Tips

Apakah Saldo DANA Bisa Hangus? Simak penjelasannya!

Mempunyai saldo di akun Dana tapi sudah lama tidak digunakan? Apakah saldo Dana bisa Hangus jika lama tidak digunakan? Nah, pertanyaan seperti ini sering sekali muncul ketika para pengguna Dana yang sengaja untuk menabung atau menyimpan uang di Dana.

Namun akun nya sudah lama tidak dipergunakan baik itu karena aplikasi Dana di uninstall kemudian setelah di install kembali lupa password, nomor hilang atau disebabkan oleh hal lain, jadi mereka sering khawatir dan mengira saldo mereka akan hangus begitu saja.

Apakah Saldo Dana Bisa Hangus?
Apakah Saldo Dana Bisa Hangus?

Sebagaimana kita tahu, sistem pembayaran non tunai atau cashless saat ini sedang tren. Untuk menunjang sistem pembayaran tersebut, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan platform ewallet atau dompet digital seperti DANA. Namun sayangnya Dana belum seter populer platform-platform lainnya sehingga jarang digunakan atau dibuka oleh si pemilik akun, sehingga menimbulkan rasa penasaran sekaligus khawatir apakah saldo dana bisa hangus?

Kekhawatiran dan pertanyaan apakah saldo dana bisa hangus timbul dikarenakan seperti dejavu dari beberapa kasus pada bank-bank konvensional atau aplikasi-aplikasi bodong yang meyakinkan saldo aman namun ternyata lenyap dan raib begitu saja ketika si pengguna sudah melakukan deposit atau pengisian saldo, jadi rasa was-was tentang apakah saldo dana bisa hangus itu sangatlah wajar. Dan untuk menjawab rasa penasaran kalian mari simak penjelasan dibawah ini yang memaparkan jawaban dari apakah saldo dana bisa hangus.

Apa itu Aplikasi DANA?

Simak dulu penjelasan tentang aplikasi Dana berikut ini sebelum lanjut ke inti topik yaitu apakah saldo dana bisa hangus agar lebih mengerti dan paham yaa.

Apakah Saldo Dana Bisa Hangus?
Apakah Saldo Dana Bisa Hangus?

DANA adalah dompet digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi non-tunai dan non-kartu secara digital, baik online maupun offline dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya. Dengan Dana masyarakat bisa menjadi lebih produktif, efisien, dan kompeten. DANA juga dapat di optimalkan untuk mendukung komitmen pemerintah menghemat biaya produksi dan distribusi uang fisik, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Dengan kata lain aplikasi Dana adalah sebuah platform ewallet atau sering disebut sebagai dompet digital yang bisa digunakan untuk menyimpan uang, ber transaksi atau berbelanja seperti melakukan pembayaran QRIS, melakukan pembelian pulsa, kuota, token listrik, tarik tunai tanpa kartu, transfer ke sesama Dana dan transfer ke semua bank gratis 10x. Namun sayangnya aplikasi Dana ini tidak seterkenal platform lain yang lebih kerap sekali dipergunakan untuk transfer atau ber transaksi sehingga untuk penggunaannya jarang, tapi meskipun demikian hampir rata-rata masyarakat sudah menggunakan dana untuk menyimpan uang.

Baca Juga :  13 Cara Mendapatkan Diamond ML Gratis Permanen

Meski jarang digunakan, aplikasi Dana merupakan salah satu aplikasi e-wallet yang bisa dipercaya aman untuk penyimpanan uang atau media transaksi loh. Aplikasi Dana ini bisa kamu dapatkan dengan mudah yaitu cukup hanya dengan mengunduh/mendownload di playstore.

Cara Menggunakan Aplikasi Dana Penjelasan
Unduh dan install aplikasi dana Unduh aplikasi dana dari google play store android dan app store untuk iOS
Registrasi akun Buka aplikasi dana dan ikuti proses pendaftaran untuk membuat akun dengan mengisi informasi yang diperlukan.
Verifikasi akun Setelah mendaftar verifikasi akun anda dengan mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi.
Tambahkan saldo Anda dapat menambahkan saldo ke akun dana anda dengan berbagai cara seperti transfer bank, kartu kredit atau metode pembayaran lainnya yang disediakan
Jelajahi fitur aplikasi Aplikasi dana memiliki berbagai fitur termasuk transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan lainnya.
Transfer uang Untuk mentransfer uang, pilih menu transfer uang atau sering kali ikon uang dalam aplikasi kemudian masukkan detail penerima dan jumlah yang ingin anda kirim
Pembayaran tagihan Dana memungkinkan anda untuk membayar berbagai tagihan seperti air, telepon dan lainnya. Pilih opsi bayar tagihan dan ikuti petunjuk nya
Belanja online Anda dapat menggunakan dana untuk berbelanja online
Penarikan uang Jika anda ingin menarik saldo dana anda ke rekening bank caranya pilih opsi tarik dana dan masukkan detail rekening bank anda
Kelola keamanan akun Pastikan untuk selalu menjaga keamanan akun anda dengan mengaktifkan verifikasi dua faktor (2FA)

Bagaimana Cara Mendaftarkan Akun Dana

Cara mendaftarkan akun Dana sebenarnya sangatlah mudah, namun untuk kamu yang belum tahu mari simak cara berikut:

  1. Download aplikasi DANA.
  2. Masukkan nomor ponsel kamu yang aktif
  3. Masukkan kode token (OTP) yang dikirim ke nomor ponsel kamu via SMS.
  4. Masukkan nama lengkap kamu sesuai KTP.
  5. Buat Pin Dana kamu menggunakan 6 digit angka yang mudah kamu ingat dan susah ditebak oleh orang lain
  6. Ulangi Pin Dana yang telah kamu buat untuk konfirmasi.
  7. Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir Permanen

Bagaimana Memverifikasi Akun Dana?

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah untuk memverifikasi akun kamu menjadi akun premium agar bisa melakukan transfer Bank dan ber transaksi lebih mudah:

  1. Tekan tombol “Verifikasi Akun Anda” di halaman utama atau di halaman profil.
  2. Ambil foto KTP kamu.
  3. Lakukan proses verifikasi wajah.
  4. Masukkan nomor KTP(NIK) kamu.
  5. Tunggu hingga proses verifikasi selesai.

Pastikan KTP yang kamu gunakan adalah KTP kamu sendiri bukan orang lain agar verifikasi akun kamu bisa diterima, jika ditolak silahkan dicoba secara berkala.

Apakah Aplikasi Dana Aman?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwasanya Dana merupakan salah satu platform e-wallet yang sangat dipercaya sehingga memang benar-benar aman untuk transaksi di aplikasi Dana.  Hal tersebut dibuktikan Dana sudah memiliki Sertifikat  PCI DSS dari Payment Card Industri Standard Council. Dana terkoneksi visa dan mastercard seluruh dunia. Semua data kamu juga akan aman dan tidak akan disebarluaskan karena Dana sudah bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Kominfo. So Dana benar-benar aman buat kamu ya guys.

Apakah Saldo Dana Bisa Hangus?

Pada dasarnya, Pihak Dana sendiri telah menjamin jika saldo milik pengguna akan tetap aman dan tidak akan pernah hilang atau habis, atau bahkan di potong untuk biaya administrasi bulanan dan sebagainya. Itu artinya, selama akun Dana milik pengguna masih aktif dan bisa dibuka maka selama itu pula saldo akan tetap tersimpan dan utuh di akun pengguna. Meski demikian, pihak Dana mengingatkan agar pengguna untuk tetap waspada dalam menjaga akun mereka agar jangan sampai jatuh ke tangan yang tidak berhak lalu menguras isi saldo kamu.

Tentunya jika akun dana kamu bisa diakses oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan saldo kamu terkuras habis maka hal itu akan menimbulkan persepsi jika di dana saldo memang bisa hangus padahal sejatinya saldo dana tidak akan bisa hangus jika tidak dicuri oleh pihak tidak bertanggungjawab tersebut.

Dan untuk jawaban apakah saldo Dana bisa hangus? Sudah sangat jelas dari penjelasan diatas ya Sob, jadi saldo Dana kamu tidak akan bisa hangus selama keamanan akun kamu tidak terbobol oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Oleh sebab itu pastikan pin Dana kamu hanya kamu sendiri yang tahu agar saldo kamu tetap aman di akun Dana kamu.

Baca Juga :  Cocok Untuk Pemula! 15 Cara Edit Warna Baju Di Canva

Mengapa Saldo Dana Saya Bisa Hilang?

Saldo Dana Hilang dan Hangus itu berbeda ya, Hangus berarti raib dengan sendirinya oleh sistem Dana tersebut. Hilang artinya bisa saja saldo kamu dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang tentunya sudah memiliki akses ke akun kamu jadi dengan secara mudah mereka bisa mengambil saldo akun Dana kamu. Jika orang lain sudah bisa akses akun kamu maka saldo kamu bisa saja hilang. Jadi hati-hati dalam menggunakan akun Dana kamu, tidak hanya untuk akun Dana, namun juga semua akun/platform yang kamu gunakan untuk menyimpan uang kamu ya.

Cara Mengamankan Saldo Dana

Meskipun Dana dinyatakan sudah aman, namun untuk wanti-wanti kamu juga harus ikut mengamankan akun dana kamu dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab ya sehingga saldo kamu tidak bisa hilang/dicuri, nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengamankan saldo Dana kamu dari pihak orang-orang yang tidak bertanggungjawab, disimak dan dilaksanakan!

Pin Harus Sulit

Untuk mengamankan saldo Dana, kamu harus membuat pin yang mudah kamu ingat namun susah untuk ditebak oleh orang lain, Dan pastikan kamu tidak memberikan pin tersebut kepada orang yang tidak kamu percaya.

Nomor HP Terdaftar Harus Tetap Aktif

Selain pin, kamu juga harus senantiasa memastikan nomor HP yang kamu daftarkan di Dana selalu aktif, sehingga jika kamu mau login dan lupa pin kamu bisa akses kembali akun kamu

Kunci Aplikasi Dana di Perangkat

Mengunci aplikasi pada perangkat atau HP sangatlah perlu dan merupakan solusi yang terbaik untuk keamanan semua akun kita, termasuk juga akun Dana, dengan mengunci aplikasi Dana di Hp artinya membatasi orang lain untuk mengakses akun tersebut tanpa seizin kamu sehingga akun kamu dan saldo kamu aman terkendali.

Login Berkala

Mungkin kamu memiliki platform lain untuk menyimpan uang kamu yang lainnya dan lebih sering menggunakannya, namun meskipun demikian jika kamu masih memiliki saldo di dana kamu harus usahakan login setidaknya sekali sebulan ke akun dana kamu untuk memantau saldo dana kamu tersebut jangan kamu biarkan sampai berbulan-bulan tidak pernah kamu akses yaa.

Akhir Kata

Apakah Saldo Dana Bisa Hangus?
Apakah Saldo Dana Bisa Hangus?

Untuk kamu yang masih khawatir dan penasaran dan yang sering bertanya-tanya apakah saldo dana bisa hangus atau tidak artikel ini sudah sangat tepat buat kamu baca dan pahami agar tidak khawatir lagi dan tentunya bisa menambah wawasan kamu tentang mengamankan saldo dana kamu. Demikianlah pemaparan tentang apakah saldo dana bisa hangus, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat besar buat para readers setia dan tidak bertanya-tanya lagi tentang apakah saldo dana bisa hangus. Jangan lupa komentar dan share ke teman-teman kamu yaa, see you on next article in Mocipay.com

Back to top button