8 Aplikasi Membuat Jadwal Pelajaran Kreatif Anti Bentrok

Iusnar Sinaga

Aplikasi membuat jadwal pelajaran sangat berguna untuk menjadwalkan kegiatan belajar siswa yang dapat merangkum jadwal pelajaran, PR sekolah, berbagai project, ujian/ ulangan harian serta sebagai pengingat akan sesuatu hal yang penting untuk dipersiapkan di hari mendatang.

Terkadang banyaknya beban tugas dari sekolah membuat siswa kerap melupakan beberapa tugas/ PR yang harus diselesaikan hingga akhirnya nilai tugas mereka menjadi jelek atau bahkan kosong karena tidak mengumpul tugasnya tepat waktu.

Karena itu dibutuhkan aplikasi membuat jadwal pelajaran yang menjadi alarm/ pengingat bagi siswa untuk mengerjakan tugas sekolah mereka sebelum deadlinenya tiba serta agar dapat mempersiapkan diri dengan matang jika ada pemberitahuan akan dilaksanakan test pada pertemuan berikutnya.

Sekilas Mengenai Aplikasi Membuat Jadwal pelajaran Terbaik

Jadwal pelajaran merupakan salah satu hal penting dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya jadwal pelajaran, siswa dapat memetakan waktu belajar mereka dengan lebih teratur dan terstruktur. Namun yang menjadi masalahnya adalah kesulitan dalam membuat jadwal pelajaran secara manual, apalagi jika harus membuat jadwal untuk banyak mata pelajaran dengan kelas yang berbeda. Karena itulah diciptakan aplikasi membuat jadwal pelajaran.

Aplikasi jadwal membuat pelajaran merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu pengguna dalam membuat jadwal pelajaran dengan mudah dan cepat. Adanya berbagai fitur-fitur dalam aplikasi ini mempermudah pengguna untuk dapat mengatur jadwal pelajaran, seperti: pengaturan waktu, kelas, dan mata pelajaran, jadwal ujian, dll.

Manfaat menggunakan aplikasi membuat jadwal pelajaran

Selain memaparkan gambaran/ pengertian dari aplikasi membuat jadwal pelajaran, kami juga akan menampilkan beberapa manfaat yang didapatkan dari aplikasi membuat jadwal pelajaran ini. Beberapa manfaat yang dimaksud adalah:

  1. Meningkatkan progress study siswa
  2. Mempermudah pemetaan waktu belajar
  3. meningkatkan hasil belajaran siswa
  4. Meningkatkan konsistensi dalam belajar
  5. Sebagai pengingat digital bagi siswa

Aplikasi Membuat Jadwal pelajaran Terbaik

Berikut ini kami tampilkan beberapa aplikasi membuat jadwal pelajaran yang dapat sobat jadikan sebagai referensi untuk mencari rekomendasi aplikasi terbaik dalam menjadwalkan semua kegiatan study kamu.

Beberapa aplikasi yang akan kami tampilkan dibawah ini, dapat meningkatkan progress dan hasil belajar untuk mendapatkan prestasi yang memuaskan. Penasaran apa saja aplikasi yang dimaksud? Cek di bawah ini!

  • My study life

Aplikasi membuat jadwal pelajaran
Aplikasi membuat jadwal pelajaran/ My study life

My study life merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat menyimpan kelas, pekerjaan rumah, dan jadwal ujian di cloud sehingga bisa diakses dari berbagai perangkat kapan dan dimanapun dibutuhkan.

Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengatur jadwal pelajaran berdasarkan waktu, kelas, hari, dan juga mata pelajaran. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan tugas-tugas dan deadline PR yang harus di kerjakan sehingga nilai tugas kamu tetap aman dan selalu terkumpul tepat waktu. Aplikasi my study life ini adalah salah satu aplikasi yang banyak disukai oleh pelajar untuk membuat kehidupan belajar mereka menjadi lebih mudah dikelola.

Link Dowload Aplikasi

Nama Aplikasi My Study Life – School Planner
Developer My study life, Ltd.
Ukuran Download 18 Mb
LinkPlaystore com.virblue.mystudylife
  • School planner

Aplikasi yang berikutnya adalah “School Planner“. Aplikasi ini menyediakan fitur pengaturan jadwal pelajaran, tugas, dan ujian, dan pengingat sederhana serta dapat merangkum pemberitahuan harian yang akan membantu anda agar tidak melupakan sedikit pun terkait dengan study anda. Dalam aplikasi ini juga tersedia kalender bawaan yang dioptimalkan agar pengguna bisa mengatur jadwal yang berbeda pada setiap minggu.

Supaya jadwal lebih simpel dan menarik untuk dilihat, anda juga dapat menetapkan warna berbeda untuk setiap subjek dan melihat acara yang disimpan dalam kalender. Aplikasi ini benar-benar menjadi sebuah aplikasi yang membuat anda membuang kertas harian anda!

Link Dowload Aplikasi 

Nama Aplikasi School Planner
Developer Andrea Dal Cin
Ukuran Download 11 Mb
LinkPlaystore daldev.android.gradehelper
  • Class timetable

Aplikasi Class timetable merupakan sebuah aplikasi yang dapat menjadi teman yang sempurna untuk pelajar maupun mahasiswa. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan.

Fitur-fiturnya mencakup pengaturan jadwal pelajaran, tugas, ujian, serta integrasi dengan kalender google. Dengan adanya aplikasi ini, anda dapat memantau kelas dan menambahkan acara ke jadwal minggu anda dengan mudah!

Link Dowload Aplikasi 

Nama Aplikasi  Class Timetable – Schedule App
Developer Class Timetable LLC
Ukuran Download 14 Mb
LinkPlaystore com.icemediacreative.timetable
  • To-Do List

To-do list merupakan sebuah aplikasi sebagai pengatur jadwal online gratis yang mudah digunakan dan membantumu untuk mengatur waktumu dengan baik termasuk untuk mengatur waktu/ jadwal belajarmu.

Dalam aplikasi ini terdapat berbagai tema yang dapat anda aplikasikan untuk membuat tampilan jadwal anda yang bervariasi menjadi lebih menarik. Anda dapat menyematkan tanda centang di bagian fitur kalender pada tanggal tertentu yang penting untuk anda ingat. Disamping itu anda bisa menambahkan alarm sebagai pengingatnya agar anda mendapat notif ketika tanggalnya sudah tiba

Link Dowload Aplikasi 

Nama Aplikasi  To-Do List: Planner & Reminder
Developer  Dairy App, Notes, Audio Editor & Voice Recorder
Ukuran Download 21 Mb
LinkPlaystore Klik Disini
  • Daily Schedule

Aplikasi membuat jadwal pelajaran yang berikutnya adalah “Daily Schedule” yang merupakan sebuah aplikasi tabel waktu dengan penjadwalan yang sederhana sehingga memungkinkan anda untuk dapat memanagement jadwal study anda dengan mudah.

menariknya aplikasi ini adalah anda dapat mengubah pengaturan sesuka hati anda serta salah satu fiturnya yang sangat menguntungkan yaitu melalui aplikasi ini anda dapat dengan mudah mengkoversi file PDF ke berbagai bentuk file lainnya.

Link Dowload Aplikasi 

Nama Aplikasi Daily Schedule – easy timetabel
Developer FamApp Co.
Ukuran Download 31 Mb
LinkPlaystore kr.co.famapp.www.daily_schedule
  • Power planner

Aplikasi power planner ini memberikan ruang bagi anda untuk dapat mengelola kehidupan akademik secara digital melalui perangkat SmartPhone anda. Anda perlu lagi khawatir akan ketinggalan mata pelajaran maupun tugas-tugas sekolah karena semuanya sudah dapat atur hanya dalam satu genggaman.

Aplikasi ini sangat cocok bagi siswa yang memiliki banyak tugas dan ujian. Fitur-fiturnya mencakup pengaturan jadwal pelajaran, tugas dan ujian serta fitur yang dapat memampukan anda agar memprioritaskan tugas berdasarkan deadline.

Link Dowload Aplikasi 

Nama Aplikasi Power Planner: Homework/ Grades
Developer BareBones Dev
Ukuran Download 23 Mb
LinkPlaystore com.barebonesdev.powerplanner
  • Schedule Planner for Study

Aplikasi Schedule planner for study atau yang disebut juga sebagai smart timetable merupakan sebuah aplikasi mengatur jadwal pelajaran yang bagus. Kualitas dari aplikasi ini sudah dibuktikan dengan rating yang dimilikinya di google play store serta beberapa ulasan memuaskan yang dilontarkan oleh para pengguna di kolom komentar.

Fitur-fitur dalam aplikasi ini mencakup sepert rotasi dukungan jadwal, jadwal untuk mingguan maupun bulanan, dapat membuat sejumlah jadwal sekaligus, dan aplikasi ini juga bebas iklan.

Link Dowload Aplikasi 

Nama Aplikasi Power Planner: Homework/ Grades
Developer BareBones Dev
Ukuran Download 23 Mb
LinkPlaystore app.smart.timetable
  • Student Calendar

Aplikasi membuat jadwal pelajaran/ Student calendar

Aplikasi Student Calendar ini merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu siswa agar dapat mengatur tugas sehari-hari dengan cara yang sederhana dan cepat.  Dengan adanya aplikasi ini, prestasi siswa disekolah perlahan bisa naik dengan waktu belajar yang lebih teratur dan terjadwal dengan baik.

Tujuan diciptakannya aplikasi ini adalah untuk menjadi pengingat akan berbagai tugas dalam tenggat waktu yang telah ditentukan, menyematkan berbagai informasi/ notes harian, menjadwalkan ujian-ujian yang akan datang, dan lain sebagainya.

Link Dowload Aplikasi 

Nama Aplikasi Student Caendar –  Timetable
Developer Apps CC
Ukuran Download 2,9 Mb
LinkPlaystore Klik Disini

Tips Memilih Aplikasi Membuat Jadwal Pelajaran

Tips Penjelasan
Pahami Kebutuhan Anda Pertimbangkan apa yang Anda butuhkan dari aplikasi jadwal pelajaran. Apakah Anda hanya perlu mengatur jadwal kuliah atau juga tugas, ujian, dan acara ekstrakurikuler? Pastikan aplikasi yang Anda pilih dapat memenuhi kebutuhan Anda.
Kemudahan Penggunaan Aplikasi jadwal pelajaran harus mudah digunakan. Antarmuka yang sederhana dan intuitif akan membantu Anda mengatur jadwal dengan cepat tanpa kebingungan. Cobalah versi uji coba atau lihat ulasan pengguna untuk mengevaluasi kemudahan penggunaan.
Sesuaikan Dengan Jadwal Anda Pilih aplikasi yang dapat menyesuaikan dengan jadwal yang berubah-ubah, termasuk jadwal yang berbeda setiap hari. Beberapa aplikasi memungkinkan Anda untuk membuat jadwal mingguan yang berbeda-beda.
Notifikasi dan Pengingat Aplikasi harus memiliki fitur notifikasi dan pengingat untuk membantu Anda mengingat tugas, ujian, atau pertemuan penting. Pastikan Anda dapat mengatur pengingat sesuai preferensi Anda.
Sinkronisasi dengan Kalender Pilih aplikasi yang dapat disinkronkan dengan kalender yang Anda gunakan sehari-hari, seperti Google Calendar atau Apple Calendar. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat jadwal pelajaran bersama dengan jadwal lainnya.

Penutup

Aplikasi Membuat Jadwal Pelajaran
Aplikasi Membuat Jadwal Pelajaran

Di era digital seperti sekarang ini, semuanya sudah serba dipermudah. Hanya tinggal tergantung kita ada atau tidak niat kita untuk mencoba belajar akan perbaruan yang ada untuk dapat meninggalkan cara lama/ manual dan beralih menggunakan cara digital yang lebih mudah dan canggih. Dengan menggunakan fitur-fitur digital maka semuanya dapat kita kelola dalam genggaman kita.

Fitur digital ini juga tidak lepas dari “Aplikasi membuat jadwal pelajaran” yang bisa kita gunakan untuk menjadwalkan semua jadwal/ aktivitas study kita dengan mudah dan teratur sekaligus menjadi teman digital yang akan selalu mengingatkan kita akan jadwal yang sudah kita atur. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Related Post