TutorialTips

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah? Simak 5+ Penyebab serta Cara Mengatasinya

Tak sedikit orang yang bertanya tentang “kenapa headset bluetooth mati sebelah” Di era yang semakin modern seperti sekarang ini, headset bluetooth telah berhasil menarik minat banyak orang, khususnya mereka-mereka dari kalangan pecinta musik.

Namun, kadang-kadang pengguna mengalami masalah dengan headset bluetooth miliknya, yang mana salah satu bagiannya mati. Apakah yang menyebabkan hal demikian bisa terjadi? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan kami lebih lengkap berikut ini.

Sekilas tentang Headset Bluetooth

Headset Bluetooth
Sumber: webflow.com/ Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah

Meski telah lama populer, namun tak menutup kemungkinan masih ada orang-orang yang belum mengenali headset bluetooth ini. Oleh karena itu, sebelum membahas tentang kenapa headset bluetooth mati sebelah, kami akan menjelaskan terlebih dahulu deskripsi lengkap mengenai headset bluetooth.

Apa itu headset bluetooth

Dirangkum dari Wikipedia Headset bluetooth adalah jenis headset yang menggunakan teknologi nirkabel yang terhubung ke perangkat lain seperti, ponsel, tablet, komputer melalui koneksi bluetooth. Headset bluetooth ini merupakan pembaharuan dari yang sebelumnya masih menggunakan headset dengan menggunakan kabel yang mengganggu kebebasan pengguna dalam bergerak. Untuk saat ini, headset bluetooth menjadi pilihan yang paling banyak diminati di pasaran headset.

Kelebihan dan kekurangan headset bluetooth

Setiap barang buatan manusia tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan bukan? Demikian juga dengan headset bluetooth ini. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan headset bluetooth yang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membelinya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan headset bluetooth Kekurangan headset bluetooth
Koneksi tanpa kabel Rentan rusak
Fungsionalitas Sering gagal pairing
Simpel dan mudah digunakan Pemakaian tergantung pada baterai
Mobilitas Salah satu sisi mati/ tidak ada suara
Gaya lebih modern dan kekinian Harga lebih mahal dibanding headset kabel
Kelebihan dan kekurangan headset bluetooth
Kelebihan dan kekurangan headset bluetooth

Kelebihan headset bluetooth

Yang pertama, mari kita ulas tentang kelebihannya terlebih dahulu. Ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan apabila kamu menggunakan headset bluetooth, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Koneksi tanpa kabel

Model headset yang dirancang dengan tidak menggunakan kabel memberikan kenyamanan dan fleksibilitas kepada penggunanya. Bagi anda yang pernah menggunakan model headset lama/ yang masih menggunakan kabel tentu saja sering mengalami kesulitan saat menggunakan headset, terlebih jika kabel nya sangat panjang. Nah, dengan menggunakan headset bluetooth ini hal demikian bukan lagi sebagai suatu masalah yang harus di repot kan.

  • Fungsionalitas

Tak hanya digunakan untuk mendengarkan musik saja, namun headset bluetooth juga dilengkapi dengan fitur sentuh yang memungkinkan pengguna untuk menerima atau mematikan telepon tanpa harus melalui ponsel. Pengguna dapat berbicara dan mendengarkan melalui headset, dengan posisi tangan yang tetap bebas sehingga bisa sambil melakukan aktivitas yang lain.

Baca Juga :  6 Cara Mengecilkan Tampilan Layar Laptop Windows 7,8,10 dan 11
  • Simpel dan mudah digunakan

Kelebihan headset bluetooth yang berikutnya adalah mudah digunakan, karena anda hanya perlu menyambung kan perangkat anda dengan headset, dan ketika sudah tersambung anda bebas meletakkan perangkat (HP) anda dimanapun tanpa harus membawa-bawa atau meletakkannya di saku anda.

  • Mobilitas

Dengan tampilan headset bluetooth yang tidak menggunakan kabel memungkinkan pengguna untuk dapat memakai headset saat sedang bepergian, berolahraga, atau melakukan berbagai aktivitas lainnya tanpa harus kewalahan dengan kabel panjang yang melilit.

  • Desain lebih modern dan kekinian

Terakhir yang termasuk sebagai salah satu kelebihan dari headset bluetooth adalah gaya desain nya yang lebih modern dan kekinian. Seperti yang anda lihat sendiri, tampilan fisik headset bluetooth telah berbeda jauh dari headset kabel. Selain itu, headset bluetooth juga memiliki berbagai bentuk tampilan yang unik dan menarik, tak seperti headset kabel yang tampilan fisiknya tetap seperti itu dari dulu hingga sekarang.

Kekurangan headset bluetooth

Selanjutnya, tentang kekurangan headset bluetooth. Biar ga menyesal, mestinya sebelum membeli, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kekurangan dari headset bluetooth. Terdapat beberapa kekurangan dari headset bluetooth yang patut untuk anda pertimbangkan, diantaranya seperti:

  • Rentan rusak

Kekurangannya yang pertama yaitu rentan rusak. Pada banyak kasus, headset bluetooth mudah rusak, bahkan pada beberapa pengalaman ada yang masih baru dibeli, pada beberapa waktu berikutnya sudah langsung rusak. Namun sebenarnya, disamping bawaan kualitasnya yang buruk, mudahnya rusak headset bluetooth juga dapat muncul dari penggunaan ataupun perawatan yang kurang bagus.

  • Sering gagal pairing

Agar headset bluetooth kamu dapat tersambung sehingga keduanya bisa digunakan dengan baik, kamu harus melakukan pairing terlebih dahulu. Sayangnya, hal ini menjadi salah satu permasalah yang kerap dialami pengguna headset bluetooth, yang mana sering kali terjadi gagal atau susah untuk dipairingkan.

  • Pemakaian tergantung pada baterai

Selanjutnya,  pemakaiannya yang tergantung pada daya baterai juga menjadi salah satu kekurangan dari headset bluetooth. Tak seperti headset kabel yang dapat digunakan kapan saja, headset bluetooth memiliki pemakaian yang terbatas. Saat baterai nya sudah habis, kamu harus jeda dulu aktivitas kamu yang menggunakan headset dan melakukan pengisian daya kembali, baru bisa menggunakannya lagi.

  • Salah satu sisi mati/ tidak ada suara

Seperti topik pembahasan kita dalam artikel ini, “kenapa headset bluetooth mati sebelah” juga termasuk sebagai salah satu kendala yang paling sering dialami sebagian besar pengguna headset bluetooth. Mendengarkan musik hanya dari salah satu sisi headset saja, tentu saja dirasa kurang puas. Sayang sekali, hal seperti ini menjadi salah satu kendala yang dimiliki oleh headset bluetooth.

  • Harga lebih mahal dibanding headset kabel

Kekurangannya dari headset bluetooth yang terakhir adalah harganya yang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan headset kabel. Jika headset kabel dengan kualitas yang paling rendah masih bisa anda dapatkan dengan harga 10ribu-an. Sedangkan headset bluetooth dengan kualitas paling rendah biasanya di bandrol dengan harga start dari 30ribu-an.

Baca Juga :  2 Cara Menghapus Akun TikTok yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah
Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah
Penyebab kenapa headset bluetooth mati sebelah Cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah
Mode pairing yang salah Bersihkan headset bluetooth
Terdapat masalah pada baterai (habis) Pastikan daya baterai headset bluetooth terisi penuh
Penyumbatan kotoran pada lobang headset bluetooth Lakukan mode pairing headset bluetooth dengan benar
Headset bluetooth rusak Reset headset bluetooth

Setelah mengetahui deskripsi lengkap tentang headset bluetooth, berikutnya kami akan mengulas mengenai pembahasan utama dalam artikel ini yaitu alasan dibalik kenapa headset bluetooth mati sebelah.

Terdapat beberapa penyebab kenapa headset bluetooth mati sebelah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mode pairing yang salah

Mode pairing headset bluetooth yang salah
Source: susercontent.com/ Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah

Penyebab pertama kenapa headset bluetooth mati sebelah adalah karena mode pairing yang dilakukan dengan tidak benar. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, bahwa ketika anda hendak menggunakan headset bluetooth, anda perlu melakukan pairing terlebih dahulu agar kedua sisi headset dapat tersambung.

Nah, jika mode pairing ini tidak benar dilakukan, maka akan membuat salah satunya menjadi tidak berfungsi. Headset bluetooth yang berhasil terpairing ditandai dengan lampu yang berkedip-kedip dan terdengar suara “Connected” pada kedua sisi headset. Itu menjadi tanda bahwa headset telah siap digunakan.

  • Terdapat masalah pada baterai (daya habis)

Berikutnya, kenapa headset bluetooth mati sebelah juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada baterai atau bisa juga karena daya baterai headset anda yang memang sudah habis. Untuk mengetahui hal ini, cobalah pastikan terlebih dahulu apakah daya baterai headset anda telah penuh sebelum digunakan. Selain itu, periksa juga apakah tempat pengisian baterai atau sarang headset masih berfungsi dengan baik.

  • Penyumbatan kotoran pada lobang headset

Headset Bluetooth Mati Sebelah karena penyumbatan kotoran
Sumber: gadgetren.com/ Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah

Adanya penyumbatan kotoran pada lobang headset dapat menyebabkan headset menjadi tidak dapat berfungsi dengan normal. Sebenarnya, masalah yang kerap muncul pada headset bluetooth yang disebabkan oleh penyumbatan kotoran adalah suaranya yang hilang atau tidak terdengar jelas. Namun jika penyumbatan kotorannya sangat banyak, tak menutup kemungkinan memicu kerusakan yang lebih parah yaitu menyebabkan headset bluetooth mati sebelah.

  • Headset bluetooth rusak

Alasan dibalik kenapa headset bluetooth mati sebelah yang terakhir adalah karena terdapat kerusakan pada headset bluetooth anda. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya seperti kualitas bawaan yang buruk, jatuh, terbentur, terkena cairan, penggunaan dan perawatan yang tidak bagus, atau bisa juga karena faktor umur.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah

Setelah mengetahui sejumlah penyebab kenapa headset bluetooth mati sebelah, berikutnya kami akan membagikan solusi atau cara mengatasi permasalahan terkait headset bluetooth yang mati sebelah.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah
Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah/ Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami kendala headset bluetooth mati sebelah, jangan khawatir! Berikut kami tunjukkan solusinya, yang dilakukan lewat beberapa langkah-langkah, yaitu:

  • Bersihkanlah headset bluetooth

Cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah, lakukanlah mulai dari hal yang terkecil yaitu dengan membersihkan headset bluetooth terlebih dahulu. Pastikan lobang kedua sisi headset tidak terdapat kotoran atau pun debu yang mendempul.

  • Pastikan daya terisi penuh

Pastikan daya terisi penuh. Setelah membersihkan headset, pastikan lah apakah dayanya telah terisi penuh. Periksa juga apakah tempat pengisian baterainya dapat berfungsi dengan baik. Lampu kotak penyimpanan headset bluetooth biasanya akan menyala saat sedang melakukan isi ulang daya.

  • Lakukan mode pairing headset bluetooth dengan benar

Selanjutnya, cara mengatasi kenapa headset bluetooth mati sebelah adalah melakukan mode pairing dengan benar. Nah, untuk kamu yang belum tau cara pairing kedua sisi headset bluetooth, perhatikanlah langkah-langkahnya dibawah ini.

Baca Juga :  5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme Semua Tipe

Cara pairing headset bluetooth yang benar:

  1. Pertama, pastikan lah kedua belah headset kiri dan kanan dalam keadaan terisi daya penuh
  2. Keluarkan headset dari kotak/ power banknya. Tekan tombol pada headset selama 3-5 detik hingga lampu LED indikator headset bluetooth menyala
  3. Apabila sudah pairing biasanya akan terdengar kata “connected
  4. Beralih ke pengaturan bluetooth di HP anda, cari dan tekanlah pada nama headset bluetooth anda
  5. Tunggu hingga keduanya terhubung. Biasanya akan ditandai dengan lampu kedua sisi headset bluetooth yang berkedip-kedip.
  • Reset headset bluetooh

Jika beberapa langkah diatas tidak berhasil juga membuat headset bluetooth anda menyala keduanya, maka cobalah untuk reset ulang headset bluetooth anda.

Jangan khawatir, disini kami akan memberikan panduan tentang bagaimana cara mereset headset bluetooth:

  1. Pertama lupakan atau “hapuslah penyandingan” bluetooth HP anda ke headset bluetooth
  2. Lalu matikan bluetooth perangkat anda
  3. Masukkan kedua earphone kedalam kotak/ power banknya
  4. Tekan tombol ON pada power bank tersebut
  5. Biarkan hingga 10 sampai 15 detik
  6. Lalu keluarkanlah kembali dari kotaknya
  7. Hidupkan juga kembali bluetooth HP anda
  8. Terakhir, lakukan penyandingan kembali

NB: Itulah beberapa cara mengatasi kendala terkait kenapa headset bluetooth mati sebelah. Namun jika setelah melakukan beberapa langkah diatas, masalah pada headset bluetooth anda belum juga terselesaikan, maka cobalah memperbaiki headset bluetooth anda ke orang yang lebih berpengalaman dibidangnya. Karena kemungkinan headset bluetooth anda mati sebelah bisa jadi disebabkan karena adanya kerusakan lain pada bagian hardware nya. Atau jika memungkinkan silahkan anda menggantinya dengan yang baru.

Tips Memilih Headset Bluetooth yang bagus

Agar tidak mudah rusak, tentu anda harus mengetahui bagaimana cara memilih headset bluetooth yang bagus. Nah, tips untuk memilih headset bluetooth yang bagus cukup mudah yaitu dengan mengambil produknya dari harga pada tingkatan menengah keatas.

Anda mungkin pernah mendengar istilah “ada harga ada kualitas”. Perlu untuk anda ketahui bahwa kata-kata semacam ini memang benar adanya. Jika anda menginginkan kualitas yang lebih tinggi, maka ada harga yang harus anda bayar. Jadi, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah ya guys. Lebih baik membeli sekali tapi awet, dari pada beli berkali-berkali tapi mudah rusak 😉

Cara Merawat Headset Bluetooth

Selain membagikan tips memilih headset bluetooth yang bagus, kami juga akan memberitahukan kamu tentang bagaimana cara perawatan headset bluetooth yang benar agar tidak mudah rusak sehingga awet digunakan.

Berikut beberapa tips merawat headset bluetooth yang dapat kamu lakukan:

  1. Hindari headset bluetooth dari paparan cairan.
  2. Jangan biasa kan meletakkan begitu saja headset bluetooth tidak pada kotaknya.
  3. Hindari menggunakan headset bluetooth hingga baterai nya doll. Segera lakukan pengisian apabila sudah muncul bunyi peringatan yang menandakan baterai akan habis.
  4. Rutin membersihkan headset bluetooth dengan lembut
  5. Jaga headset bluetooth dari suhu ekstrem

Penutup

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah
Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah?

Ditengah maraknya penggunaan headset bluetooth, masalah pada headset bluetooth yang hanya berfungsi di satu sisi saja merupakan situasi yang sering dihadapi. Itulah beberapa penyebab kenapa headset bluetooth mati sebelah beserta cara mengatasinya yang dapat kamu ikuti apabila kamu termasuk sebagai salah satu pengguna yang mengalami kendala yang sama seperti yang dibahas dalam artikel ini. Semoga informasi dan tips yang kami bagikan bermanfaat, terimakasih.

Back to top button