Gratis Biaya Transfer! 9 Aplikasi Bebas Biaya Transfer Antar Bank Terbaik

Melisa Utami

Aplikasi bebas biaya transfer antar bank kini semakin banyak dan mudah dijumpai. Selain itu fitur yang disediakan juga telah beragam bukan hanya transfer saja, namun juga top up dan e-wallet. Hal ini tentu saja mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi.

Belum lagi saat ini banyak masyarakat yang menjalankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli menjadi lebih praktis melalui mobile banking, apalagi sejak adanya aplikasi bebas biaya transfer antar bank. Dengan begitu Anda tidak harus mondar-mandir untuk melakukan transaksi di ATM.

Biaya transfer atau biaya admin ini kadang terasa cukup memberatkan. Apalagi jika melakukan transaksi kecil tetap dikenakan biaya. Maka dari itu, kemunculan beragam jenis aplikasi bebas biaya transfer antar bank ini sangat membantu dan menyelamatkan puluhan ribu bahkan ratusan ribu rupiah.

Aplikasi Bebas Biaya Transfer Antar Bank Terbaik

Aplikasi Bebas Biaya Transfer Antar Bank Terbaik
Aplikasi Bebas Biaya Transfer Antar Bank Terbaik

Adanya biaya transfer sebenarnya telah ditetapkan pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14/23/PBI/2021 tentang Transfer Dana. Dalam aturan pemerintah tersebut sudah tertulis bahwa setiap penyelenggara penerima transfer berhak mengenakan biaya transfer dana selama memperhatikan aspek kewajaran. Terutama transaksi antar bank BUMN ke non-BUMN.

Oleh sebab itu, kini banyak aplikasi yang menawarkan fitur gratis biaya transfer agar tidak membuat kantong bolong. Lakukan transaksi lebih cepat dan mudah dengan melalui aplikasi transaksi mobile.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa membebaskan Anda dari biaya transfer atau biaya admin antar bank.

1. Flip

1. Flip
1. Flip

Apabila Anda mencari aplikasi transaksi uang tanpa rekening dan tanpa biaya admin, maka Flip adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda unduh dengan mudah di smartphone. Selain tidak dikenakan biaya transfer, Flip juga mendukung transaksi hampir semua bank. Mulai dari BCA, BRI, BNI, Jenius, Mandiri hingga beberapa bank syariah.

Melakukan transaksi melalui Flip ini tidak mengharuskan pihak penerima untuk memiliki aplikasi ini juga. Cara mengoperasikannya pun mudah dan praktis. Belum lagi, Flip juga melayani pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang dan beberapa negara lain.

Detail Informasi Penggunaan Aplikasi Flip

Developer Flip.id
Ulasan Play Store 4.4 (453.253)
Ulasan App Store 4.8 (60.453)
Ukuran 27 MB
Unduhan 10.000.000+
Android Minimum 4.1

2. Dana

2. Dana
2. Dana

Aplikasi bebas biaya transfer antar bank berikutnya adalah Dana. Apabila melakukan transaksi melalui aplikasi dompet digital ini, bukan hanya bebas biaya transfer tapi juga bebas biaya admin. Anda bisa mengunduh aplikasi ini baik di Android maupun di iOS.

Ketentuan Transfer Gratis Dari Dana

Namun agar bisa bebas dari biaya transaksi, Anda harus melakukan transfer minimal Rp 50.000. Jika kurang dari nominal tersebut, maka akan dikenakan biaya admin Rp 2.500 setiap kali mentransfer.

  • Selain itu, Dana juga menerapkan kuota gratis transfer antar bank sebanyak 10 kali per bulan bagi para penggunanya.
  • Jika jatah kuota tersebut sudah habis maka Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 4.500 per transaksi. Jumlah tersebut masih terbilang lebih murah ketimbang lewat ATM atau mobile banking.

Rincian Detail Aplikasi Dana

Developer PT Espay Debit Indonesia Koe
Ulasan Play Store 4.1 (4.012.888)
Ulasan App Store 4.8 (443.495)
Ukuran 52 MB
Unduhan 50.000.000+
Android Minimum 4.4

3. OVO

3. OVO
3. OVO

Berikutnya adalah aplikasi bebas biaya transfer antar bank yang sudah pasti dikenal oleh masyarakat Indonesia, yakni OVO. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. OVO bisa dibilang pesaing kuat Dana sebab beragamnya fitur yang disediakan.

Ketentuan Penggunaan Transfer Gratis OVO

Saat ini banyak bisnis besar bahkan UMKM yang sudah memanfaatkan OVO sebagai alat terima pembayaran.

  • OVO sudah memiliki ratusan bahkan ribuan merchant dari berbagai kalangan di Indonesia.
  • Selain itu, poin plusnya adalah OVO menawarkan fitur bebas biaya transfer antar bank jika Anda melakukan upgrade ke mode Premier.

Rincian Detail Aplikasi Ovo

Developer PT Visionet Internasional
Ulasan Play Store 4.3 (1.019.530)
Ulasan App Store 4.1 (36.526)
Ukuran 18 MB
Unduhan 50.000.000+
Android Minimum 5.0

4. Payfazz

4. Payfazz
4. Payfazz

Ada pula aplikasi bebas biaya transfer antar bank yang mungkin memang belum sepopuler aplikasi di atas, yakni Payfazz. Aplikasi satu ini menyediakan fitur transfer antar bank secara gratis jika Anda sedang mendapatkan promo. Payfazz memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Keuntungan Menggunakan Payfazz

Selain itu, Anda bisa melakukan top up pulsa, top up Gopay dan membayar tagihan PLN.

  • Anda juga bisa menjadi agen Payfazz untuk memperoleh penghasilan tambahan.
  • Poin plus dari aplikasi ini adalah limit transfer yang mencapai Rp 1.000.000.
Developer PT Payfazz Teknologi Nusantara
Ulasan Play Store 3.8 (240.621)
Ukuran 29 MB
Unduhan 5.000.000+
Android Minimum 4.0

5. LinkAja

5. LinkAja
5. LinkAja

LinkAja juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk melakukan transaksi. Melakukan transaksi menjadi lebih praktis dan mudah dengan fitur seperti transfer, tarik tunai, bayar menggunakan QR serta token. Anda akan terbebas dari biaya transfer antar bank dengan nominal minimal sebesar Rp 10.000.

Fitur Eksklusif LinkAja

Minimal nominal transfer ini terbilang lebih rendah apabila dibandingkan dengan aplikasi lain.

  • Salah satu fitur tersebut yakni bebas biaya admin.
  • Namun sama halnya dengan OVO, Anda perlu melakukan upgrade akun ke full service untuk menikmati beragam fitur eksklusif yang disediakan oleh LinkAja.

Informasi Unduhan Aplikasi LinkAja

Developer PT Fintek Karya Nusantara
Ulasan Play Store 3.7 (772.724)
Ulasan App Store 3.6 (25.370)
Ukuran 38 MB
Unduhan 10.000.000+
Android Minimum 5.0

6. GoPay

6. GoPay
6. GoPay

Jika Anda pengguna aplikasi GoJek, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan fitur pembayaran satu ini. Anda bisa memanfaatkan GoPay sebagai aplikasi bebas biaya transfer antar bank.

Selain itu, Anda juga bisa langsung terhubung ke e-commerce Tokopedia untuk melakukan pembayaran ketika berbelanja daring.

Detail Singkat Aplikasi GoPay

Developer PT Aplikasi Karya Anak Bangsa
Ulasan Play Store 4.6 (5.384.549)
Ulasan App Store 4,6 (427.094)
Ukuran 65 MB
Unduhan 100.000.000+
Android Minimum 5.0

7. Wise

7. Wise
7. Wise

Aplikasi transfer uang lainnya adalah Wise. Anda bisa melakukan transaksi transfer uang ke luar negeri dengan cepat dan murah. Poin plus aplikasi Wise adalah Anda bisa melakukan transfer bebas biaya apabila ke mata uang yang sama.

Kelebihan Aplikasi Wise

Namun jika Anda melakukan transfer ke mata uang asing maka akan dikenakan biaya.

  • Selain itu, Wise pun juga menyediakan kartu debit yang bisa digunakan untuk bertransaksi di luar negeri.
  • Poin minusnya adalah nasabah harus melakukan verifikasi identitas diri apabila melakukan transfer uang ke luar negeri sebesar 15.000 Euro.
Developer Wise, formerly TransferWise
Ulasan Play Store 4.8 (411.275)
Ulasan App Store 4,4 (905)
Ukuran 42 MB
Unduhan 10.000.000+
Android Minimum 5.0

8. PayPal

8. PayPal
8. PayPal

Tidak ketinggalan juga aplikasi bebas biaya transfer antar bank yang populer satu ini. PayPal adalah sebuah aplikasi transfer uang yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi ke luar negeri. Anda bisa mengirim atau mentransfer uang ke luar negeri lewat PayPal.

Cara Menggunakan PayPal

Caranya, Anda hanya perlu melakukan registrasi, kemudian mendaftar menggunakan alamat email yang aktif.

  • Setelah itu Anda tinggal menghubungkan kartu debit dan kartu kredit ke akun PayPal.
  • Anda tidak akan dikenakan biaya transfer sebab biaya transaksi akan ditanggung oleh si penerima.
Developer PayPal Mobile
Ulasan Play Store 3.7 (2.902.623)
Ulasan App Store 4.8 (‎6.183.120)
Ukuran 66 MB
Unduhan 100.000.000+
Android Minimum 6.0

9. IpotPay

9. IpotPay
9. IpotPay

Dan terakhir ada aplikasi IpotPay yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengiriman uang antar bank. Aplikasi ini memiliki fitur yang dapat menempatkan uang di reksa dana pasar uang. Jika Anda saat ini sedang belajar tentang dunia investasi, maka aplikasi ini akan sangat cocok untuk Anda.

Keuntungan Menggunakan IpotPay

  • Poin plus dari aplikasi bebas biaya transfer antar bank satu ini adalah fitur mengirim uang tanpa limit.
  • Selain transfer dan investasi, Anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, kartu kredit, tarik tunai di ATM dan masih banyak lagi.
Developer PayPal Mobile
Ulasan Play Store 2.9 (273)
Ulasan App Store 3.2 (28)
Ukuran 8.4MB
Unduhan 10.000+
Android Minimum 4.4

Manfaat Transfer Menggunakan Aplikasi

Manfaat Transfer Menggunakan Aplikasi
Manfaat Transfer Menggunakan Aplikasi

Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan transaksi atau transfer secara online melalui aplikasi bebas biaya transfer antar bank. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Penjelasan
Peluang Dapat Promo Dengan melakukan transfer lewat aplikasi, Anda bisa berkesempatan mendapatkan beragam promo yang disediakan oleh provider dari aplikasi transfer uang tersebut. Bahkan dalam beberapa event tertentu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain berupa cashback serta voucher.
Kemudahan Top up dari E-wallet Selain peluang mendapatkan benefit promo, Anda pun juga bisa dengan mudah melakukan top up e-wallet. Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari ATM atau merchant yang support dalam melakukan top up e-wallet. Dengan begitu semua bisa Anda lakukan dengan praktis, seperti isi pulsa, beli token, bayar listrik dan lain-lain.
Lebih Hemat Jika Anda bertanya-tanya, mengapa bisa jadi lebih hemat dengan menggunakan aplikasi bebas biaya transfer antar bank? Maka jawabannya tentu saja karena tidak adanya biaya admin atau biaya transfer yang dipungut setiap kali melakukan transaksi. Anda bisa menghemat puluhan hingga ratusan ribu. Selain itu, Anda juga akan lebih hemat dari segi tenaga dan waktu karena tidak perlu pergi keluar untuk mencari ATM. Lebih hemat, kan?
Praktis Sama seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa penggunaan aplikasi bebas biaya transfer antar bank ini membuat banyak hal menjadi lebih praktis. Anda tidak harus mencari ATM untuk sekadar melakukan transfer atau transaksi lainnya. Jika melakukan pembelian atau pembayaran, semua bisa dilakukan dalam genggaman. Hanya bermodalkan smartphone. Top up e-wallet dan pembayaran kebutuhan rumah tangga pun tidak harus repot lagi. Cukup lakukan di rumah melalui smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet. Mudah, praktis dan banyak benefit.

Kesimpulan

Aplikasi Bebas Biaya Transfer Antar Bank
Aplikasi Bebas Biaya Transfer Antar Bank

Apakah setelah mengetahui manfaat dari 9 aplikasi bebas biaya transfer antar bank di atas, Anda masih memilih untuk mondar-mandir keluar untuk melakukan transaksi di ATM? Akan lebih baik jika Anda mengunduh aplikasi di atas untuk merasakan benefitnya. Selain itu, Anda juga bisa menghemat ratusan ribu rupiah dari biaya transfer.

Melisa Utami

Suka Makan, Berbelanja, dan Bepergian. Suka Menulis Tentang Keuangan, Bisnis, Teknologi, & Gaya Hidup Untuk Membantu Banyak Orang Sadar Tentang Keuangan Dan Bagaimana Menghadapinya Dengan Bijak.

Related Post

Tinggalkan komentar