HargaRagam

Harga Kambing Gibas Anakan dan Dewasa

Harga Kambing Gibas– Kambing merupakan hewan yang biasa diternakkan karena memiliki keuntungan besar dan cara ternak yang tidak terlalu sulit. Di Indonesia, ada beberapa jenis kambing yang diternakkan mulai dari kambing etawa, kambing kacang, kambing boer hingga kambing gibas yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Seperti kambing lainya, harga kambing gibas juga bervariasi. Jenis ini akan dibedakan berdasarkan usia dan bobot, lagipula harga akan melonjak ketika memasuki Hari Raya Kurban sehingga kesempatan ini dapat kamu gunakan untuk ternak kambing gibas.

Kambing Gibas

Kambing Gibas
Kambing Gibas

Kambing gibas merupakan salah satu jenis kambing yang banyak dibudidayakan saat ini. Ciri umum kambing ini memiliki bulu yang tebal dan gimbal, karena hal itu banyak yang mengira kambing gibas ini sama dengan domba.

Di Indonesia, kambing ini banyak ditemukan di Pula Jawa, dan masuk dalam kategori hewan yang mudah diternakkan dengan keuntungan tinggi. Menurut peternak, kambing ini menyesuaikan dengan iklim dan mampu beranak sepanjang tahun. Untuk bobot kambing dibedakan berdasarkan jenis dan usia, di usia matang kambing ini memiliki berat berkisar 20-70 kg/ekor.

Jenis Kambing Gibas yang Dibudidayakan di Indonesia

Secara umum, kambing gibas akan terlihat sama berdasarkan warna. Diketahui ternyata ada dua jenis kambing yang dibedakan berdasarkan bulu ekornya, dari sinilah kita mengetahui perbedaan bobot serta pertumbuhan kambing tersebut.

  •  Kambing Gibas Ekor Tipis

Harga Kambing Gibas Ekor Tipis
Kambing Gibas Ekor Tipis / Sumber: rumahternak21.blogspot.com

Jenis kambing gibas ekor tipis salah satu kambing yang banyak diternakkan di Pulau Jawa. Memiliki ciri fisik badan mungil, kecil serta pertumbuhan yang relatif lambat yang berpengaruh kepada perolehan daging yang lebih sedikit.

Bobot kambing gibas jantan berkisar 30-40 kg, sedangkan untuk kambing betina sekitar 20-30 kg. Ekor kambing gibas yang tipis memiliki panjang 20 cm dengan ketebalan sekitar 3 cm. Walaupun mereka masuk dalam kategori ternak budidaya asli Indonesia, jenis kambing ini masih belum banyak diperjualbelikan karena pertumbuhan yang lambat.

Lihat juga Harga Kain Flanel Per Lembar dan Per Meter

  • Kambing Gibas Ekor Gemuk

Harga Kambing Gibas Ekor Gemuk
Kambing Gibas Ekor Gemuk / Sumber: kandangkondang.id

Berikutnya adalah kambing gibas ekor tebal seperti gambar diatas, memiliki 14 ruas tulang ekor dan bobot lebih padat dibandingkan dengan kambing gibas ekor tipis. Ciri khas kambing ini memiliki ekor tebal, gimbal dan kasar terlihat gumpalan sebagai cadangan lemak kambing.

Populasi kambing ini banyak ditemukan di daerah Madura. Kambing gibas ekor gemuk jantan memiliki berat sekitar 50-70 kg sedangkan betinanya diantara 30-40 kg. Dengan bobot yang berbeda diketahui pertumbuhan kambing ini lebih cepat jika dibandingkan dengan kambing gibas ekor kecil sehingga pertenak lebih tertarik memeliharanya. Selain pertumbuhan cepat, bobot kambing seacara langsung mendukung usaha.

Daftar Harga Kambing Gibas Terbaru

Bicara tentang harga kambing gibas, dari dua jenis diatas tidak ada pembeda yang signifikan karena mereka dijual berdasarkan perkiraan bobot dan usia. Selain itu, jenis kambing ini biasanya dijual per-ekor ketika Hari Raya Kurban, berikut harga kambing gibas yang kami rangkum dari beberapa sumber, salah satunya situs resmi olx.co.id dan kami sajikan dalam bentuk tabel.

Jenis  Kambing Usia Harga
kambing gibas jantan anakan 3-6 bulan Rp 700.000 – Rp 1.200.000
kambing gibas jantan 6-7 bulan Rp 1.200.000 – Rp 1.500.000
Kambing gibas jantan 8-12 bulan Rp 1.600.000 – Rp 1.800.000
Kambing gibas jantan 1-2 tahun Rp 2.400.000 – Rp 2.500.000
Kambing gibas betina anakan 3-6 bulan Rp 500.000 – Rp 1.050.000
Kambing gibas betina 6-7 bulan Rp 1.050.000 – Rp 1.250.000
Kambing gibas betina 8-12 bulan Rp 1.400.000 – Rp 1.500.000
Kambing gibas betina 1-2 tahun Rp 2.200.000 – Rp 2.400.000

Harga kambing gibas ditas diperoleh dari beberapa sumber, namun tidak menutup kemungkinan adanya perubahan maupun perbedaan harga di lokasi tertentu. Mengingat jenis ini banyak diternakkan di daerah Jawa, sehingga harga beli dipasaran jawa akan relatif murah.

Oleh sebab itu, harga diatas tidak terikat dan harga kambing gibas bergantung terhadap keputusan penjual. Silahkan lakukan konfirmasi langsung kepada penjual untuk mendapatkan harga yang akurat.

Bagaimana Cara Ternak Kambing Gibas?

Seperti yang kami sebutkan diatas, untuk beternak kambing gibas tidak terlalu sulit, mengingat daftar harga kambing gibas diatas, kamu tentunya tertarik mencoba peruntungan dibidang ini. Simak poin penting dalam ternak kambing gibas berikut :

  • Pemilihan Bibit

Bibit kambing yang baik merupakan pondasi utama untuk hasil panen kemudian. Sebagai pemula pilihlah bibit yng berkualitas dan sehat. Bagaimana cara melihat kambing yang sehat? mudah ya sobat, anakan kambing yang gemuk, bersih dan tidak memiliki ciri fisik cacatadalah dasar untuk memilihnya. Perhitungkan juga untuk memilih kambing berusia enam bulan, di usia tersebut kambing sangat idel untuk dipelihara.

  • Lahan & Kandang

Lahan dan kandang merupakan salah satu poin penting dalam beternak. Untuk lahan kandang, pilihlah hana yang tenang dan jauh dari kebisingan agar kambing tidak stress dan mempengaruhi nafsu makan, selain itu carilah lahan yang memiliki pencahayaan yang cukup.

Jika sudah mendapatkan lahan, bangulah kandang yang terkoleksi. Dikatakan terkoleksi agar kandang kambing dpat digunakan dalam jangka lama. Kandang panggung merupakan ide yang cocok untuk untuk kamu gunakan.

  • Pakan

Dalam pemberian pakan kambing, usahakan untuk memberikan makanan daunan hijau, konsentrat dan fermentasi. Tidak perlu khawatir, karena kambing memiliki pencernaan yang kompleks membuatnya dapat mencerna makanan sebagai sumber utama energi. Jika kamu kesulitan mendapatkan makanan hijau, buatlah pakan fermentasidari limbah pertanian yang ada disekitarmu.

  • Perawatan dan Perkembangbiakan

Walaupun harga kambing gibas cukup menguras kantong, ternyata kamu juga harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk perawatanya. Selain memberikan makanan yang teratur, sebaiknya berikan suplemen pada pakanya. Selain itu, perhatikan kebersihan kambing maupun kandang, mulai dari memandikan sampai mencukur bulu kambing.

Untuk perkembangbiakan kambing, usia kambing jantan sekitar 1 tahun dan betina sekita 10-12 bulan. Ciri khas kambing akan merasa gelisah dan kelamin membengkak, lakukan proses perkawinan sesegera mungkin.

Informasi harga terbaru lainnya : Harga Papan Kayu Jati, Meranti, Kamper

Penutup

Harga Kambing Gibas
Harga Kambing Gibas

Itulah penjelasan terkait harga kambing gibas, bersamaan denganya kami sajikan jenis dan cara ternak kambing dengan tepat, semoga informasi diatas bermanfaat.

Back to top button