Tutorial

7 Cara Cek Golongan Darah di HP Secara Online dengan Mudah

Saat ini sudah ada banyak cara cek golongan darah di HP yang bisa dilakukan oleh semua pengguna smartphone tanpa harus datang ke rumah sakit terlebih dahulu. Tentu ini sangat berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, di mana aktivitas cek golongan darah hanya bisa dilakukan dengan datang ke rumah sakit atau klinik terdekat.

Golongan darah merupakan jenis darah seseorang yang dibedakan menurut jenis antigen dan antibodi dalam darahnya, sehingga orang-orang perlu mengetahui golongan darahnya masing-masing. Dengan mengetahui jenis golongan darah, orang-orang bisa lebih mudah dalam mendapatkan donor darah saat terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Untuk itu, bagi orang-orang yang belum pernah cek golongan darah di rumah sakit, mereka bisa mencoba salah satu cara cek golongan darah di HP yang akan kami bahas di artikel ini. Lebih lengkapnya, simak artikel ini dari awal hingga akhir!

Cara Cek Golongan Darah di HP dengan Hasil yang Akurat

Cara Cek Golongan Darah di HP dengan Hasil yang Akurat
Cara Cek Golongan Darah di HP dengan Hasil yang Akurat

Umumnya, orang tua akan langsung mengecek golongan darah anaknya saat buah hati masih kecil. Namun, ada juga beberapa orang tua yang lupa untuk melakukan aktivitas ini, sehingga anak-anaknya kurang tahu jenis golongan darahnya sampai mereka besar. Dalam hal ini, orang-orang yang belum tahu golongan darahnya jenis apa, mereka bisa mengeceknya melalui suatu aplikasi tertentu.

Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang bisa dijadikan sebagai cara cek golongan darah di HP dengan hasil yang akurat dan bisa digunakan secara gratis. Untuk mengetahui apa saja nama-nama aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek golongan darah secara gratis, berikut kami bagikan informasi lengkapnya:

  • Blood Group Detector

    Blood Group Detector
    Blood Group Detector

Tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang belum sempat mengecek golongan darahnya, tapi aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang takut jarum suntik. Sebab, selama proses pengecekan golongan darah menggunakan aplikasi ini, tidak ada jarum suntik satu pun yang akan dipakai dalam proses tersebut.

Blood Group Detector termasuk salah satu aplikasi untuk mengecek golongan darah yang akurat, sehingga tidak mengherankan jika jumlah penggunanya terus meningkat di setiap waktu. Sementara itu, untuk cara menggunakan aplikasi ini sendiri adalah:

  1. Pastikan aplikasi Blood Group Detector sudah terpasang di perangkat Anda. Jika belum, download terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  2. Kemudian, pilih jenis kelamin yang sesuai dan pindai sidik jari secara tepat.
  3. Tunggu selama beberapa saat sampai sistem berhasil memindai sidik jari Anda.
  4. Tak lama setelah itu, sistem aplikasi akan menampilkan hasil golongan darah yang sesuai dengan sidik jari tersebut.
  5. Ingat hasil golongan darah tersebut dengan baik, agar ketika terjadi suatu hal yang mengharuskan Anda untuk donor darah, hal ini bisa dilakukan secara lebih mudah.
  • BloodType

    BloodType
    BloodType

Hanya dengan melihat dari namanya saja, orang-orang pasti sudah tahu bahwa aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara cek golongan darah di HP yang mudah. Berbagai fitur yang ada di aplikasi ini juga bisa dipakai secara gratis, sehingga pengguna tidak perlu berlangganan ke fitur premium terlebih dahulu.

Baca Juga :  Top Up Saldo Mocipay dengan Metode Transfer Bank

Cukup berbeda dengan aplikasi yang sebelumnya, untuk mengecek golongan darah dengan menggunakan BloodType, Anda harus mengisi beberapa data diri terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mudah untuk mengecek golongan darah melalui BloodType:

  1. Unduh dan pasang aplikasinya melalui Google Play Store, dan perlu diketahui bahwa aplikasi ini juga bisa digunakan tanpa menggunakan jaringan internet sekalipun.
  2. Kemudian, layar akan menampilkan beberapa kolom formulir yang berisi data-data seperti nama, usia, dan jenis kelamin. Isi semua bagian ini secara tepat.
  3. Tak lama setelah itu, sistem akan bekerja dan menampilkan hasil golongan darah yang akurat.
  • Cek Golongan Darah

Jika membahas tentang aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek golongan darah di HP, maka kita tidak boleh melewatkan aplikasi yang satu ini. Ya, aplikasi yang bernama Cek Golongan Darah ini sudah sering digunakan oleh banyak orang sebagai cara cek golongan darah di HP yang paling mudah.

Bagaimana tidak? Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengguna lebih mudah dalam mengaksesnya dan mengecek golongan darahnya masing-masing. Nantinya, proses pengecekan golongan darah bisa langsung dilakukan setelah mengikuti beberapa tahapan yang ada di bawah ini:

  1. Pastikan aplikasi Cek Golongan Darah sudah terpasang di perangkat yang akan dipakai.
  2. Kemudian, ikuti instruksi yang muncul di layar perangkat untuk masuk ke tahapan berikutnya.
  3. Isi data-data yang dibutuhkan dengan benar dan sistem dapat langsung melakukan pengecekan golongan darah.
  4. Beberapa detik kemudian, hasil golongan darah dapat terlihat dan harus selalu diingat.
  • Blood Connection – Blood Type & Blood Test

Cara cek golongan darah di HP selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama Blood Connection – Blood Type & Blood Test. Aplikasi yang baru dirilis pada tahun 2020 ini memiliki ukuran yang cukup kecil, sehingga tidak akan memakan ruang penyimpanan yang terlalu besar.

Bahkan, aplikasi ini juga dapat mengetahui golongan darah berdasarkan gen sifat dari masing-masing jenis golongan darah A, B, dan O, karena perhitungan yang dimilikinya dikatakan sangat akurat. Lalu, bagaimana cara cek golongan darah di HP dengan menggunakan aplikasi Blood Connection – Blood Type & Blood Test? Berikut tahapan-tahapan nya:

  1. Bagi orang-orang yang belum memiliki aplikasi ini dalam perangkatnya, mereka bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  2. Setelah itu, isi semua data yang dibutuhkan untuk proses pengecekan golongan darah yang akurat.
  3. Jika semua data sudah diisi dengan benar, maka sistem dapat langsung melakukan pengecekan secara akurat.
  4. Nantinya, aplikasi ini juga bisa menampilkan informasi lain yang berkaitan dengan hasil golongan darah tersebut.
Baca Juga :  15+ Cara Mendapatkan Uang Dari Telegram Dengan Mudah dan Terbukti Membayar

Baca Juga: 10 Inspirasi Gapura Bambu Minimalis, Unik dan Sederhana

  • Blood Type Calculator

    Blood Type Calculator
    Blood Type Calculator

Masih belum yakin dengan beberapa cara cek golongan darah di HP sebelumnya? Maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini, karena aplikasi Blood Type Calculator sudah didukung dengan berbagai fitur yang cukup lengkap. Mulai dari kalkulator Rh, kalkulator golongan darah, hingga fitur untuk mengetahui jenis makanan apa yang cocok dengan masing-masing golongan darah tersedia di dalam aplikasi ini.

Untuk menikmati segala fitur yang ada di aplikasi ini, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun, karena semua fitur tersedia secara gratis. Bahkan, aplikasi ini juga dapat memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk mengetahui tentang jenis-jenis penyakit berdasarkan golongan darah. Maka dari itu, segera cek golongan darah Anda di sini dengan menggunakan cara:

  1. Pertama-tama, unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi Blood Type Calculator ke perangkat yang mendukung.
  2. Kemudian, lakukan proses pengecekan golongan darah dengan memasukkan data-data yang dibutuhkan seperti nama, usia, dan jenis kelamin.
  3. Tunggu sampai hasil golongan darah muncul di layar perangkat, kemudian aplikasi ini juga akan menghitung Rh dari masing-masing golongan darah.
  • Personality Test: Blood Group

    Personality Test: Blood Group
    Personality Test: Blood Group

Salah satu alasan mengapa orang-orang ingin tahu bagaimana cara cek golongan darah di HP yang mudah adalah, karena mereka ingin mencari tahu karakternya yang sesuai dengan golongan darahnya tersebut. Dalam hal ini, aplikasi Personality Test: Blood Group bisa menjadi alternatif terbaik untuk memenuhi keinginan tersebut.

Di dalam aplikasi ini akan tersedia penjelasan lengkap terkait kepribadian dari masing-masing golongan darah, baik untuk kaum wanita maupun pria. Namun, berbeda dengan beberapa aplikasi sebelumnya, Personality Test: Blood Group memiliki ukuran yang cukup besar. Jika perangkat Anda masih cukup untuk memasang aplikasi ini, maka segera ikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Unduh aplikasi Personality Test: Blood Group di Google Play Store, lalu tunggu sampai proses pemasangan berhasil dilakukan.
  2. Buka aplikasinya dan ikuti instruksi yang muncul di layar perangkat.
  3. Isi semua data yang dibutuhkan seperti nama lengkap, usia, dan jenis kelamin dari masing-masing pengguna.
  4. Kemudian, sistem dapat langsung melakukan pengecekan golongan darah berdasarkan data tersebut.
  • Cara Cek Golongan Darah

Meski sudah dirilis sejak tahun 2020, tapi aplikasi ini baru diperbarui pada tahun 2022. Jadi, tak heran jika fitur-fitur yang ada di dalamnya masih sangat layak untuk dipakai. Dapat dilihat dari namanya, aplikasi ini akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai cara cek golongan darah di HP yang cukup mudah.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Siapa yang Save Nomor Kita di Getcontact Terbaru 2024

Tidak hanya itu, menariknya aplikasi ini tak hanya bisa dipakai secara online, tapi juga bisa dipakai dalam kondisi offline. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin melakukan cara cek golongan darah di HP namun tidak memiliki jaringan internet yang stabil. Untuk bisa mengecek golongan darah melalui aplikasi ini, tahapan nya adalah sebagai berikut:

  1. Cari aplikasinya di Google Play Store, lalu unduh dan tunggu sampai proses pemasangan aplikasi berhasil dilakukan.
  2. Masukkan data-data yang muncul di layar perangkat dengan benar, agar sistem bisa memberikan hasil golongan darah yang akurat.
  3. Tunggu sampai layar menampilkan hasil golongan darah yang akurat, lalu Anda bisa mengingatnya untuk kebutuhan di masa depan.

Cara Mengetahui Golongan Darah Tanpa Tes

Selain cara cek golongan darah di HP, Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengetahui golongan darah tanpa mengikuti sebuah tes tertentu. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui golongan darah tanpa tes, yaitu:

  • Melihat dari Golongan Darah Orang Tua

Orang tua yang memiliki golongan darah A dan B akan memberikan kemungkinan yang lebih besar untuk memiliki anak dengan golongan darah A, B, O, atau AB. Sedangkan orang tua yang golongan darahnya A dan A, kemungkinan akan memiliki anak dengan golongan darah O atau A. Hal-hal seperti ini harus diketahui untuk mencari tahu golongan darah seorang anak.

  • Melihat dari Kondisi Fisik

Tak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya mereka bisa mengetahui golongan darahnya dengan melihat kondisi fisiknya masing-masing. Sebagai contoh, orang dengan golongan darah A biasanya memiliki kulit yang pori-pori nya kecil dan tekstur nya lebih halus. Hal ini berbeda dengan orang bergolongan darah B yang cenderung memiliki lapisan kulit lebih tipis.

  • Melihat dari Daya Tahan Tubuh

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengetahui golongan darah tanpa tes adalah dengan melihat daya tahan tubuhnya masing-masing. Orang dengan golongan darah O dan B biasanya memiliki daya tahan tubuh yang lebih bagus dibanding golongan darah A. Sebab, golongan darah A dikatakan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit ringan.

Cara Cek Golongan Darah di HP
Cara Cek Golongan Darah di HP
Cara Keterangan
Aplikasi Pihak Ketiga Cari aplikasi “Cek Golongan Darah” atau sejenisnya, dan ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut.
Pemeriksaan Online Buka peramban web di perangkat seluler Anda dan cari situs web yang dapat membantu Anda menentukan golongan darah Anda dengan mengisi informasi yang diperlukan.
Hubungi Pusat Kesehatan Jika Anda tidak yakin tentang golongan darah Anda dan ingin memeriksa golongan darah yang sebenarnya, Anda bisa menghubungi pusat kesehatan.
Tes Darah di Laboratorium Jika Anda ingin hasil yang akurat dan sah secara medis, Anda harus menjalani tes darah di laboratorium medis atau fasilitas kesehatan yang sesuai.

Semua orang diwajibkan untuk mengecek dan mengetahui golongan darahnya masing-masing, agar ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, mereka bisa langsung mendapat donor darah yang sesuai. Maka dari itu, pahami setiap cara cek golongan darah di HP pada artikel ini, sehingga Anda tidak perlu datang ke rumah sakit.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button