Tutorial

5 Cara Agar Pemilik WiFi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Gelisah karena takut riwayat penelusuran internet kalian diketahui orang lain? Tenang, karena sudah ada cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya disini.

Ya, tanpa disadari sering kali kita lupa bahwa mengakses akun pribadi yang berisi informasi penting menggunakan koneksi wifi merupakan tindakan berbahaya. Tindakan tersebut tidak bisa diremehkan karena dapat mengakibatkan pencurian data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Namun setelah melihat artikel ini kalian akan menemukan beberapa cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya serta tips aman yang bisa dicoba saat ingin login ke wifi Publik.

Pentingnya Privasi Penggunaan Wifi

Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya
Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Privasi merupakan hak setiap orang untuk tidak ingin diketahui oleh orang banyak, begitu juga dengan  riwayat penggunaan wifi. Wajar saja jika kita tidak ingin orang lain mengetahui informasi pribadi kita, apalagi ketika saat login ke koneksi internet ada banyak aktivitas online yang kita lakukan.

Mulai dari bersosial media, mengakses mobile banking, atau bahkan situs-situs yang berkaitan dengan pekerjaan pribadi. Tentu ada saja data pribadi yang tidak boleh diketahui orang lain.

Nah, jika kalian ingin menjaga privasi saat sedang terhubung ke wifi orang lain, maka kalian wajib mengambil beberapa langkah berikut agar pemilik wifi yang kalian sambung kan tidak bisa melakukan penelusuran terhadap riwayat aktivitas online kalian.

Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya
Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Diera digital saat ini ada banyak aktivitas yang dilakukan secara online. Secara tidak langsung aktivitas tersebut juga menyimpan beberapa informasi pribadi kita yang tidak boleh diketahui oleh orang lain.

Tentu untuk mengakses informasi tersebut kita harus lebih waspada apalagi jika sedang menggunakan fasilitas umum seperti wifi. Nah, bagi kalian yang ingin tahu cara agar pemilik wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya, bisa simak dibawah ini.

Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

VPN merupakan layanan yang memungkinkan penggunanya menjelajahi internet menggunakan koneksi internet yang sudah aman dan terenkripsi sehingga dapat menjaga informasi pribadi yang diakses nantinya. Layanan ini bisa diandalkan sebagai cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya.

Baca Juga :  9 Cara mengirim Chip Higgs Domino Di iPhone 2022

Ada banyak jenis VPN yang bisa kalian gunakan, namun pastikan untuk memilih VPN terpercaya untuk menjamin keamanan data-data kalian nantinya. Untuk mengaktifkan VPN pada perangkat kalian, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Download layanan VPN yang menurut kalian aman digunakan, seperti NordVPN, ExpressVPN, atau CyberGhost
  • Kemudian pasang aplikasi, lalu ikuti petunjuk untuk membuat akun pengguna
  • Setelah masuk, ke aplikasi VPN, kalian akan melihat daftar server yang tersedia dari berbagai lokasi diseluruh dunia. Pilih server yang diinginkan, biasanya disarankan untuk memilih server terdekat untuk kecepatan koneksi yang optimal.
  • Aktifkan koneksi VPN dengan menekan tombol “Connect” atau sejenisnya di aplikasi VPN.
  • Apabila koneksi sudah terhubung, VPN akan membuat jembatan aman antara perangkat kalian dan internet. Semua data yang dikirim dan diterima akan di enkripsi, dengan begitu semua data akan aman.

Selain menjaga keamanan data saat terkoneksi dengan wifi, cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya melalui VPN juga memungkinkan kalian mengakses konten yang dibatasi dan memberi keamanan saat terhubung ke jaringan WiFi publik yang tidak terpercaya.

Menggunakan Mode Incognito

Menggunakan mode Incognito atau dikenal dengan “Private Browsing Mode” pada perangkat termasuk solusi efektif sebagai cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya. Mode ini akan membantu mencegah penyimpanan riwayat browsing, atau data penggunaan lainnya.

Dengan menggunakan mode ini, kalian juga bisa menghindari cookies yang ditawarkan saat menjelajahi sebuah website. Berikut cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya melalui mode Incognito :

  • Silahkan masuk ke browser pada perangkat kalian
  • Jika kalian menggunakan perangkat komputer silahkan buka icon titik tiga yang ada di sudut kanan atas.
  • Kemudian opsi “New Incognito Window” (Jendela Baru Mode Incognito) atau jendela samaran baru
  • Klik pada opsi tersebut, dan jendela browser baru akan muncul dengan tanda atau ikon khusus yang menandakan bahwa kalian sedang  dalam mode penjelajahan privat.

Kini, kalian sudah bisa menggunakan jendela mode privat ini untuk melakukan penelusuran internet menggunakan wifi tanpa khawatir riwayat aktivitas online diketahui pemilik wifi. Meskipun begitu, cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya melalui mode Incognito hanya berfungsi melindungi riwayat penggunaan orang yang menggunakan perangkat yang sama yah sobat..

Menggunakan Aplikasi atau Ekstensi Anti-Tracking

Cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya selanjutnya bisa diatasi menggunakan aplikasi atau ekstensi anti-tracking. Aplikasi dan ekstensi ini membantu mencegah pelacakan online serta melindungi informasi pribadi kalian dari hacker atau orang- orang yang menginginkan informasi pribadi kalian.

Baca Juga :  5 Cara Konsultasi Dokter Via Whatsapp Gratis

Berikut cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya melalui aplikasi dan ekstensi anti-tracking:

  • Pilih aplikasi atau ekstensi anti-tracking yang terpercaya dan sesuai dengan perangkat yang kalian gunakan.
  • Selanjutnya kunjungi situs web resmi aplikasi atau ekstensi yang sudah dipilih seperti Ghostery, Privacy Badger, dan Disconnect.
  • Lalu downlaod aplikasi atau ekstensi sesuai petunjuk aplikasi
  • Aktifkan aplikasi atau ekstensi anti-tracking di pengaturan atau menu ekstensi browser kalian.
  • Aplikasi atau ekstensi anti-tracking akan secara otomatis memblokir pelacakan dan melindungi privasi kalian saat menjelajahi internet.

Cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya melalui aplikasi dan ekstensi anti-tracking cukup membantu penggunanya untuk melindungi informasi pribadi saat sedang menggunakan jaringan wifi orang lain.

Menghapus Riwayat Pencarian

Selain menggunakan menggunakan bantuan pihak ketiga ataupun mode privat pada browser, ternyata cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya juga bisa dilakukan dengan menghapus riwayat pencarian. Cara ini memang tidak se efektif cara-cara sebelumnya, namun cukup membantu mengurangi jejak digital yang kalian lakukan saat menggunakan wifi.

Berikut langkah-langkah menghapus riwayat pencarian yang bisa dicoba sebagai cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya :

  • Silahkan masuk browser Google Chrome di perangkat kalian.
  • Klik ikon titik tiga yang terletak disudut kanan atas jendela browser.
  • Kemudian kalian akan melihat beberapa opsi yang muncul, klik opsi Riwayat atau History
  • Pada halaman Riwayat, akan muncul daftar aktivitas browsing yang tersimpan.
  • Klik opsi Clear browsing data (Hapus data penjelajahan).
  • Pada jendela “Clear browsing data”, pilih rentang waktu yang ingin kalian hapus
  • Pilih jenis data yang ingin dihapus, seperti riwayat penjelajahan, cookie, cache, dan lain-lain.
  • Klik tombol “Clear data” (Hapus data) untuk menghapus riwayat pencarian dan aktivitas browsing.

Lakukan penghapusan riwayat pencarian setelah kalian selesai menggunakan koneksi wifi. Penerapan cara ini tidak sepenuhnya membuat data penelusuran internet kalian aman, Namun untuk menghindari orang awam yang hanya iseng ingin tahu, bisa dikatakan cukup membantu.

Menggunakan Aplikasi Tor Browser Android

Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya
Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Terakhir, cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya yaitu dengan menggunakan Tor Browser Android. Aplikasi ini sudah ter enkripsi dengan sangat aman dari penelusuran internet setiap orang yang menggunakannya.

Tor Browser bekerja dengan cara memantulkan setiap riwayat pengguna Android kepada seluruh pengguna Internet di dunia. Dengan begitu akan sulit bagi pemilik WiFi mengetahui Riwayat pengguna Android yang menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu Tor Browser juga sangat mudah digunakan karena memiliki tampilan yang cukup sederhana.

Tips Aman Terhubung Ke Wifi Publik

Wifi publik merupakan jaringan nirkabel yang dimanfaatkan banyak orang untuk terhubung dengan internet. Jika wifi yang di sambung kan tidak aman maka berpotensi mengalami pencurian data oleh pengguna.

Baca Juga :  10 Cara Menggunakan Aplikasi Bibit Untuk Pemula Berinvestasi

Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa tips yang harus diperhatikan agar saat terhubung dengan wifi publik keamanan data pribadi tetap terjaga.

Menyambungkan Wifi Secara Mandiri

Saat ingin menyambung kan perangkat yang kamu gunakan ke wifi publik usahakan untuk melakukannya sendiri secara manual.

Pastikan bahwa untuk mengklik pilihan “lupa jaringan” atau “forget network” setelah menggunakan wifi publik tersebut untuk menghindari pengambilan informasi perangkat saat kalian kembali ke tempat tersebut.

Sebaliknya, jika kalian membagikan koneksi internet ke perangkat lain (HostPot) pastikan untuk menon-aktifkan nya langsung apabila sudah tidak digunakan lagi. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir tindak kejahatan oleh hacker melalui jaringan internet.

Aktifkan Firewall dan Antivirus

Firewall merupakan sistem keamanan jaringan yang memonitor lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar. sistem ini dapat membantu mencegah pengguna lokal yang tidak diinginkan untuk mengintip ke perangkat kalian.

Untuk menemukan sistem Firewall dapat kalian lakukan dengan cara masuk ke Windows, lalu buka Control Panel> System and Security. Di bawah System and Security kalian akan menemukan Firewall, lalu Aktifkan.

Jika kalian merasa sering terhubung ke wifi publik, untuk menjaga keamanan data sebaiknya memiliki antivirus tambahan pada perangkat. Hal ini bertujuan untuk melindungi perangkat dari praktik penyalahgunaan oleh hacker.

Hindari Mengakses Informasi Sensitif

Tanpa disadari kita mungkin menggunakan Jaringan wifi membuka semua akun pribadi yang diperlukan saat itu juga seperti transaksi perbankan online, mengakses akun kartu kredit, bahkan email. Dimana semua aktivitas tersebut merupakan aktivitas yang berhubungan dengan informasi sensitif pribadi kalian.

Kenyataannya, untuk melindungi privasi dari penggunaan koneksi jaringan yang terhubung ke akun orang kalian tidak boleh membuka informasi sensitif tersebut.

Perhatikan Nama Jaringan WiFi

Apakah kalian pernah melihat nama jaringan wifi yang hampir sama di satu wilayah ?? Jika ya, harap berhati-hati karena para hacker bisa saja membuat koneksi jebakan untuk mendapat informasi yang diinginkan. Apalagi jika koneksi tersebut bisa diakses secara otomatis tanpa harus login manual dulu.

Perhatikan HTTPS

Perhatikan bahwa halaman web yang kalian kunjungi harus ter enkripsi https. kalian dapat mengetahui bahwa situs tersebut termasuk https pada address bar URL atau dengan melihat ada tanda gembok keamanan.

Situs dengan https menunjukkan bahwa halaman web tersebut memiliki beberapa sertifikat digital yang valid bahkan sampai ke titik enkripsi SSL / TLS yang akan meminimalisir Man-in-the-Middle Attack (MITM) terjadi.

Mematikan Lokasi Handphone

Apabila kalian menggunakan perangkat Handphone untuk terhubung ke koneksi wifi, maka tips aman terakhir yang bisa kalian coba ialah mematikan lokasi handphone. Dengan tips ini, website yang kalian akses tidak bisa membaca posisi kalian saat mengakses sebuah browser.

Penutup

Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya
Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Itulah beberapa cara agar pemilik Wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya yang wajib kalian coba untuk melindungi informasi pribadi saat sedang menggunakan wifi. Jadilah bijak, jangan meremehkan rawan nya kebocoran informasi yang bisa menyebabkan kerugian sepihak.

Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan sampai jumpai dipembahasan berikutnya.

Back to top button