Promo Top Up Game Termurah­čśŹ
HargaRagam

Info Harga Burung Unta 2023 : Anakan, Remaja, Dewasa

Harga Burung Unta Anakan, Remaja, Hingga Harga Burung Unta Dewasa – Anda tertarik ingin membeli burung unta? sebelum memutuskan untuk membeli ketahui dulu yuk harga burung unta serta cara perawatannya dalam artikel ini.

Banyak orang khususnya orang-orang yang termasuk ke dalam komunitas pecinta burung yang sangat tertarik untuk memelihara unggas hias salah satunya yaitu burung unta.

Burung langka ini merupakan salah satu jenis burung yang masih mempertahankan populasinya dari sejak zaman purba. Harga burung yang terkenal dengan keunikannya ini juga terbilang sangat mahal. Anda penasaran? Ikuti artikel ini ya!

Sekilas Mengenai Burung Unta

Sumber: www.kibrispdr.org

Sebelum anda mengetahui harga burung unta, sebaiknya anda mengenali burung ini terlebih dahulu. Dilansir dari salah satu sumber terpercaya Wikipedia Burung unta merupakan burung yang di klaim sebagai burung terbesar di dunia yang masih hidup dengan ketinggian hingga 2,5 meter.

Burung yang memiliki nama ilmiah “Struthio Camelus” ini berasal dari sabana dan bagian gurun Afrika di utara dan selatan. Jika di beberapa negara seperti Afrika sendiri dan Eropa burung unta ini diternakkan, lain hal nya di Indonesia, sebagaimana telah dikatakan sebelumnya burung unta ini merupakan burung yang langka, di Indonesia burung jenis ini belum terlalu familiar dan hanya sedikit orang yang memilikinya.

Pada umumnya pembudidayaan burung ini dimanfaatkan untuk mengambil bulunya sebagai hiasan, kulitnya sebagai bahan tekstil, dagingnya dijual secara komersial. Selain itu telur unta juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang bisnis.

Ciri khusus burung unta

Seperti yang disebutkan sebelumnya burung unta memiliki fostur tubuh dengan tinggi mencapai hingga 2,5 meter dengan berat mencapai 140 kg. Burung unta di hiasi oleh bulu yang cantik dan lebat di sekujur tubuhnya kecuali bagian kepala, leher dan kaki.

Baca Juga :  14 Menu Masakan Seminggu Murah Meriah Untuk Keluarga

Burung unta ini memiliki leher yang kecil dengan leher yang memiliki panjang sampai 1 meter, leher yang panjang tersebut dapat memudahkan burung unta untuk melihat kesekitarnya, untuk berjaga-jaga jika terdapat musuh diareanya. Berbeda dengan unggas pada umumnya, burung unta ini memiliki jari kaki hanya dua yang berfungsi sebagai alat baginya untuk melindungi dan bela diri.

Keunikan lainnya yang terdapat pada burung unta ini adalah warna bulunya yang dapat mengkasifikasikan jenis kelaminnya. Pada burung unta betina memiliki warna bulu “coklat keabu-abuan” sedangkan pada burung unta jantan memiliki bulu berwarna hitam.

Cara Merawat Burung Unta

Harga Burung Unta Anakan
Harga Burung Unta Anakan

Sebelum anda memutuskan untuk mengorek isi dompet anda untuk membeli burung unta, tentu anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat burung unta, sehingga ketika burungnya sudah anda beli, anda bisa menjamin kelangsungan hidup agar bisa bertahan lama.

Nah, untuk memudahkan kamu, berikut kami tampilkan beberapa cara merawat burung unta yang sudah kami rangkum dan simpulkan dari beberapa sumber terpercaya.

  • Rancangan desain kandang yang tepat

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebagai cara merawat burung unta adalah dimulai dari membuat rancangan desain kandang yang tepat.

Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa burung unta merupakan spesies unggas terbesar. Dengan demikian, apabila anda berniat untuk memelihara burung ini, maka anda harus menyiapkan pekarangan yang luas, yang didalamnya selain terdapat kandang, terdapat juga halaman yang luas sebagai tempat burung-burung tersebut untuk bermain. Ketersediaan area bermain yang memadai dapat menghindari masalah burung yang bisa mengalami stress.

  • Memperhatikan Kebersihan Kandang

Sama seperti unggas lainnya yang populer di budidayakan seperti merak dan kasuari, burung unta ini juga akan lebih nyaman tinggal di tempat/ kandang yang bersih. Kandang yang bersih juga bermanfaat untuk menjaga keindahan bulu burung unta agar tetap terjaga.

Baca Juga :  Update Harga Grooming Kucing Lengkap Terbaru 2023

Untuk memudahkan anda menjaga kebersihan kandang unta, anda bisa membuat kandang yang dilengkapi dengan saluran air, sehingga anda lebih mudah untuk membersihkan kotoran burung.

  • Perhatikan pakan burung unta

Jika poin pertama dan kedua tersebut telah terpenuhi selanjutnya yang perlu untuk anda perhatikan adalah memperhatikan pola makan burung unta.

Pada dasarnya, sesuai dengan ukuran tubuhnya yang raksasa, porsi makan burung unta ini juga tergolong kedalam porsi makan yang super jumbo terlebih untuk burung unta dewasa. Dengan demikian jika anda berniat untuk memelihara burung ini, anda harus royal dalam berbagai segi baik tenaga, waktu, dan juga material yang jumlahnya tidak sedikit.

Untuk burung unta anakan anda bisa memberikan pakan berupa voor dan konsentrat dan beberapa jenis makanan sumber protein lainnya seperti: kacang, kedelai, dan biji-bijian. Sedangkan untuk burung unta dewasa anda bisa menambahkan beberapa jenis makanan seperti jagung, sayur-sayuran ke makanan utamanya yaitu voor dan konsentrat untuk meminimalisir biaya pakan sekaligus supaya porsi makan yang banyak terpenuhi.

  • Pastikan pagar kandang kokoh

Burung unta merupakan jenis burung yang memiliki sifat agresif. Di dukung dengan fostur tubuh yang raksasa burung ini kerap menendang apa saja yang menghalanginya. Maka dengan demikian, hindari membuat kandang burung unta yang terbuat dari material yang mudah goyah seperti kayu, kawat, dll.

Hal ini tidak boleh sampai anda abaikan, karna apabila burung unta lepas kandang maka akan sangat susah untuk anda tangkap kembali, selain itu sangat di khawatirkan juga burung ini bisa melukai orang sekitar karna tendangan dan cakarnya yang sangat kuat.

Untuk itu, agar terhidar dari masalah seperti demikian maka buatlah pagar kandang yang terbuat dari besi yang kuat dengan ketinggian pagar yang melebihi dari tinggi burung.

  • Menyediakan sumber air yang cukup

Harga Burung Unta Dewasa
Sumber: sumsel.idntimes.com

Selain memperhatikan pakan burung, memperhatikan minumnya juga merupakan hal yang tidak boleh anda lewatkan. Pastikan sumber air di kawasan kandang tersedia. Anda bisa membuat kolam-kolam kecil supaya burung unta bebas minum kapan pun ia perlu. Namun perlu anda perhatikan juga, bahwa kebersihan kolam tersebut tidak boleh lepas dari pengawasan anda. Bersihkan setidaknya 3 kali seminggu.

  • Berikan vaksin dan vitamin

Sama seperti layaknya manusia memerlukan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh. Untuk menjamin kelangsungan hidup burung unta agar bertahan hidup lebih lama serta tidak mudah terjangkit virus dan penyakit, maka anda harus memberinya vaksin dan vitamin yang rutin.

Supaya daya tahan tubuh nya lebih terjaga anda bisa memberinya vaksin “6 bulan sekali” dan vitamin “sekali dalam seminggu”. Dengan demikian anda tidak perlu lagi khawatir burung yang anda beli dengan harga mahal ini terjangkit penyakit yang bahkan bisa berujung pada kelangsungan hidup yang tidak tertolong lagi.

Baca juga Harga Sarang Burung Walet 2022 Berat 50GR Hingga 1KG

Harga Burung Unta Anakan dan Burung Unta Dewasa

Harga Burung Unta

Setelah anda mengenali seluk beluk terkait burung unta beserta cara perawatannya, sekarang kami akan menampilkan harga burung unta terlengkap yang bisa anda lihat dan jadikan sebagai pertimbangan dalam menyesuaikan budget. Supaya memudahkan kamu dalam melihat harga burung unta, berikut ini kami tampilkan harga burung unta mulai dari anakan, remaja hingga dewasa yang disajikan dalam bentuk tabel.

Harga Burung Unta Harga (Rp)
Burung unta anakan 1-2 bulan Rp 10.500.000 – 12.500.000
Burung unta anakan 3 bulan Rp 13.500.000 – 15.000.000
Burung unta anakan 1 pasang Rp 23.000.000 – 25.000.000
Burung unta remaja Rp 25.000.000 – 27.000.000
Burung unta dewasa Rp 48.000.000 – 50.000.000

Penutup

Harga Burung Unta Anakan dan Harga Burung Unta Dewasa
Harga Burung Unta Anakan dan Harga Burung Unta Dewasa

Itulah artikel mengenai harga burung unta beserta dengan cara perawatannya yang bisa sobat jadikan sebagai pertimbangan sebelum membelinya. Harga burung unta yang ditampilkan diatas merupakan harga burung unta yang dirangkum dari beberapa sumber terpercaya. Namun perlu diingat bahwa harga burung unta bisa saja mengalami kenaikan maupun penurunan dalam jangka waktu tertentu.

Demikianlah info terkait harga burung unta yang dapat kami bagikan, klik mocipay untuk mengetahui berbagai harga lainnya yang mungkin sedang anda cari.

Selengkapnya
Back to top button