Promo Top Up Game Termurah😍
Tutorial

20 Cara Bayar BPJS Kesehatan Terlengkap 2022

Seiring dengan semakin praktisnya cara bayar BPJS Kesehatan dalam melakukan transaksi dan dihadapkan banyaknya pilihan yang bisa kita gunakan dalam melakukan transaksi seperti pembayaran iuran BPJS Kesehatan. cara bayar BPJS Kesehatan sudah dapat dilakukan secara online atau di merchant terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Apa itu BPJS Kesehatan?

Dikutip  dari situs Official BPJS Kesehatan https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ mengatakan bahwa “BPJS Kesehatan adalah badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan sebagaimana  dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.”

Tujuan dibentuknya BPJS Kesehatan sendiri yaitu untuk menjamin supaya seluruh rakyat Indonesia mendapatkan manfaat perlindungan kesehatan dalam mewujudkan jaminan sosial secara nasional bidang kesehatan.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Secara Online

Mari kita simak penjelasan tentang cara bayar BPJS Kesehatan terbaru dan terlengkap 2022, agar Anda bisa melakukannya dengan baik.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Menggunakan Aplikasi Mocipay

MociPay adalah aplikasi pembayaran tagihan yang memungkinkan Anda untuk isi ulang pulsa, beli token listrik, paket data, BPJS, PDAM, multifinance, asuransi, top up free fire murah, voucher streaming, dan tagihan lainnya untuk pemakaian Anda sendiri atau untuk dijual kembali karena harga murah dan bersaing.

Cara Bayar Iuran BPJS melalui MOCIPAY
Cara Bayar Iuran BPJS melalui MOCIPAY

Berikut ini langkah-langkah bayar BPJS Kesehatan di Aplikasi MOCIPAY:

  1. Jika Anda belum memiliki aplikasi MociPay, dapatkan sekarang dengan cara mendownload di Play Store. Jika sudah mendownload, buka dan buat akun sebelum login.
  2. Jika Anda mengalami kendala dalam login akun, bisa memberi bantuan kepada Customer Service MociPay dengan nomor WA 0822-1389-3106 (Hanya melayani chat).
  3. Setelah Anda login, masuk ke menu ‘BPJS’ dan masukkan nomor pelanggan atau virtual account BPJS Kesehatan Anda atau keluarga. (Ketik diawali dengan kode 88888 dan 11 angka nomor BPJS Kesehatan), Contoh nomor peserta BPJS Anda : 0000001234567891, maka ID Pelanggan pembayaran yang anda masukkan adalah 8888801234567891.
  4. Kemudian klik ‘Cek Tagihan’.
  5. Lalu akan muncul informasi tagihan untuk memastikan nama, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  6. Klik ‘Bayar Tagihan’ jika semuanya sudah benar.
  7. Selanjutnya masukkan kode PIN akun Anda. Jika lupa kode PIN, bisa diatur ulang di profil atau meminta bantuan CS MociPay.
  8. Pastikan saldo akun Anda mencukupi, agar Anda dapat melakukan pembayaran. Saldo akan diambil otomatis nantinya.
  9. Selesai.

Link Download Aplikasi Mocipay

Download Mocipay di Playstore
Download Mocipay di Playstore
Nama Aplikasi MOCIPAY
Developer CV Mocipay Digital Indonesia
Ukuran 12 MB
Link Download Klik Disini

Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mitra TopUp

Mitra TopUp merupakan aplikasi yang serupa dengan MociPay yaitu pembayaran tagihan yang memungkinkan Anda untuk isi ulang pulsa, beli token listrik, paket data, BPJS, PDAM, multifinance, asuransi, reseller top up game termurah, voucher streaming, dan tagihan lainnya untuk pemakaian Anda sendiri atau untuk dijual kembali karena harga murah dan bersaing.

Keunggulan Mitra Topup yaitu menyediakan fitur pengisian saldo akun atau deposit melalui pulsa transfer Anda secara otomatis. Jadi, jika Anda memiliki kelebihan pulsa, aplikasi ini menjadi solusi bagi Anda untuk memperhemat keuangan dan pastinya aplikasi ini menawarkan jasa convert pulsa yang sangat bersaing dengan lainnya.

Cara Bayar Iuran BPJS melalui Mitra TopUp
Cara Bayar Iuran BPJS melalui Mitra TopUp

Berikut ini cara bayar BPJS Kesehatan di Aplikasi Mitra TopUp:

  1. Jika Anda belum memiliki aplikasi Mitra TopUp, dapatkan sekarang dengan cara mendownload di Play Store. Jika sudah mendownload, buka dan buat akun sebelum login.
  2. Jika Anda mengalami kendala dalam login akun, bisa memberi bantuan kepada Customer Service Mitra TopUp dengan nomor WA 0857-6335-7750 (Hanya melayani chat).
  3. Setelah Anda sudah login, masuk ke menu ‘Tagihan’.
  4. Kemudian klik ‘BPJS Kesehatan’.
  5. Lalu silahkan mengisi ID Pelanggan BPJS Kesehatan Anda (Ketik diawali dengan kode 88888 dan 11 angka nomor BPJS Kesehatan), Contoh nomor peserta BPJS Anda : 0000001234567891, maka ID Pelanggan pembayaran yang anda masukkan adalah 8888801234567891.
  6. Selanjutnya masukkan nomor HP Anda.
  7. Kemudian klik ‘Cek Tagihan BPJS Kesehatan’.
  8. Klik ‘Cek Sekarang’.
  9. Cek rincian pembayaran tagihan untuk memastikan nama, nomor ID Pelanggan, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  10. Klik ‘Bayar Sekarang’ jika semuanya sudah benar.
  11. Pastikan saldo akun Anda mencukupi, agar Anda dapat melakukan pembayaran. Saldo akan diambil otomatis nantinya.
  12. Selesai.

Link Download Aplikasi Mitra Topup

Top Up Chip Higgs Domino Termurah di Aplikasi Mitra TopUp
Nama Aplikasi Mitra TopUp
Developer CV Mocipay Digital Indonesia
Ukuran 3,1 MB
Link Download Klik Disini

Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan yang unggul kepada peserta BPJS. Peserta BPJS dapat mengakses berbagai informasi mengenai program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan melalui aplikasi ini.

Adapun kelemahan dalam aplikasi ini berada pada sistem pembayaran yang digunakan cukup terbatas misalnya opsi Bank hanya tersedia seperti Bank Mandiri, BRI, BTN, atau BCA. Sedangkan opsi non-bank yaitu Finpay Money, Kartu Debit/Kartu Kredit Bank, dan i.Saku.

Sebelum masuk pembahasan cara bayar BPJS Kesehatan pastikan telah memiliki aplikasi Mobile JKN, silahkan download di Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iPhone). Setelah terdownload dan terinstal di perangkat Anda, pastikan Anda memiliki akun Mobile JKN dengan memasukkan nomor KTP atau KIS Anda dan membuat password. Setelah login, pengguna dapat mengakses berbagai fitur BPJS Kesehatan dalam aplikasi ini.

cara bayar BPJS Kesehatan melalui JKN Mobile
cara bayar BPJS Kesehatan melalui JKN Mobile

Berikut ini cara bayar BPJS Kesehatan di aplikasi Mobile JKN:

  1. Silahkan login akun.
  2. Selanjutnya pilih ‘Menu Lainnya’.
  3. Pilih ‘Pendaftaran Auto Debit.
  4. Silahkan pilih salah satu sistem pembayaran yang akan digunakan, seperti Bank hanya tersedia pilihan Bank Mandiri, BRI, BTN, atau BCA. Sedangkan opsi non-bank yaitu Finpay Money, Kartu Debit/Kartu Kredit Bank, dan i.Saku.
  5. Selanjutnya ceklis ‘Saya Setuju’, lalu klik ‘Selanjutnya’.
  6. Akan muncul tagihan peserta BPJS Kesehatan Anda, lalu klik ‘Daftar Auto Debit’ jika sudah benar.
  7. Selanjutnya masukkan data seperti nomor rekening, nama, dan nomor telepon Anda sesuai opsi sistem pembayaran yang Anda gunakan.
  8. Lalu klik ‘Daftar Auto Debit’. Masukkan kode OTP yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.
  9. Silahkan verifikasi captcha, lalu klik ‘Proses’.
  10. Selesai, iuran BPJS Kesehatan akan dibayarkan secara otomatis menggunakan opsi sistem pembayaran yang Anda daftarkan.

Baca Juga: 4+ Aplikasi Cek Tagihan PDAM Batam Paling Mudah

Cara Bayar BPJS Kesehatan di Indomaret dan Alfamart

Cara Bayar BPJS di Indomaret
Cara Bayar BPJS di Indomaret
  1. Silahkan datang ke Indomaret atau Alfamart terdekat.
  2. Langsung menuju ke Pegawai kasir, silahkan konfirmasi untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.
  3. Kasir akan bertanya terkait nomor BPJS Kesehatan yang akan dibayar, beserta nomor HP pelanggan.
  4. Terkait biaya layanan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2.500.
  5. Tunggu sampai kasir akan selesai memproses pembayaran iuran BPJS Anda.
  6. Jika sudah selesai, kasir akan memberikan struk sebagai bukti pembayaran. Silahkan disimpan untuk mengantisipasi jika dibutuhkan suatu saat sebagai bukti transaksi.
  7. Selesai.

Cara bayar BPJS Kesehatan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Terdekat

Cara Bayar BPJS di kantor BPJS Terdekat
Cara Bayar BPJS di kantor BPJS Terdekat

Selain layanan online BPJS, Tim BPJS juga melayani pembayaran iuran BPJS Kesehatan secara langsung di cabang terdekat. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui.

  1. Silahkan datang ke kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.
  2. Jika bertemu Satpam atau pegawai BPJS, konfirmasi tujuan kedatangan Anda untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan Anda.
  3. Petugas akan langsung meminta identitas Anda seperti kartu BPJS Kesehatan atau nomor peserta BPJS Anda. Disarankan membawakan KTP untuk siaga buat kelengkapan dokumen pembayaran.
  4. Selanjutnya petugas BPJS akan langsung melakukan pengecekan nomor BPJS untuk memeriksa jumlah tagihan yang akan Anda bayar.
  5. Silahkan Anda membayar iuran BPJS Anda berdasarkan nominal yang diberikan petugas.
  6. Petugas akan memproses dan akan diberikan struk sebagai bukti pembayaran.
  7. Selesai.

Cara Bayar BPJS Kesehatan melalui Kantor Pos

Cara Bayar BPJS Kesehatan di Kantor POS
Cara Bayar BPJS Kesehatan di Kantor POS
  1. Silahkan datang ke Kantor Pos terdekat.
  2. Jika bertemu Satpam atau pegawai Kantor Pos, konfirmasi tujuan kedatangan Anda untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan Anda.
  3. Petugas akan langsung meminta identitas Anda seperti kartu BPJS Kesehatan atau nomor peserta BPJS Anda. Disarankan membawakan KTP untuk siaga buat kelengkapan dokumen pembayaran.
  4. Selanjutnya petugas akan langsung melakukan pengecekan nomor BPJS untuk memeriksa jumlah tagihan yang akan Anda bayar.
  5. Silahkan Anda membayar iuran BPJS Anda berdasarkan nominal yang diberikan petugas.
  6. Petugas akan memproses dan akan diberikan struk sebagai bukti pembayaran.
  7. Selesai.

Artikel Menarik Lainnya: 3 Cara Daftar Shopee Affiliate Tanpa Minimal Followers 2022

Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking

Cara bayar BPJS Kesehatan juga dapat juga dilakukan dengan menggunakan layanan M-Banking melalui bank yang dimiliki peserta BPJS. Disini akan dipaparkan cara pembayaran iuran BPJS melalui beberapa layanan bank seperti m-banking di Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BCA. Pastikan Anda sudah mendownload aplikasi Mobile Banking terlebih dahulu, dan mendaftar akun sesuai dengan prosedur layanan bank masing-masing.

Cara Bayar Iuran BPJS melalui M-Banking Mandiri
Sumber : Bank Mandiri

Cara BPJS Kesehatan Melalui M-Banking Mandiri

  • Login ke akun M-Banking Mandiri Anda.
  • Klik menu ‘Bayar’.
  • Lalu klik opsi ‘Asuransi’.
  • Selanjutnya pilih ‘BPJS Kesehatan’.
  • Lalu silahkan isi nomor virtual account Anda (Ketik diawali dengan kode 8988 dan 11 angka nomor BPJS Kesehatan).
  • Cek pembayaran jumlah tagihan yang harus dibayar, jika benar ketik ‘PIN’ untuk melakukan pembayaran.
  • Selesai.

Cara BPJS Kesehatan Lewat M-Banking BRI

  • Login ke akun M-Banking BRI (Brimo)
  • Di menu utama, pilih menu ‘Lainnya’
  • Klik ‘BPJS’
  • Klik ‘Pembayaran Baru’
  • Selanjutnya pilih jenis BPJS yang akan dibayar, BPJS Kesehatan atau BPJS Denda. Silahkan Anda memilih ‘BPJS Kesehatan’.
  • Lalu silahkan isi nomor virtual account Anda. Kode pembayaran 88888 + 11 angka nomor BPJS Anda jika belum terlambat pembayaran iuran BPJS Anda. Tetapi jika sudah terlambat dalam pembayarannya, silahkan gunakan kode pembayaran 88881 + 11 angka nomor BPJS Anda. (Pastikan nomor bayar terdiri dari 16 digit angka).
  • Selanjutnya klik ‘Lanjut’
  • Cek pembayaran jumlah tagihan yang harus dibayar, jika benar klik ‘Bayar’ untuk melakukan pembayaran.
  • Terakhir silahkan masukkan PIN Brimo Anda.
  • Selesai.

Cara Bayar Tagihan BPJS Kesehatan Melalui M-Banking BNI

  • Login ke akun M-Banking BNI
  • Di menu utama, pilih menu ‘Pembayaran’
  • Lalu klik opsi ‘Asuransi’.
  • Selanjutnya pilih jenis Asuransi yang akan dibayar, terdapat 4 pilihan yaitu Asuransi BNI Life, Prudential, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Silahkan Anda memilih opsi ketiga yaitu ‘BPJS Kesehatan’.
  • Selanjutnya pilih ‘BPJS Kesehatan’.
  • Lalu silahkan isi nomor virtual account Anda.
  • Lalu silahkan isi nomor virtual account Anda. Kode pembayaran 88888 + 11 angka nomor BPJS Anda, contoh nomor BPJS Anda 0001234567891 maka kode pembayaran adalah 8888801234567891 (Pastikan nomor bayar terdiri dari 16 digit angka).
  • Selanjutnya masukkan jumlah bulan yang akan Anda bayar, jika Anda ketik 1 berarti Anda melakukan pembayaran untuk 1 bulan. Untuk pengisian nama singkat secara bebas seperti nama panggilan, bisa diabaikan saja.
  • Selanjutnya klik ‘Lanjut’, otomatis akan muncul rincian pembayaran untuk memastikan nama, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  • Terakhir silahkan masukkan password akun Anda, dan klik tombol ‘Lanjut’.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui M-Banking BCA

  • Cara bayar BPJS Kesehatan di M BCA adalah dengan Login ke akun BCA Mobile
  • Di menu utama, pilih menu ‘m-Payment’
  • Selanjutnya silahkan Anda memilih opsi ‘BPJS Kesehatan’.
  • Selanjutnya pilih ‘BPJS Kesehatan’.
  • Silahkan pilih jenis BPJS yang akan dibayar, BPJS Kesehatan atau BPJSTK. Silahkan Anda memilih ‘BPJS Kesehatan’.
  • Lalu silahkan isi nomor pembayaran Anda. Kode pembayaran 88888 + 11 angka nomor BPJS Anda, contoh nomor BPJS Anda 0001234567891 maka kode pembayaran adalah 8888801234567891. (Pastikan nomor bayar terdiri dari 16 digit angka).
  • Selanjutnya klik ‘OK’, otomatis akan muncul rincian pembayaran untuk memastikan nama, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  • Klik ‘Kirim’.
  • Terakhir silahkan masukkan PIN BCA Mobile Anda, dan klik ‘OK’.
  • Selesai.

Bayar BPJS Kesehatan Melalui Marketplace

Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui Marketplace
Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui Marketplace

Marketplace saat ini tidak hanya menyediakan produk fisik yang membutuhkan jasa ekspedisi pengiriman namun sudah mulai menjual berbagai jenis produk virtual, mulai dari pulsa, token PLN, kuota sampai bayar tagihan BPJS Kesehatan.

Berikut beberapa pilihan marketplace untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan yang bisa kamu pilih

Cara Bayar Tagihan BPJS Kesehatan di Tokopedia

  1. cara bayar BPJS Kesehatan diawali mendownload aplikasi Tokopedia untuk melakukan transaksi pembayaran.
  2. Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  3. Di menu utama, pilih menu ‘Top-Up & Tagihan’
  4. Selanjutnya silahkan Anda memilih opsi ‘BPJS’.
  5. Silahkan pilih jenis BPJS yang akan dibayar (Kesehatan, BPJS Denda atau Ketenagakerjaan). Silahkan Anda memilih ‘Kesehatan’.
  6. Selanjutnya masukkan batas bulan yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus.
  7. Silahkan isi nomor virtual account Anda menggunakan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.
  8. Klik ‘Cek Tagihan’, otomatis akan muncul rincian pembayaran untuk memastikan nama, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  9. Klik ‘Pilih Pembayaran’, lalu silahkan memilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan.
  10. Terakhir silahkan klik ‘Bayar’.
  11. Silahkan lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang sudah Anda pilih.
  12. Selesai

Cara bayar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Shopee

  • Pastikan sudah mendownload aplikasi Shopee untuk melakukan transaksi pembayaran.
  • Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  • Di menu utama, pilih menu ‘Pulsa, Tagihan & Tiket’.
  • Pada menu tagihan, silahkan Anda memilih opsi ‘BPJS’.
  • Silahkan pilih jenis BPJS yang akan dibayar (BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan). Silahkan Anda memilih ‘BPJS Kesehatan’.
  • Silahkan isi nomor virtual account Anda menggunakan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.
  • Selanjutnya masukkan batas bulan yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus.
  • Klik ‘Lihat Tagihan’, otomatis akan muncul rincian pembayaran untuk memastikan nama, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  • Klik ‘Lanjut’, silahkan memilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan.
  • Klik ‘Konfirmasi’.
  • Terakhir silahkan klik ‘Bayar Sekarang’.
  • Silahkan lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang sudah Anda pilih.
  • Selesai.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi Lazada

  1. Pastikan sudah mendownload aplikasi Lazada untuk melakukan transaksi pembayaran.
  2. Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  3. Di menu utama, pilih menu ‘Top-Up & Tagihan’.
  4. Klik ‘Bayar Tagihan’.
  5. Pada menu pembayaran tagihan, silahkan Anda memilih opsi ‘BPJS Kesehatan’.
  6. Silahkan isi nomor virtual account Anda menggunakan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.
  7. Selanjutnya masukkan batas bulan yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus 2022 berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus 2022.
  8. Klik ‘Lanjutkan’, otomatis akan muncul rincian pembayaran untuk memastikan nama, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  9. Klik ‘Buat Pesanan’, silahkan memilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan.
  10. Terakhir silahkan klik ‘Konfirmasi Pesanan’.
  11. Silahkan lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang sudah Anda pilih.
  12. Selesai.

Bayar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Bukalapak

  • Pastikan sudah mendownload aplikasi Bukalapak untuk melakukan transaksi pembayaran.
  • Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  • Di menu utama, pilih menu ‘TopUp & Isi Pulsa’.
  • Pada menu tagihan, silahkan Anda memilih opsi ‘BPJS Kesehatan’.
  • Silahkan isi nomor virtual account Anda menggunakan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.
  • Selanjutnya masukkan batas bulan yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus 2022 berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus 2022.
  • Secara otomatis akan muncul informasi tagihan untuk memastikan nama, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  • Klik ‘Bayar’, silahkan memilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan.
  • Terakhir silahkan klik ‘Bayar Sekarang’.
  • Silahkan lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang sudah Anda pilih.
  • Selesai.

Cara Bayar Tagihan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Blibli

  1. Pastikan sudah mendownload aplikasi Blibli untuk melakukan transaksi pembayaran.
  2. Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  3. Di menu utama, pilih menu ‘BPJS’, secara otomatis Anda akan diarahkan ke laman web baru untuk kelanjutan pembayaran BPJS.
  4. Silahkan isi nomor virtual account Anda menggunakan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.
  5. Selanjutnya masukkan jumlah periode yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus 2022 berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus 2022.
  6. Klik ‘Lihat Tagihan’, secara otomatis akan muncul informasi tagihan untuk memastikan nama, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  7. Klik ‘Lanjut Bayar’, silahkan memilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan.
  8. Terakhir silahkan klik ‘Bayar Sekarang’.
  9. Silahkan lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang sudah Anda pilih.
  10. Selesai.

Cek dan Bayar BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Traveloka

  • cara bayar BPJS Kesehatan yang pertama Pastikan sudah mendownload aplikasi Traveloka untuk melakukan transaksi pembayaran.
  • Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  • Di menu utama, pilih menu ‘Tagihan Isi Ulang’.
  • Klik menu ‘BPJS Kesehatan’.
  • Silahkan isi Nomor VA berdasarkan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda. Selanjutnya masukkan jumlah periode yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus 2022 berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus 2022.
  • Klik ‘Lanjutkan’, secara otomatis akan muncul konfirmasi pembayaran pelanggan untuk memastikan nama, nomor BPJS, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  • Pilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan, contoh : Transfer BCA.
  • Terakhir, klik ‘Bayar dengan Transfer BCA’ (Sesuai metode pembayaran yang Anda pilih).
  • Silahkan lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang sudah Anda pilih.
  • Selesai.

Baca Juga: 5 Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP 2022

Cara bayar BPJS Kesehatan Menggunakan Aplikasi JD.ID

  1. Pastikan sudah mendownload aplikasi JD.ID untuk melakukan transaksi pembayaran.
  2. Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  3. Di menu utama, gulir menu untuk pilih menu ‘Bills & Top up’.
  4. Klik menu ‘BPJS Kesehatan’.
  5. Silahkan isi Nomor VA berdasarkan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda. Selanjutnya masukkan jumlah periode yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus 2022 berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus 2022.
  6. Klik ‘Cek Tagihan’, secara otomatis akan muncul konfirmasi pembayaran pelanggan untuk memastikan nama, nomor BPJS, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  7. Klik ‘Lanjutkan’.
  8. Pilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan.
  9. Terakhir, klik ‘Bayar’.
  10. Silahkan lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang sudah Anda pilih.
  11. Selesai.

Bayar Tagihan BPJS Kesehatan Menggunakan Aplikasi E-Wallet

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Dompet Digital
Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Dompet Digital

Aplikasi dompet digital seperti OVO, DANA, Gopay sekarang ini sudah bisa melayani pembayaran tagihan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, sehingga semakin banyak pilihan untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan melalui smartphone tanpa harus keluar rumah.

Berikut Beberapa rekomendasi cara bayar BPJS Kesehatan melalui aplikasi e-wallet yang bisa kamu coba, dan apabila beruntung mungkin saja kamu akan mendapatkan berbagai program cashback maupun potongan diskon pembayaran tagihan yang diberikan oleh masing-masing aplikasi dompet digital tersebut.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi OVO

  • Pastikan sudah mendownload aplikasi Ovo untuk melakukan transaksi pembayaran.
  • Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  • Di menu utama, pilih menu ‘Tagihan’, silahkan klik opsi ‘BPJS Kesehatan’.
  • Silahkan isi nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.
  • Selanjutnya masukkan jumlah periode yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus 2022 berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus 2022.
  • Klik ‘Lanjut Ke Pembayaran’, secara otomatis akan muncul informasi tagihan pelanggan untuk memastikan nama, nomor BPJS, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  • Klik ‘Konfirmasi’, pilih metode pembayaran (Ovo Cash atau Ovo Points). Pastikan saldo OVO Anda sudah mencukupi nominal pembayaran.
  • Terakhir silahkan klik ‘Bayar’ dan masukkan PIN Anda jika diarahkan.
  • Selesai.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Di Aplikasi DANA

  1. Pastikan sudah mendownload aplikasi Dana untuk melakukan transaksi cara bayar BPJS Kesehatan pakai DANA.
  2. Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  3. Di menu utama, pilih menu ‘Lihat Semua’.
  4. Pada menu ‘Asuransi Pribadi’, silahkan klik opsi ‘BPJS Kesehatan’.
  5. Silahkan isi ID Pelanggan berdasarkan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda, secara otomatis akan muncul informasi tagihan pelanggan untuk memastikan nama, nomor BPJS, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  6. Klik ‘Bayar’, pilih metode pembayaran (Saldo Dana atau Kartu Debit/Kredit). Rekomendasi pilih metode pembayaran ‘Saldo Dana’ dan pastikan saldo Anda sudah mencukupi nominal pembayaran.
  7. Terakhir silahkan klik ‘Bayar’ dan masukkan PIN Anda jika diarahkan.
  8. Selesai.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pakai Gopay

  • Pastikan sudah mendownload aplikasi Gojek untuk melakukan transaksi pembayaran.
  • Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  • Di menu utama, pilih menu ‘Lainnya’.
  • Pada menu ‘Pembayaran’, silahkan klik opsi ‘GoTagihan.
  • Klik ‘BPJS Kesehatan’.
  • Silahkan pilih sistem pembayaran yang Anda gunakan (Manual atau Auto debit). Jika auto debit berarti akan dilakukan penarikan otomatis pada tagihan pembayaran BPJS selanjutnya. Jika memilih penarikan manual atau tidak otomatis pada tagihan selanjutnya, pilih opsi ‘Pembayaran BPJS Kes Manual’.
  • Silahkan isi ID Pelanggan berdasarkan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda. Selanjutnya masukkan jumlah periode yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus 2022 berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus 2022.
  • Pada menu kolom ‘Registrasi BPJS Auto Debit’, pilih opsi ‘Tidak’ untuk menghindari penarikan otomatis pada tagihan selanjutnya.
  • Klik ‘Lanjut’, secara otomatis akan muncul informasi tagihan pelanggan untuk memastikan nama, nomor BPJS, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  • Pilih metode pembayaran (Saldo Gopay, Saldo Bank Jago, atau Kartu Kredit/Debit). Rekomendasi pilih metode pembayaran ‘Saldo Gopay’ dan pastikan saldo Anda sudah mencukupi nominal pembayaran.
  • Terakhir silahkan klik ‘Bayar Sekarang’ dan masukkan PIN Anda jika diarahkan.
  • Selesai.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Di Aplikasi Shopeepay

  1. Pastikan sudah mendownload aplikasi Shopee untuk melakukan transaksi pembayaran.
  2. Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  3. Di menu utama, pilih menu ‘Pulsa, Tagihan & Tiket’.
  4. Pada menu tagihan, silahkan Anda memilih opsi ‘BPJS’.
  5. Silahkan pilih jenis BPJS yang akan dibayar (BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan). Silahkan Anda memilih ‘BPJS Kesehatan’.
  6. Silahkan isi nomor virtual account Anda menggunakan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.
  7. Selanjutnya masukkan batas bulan yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus.
  8. Klik ‘Lihat Tagihan’, otomatis akan muncul rincian pembayaran untuk memastikan nama, nomor virtual account, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  9. Klik ‘Lanjut’, silahkan memilih metode pembayaran ‘Shopeepay’. Pastikan saldo Anda sudah mencukupi nominal pembayaran.
  10. Klik ‘Konfirmasi’.
  11. Terakhir silahkan klik ‘Bayar Sekarang’, dan masukkan PIN Anda jika diarahkan.
  12. Selesai.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Menggunakan Aplikasi Link Aja

  • Pastikan sudah mendownload aplikasi Link Aja untuk melakukan transaksi pembayaran.
  • Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  • Di menu utama, pilih menu ‘BPJS’.
  • Silahkan pilih jenis BPJS yang akan dibayar (BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan). Silahkan Anda memilih ‘BPJS Kesehatan’.
  • Silahkan isi Nomor VA Keluarga berdasarkan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda. Selanjutnya masukkan jumlah bulan yang akan Anda bayar, jika Anda ketik 1 berarti Anda melakukan pembayaran untuk 1 bulan.
  • Klik ‘Lanjut’, secara otomatis akan muncul informasi tagihan pelanggan untuk memastikan nama, nomor BPJS, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar. Pastikan saldo Anda sudah mencukupi nominal pembayaran.
  • Terakhir silahkan klik ‘Konfirmasi’ dan masukkan PIN Anda jika diarahkan.
  • Selesai.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Grab

  1. Pastikan sudah mendownload aplikasi Grab untuk melakukan transaksi pembayaran.
  2. Selanjutnya silahkan login akun jika sudah melakukan pendaftaran akun.
  3. Di menu utama, pilih menu ‘Tagihan’.
  4. Klik menu ‘BPJS Kesehatan VA Keluarga’.
  5. Silahkan isi No. Pelanggan BPJS berdasarkan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda. Selanjutnya masukkan bulan apa yang akan Anda bayar, jika Anda pilih Agustus 2022 berarti Anda melakukan pembayaran sampai bulan Agustus 2022.
  6. Klik ‘Lanjutkan’, secara otomatis akan muncul konfirmasi tagihan untuk memastikan nama, nomor BPJS, dan jumlah tagihan BPJS Anda dan keluarga sudah benar.
  7. Klik ‘Continue’ untuk lanjut melakukan pembayaran. Pastikan saldo Ovo Anda sudah mencukupi nominal pembayaran.
  8. Terakhir silahkan ‘Geser untuk Membayar’.
  9. Selesai.

Kesimpulan

Cara Bayar BPJS Kesehatan Online
Cara Bayar BPJS Kesehatan Online

Demikian beberapa pilihan cara bayar BPJS Kesehatan yang Anda gunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Cukup praktis bukan? Pastinya sangat praktis dengan adanya layanan digital yang semakin berkembang.

Nah, khusus pelayanan online yang saya sebutkan di atas bukan hanya melayani cara bayar BPJS Kesehatan loh, sobat juga bisa gunakan aplikasi tersebut kecuali aplikasi JKN untuk melayani pembayaran iuran listrik PLN, PDAM, Pulsa, Kuota data, voucher game, dan berbagai fitur lainnya.

Semua fitur layanan tersebut, saya rekomendasi aplikasi Mocipay dan Mitra Topup untuk melayani pembayaran iuran Anda. Sekian dan sampai ketemu di artikel lebih menarik lagi sobat. 🙂

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Di Indonesia. Yuk Download Aplikasi MOCIPAY Sekarang Juga
Back to top button