Aplikasi

5 Aplikasi Cek NISN Siswa: Akurat dan Aman

Hayo siapa yang suka ribet cari NISN siswa setiap harinya? Tenang saja, ada Aplikasi Cek NISN Siswa yang bisa membuat hidupmu semakin santai!

Nah, dengan kemudahan tersebut jadi kamu tidak perlu berpikir panjang lagi untuk menggunakan aplikasi cek Nisn siswa yang akan mocipay.com rekomendasi kan, langsung saja ikuti penjelasan dibawah ini.

Fungsi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan sistem identifikasi nasional yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk memudahkan pengelolaan data dan informasi pendidikan.

NISN digunakan sebagai acuan dalam melacak dan mencatat data siswa, seperti data pribadi, data akademik, absensi, dan sebagainya.

Setiap siswa diwajibkan memiliki NISN sebagai nomor identifikasi resmi-Nya selama bersekolah. Untuk fungsi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi pendidik, yakni diantaranya sebagai berikut.

Fungsi NISN dalam Pendidikan Deskripsi
Pencatatan Data Siswa NISN digunakan untuk mencatat dan mengelola data siswa, termasuk data pribadi, data akademik, dan absensi.
Identifikasi Unik Sebagai nomor identfikasi unik bagi setiap siswa diswa di Indonesia. Setiap siswa memiliki NISN akan membedakan mereka dengan siswa lainnya.
Penyebaran Informasi Pendidikan NISN memungkinkan lembaga pendidikan dan instansi terkait berbagai informasi tentang perkembangan akademik siswa, nilai, presensi, dan jadwal.
Integrasi Data Pendidikan Data siswa yang terkait dengan NISN dapat dibagikan dengan mudah, termasuk dalam hal penerimaan siswa baru, pengawasan pendidikan, dan penilaian pendidikan.
Kemudahan Akses Informasi Siswa dan orang tua dapat dengan mudah mengakses informasi tentang perkembangan siswa melalui NISN.  Informasi seperti nilai, prestasi, atau jadwal.
Pemantauan dan Evaluasi Data yang terkait dengan NISN membantu dalam menilai kemajuan akademik siswa dan memberikan bantuan yang sesuai.
Konsisten dan Keabsahan Dokumen NISN harus digunakan secara konsisten dala semua dokumen resmi siswa, seperti rapor, dan sertifikat. Hal ini memastikan keabsahan dan keakuratan dokumen pendidikan siswa.
Baca Juga :  10 Aplikasi Prediksi Wajah Anak Online Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Cek Nisn Siswa

Saat ini belum banyak rekomendasi aplikasi cek NISN siswa yang tersedia di Play Store maupun App Store. Meskipun demikian, kamu masih memiliki kesempatan untuk cek NISN melalui aplikasi yang tersedia.

Aplikasi yang akan direkomendasikan ini merupakan platform terbaik yang terbukti aman dan akurat dengan fitur pencarian yang canggih.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi cek NISN siswa hanya dengan memanfaatkan nama siswa saja, yakni diantaranya :

1. Cek NISN New

Cek NISN New
Cek NISN New

Cek NISN New merupakan salah satu aplikasi yang dirancang khusus untuk mengecek NISN siswa dengan mudah dan praktis untuk digunakan.

Untuk cek NISN menggunakan platform ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cek Nisn dengan menggunakan nomor induk siswa dan cek Nisn dengan menggunakan nama lengkap siswa.

Selain memiliki fitur pencarian yang mudah, aplikasi Cek NISN New ini juga menyimpan riwayat pencarian pengguna, sehingga kamu dapat dengan mudah mengakses kembali informasi NISN yang telah dicari sebelumnya.

Aplikasi ini akan menjadi pilihan terbaik karena memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat ringan jadi aman untuk digunakan oleh perangkat yang memiliki kapasitas penyimpanan rendah.

Cara Cek Nisn Siswa di Aplikasi Cek NISN New

  • Instal atau untuk aplikasi Cek NISN New terlebih dahulu di perangkat kamu.
  • Buat akun pengguna.
  • Pada halaman utama, cari NISN siswa kamu dengan dua pilihan yang diberikan, yaitu melalui nomor induk siswa dan menggunakan nama lengkap siswa.
  • Karena kondisinya saat ini kamu lupa dengan Nomor Induk Siswa Nasional, silahkan pilih alternatif kedua dengan menggunakan nama lengkap siswa.
  • Setelah itu masukkan Tempat dan Tanggal Lahir.
  • Lalu klik Cari Nama.
  • Secara otomatis Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) kamu akan muncul.
Baca Juga :  7 Aplikasi Penunjuk Arah Jalan Paling Akurat, Bisa Offline dan Bersuara 2024

2. Cetak Kartu NISN

Cetak Kartu NISN
Cetak Kartu NISN

Aplikasi cek NISN siswa selanjutnya adalah cetak kartu NISN. Aplikasi ini dirancang dengan tujuan untuk memudahkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam mencetak kartu NISN untuk peserta didiknya.

Selain dirancang untuk mencetak kartu NISN siswa, melalui aplikasi ini kamu juga dapat cek Kartu Induk Siswa Nasional (NISN) dengan mudah.

Menariknya, cetak kartu NISN ini memiliki 2 tampilan yang berbeda, yang pertama dengan tampilan Full QR Code dan tampilan yang kedua yaitu Code dan foto. Hal ini akan memudahkan siswa, jika kartu NISN yang dimiliki rusak atau robek.

Jadi aplikasi cetak kartu NISN akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna dalam menghasilkan kartu identitas siswa yang valid dengan NISN yang tercetak dengan jelas dan akurat.

Cara Cek Nisn Siswa di Aplikasi Cetak kartu NISN

  • Buka aplikasi cetak kartu NISN di perangkat.
  • Pilih opsi Cek NISN atau Pengecekan NISN.
  • Masukkan data yang diminta, sepertii nama lengkap siswa atau Nomor indk sekolah.
  • Kemudian klik Cari.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul nomor induk siswa pada layar.
  • Jika diperlukan silahkan catat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tersebut.

3. Dapodik All In One

Dapodik All In One
Dapodik All In One

Hadir sebagai aplikasi cek NISN Siswa, dapodik All In One diklaim lebih lengkap karena menyajikan informasi terkait sekolah, mulai dari guru gingga tenaga kependidikan.

Selain itu, kamu dapat dengan mudah mengimpor, memperbaharui, dan melacak data siswa serta melihat dengan detail informasi pribadi yang dimiliki oleh siswa.

Secara keseluruhan, aplikasi Dapodik All In One memberikan keudahan dan efisiensi dalam pengelolaan data pendidikan di sekolah.

Dengan fitur yang tersedia dan integrasi yang baik, aplikasi ini menjadi solusi yang kompherenshif dan handal bagi sekolah dalam mengelola berbagai aspek administrasi dan akademik khususnya untuk mengecek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Baca Juga :  17 Aplikasi Penghasil Uang Jutaan Perhari Terbaru 2024

Cara Cek Nisn Siswa di Aplikasi Dapodik All In One

  • Buka aplikasi Dapodik All In One di ponsel kamu.
  • Cari menu yang berhubungan dengan Pencarian Data atau Cek NISN.
  • Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Kemudian klik Cari.
  • Aplikasi Dapodik All In One akan melakukan pencarian dan verifikasi NISN siswa.
  • Tunggu beberapa saat hingga hasil pencarian NISN muncul di layar perangkat.
  • Akan tampil informasi terkait siswa, termasuk nama, sekolah, dan data lainnya.

4. Pelajar – by Jaringan IDN

Pelajar - by Jaringan IDN
Pelajar – by Jaringan IDN

Pelajar-by Jaringan IDN juga termasuk aplikasi cek NISN siswa yang akan memudahkan lembaga pendidikan dalam mengelola data pelajar dari semua jenjang pendidikan.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang berguna bagi siswa, orang tua, guru, dan sekolah. Aplikasi cek NISN siswa ini juga akan memudahkan setiap pengguna melakukan komunikasi antara guru, siswa dengan fitur pesan internal yang aman.

Menariknya, aplikasi cek NISN siswa ini juga dilengkapi dengan fitur tabungan siswa sehingga memudahkan guru dan orang tua untuk mengecek besar tabungan yang dimiliki siswa dan bersifat transparan.

Cara Cek Nisn Siswa di Aplikasi Pelajar – by Jaringan IDN

  • Download aplikasi Pelajar – by Jaringan IDN di perangkat ponsel.
  • Buat akun dengan cara mendaftarkan kamu.
  • Buka aplikasi Pelajar – by Jaringan IDN.
  • Klik menu Cek NISN atau Pengecekan NISN.
  • Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau nama lengkap siswa.
  • Lalu klik Cari.
  • Maka Nisn siswa akan muncul pada layar smartphone kamu.

Cara Cek NISN Online di Situs Kemdikbud

Selain menggunakan aplikasi cek NISN siswa yang telah direkomendasikan diatas, melalui situs Kementerian Pendidikan dan Budaya kamu juga bisa cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Cara Cek NISN Online di Situs Kemdikbud
Cara Cek NISN Online di Situs Kemdikbud

Pasalnya, Kemdikbud menyediakan layanan atau fitur Pencarian Data Pokok Pendidikan yang memungkinkan setiap pengguna atau pendidik untuk mencari NISN siswa secara online.

  • Kunjungi situs resmi nisn.data.kemdikbud di browser perangkat.
  • Masukkan Nama Lengkap Siswa, Temoat Lahir, Nama Ibu kandung.
  • Lalu Centang opsi Captcha.
  • Setelah itu, klik Cari Data.
  • Maka Data NISN akan muncul.

Penutup

Aplikasi Cek NISN Siswa
Aplikasi Cek NISN Siswa

Itulah beberapa aplikasi cek NISN siswa beserta cara menggunakannya dengan mudah dan praktis yang dapat kamu coba.

Pastikan nama lengkap atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang telah dimasukkan tidak salah agar data siswa dapat ditemukan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan situs online cek NISN yang telah dirilis langsung oleh situs resmi kemdikbud tersebut.

Semoga informasi aplikasi cek NISN siswa diatas bermanfaat dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button