Harga

Harga Ikan Mas 1 Kg Di Pasar Berbagai Daerah

Harga ikan mas 1 Kg di pasar 2022 – Sebelum membeli tentu saja kamu pernah memikirkan berapa harga ikan mas 1 Kg. Biasanya harga ikan mas sangat bervariasi, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi kebanyakan masyarakat untuk mengkonsumsinya.

Sampai saat ini, ikan mas merupakan jenis ikan yang memiliki peminat yang tinggi. Hal tersebut, dikarenakan nila gizi yang terkandung di dalam tubuh ikan mas sangat banyak.

Sekilas Tentang Ikan Mas

Sumber : tokoikansegarghania.com

Ikan mas pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1810 dan di budidayakan oleh masyarakat sejak tahun 1860 di Galuh, Ciamis, Jawa Barat. Hingga pada abad ke 20, budidaya ikan mas mulai menyebar ke wilayah luar pulau Jawa, seperti daerah Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Ikan mas (Cyprinus carpio) merupakan jenis ikan yang hidup di tawar, memiliki nilai gizi tinggi dan sudah menyebar luas di Indonesia. Sampai saat ini, jenis ikan mas menjadi lauk favorite di berbagai kalangan karena memiliki rasa yang sang nikmat. Biasanya ikan mas mempunyai warna yang sangat beragam dan bervariasi.

Kebiasaan Hidup Ikan Mas

Ikan mas berkembang dan mampu bertahan hidup di perairan tawar yang kedalamannya masih dapat dijangkau dan curah airnya tidak terlalu deras. Biasanya ikan mas berkembangbiak dengan sangat baik di daerah yang memiliki ketinggian 150m – 600m di atas permukaan air laut (dpl).

Selain itu, ikan mas juga hanya mampu bertahan hidup pada suhu 25-30 derajat Celcius. Meskipun tergolong sebagai jenis ikan tawar, terkadang ikan mas dapat ditemukan di perairan yang memiliki campuran dengan air laut yang memiliki kadar garam 25-30%.

Ikan mas juga tergolong pada jenis ikan yang dapat memangsa berbagai makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun binatang renik (omnivora).

Jenis Ikan Mas Yang Di Konsumsi

Berikut beberapa jenis ikan mas yang dapat dikonsumsi oleh manusia hingga sampai pada saat ini, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya

Ikas mas Sinyonyo atau Putri Yogya merupakan salah satu jenis ikan mas yang sangat mudah bertelur, itulah mengapa ikan tersebut dinamai sebagai ikan si nyonya. Biasanya sisik ikan ini berwarna kuning muda menyerupai kulit jeruk.

Uniknya, ikan mas Sinyonya memiliki norma budaya bersama-sama menjadi satu kelompok di permukaan cairan. Ciri-ciri yang paling umum dimiliki oleh ikan mas ini, memiliki wujud tubuh yang memanjang dan punggunggnya rendah.

  • Ikan Mas Lokal

Meskipun banyak orang mengatakan jenis ikan mas lokal ini tidak tergolong dalam ras ikan mas, namun realitanya justru ikan mas lokal tersebulah yang paling banyak mendominasi penjualan di pasaran.

Ikan mas lokal merupakan hasil perkawinan silang antara lebih dari satu jenis ikan mas. Sehingga sisik yang dihasilkan oleh ikan ini sangat bervariasi. Utuk harga ikan mas 1 kg jenis lokal lebih murah dibandingkan jenis ikan mas lainnya.

Ciri-ciri umum yang dimiliki oleh ikan mas lokal, yaitu memiliki bentuk tubuh yang cukup panjang dan memiliki kelopak mata yang cukup lebar tetapi tidak menonjol.

  • Ikan Mas Puten

Sumber : infoikan.com

Jenis ikan mas punten pertama kali dikembangkan pada tahun 1933 di Desa Punten, Malang, Jawa Timur. Ciri khas yang dimiliki oleh ikan ini yaitu memiliki tubuh yang relatif pendek, namun punggunggnya cenderung lebih lebar dan tinggi.

Selain itu, ikan mas Punten juga memiliki sisik hijau gelap, gerakan tubuh lambat, memiliki mata yang menonjol dan sangat jinak. Untuk harga ikan mas 1 kg jenis ikan punten juga sangat bervariasi, tergantung dimana kamu membelinya.

  • Ikan Mas Majalaya

Di Indonesia jenis Ikan Mas ini peratama kali dibudidayakan diwilayah Majalaya – Jawa Barat. Jika dibandingkan dengan ikan mas lainnya, jenis Ikan ini memiliki karakteristik fisik yang relatif pendek dan punggungnya lebih membungkuk dan lancip.

Biasanya sisik ikan mas Majalaya berwarna hijau keabuan dan bagian tepinya berwarna lebih gelap. Ikan ini juga sangat senang berenang di permukaan air dan cenderung lebih jinak.

Uniknya, ikan mas Majalaya memiliki pertumbuhan yang sangat signifikan dan tahan terhadap infeksi bakteri. Apabila dibandingkan dengan ikan mas Lokal, harga ikan mas 1 Kg jenis Majalaya memiliki harga yang sedikit mahal.

  • Ikan Mas Taiwan

Kareakteristik yang paling umum dimiliki oleh ikan mas Taiwan yaitu memiliki badan yang memanjang dan wujud punggung seperti busur. Jenis ikan ini sangat peka terhadap makanan, sehingga akan saling berebut apabila diberi pakan.

Selain itu, hal lain yang dapat dikenali dari ikan mas Taiwan yaitu warna sisik hijau kekuningan dan sirip cenderung berwarna kemerahan. Untuk harga ikan mas 1 kg jenis Taiwan sangat terjangkau.

  • Ikan Mas Merah

Ikan mas merah dikenal sebagai jenis ikan mas yang memiliki gerakan aktif, tidak jinak dan sangat senang mengaduk-ngaduk dasar kolam. Karakteristik yang paling dikenali dari ikan ini yaitu memiliki sisik berwarna merah keemasan.

Jika dibandingkan dengan ikan mas sinyonya, bentuk tubuh dari ikan mas merah relatif memanjang, memiliki punggung yang lancip serta mata yang sedikit menonjol.

  • Ikan Mas Yamato

Meskipun di Indonesia memiliki peminat yang rendah, namun ras ikan mas Yamato masih dilestarikan sampai saat ini. Karakteristik yang paling dikenali dari ikan mas yamato yaitu memiliki anatomi tubuh yang panjang dan terlihat lebih ramping. Ikan mas yamato memiliki sisik berwarna hijau dan sedikit kecoklatan.

Daftar Harga Ikan Mas 1 Kg Berdasarkan Jenisnya

Meskipun harga ikan mas 1 Kg sangat bervariasi, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi masyakat untuk mengkonsumsinya.

Berikut daftar harga ikan mas 1 Kg terbaru, yang di rangkum dari aplikasi dan situs resmi tokopedia.com sebagai berikut.

Nama Daerah/ Kota Harga per Kg (Rp)
Harga Ikan Mas 1 Kg di Jakarta Rp 37.000
Harga Ikan Mas 1 Kg di Aceh Rp 34.000
Harga Ikan Mas 1 Kg di Bandung Rp 32.000
Harga Ikan Mas 1 Kg di Medan Rp 35.000
Harga Ikan Mas 1 Kg di Makassar Rp 30.000
Harga Ikan Mas 1 Kg di Batam Rp 37.000
Harga Ikan Mas 1 Kg di Lampung Rp 31.000

Untuk informasi tambahan terkait harga ikan mas 1 Kg di atas sewaktu-waktu dapat berubah. Tergantung kebijakan dan penawaran harga dari masing-masing penjual. Oleh sebab itu untuk mengetahui penawaran harga ikan mas yang lebih pasti, kamu dapat mengunjungi situs resminya secara langsung atau melakukan tinjau lokasi ke pasar terdekat yang ada disekitar kamu.

Postingan Menarik Lainnya : Daftar Harga Ikan Channa, Termurah Hingga Termahal di Indonesia

Kesimpulan

Harga ikan mas 1 Kg di pasar
Harga ikan mas 1 Kg di pasar

Itulah harga ikan mas 1 Kg yang dapat dikonsumsi oleh manusia berdasarkan jenisnya di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu dan menjadi referensi baru. Sampai ketemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button