembatasan
Masa Berlaku Voucher Sudah Habis Melebihi Batas Penggunaan Harian
Metode Pembayaran yang Tidak Sesuai Alamat Pembelian Tidak Terjangkau Gratis Ongkir
Tidak Sesuai dengan Jasa Pengiriman Adanya Perubahan Kebijakan Shopee

Nah, topik mengenai kenapa shopee tidak ada gratis ongkir lagi sudah kita bahas dan dapat disimpulkan bahwa pengguna yang memenuhi syarat dan ketentuan berlaku yang mendapatkan penawaran voucher gratis ongkir tersebut.

Itulah informasi terkait voucher gratis ongkir shopee yang dapat kami bagikan, semoga pembaca dapat mengkaji hal-hal yang menyebabkan akunmu tidak ditawari program gratis ongkir melalui penjelasan diatas, terima kasih.

Related Post