Info Harga Burung Jalak Kebo 2024 : Anakan & Dewasa di Pasaran

Sanra Hutagalung

Informasi Harga Burung Jalak Kebo 2024 untuk harga burung kebo anakan biasa sekitar 125 ribu per ekor, sedangkan harga Jalak Kebo Mata Kuning mulai 400 ribu dan Jalak Kebo Mata Putih lebih murah yaitu 300 ribu per ekor.

Bagi kamu yang memiliki hobby dalam memelihara burung kicau seperti burung jalak kebo, tentu saja mencari tahu harga burung Jalak Kebo terlebih dahulu di pasaran. Biasanya burung jalak kebo di pasaran ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Burung jalak kebo sangat banyak dipelihara oleh manusia, karena burung ini merupakan jenis burung kicau yang mudah dijinakkan. Jalak kebo biasanya membuat sarang di lubang-lubang pohon pada ketinggian 2 – 6 meter dari permukaan tanah.

Sekilas Tentang Burung Jalak Kebo

Burung Jalak Kebo

Kerak kerbau (Acridotheres javanicus) atau yang biasa dikenal dengan nama jalak kebo merupakan spesies burung yang hidup berkelompok dan sangat sering bertengger di punggung kerbau. Burung ini menyebar luas di Asia Timur, Asia Tenggara dan Kepulauan Indonesia bagian Barat.

Burung ini memiliki ukuran badan sedang sekitar 25 cm, yang diselimuti oleh bulu berwarna abu-abu tua sedangkan bagian kepala, sayap dan ekor berwarna ungu kehitaman. Postur tubuh burung jalak kebo jantan lebih panjang dibandingkan jalak betina.

Biasanya jalak kebo hinggap di punggung kerbau untuk mencari makan, seperti serangga, kudu dan lalat. Jalak kebo biasanya juga hidup berkelompok sekitar 5 – 8 ekor jalak tiap kelompoknya. Burung jalak kebo terdiri dari 2 jenis, yaitu burung jalak kebo mata putih dan burung jalak kebo mata kuning.

Kebiasaan Burung jalak Kebo

Burung jalak kebo biasanya memilih hidup dalam berkelompok baik besar maupun kecil. Pada umunya, burung jalak besar mencari makan di daerah pemukiman, lahan pertanian dan padang rumput.

Jalak kebo sangat senang bertengger di punggung kerba. Hal tersebut dilakukan untuk mencari makan berupa serangga, kutu maupun lalat. Selain di punggung kerbau, burung jalak kebo juga sangat senang mencari makan di tanah.

Di habitat aslinya, burung jalak kebo banyak terlihat bersarang di dalam lubang-lubang besar yang berada di pepohonan. Biasanya burung jalak kebo juga sangat senang bertengger di pepohonan untuk mencari buah-buahan yang dapat di jadikan makanan.  Umumnya hal tersebut dilakukan secara berkelompok.

Jenis Burung Jalak Kebo

Berikut jenis burung jalak kebo yang paling umum dan sangat sering dipelihara oleh masyarakat Indonesia, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Jalak Kebo Mata Putih

Jalak Kebo Mata Putih

Karakteristik yang paling umum dikenali dari jenis burung jalak kebo bermata putih yaitu memiliki mata putih dan sangat jarang mengeluarkan kicauan. Tetapi jenis burung jalak kebo ini termasuk ke dalam jenis burung yang cenderung sangat mudah untuk diajari berbicara bahasa manusia.

Hal tersebut terbukti dari banyaknya masyarakat yang memelihara burung tersebut. Meskipun pun kata yang dikeluarkan hanya sepatah dua kata dan tidak sefasih burung beo.

  • Jalak Kebo Mata Kuning

Jalak Kebo Mata Kuning

Jika dibandingkan dengan burung jalak kebo bermata putih, jenis burung jalak kebo bermata kuning ini memiliki keunggulan yang sangat bagus untuk dipelihara. Salah satu keunggulan yang paling dikenali yaitu memiliki kicauan yang lebih fasih dan mampu menirukan kicauan burung lainnya.

Selain itu, burung jalak kebo bermata kuning juga cenderung lebih aktif dan sangat jinak. Apabila dipelihara, jenis burung ini sangat menurut akan perkataan tuannya.

Harga Burung Jalak Kebo

Berikut daftar harga burung jalak kebo berdasarkan jenis dan ukurannya, yang dirangkum dari situs resmi Tokopedia, yakni diantaranya sebagai berikut.

Jenis Burung Jalak Kebo Harga Burung Jalak Kebo (Rp)
Jalak Kebo Anakan Rp 150.000
Jalak Kebo Jantan Dewasa Rp 325.000
Jalak Kebo Betina Dewasa Rp 250.000
Jalak Kebo Mata Putih Rp 300.000
Jalak Kebo Mata Kuning Rp 400.000
Jalak Kebo Mata Lolohan Rp 250.000
Jalak Kebo Mata Semi Rp 200.000
Jalak Kebo Gacor Rp 500.000
Jalak Kebo Blorok Sedang Rp 4.000.000
Jalak Kebo Blorok Dewasa Rp 5.000.000

Harga Burung Jalak Kebo Anakan

Jalak Kebo Anakan

Apabila kamu ingin memelihara burung jalak kebo untuk dikembangbiakkan, kamu dapat membeli anakannya terlebi dahulu. Biasanya kisaran harga anak burung jalak sangat bervariasi, tergantung jenis dan berat badan burung jalak kebo yang dipilih. Meskipun demikian, harga burung jalak kebo anakan tersebut tidak jauh berbeda.

Untuk harga burung kebo anakan biasa sekitar 100.000 – 150.000 per ekor, sedangkan untuk jenis burung jalak kebo lolohan anakan yaitu sekitar 350.000 – 450.000 per ekor.

Sebagai informasi tambahan terkait harga burung jalak kebo diatas sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung kebijakan dan penawaran harga yang diberikan oleh penjualnya. Untuk mengetahui harga yang lebih dalam, kamu dapat mengunjungi situs resmi khusus penjual burung jalak kebo atau pergi kelokasi pedagang khusus penjual burung jalak kebo di sekitarmu.

Cara Membedakan Burung Jalak Kebo Betina dan Jantan

Meskipun sangat sulit untuk dibedakan, namun ada ciri dan hal lain yang menjadi pembeda dari keduannya. Salah satu hal paling umum, yang dapat diketahui dari perbedaan burung jalak betina dan jantan yaitu jalak kebo jantan memiliki ukuran kepala yang lebih besar.

Berikut perbedaan lain dari burung jalak kebo betina dan jantan, yakni diantaranya :

  • Burung jalak jantan memiliki bulu-bulu seperti di sisir rapi pada bagian keningnya.
  • Jalak jantan memiliki bulu berwarna hitam pekat, dengan slip putih pada bagian sayap terlihat lebih cerah dan bersih.
  • Jalak betina tidak memiliki jambul di sekitar lubang hidung atau pangkal paruh atas.
  • Jari-jari kaki dan ukuran tubuh pada burung jalak kebo jantan lebih panjang dari pada jalak kebo betina.
  • Jika dibandingkan dengan suara jalak kebo betina, burung jalak jantan memiliki suara yang kebih bervariasi.
  • Jalak kebo jantan memiliki kebiasaan bernyanyi sambil mengembangkan bulu pada bagian kepala serta mengangguk-anggukkan kepalanya.

Artikel Menarik Lainnya : Harga Burung Unta Anakan, Remaja, Hingga Burung Unta Dewasa

Kesimpulan

Harga Burung Jalak Kebo
Harga Burung Jalak Kebo

Demikian daftar harga burung jalak kebo anakan dan dewasa yang dapat di rangkum untuk kamu. Apabila terdapat perbedaan harga dari hasil yang kamu cari, hal tersebut sangatlah sering terjadi. Namun harga burung jalak kebo di tiap wilayah tidak berbeda jauh dari list harga burung jalak kebo diatas. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai ketemu dipembahasan selanjutnya.

Related Post