HargaRagam

10+ Daftar Harga Ikan Arwana Terlengkap 2022

Tertarik untuk memelihara ikan arwana dirumah? Sudah tau sebelumnya Harga Ikan Arwana? Jika belum, yuk ketahui kisaran mengenai harga ikan arwana terlengkap dibawah ini berdasarkan jenis ikannya.

Ikan Arwana merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak di gemari oleh banyak orang khususnya orang-orang pecinta ikan hias. Hal itu dipicu karena selain ikannya yang sangat cantik dan menarik, konon katanya ikan ini di gelar sebagai ikan pembawa keberuntungan, simbol keberhasilan, dan kejayaan bagi pemiliknya.

Maka tak heran jika banyak orang yang jatuh cinta dengan jenis ikan yang satu ini. Namun, taukah kamu? ikan hias jenis arwana ini ternyata memiliki harga pasaran yang tergolong dalam kategori mahal. Hal itu dikarenakan oleh keberadaan ikan ini yang sangat langka, serta perawatannya yang tidak mudah.

Nah, buat kamu yang penasaran mengenai harga ikan arwana, ikuti artikel ini sampai akhir ya! Karna kami akan memberikan rincian lengkap mengenai harga ikan arwana yang sudah kami sesuaikan dari berbagai sumber terpercaya.

Sekilas Tentang Ikan Arwana

Ikan Arwana/ Sumber: www.rumah.com

Dilansir dari Wikipedia Ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan tawar yang diduga telah ada pada zaman purba dan spesiesnya masih tetap ada sampai saat ini walau sangat langka untuk ditemukan.

Ikan yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan ini memiliki nilai jual yang tinggi, namun walau dengan harga yang mahal, ternyata tampilan ikan Arwana yang unik membuat banyak orang yang mendambakan untuk memelihara ikan yang satu ini di rumahnya.

Ciri-Ciri Ikan Arwana

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ikan Arwana ini adalah salah satu ikan yang sangat unik dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Memangnya apa saja sih keunikannya? Berikut keunikan ikan Arwana yang bisa anda lihat pada beberapa ciri-cirinya:

  • Memiliki bentuk kepala yang besar dan padat
  • Bentuk tubuh yang pipih dengan punggung datar
  • Memiliki sisik yang mengkilat, besar dan keras yang terlihat sangat indah meliuk-liuk ketika sedang berenang
  • memiliki gigi yang berjumlah 15-17
  • memiliki panjang rata-rata 20-24 cm. Namun ada beberapa jenis yang ukurannya bisa mencapai 30-80 cm, bahkan lebih ketika sudah dewasa.
  • Memiliki sirip dubur terletak jauh dibagian belakang tubuh ikan
  • Ujung mulut yang bentuknya runcing ke atas seperti perahu
  • Mempunyai sepasang sungut pada bibir bawah
  • Memiliki rahang yang cukup kokoh
  • Mulutnya bisa terbuka lebar hingga ke bawah mata
  • Memiliki penutup insang
  • Sirip anus lebih panjang dari sirip punggung

Jenis-Jenis Ikan Arwana

Sebelum kamu mengetahui harga ikan arwana, tentu kamu harus mengetahui lebih dulu jenis-jenis ikan arwana. Terdapat berbagai jenis ikan Arwana, dan masing-masing memiliki harga yang berbeda dan keunikan yang berbeda pula. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan Arwana:

  • Ikan Arwana Super Red

Harga Ikan Arwana Super Red/ Sumber: berita.99.co

Ikan Arwana jenis super red ini asli pertama kali ditemukan di Indonesia, tepatnya dari sungai Kapuas di Kalimantan Selatan. Ikan ini menjadi salah satu dari jenis ikan Arwana yang paling banyak diminati oleh orang khususnya di Indonesia.

Seperti yang kamu lihat pada gambar ikan ini memiliki warna merah yang terlihat sangat merona dan mengkilat. Hal itu membuat ikan ini terlihat sangat indah ketika berenang. Menariknya lagi, ternyata warna merah pada ikan ini terbagi lagi ke dalam 4 jenis, yakni merah orange, merah darah, merah cabai, merah emas.

Nilai jual ikan ini biasanya berada di kisaran mulai dari Rp 2Jutaan hingga 48 juta, tergantung ukuran, dan varietasnya.

  • Ikan Arwana Black Golden

Harga Ikan Arwana Black Golden/ Sumber: www.tokopedia.com

Perpaduan warna hitam dan emas pada ikan arwana yang satu ini membuatnya terlihat unik dan menawan. Ikan ini biasanya digunakan sebagai penarik yang dipajang di posisi paling depan di tempat-tempat yang menjual ikan hias.

Ikan Arwana Black Golden ini sendiri ditemukan pertama kalinya di Penang Malaysia. Harga ikan Arwana jenis Black Golden ini biasanya mencapai Rp 18 Jutaan, hal itu dipicu oleh keberadaannya yang biasanya terdapat di rawa-rawa sehingga sangat sulit ditemukan.

  • Ikan Arwana Hijau

Harga Ikan Arwana Hijau Sumber: www.ruparupa.com

Ikan Arwana hijau atau yang kerap disebut juga sebagai Golden pino merupakan salah satu jenis arwana yang dikenal dengan keunikannya yaitu pada warnanya yang tampak seperti perpaduam antara hijau, emas, dan kuning cerah.

Tidak hanya di Indonesia saja yang gemar dengan Arwana hijau ini, di Thailand dan Myanmar juga ikan ini sangat banyak diminati. Harga ikan Arwana hijau ini biasanya berada dikisaran Rp 4 Juta / ekor nya.

  • Ikan Arwana Brazil

Harga Ikan Arwana Brazil Sumber: shopee.co.id

Arwana Brazil Silver Arwana ini memiliki sedikit perbedaan diantara ikan Arwana lainnya. Perbedaannya terlihat di bentuk tubuh yang panjang begitu juga dengan sirip nya juga panjang seperti yang terlihat pada gambar. Hal itu membuat ikan ini terlihat sangat elok saat berenang.

Arwana jenis ini ketika dewasa panjangnya bisa mencapai kurang lebih 60 cm. Namun ketika anda memelihara ikan Arwana Brazil ini anda harus membuatnya di aquarium tertutup atau yang lebih besar, karena ikan ini memiliki kemampuan melompat yang tinggi ketika akan menangkap mangsanya. Untuk harga ikan Arwana ini sendiri biasanya berada di kisaran Rp 2Jutaan.

  • Arwana Banjar

Harga Ikan Arwana Banjar/ Sumber: nl.pinterest.com

Ikan Arwana Banjar memiliki ciri dengan warna tubuh yang merah namun tak sepekat warna merah pada ikan Arwana super Red dipadukan dengan warna Orange pada siripnya yang membuat ikan ini terlihat begitu menawan.

Gerakan ikan ini cukup atraktif. Selain itu yang lebih menariknya ikan Arwana banjar ini panjangnya bisa mencapai 90 cm loh teman-teman. Jadi kalau kamu mau memelihara ikan Arwana jenis ini siapkan dulu wadah yang besar ya sobat. Harga ikan Arwana ini biasanya memiliki nilai jual sebesar Rp 2Juta/ ekor.

  • Arwana Papua

Harga Ikan Arwana Papua/ Sumber: rimbakita.com

Sama seperti namanya ikan ini hidup dikawasan perairan Papua dan Australia. Ikan ini memiliki kesamaan dengan ikan Arwana Banjar yang telah dikenalkan sebelumnya, yakni ikan Arwana Papua ini ketika sudah besar panjangnya juga bisa mencapai 90 cm dengan berat 17 kg.

Ikan Arwana Papua ini memiliki ciri dengan warna tubuh yang didominasi oleh kuning keemasan yang tidak terlalu mencolok, dan hitam pada sisiknya serta ekor dan siripnya yang berwana hitam dengan bintik coklat. Anda bisa memiliki ikan ini dengan modal beli seharga 4Juta/ ekornya.

  • Arwana Red Tail Golden

Harga Ikan Arwana Red Tail Golden/ Sumber: www.tokopedia.com

Salah satu Arwana yang berasal dari Pekanbaru, Riau ini dijuluki dengan sebutan si ikan berekor merah. Tubuh ikan ini di dominasi oleh warna keemasan yang tidak terlalu mencolok dan hitam pada punggungnya.

Ikan Red Tail golden ini juga merupakan Arwana yang bisa tumbuh sangat besar dan memiliki gerakan yang aktif, sehingga membutuhkan tempat tinggal yang luas. Harga pasaran ikan ini berada di kisaran 4,5 Juta/ ekornya.

  • Ikan Arwana Platinum

Harga Ikan Arwana Platinum/ Sumber: www.tokopedia.com

Ikan Arwana Platinum merupakan pemegang rekor Arwana tercantik dengan warna yang mengkilap dan tekstur sisik yang halus sekaligus termahal, bahkan tidak hanya di dunia Arwana, ikan ini adalah ikan termahal di Dunia. Memangnya berapa sih harganya?

Dilansir dari beberapa sumber, harga ikan Arwana jenis Platinum ini bisa mencapai 5,5 sampai 6 milyar rupiah/ekornya! Fantastic sekali bukan? Namun, dilihat dari salah satu plat form jual online tokopedia.com mereka menjual ikan ini dengan harga 60 Juta/ekor dengan panjang 50 cm.

Maka jika anda ingin memelihara ikan ini, anda harus merelakan kantong anda terkuras. Selain itu pakan ikan ini juga mahal ya sobat, anda harus menyediakan udang dan jangkrik jika anda ingin membudidayakan ikan ini.

  • Arwana Cross Back Golden

Harga Ikan Arwana Cross Back Golden/ Sumber: kkp.go.id

Disebut sebagai Arwana cross back golden karena varietas ikan ini yang didominasi oleh warna emas yang mencolok. Ikan ini juga kerap disebut sebagai Golden Pahang, Malaysian Gold, Taiping Golden. Arwana jenis ini banyak ditemui di Malaysia.

Untuk masalah harga, ikan ini terbilang cukup mahal juga dengan harga yang di banderol mulai dari 18 Jutaan/ekornya.

  • Black Arwana

Black Arwana/ Sumber: www.cjaquatic.com

Sama seperti namanya, Black Arwana ini memiliki tubuh yang didominasi oleh warna hitam. Arwana dengan nama latin “Osteoglossum Ferreirai” ini berasal dari Amerika serikat.

Black arwana ini sendiri masih satu saudara dengan Arwana Silver namun memiliki nilai jual yang lebih mahal. Hal itu dikarenakan oleh keberadaan ikan ini yang sangat sulit ditemukan, bahkan persediaannya sering mengalami kekosongan di pasaran ikan hias.

Untuk kamu yang tertarik untuk membudidayakan ikan ini, maka kamu harus rela mengeluarkan isi kantong kamu sebesar Rp 2,5-5 Juta sebagai harga / ekor dari Black Arwana ini.

Tabel Harga Ikan Arwana Terlengkap

Berikut ini kami sajikan Harga Ikan Arwana yang kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya untuk memudahkan kamu melihat masing-masing harga ikan Arwana sekaligus menentukan pilihan Arwana jenis apa yang sesuai dengan budget kamu.

Jenis Ikan Arwana Harga 
Arwana Super Red Rp 2.000.000-48.000.000
Arwana Red Tail Golden Rp 4.500.000
Arwana Papua Rp 4.000.000
Arwana Black Golden Rp 18.000.000
Arwana Hijau Rp 4.000.000
Arwana Platinum Rp 60.000.000-5 Milyar
Arwana Brazil Rp 2.000.000
Black Arwana Rp2.500.000-5.000.000
Arwana Cross Back Golden Rp 18.000.000
Arwana Banjar Rp 2.000.000

Cara Merawat Ikan Arwana

Jika kamu tertarik untuk memelihara ikan Arwana, selain mengetahui harga ikan Arwana, tentu kamu juga harus tau bagaimana cara merawat ikan Arwana supaya ikannya cepat besar dan terhindar dari segala penyakit ikan yang berujung pada kematian. “sayang bangat kan guys… kalau uda dibeli mahal-mahal, engga berapa lama dipelihara mati

Cara Merawat Ikan Arwana/ Sumber: www.desain.id

Nah, untuk memudahkan kamu mencapai impian untuk memelihara ikan si pembawa keberuntungan ini, berikut kami sajikan beberapa cara merawat ikan Arwana

  • Menyiapkan Aquarium

Karena ikan Arwana termasuk ke dalam golongan ikan hias yang memiliki ukuran tubuh yang besar ketika sudah dewasa serta pergerakannya yang sangat aktif, maka lebih disarankan sobat memilih aquarium/ wadah yang besar, supaya Arwana anda bisa bergerak dengan leluasa.

Selain itu, kamu juga perlu membuat penutup dari wadah aquariumnya, karena ikan ini yang pada dasarnya merupakan ikan predator memiliki kemampuan melompat yang tinggi untuk menangkap mangsanya.

Sebagai tambahan juga, karena ikan Arwana umumnya merupakan ikan yang memiliki sifat sensitif apabila ada ikan lain yang mengganggu wilayahnya, maka lebih disarankan ikan arwana terpisah sendiri dari ikan lain. Apabila ingin anda satukan dengan ikan lain, maka pilihlah ikan dengan karakteristik tenang, supaya tidak mengganggu kenyamanan Arwana.

  • Memperhatikan Temperature Air

salah satu kesalahan yang sering di abaikan oleh para pemelihara ikan Arwana adalah tidak memperhatikan temperature airnya. Suhu yang efektif untuk ditinggali oleh ikan Arwana yaitu antara 26-30 derajat celcius. Dalam hal ini anda bisa menggunakan termometer air supaya lebih memudahkan kamu dalam melakukan pengecekan suhu air.

Perlu diingat jika ikan ini tidak akan bertahan hidup di air yang terlalu dingin, sehingga masalah temperature air tidak boleh anda lewatkan. Selain itu, perhatikan juga pH air harus berada di antara 5-8 ya guys.

  • Menjaga Kebersihan Aquarium

Ketika kamu memelihara ikan Arwana, pastikan kamu rutin dalam membersihkan aquarium dari sisa makanan serta kotoran ikan. Karena ikan Arwana ini pada umumnya memiliki kotoran yang banyak.

Supaya memudahkan kamu dalam menjaga kebersihan aquarium, kamu bisa menggunakan filter yang bagus untuk menyaring kotoran dan sisa-sisa, sehingga air tidak cepat kotor. Hal ini harus benar-benar anda perhatikan, karena air yang kotor bisa membuat ikan anda terkena virus yang mematikan.

  • Menyesuaikan Pakan Ikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ikan ini merupakan ikan predator di habitat aslinya. Maka anda bisa memilih pelet khusus untuk ikan karnivora dan beberapa makanan hidup lainnya seperti katak, udang, jangkrik, ikan kecil, cacing, dll sebagai makanan tambahan dalam mendukung tumbuh kembang ikan ini supaya lebih cepat besar.

  • Melengkapi Semua Item yang Diperlukan dalam Aquarium

Ketika anda berniat untuk membudidayakan ikan Arwana, pastikan anda melengkapi beberapa item yang diperlukan dalam aquarium untuk mendukung pertumbuhannya. Beberapa item yang dimaksud adalah seperti:

  1. Heather, yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menghangatkan air
  2. Lampu TL/ pencahayaan, dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan ikan dan membentuk warna sisik pada ikan hias. Namun, pastikan cahaya nya tidak terlalu terang karena akan menimbulkan efek panas, yang membuat Arwana anda menjadi tidak nyaman
  3. Aerator, merupakan sebuah mesin penghasil gelembung udara  yang berfungsi untuk membuat air dalam aquarium kaya akan oksigen terlarut yang sangat dibutuhkan ikan untuk dapat bernafas.
  4. Filter, Untuk membersihkan air dari kotoran, serta menghilangkan penumpukan racun amonia dan nitrat yang berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan.
  5. Hiasan aquarium, Meski tidak terlalu dibutuhkan, meletakkan beberapa hiasan dalam aquarium akan menjadikan rumah Arwana anda terlihat lebih aesthetic. Namun perlu diingat, “Hindari penggunaan hiasan aquarium yang terlalu banyak, karna akan membuat ikan anda menjadi tidak bebas bergerak yang bisa berpengaruh pada pertumbuhannya”

Daftar Harga Produk Lainnya :

Penutup

Daftar Harga Ikan Arwana
Daftar Harga Ikan Arwana

Nah, itulah daftar Harga Ikan Arwana beserta beberapa cara perawatannya yang bisa anda jadikan sebagai acuan ketika berencana akan memelihara ikan Arwana. Demikianlah artikel ini kami sajikan untuk sobat semuanya. Terimakasih telah berkunjung ke halaman ini.

Back to top button