Harga

Harga Burung Cucak Ijo Berdasarkan Jenis dan Prestasi

Harga Burung Cucak Ijo 2023 Berdasarkan Jenis dan Prestasi – Burung cucak ijo termasuk jenis burung yang dirawat untuk sekedar teman ngobrol dan dibawa lomba, karena alasan ini tidak akan heran pecinta kicuan mania berburu mendapatkanya meskipun harga burung cucak ijo tidak bisa dikatakan murah.

Cucak ijo yang masuk dalam kategori burung yang pandai berbunyi dan mengoceh begitu di idolakan, apalagi ketangkasan burung mampu menirukan suara hewan lain dengan nada meledek membuat siapa saja menginginkan satu dari beberapa jenis yang ada di pasaran.

Burung Cucak Ijo
Burung Cucak Ijo

Melihat dari fisik biasanya kita langsung mengenali burung cucak ijo, seperti namanya hampir 80% tubuh burung berwarna hijau mencolok selainya ada perpaduan warna kuning dengan hijau dan paruh berwarna hitam.

Karena keistimewaan warna dan kicauan, burung cucak ijo kerap dijadikan lahan bisnis dengan cara ternak burung dan beberapa membawanya dalam ajang perlombaan. Apabila burung berhasil menjuarai perlombaan mereka bisa saja dijual dengan harga diatas standart.

Tidak hanya itu, jika dilakukan perkawinan antara induk yang pernah menjuarai pertandingan tidak menutup kemungkinan anak burung dijual dengan harga yang tidak murah. Oleh karena itu, anda harus lebih cermat memilih jenis burung, gunakan ulasan berikut untuk mengetahui jenis dan harga burung cucak ijo dipasaran.

Jenis Burung Cucak Ijo yang Biasa Dipelihara

Setidaknya ada lima jenis cucak ijo yang biasa kita jumpai di pasaran. Sebelum beternak, sebaiknya kamu mengetahui beberapa jenis cucak ijo, darisinilah kita kembangkan harga burung cucak ijo untuk tiap jenisnya, tidak perlu berlama-lama berikut jenis burung cucak ijo yang biasa dipelihara :

  • Burung Cucak Ijo Kalimantan

Harga Burung Cucak Ijo Kalimantan
Cucak Ijo Kalimantan

Burung cucak ijo Kalimantan merupakan burung yang habitat aslinya di Kalimantan. Melihat dari fisik burung cucak ijo ini memiliki tubuh yang lebih lurus dan kaku, pada ekor burung jika dibandingkan dengan jenis lain. Kelebihan burung ini pada mental yang tangguh seolah telah mendapatkan latihan yang cukup.

Walaupun demikian, burung cucak ijo kalimantan ini memiliki kicauan yang monoton. Dari segi fisik mungkin terlihat cucak ijo kalimantan mirip dengan produk banyuwangi, hal ini mungkin bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum memeliharanya.

  • Cucak Ijo Sumatera

Burung Cucak Ijo Sumatera
Burung Cucak Ijo Sumatera

Seperti namanya, beberapa jenis burung cucak ijo dinamai berdasarkan habitat asli. Burung cucak produk sumatera juga lebih mudah kita temukan di pasar hewan dengan harga yang variatif..

Sangat mudah untuk membedakan burung cucak ijo sumatera dengan jenis lainya, burung ini biasanya punya psotus tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan cucak ijo banyuwangi dan kalimantan. Bagian kepala burung berwarna kuning, untuk ekor sendiri bervariasi antara waran hijau dan biru.

  • Cucak Ijo Banyuwangi

Cucak ijo Banyuwangi
Cucak ijo Banyuwangi

Selanjutnya burung cucak ijo Banyuwangi, burung terlaris dipasaran karena memili kicauan yang berkualitas membuatnya ditawar dengan harga lebih mahal. Jika ingin memulai usaha ternak burung cucak ijo, sebaiknya pelihara jenis burung ini karena diburu dan menjanjikan.

Warna bulu cucak Banyuwangi lebih tajam, badan melengkung dan lebih besar. Keuntungan lain jenis ini lebih dipercayakan dalam perlombaan karena lebih rensponsif jika dibandingkan cucak ijo yang kita bahas sebelumnya, tak heran harga burung cucak ijo banyuwangi lebih mahal dan mudah ditemukan dipasaran.

  • Cucak Ijo Mini

Seperti namanya, burung ini masuk dalam daftar burung cucak ijo terkecil dengan postur tubuh sepanjang 18 cm. Warna cucak ijo mini lebih gelap jika dibandingkan dengan cucak ijo banyuwangi walaupun demikian jenis ini diyakini memiliki suara nyaring dan merdu oleh sebabnya mereka membutuhkan latihan khusus agar matang dibawa dalam pertandingan.

Untuk pakan cuck ijo mini sebaiknya gunakan voer untuk sumber protein, salah satu sumber protein untuk burung cucak ijo adalah  serangga selebihnya berikan dia makanan buah serta serangga lainya.

  • Cucak Ijo Ranti

Cucaj ij ranti yang lebih dikenal dengan cucak ijo rante merupakan jenis burung terakhir yang biasa kita temukan di pulau Sumatera. Ciri fisik cucak ijo ranti terlihat melalui tubuh yang dominan berwarna hijau terang, memiliki corak berwarna hijau di seitar wajah dan dahi serta kaki yang berwarna abu-abu kebiruan.

Harga Burung Cucak Ijo Tahun 2023

Harga burung Cucak Ijo
Harga burung Cucak Ijo / Sumber: Shopee.co.id

Seperti yang kami sebutkan, harga burung cucak ijo dibedakan berdasarkan usia dan prestasi. Jika burung yang kamu tawar unggul dan pernah menjuarai perlombaan makan harganya akan melambung tinggi, hal ini masuk akal bagi anda pecinta kicauan mania.

Berikut akan kami sajikan harga burung cucak ijo semua jenis yang telah kita bahas diatas, adapun harga ini merupakan perkiraan yang telah kami ulas dari beberapa situs resmi online shop seperti Shopee.co.id dan sumber terpercaya lainya namun tidak akan menutup kemungkinan adanya perbedaan dan perubahan harga sesui ketetapan penjual.

Jenis Burung Cucak Ijo Harga
Cucak Ijo Kalimantan Bakalan Rp 650.000 – Rp 750.000
Cucak Ijo Kalimantan Dewasa Rp750.000 – Rp 1.050.000
Cucak Ijo Kalimantan Prestasi Rp 1.100.000 – Rp 3.000.000
Cucak Ijo Sumatra Dewasa Rp 500.000 – Rp 1.000.000
Cucak Ijo Sumatra Pestasi Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000
Cucak Ijo Banyuwangi Rp 730.000 – Rp 1.050.000
Cucak Ijo Banyuwangi Prestasi Rp 2.500.000 – Rp 5.000.000
Cucak Ijo Mini Rp 245.000 – Rp 350.000
Cucak Ijo Mini Betina Rp 165.000 -Rp 300.000
Cucak Ijo Ranti  Mulai dari Rp 240.000

Lihat juga Harga Kambing Gibas Anakan dan Dewasa

Kesimpulan

Harga Burung Cucak Ijo
Harga Burung Cucak Ijo

Demikian artikel mengenai harga burung cucak ijo berdasarkan usia, jenis dan prestasi. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk pembaca yang ingin memelihara jenis burung ini. Kunjungi Mocipay untuk melihat daftar lain yang mungkin anda butuhkan.

Back to top button