Koleksi Gambar

10 Inspirasi Gapura Bambu Minimalis, Unik dan Sederhana

Umumnya pendirian gapura menggunakan baja ringan sebagai material utama, seiring perkembangan zaman gapura bambu minimalis sudah mulai diminati masyarakat karena lebih praktis dan material lebih terjangkau.

Selain itu bambu merupakan jenis kayu yang bisa tumbuh memanjang sampai beberapa meter dan lentur sehingga lebih sering dijadikan opsi untuk mendirikan sebuah gapura.

Apa Itu Gapura?

Dilansir dari Wikipedia gapura adalah bangunan berupa pintu masuk atau gerbang ke suatu kawasan. Gapura dapat dijumpai di pura dan tempat suci hindu, karena gapura merupakan unsur penting dalam arsitektur hindu. Selain itu, gapura dapat digunakan sebagai pintu masuk suatu daerah.

Gapura juga sering diartikan sebagai pintu gerbang. Dalam bidang arsitektur gapura sering disebut dengan entrance, tetapi entrence itu sendiri tidak bisa diartikan sebagai gapura. Simbol yang dimaksud disini bisa juga diartikan sebuah ikon suatu wilayah.

Inspirasi Gapura Bambu Minimalis

Seiring perkembangan zaman makna gapura semakin menebal tidak hanya sebagai petunjuk maupun ikon saat memasuki suatu wilayah tetapi lebih mengarah kepada harga diri sebuah daerah dan menjadi kebanggan bagi suatu daerah tertentu.

Maka tak heran beberapa daerah berlomba membangun gapura yang lebih berkarakter terutama dearah yang memiliki potensi wisata dan ekonomi yang tinggi.

Disamping itu ada juga daerah yang fokus pada fungsi gapura, untuk itu sangat cocok menggunakan gapura bambu minimalis, selain material lebih ekonomis cara pembuatanya pun lebih mudah. Berikut beberapa inspirasi gambar gapura bambu minimalis yang bisa anda tiru.

Baca Juga :  30 Wallpaper Gambar Kartun Korea Cantik dan Imut

Gapura Bambu Sederhana

Gapura bambu minimalis
Sumber: desainterbaik.com

Rekomendasi gapura bambu minimalis yang ini sangat cocok kamu buat. Memiliki desain sederhana dengan merekatkan beberapa bambu lalu menjadi ikon yang sempurna sebuah dearah, kebutuhan bambu untuk gapura ini sangat terbatas.

gapura bambu minimalis dan unik
Sumber: desain.kanopitop.com

Lomba merias atau mendekorasi gapura adalah jenis perlombaan yang sering diadakan saat memperingati HUT RI seperti gambar gapura diatas, terlihat sederhana menggunakan bambu sebagai bahan utama lalu menambahkan cat yang sesuai.

Kali ini kita masih membahas tentang gapura bambu masih dengan tajuk sederhana. Bagi kamu yang anti ribet bisa menjiplak gambar gapura bambu sederhana dan unik diatas.

Gapura Bambu Padat Minimalis

Selanjutnya ada gambar gapura sederhana masih dengan tema bambu. Sebenarnya dari material utamanya diketahui bahwasanya bambu memang di peruntukkan bagi mereka yang ingin mendirikan bangunan bertajuk sederhana.

Gapura Bambu Padat Minimalis
Sumber: pinterest.com

Gabar gapura minimalis dimana bambu ditata sebaik mungkin, mulai panjang dan lebar bambu hingga membentuk ikon yang disebut gapura. Di samping itu anda gunakan atap rumbia agar gapura lebih nyaman walau hanya disinggahi.

Intip juga 15 Gambar Hewan yang Mudah Digambar dan Berwarna

Gapura Bambu Unik dan Minimalis

Gapura Bambu Unik dan Minimalis
Sumber: pinterest.com

Unik dan minimalis merupakan kata yang pas menggambarkan gapura diatas. Saat mengunjungi beberapa tempat ada beberapa ikon yang mencuri perhatian, tak terkecuali gapura yang sering dijadikan objek foto.

Karena itulah disebutkan beberapa daerah yang memiliki potensi wisata sebaiknya mengupayakan gapura yang unik. Nah, membuat gapura unik menggunakan bambu merupakan ide yang bisa kamu coba, buatlah desain nya dahulu lalu bergotong-royong untuk mendirikan gapura yang unik dan minimalis.

Baca Juga :  15 Koleksi Terbaru Foto Pegangan Tangan Di Motor

Gapura Bambu Minimalis Dengan Pernak-pernik

Gapura Bambu Minimalis Dengan Pernak-pernik
Sumber: superapp.id

Jangan salah beberapa gapura dibuat dengan perencanaan yang sistematis seperti penentuan tema, menyiapkan desain sampai pada proses pembangunan.

Oleh karena itu, tidak salah membuat gapura bambu minimalis yang dilengkapi dengan beberapa ornamen seperti umbul-umbul dan pernak-pernik lainnya yang mencari ciri khas wilayah mu.

Gapura Bambu Minimalis dengan Atap

 

Gapura Bambu Minimalis dengan Atap
Sumber: orami.co.id

Selain menjadi ikon, gapura juga sering digunakan sebagai ciri khas suatu daerah. Karena itu tidak sedikit mereka mendirikan gapura sefungsional mungkin.

Gapura dengan atap adalah pilihan terbaik yang bisa anda gunakan, tidak harus mewah anda bisa gunakan baja ringan untuk melengkapi nya. Beberapa orang mengklaim gapura yang memiliki atap terlihat lebih fungsional dan sempurna untuk dipamerkan.

Gapura Bambu Anyam Minimalis

Gapura Bambu Anyam Minimalis
Instagram: gazebomurahkediri

Selanjutnya ada gambar gapura sederhana dengan anyaman dari bambu. Gapura tidak selalu mengusung konsep mewah, gapura sederhana juga bisa anda gunakan sebagai identitas masyarakat yang tinggal didalamnya.

Sebagai contoh umumnya masyarakat di desa yang berprofesi sebagai pengrajin, anda bisa gunakan hal ini untuk menonjolkan bentuk gapura di daerah anda, baik itu melalui anyaman atau pernak-pernik yang ditempelkan di tubuh gapura.

Gapura dengan Tema Tertentu

Gapura dengan Tema Tertentu
Sumber: beritaterbit.com

Pernahkanh kalian terpikir mendirikan gapura dengan tema tertentu? dikatakan bahwa pembangunan gapura harus sistematis karena mengarah kepada kepentingan masyarakat yang tinggal didalamnya.

Sebelum mendirikan gapura biasanya diadakan musyawarah untuk membahas hal yang sehubungan dengan pendirian nya. Disini lah anda bisa usulkan tema tertentu baik dari bentuk, pernak-pernik sampai kepada pewarnaan gapura.

Gapura Bambu Berwarna

Gapura Bambu Berwarna
Instagram: Insta_anom

Bukan rahasia lagi bambu merupakan material yang lebih lentur dibandingkan jenis kayu lainnya. Karena itulah disarankan membuat gapura dengan lampu sebagai sumber pencahayaan dan menambah nilai estetika di malam hari.

Baca Juga :  40+ Wallpaper Hitam Aesthetic Paling Keren, Polos dan Elegan
Gapura Bambu Berwarna
Instagram: Insta_anom

Untuk mendirikan gapura bambu minimalis bisa menirukan bentuk gapura lama yang di bantengi tiang yang terbuat dari bambu. Bambu yang disusun serapi mungkin kemudian diberikan sentuhan warna mencolok untuk menyempurnakan gapura daerahmu.

Tips Memilih Desain Gapura Bambu Minimalis

Tips Penjelasan
Perhatikan Kesederhanaan Desain minimalis menekankan kesederhanaan dengan elemen-elemen yang minimal. Pilih desain dengan garis-garis yang bersih dan bentuk yang sederhana.
Pilih Warna yang Netral Warna netral seperti cokelat alami, krem, atau putih cocok untuk tampilan minimalis dan menciptakan kesan yang tenang.
Material Bambu yang Berkualitas Pastikan bambu yang digunakan berkualitas baik dan tahan lama. Bambu adalah bahan yang umum digunakan dalam desain minimalis karena tampilan nya yang alami.
Desain Geometris Sederhana Gunakan desain geometris sederhana seperti garis lurus atau bentuk dasar seperti segiempat atau segitiga pada gapura bambu Anda.
Pertimbangkan Fungsionalitas Pertimbangkan apakah gapura hanya elemen dekoratif atau juga berfungsi sebagai pintu masuk. Pastikan desain sesuai dengan fungsinya.

Kesimpulan

Inspirasi Gapura Bambu Minimalis
Inspirasi Gapura Bambu Minimalis

Itu dia 10 gambar gapura bambu minimalis yang bisa anda gunakan sebagai referensi. Sebenarnya pembuatan gapura dari bambu juga menguntungkan, selain material yang digunakan lebih terjangkau proses pengerjaan bisa kurang dari satu minggu.

Namun gapura bambu lebih mudah roboh dibandingkan material lainnya, hal ini bisa anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum mulai mendirikan nya. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Back to top button