Promo Top Up Game Termurah😍
Tips

9 Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis Paling Mudah Digunakan

Sejak era pandemi silam, Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis menjadi marak di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak? Social distancing yang diberlakukan pemerintah mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah. Anda salah satu tenaga pengajar yang juga terdampak sekolah online? Bingung mengurus presensi siswa? Yuk, gunakan aplikasi absensi siswa online gratis di sini!

Apa yang Dimaksud Absensi Siswa?

Apa yang Dimaksud Absensi Siswa
Apa yang Dimaksud Absensi Siswa

Menjadi tenaga pengajar memang sangat mengalahkan. Ditambah lagi harus mengerusu absensi siswa. Sebenarnya, apa, sih absensi siswa itu?

  1. Absensi siswa mengandung arti sebagai hadir dan tidak hadirnya siswa di kelas. Partisipasi siswa di dalam kelas harus dicatat oleh guru yang bersangkutan.
  2. Dalam kegiatan belajar mengajar, ada beberapa aturan absensi siswa yang diberlakukan. Contohnya, siswa tidak akan naik kelas jika tidak hadir sebanyak 5x tanpa keterangan.

Nah, lalu, kalau sekolahnya online bagaimana? Bagaimana cara guru atau wali kelas mengelola daftar hadir siswa? Solusinya adalah menggunakan aplikasi absensi online sekolah.

Kenapa Harus Pakai Absensi Online?

Kenapa Harus Pakai Absensi Online
Kenapa Harus Pakai Absensi Online

Ketika sistem pembelajaran diaplikasikan secara online, mencatat kehadiran siswa satu persatu secara manual terbilang cukup merepotkan. Oh iya kini kamu sudah bisa cobain Cara Transfer Shopeepay ke Dana Tanpa Ribet.

Untuk memudahkan Anda melakukan rekapitulasi kehadiran dan mencatat kegiatan belajar lainnya, menggunakan aplikasi absensi siswa Word, Excel atau format lainnya perlu Anda pertimbangkan.

Berikut alasan-alasan mengapa Anda perlu menggunakan absensi siswa online.

  • Absensi Lebih Fleksibel

Menggunakan aplikasi absensi siswa online berarti Anda diberikan keleluasaan untuk membuat batasan lokasi absensi siswa. Jadi, lokasi di mana siswa wajib melakukan presensi bisa Anda tentukan sesuai dengan peraturan sekolah yang berlaku.

  • Bisa Diintegrasikan dengan Sistem Sekolah

Tidak hanya untuk mencatat kehadiran siswa saja, tapi beberapa aplikasi absen siswa Android dan iOS juga bisa diintegrasikan dengan sistem sekolah, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot menyesuaikan sendiri aplikasi absensi online dengan sistem teknologi yang berlaku di sekolah.

Selain bisa diintegrasikan, kamu juga harus wajib cobain Website Penghasil Dollar Terbukti Membayar.

  • Pemantauan Absensi secara Real-Time

Yang bisa mengakses aplikasi absensi siswa online tidak hanya guru dan siswa saja, tapi orang tua juga bisa memiliki aksesnya. Pemantauan kehadiran siswa secara real-time melalui aplikasi absensi online tentu saja memudahkan orang tua untuk mengawasi anaknya agar tidak bolos sekolah.

Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis dengan Akses yang Super Praktis!

Mengabsen siswa ketika kegiatan pembelajaran jarak jauh kini semakin mudah dan nyaman karena banyaknya aplikasi absensi siswa online yang tersedia. Dengan format absensi siswa yang telah disediakan, Anda jadi tidak perlu lagi mencari-cari aplikasi absensi siswa berbasis excel karena dengan aplikasi-aplikasi berikut, mengelola kehadiran siswa menjadi lebih efisien.

  • Aplikasi Talenta

Aplikasi Talenta
Aplikasi Talenta

Rekomendasi aplikasi absensi siswa online pertama, adalah aplikasi absensi online gratis dari Talenta. Fitur yang lengkap seperti GPS dan manajemen data siswa akan memudahkan siswa untuk melakukan absen dan membuat guru tidak kesulitan lagi mengelola data kehadiran.

Link Download Aplikasi Talenta

Nama Aplikasi Talenta
Rating 4.3
Ukuran 22 MB
Link Playstore co.talenta

Buat kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan yuk cobain, Cara Daftar Shopee Affiliate Tanpa Minimal Followers.

  • Hadirr

Hadirr
Hadirr

Sesuai namanya, Hadirr adalah aplikasi absensi siswa online yang bisa Anda gunakan untuk mengabsen siswa. Di aplikasi ini, Anda bisa mencatat jam mata pelajaran, membuat jadwal kelas, dan mencatat absensi siswa hanya melalui satu platform saja.

Link Download Aplikasi Hadirr

Nama Aplikasi Hadirr
Rating 4.7
Ukuran 18 MB
Link Playstore Klik Disini
  • Zoho Form

Zoho Form
Zoho Form

Aplikasi absensi siswa online Android gratis yang selanjutnya adalah Zoho Form. Sistem absensi online di aplikasi ini berbentuk form yang harus diisi oleh siswa. Yang menariknya, Zoho Form juga punya fitur tanda tangan yang memungkinkan siswa untuk menggambar tanda tangannya sebagai bukti kehadiran.

Link Download Aplikasi Zoho Form

Nama Aplikasi Zoho Form
Rating 3.8
Ukuran 10 MB
Link Playstore com.zoho.forms.a
  • Absensi Free

Aplikasi absensi siswa online yang selanjutnya adalah Absensi Free. Dari namanya sudah jelas, ya kalau aplikasi ini adalah platform absensi gratis yang bisa diakses baik oleh guru, karyawan, ataupun siswa. Fitur yang ada pada aplikasi ini memudahkan guru untuk mengelola kehadiran siswa. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan rekapitulasi absen siswa pada periode tertentu.

  • SmartPresence

SmartPresence
SmartPresence

Selanjutnya ada aplikasi SmartPresence Fitur yang disediakan aplikasi ini cukup lengkap dan mudah untuk digunakan. SmartPresence dilengkapi dengan fitur face biometric, automatic recap, GPS, dan fitur menarik lainnya.

Link Download Aplikasi SmartPresence

Nama Aplikasi SmartPresence
Rating 3.9
Ukuran 34 MB
Link Playstore com.bssp.datacapture

Selain menggunakan Smarpresence, kamu juga wajib cobain Aplikasi Yang Menghasilkan Uang Bagi Pelajar.

  • Google Form

Google Form
Google Form

Nah, kalo aplikasi absensi siswa online yang satu ini sudah tidak diragukan lagi keunggulannya. Meskipun Google Form pada dasarnya bukan digunakan untuk absen, tapi Anda bisa, lho memanfaatkan fitur-fitur yang ada sehingga GForm bisa digunakan untuk mencatat kehadiran siswa secara online. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membuat form dan biarkan siswa mengisi form sesuai dengan data-data yang dibutuhkan.

Bagaimana Cara Membuat Absen di Google Form?

Bagaimana Cara Membuat Absen di Google Form
Bagaimana Cara Membuat Absen di Google Form

Anda yang sedang mencari solusi lain dari aplikasi absensi siswa excel gratis patut mencoba membuat absen melalui Google Form. Banyaknya fitur dari Google Form akan memudahkan siswa untuk melakukan absen dan juga akan membuat rekapitulasi absen dan pendataan siswa lainnya jadi lebih aman dan nyaman. Ingin pakai Google Form untuk absen online? Ikuti cara membuatnya di sini, ya!

  1. Akses Google Form dengan mengklik link ini.
  2. Buatlah formulir baru dengan cara mengklik tombol “+” yang berada di pojok kiri atas.
  3. Selanjutnya, berikan judul pada form Anda seperti “Absensi Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas XII”.
  4. Tambahkan deskripsi pada formulir seperti peraturan mengisi absensi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan daftar hadir siswa.
  5. Di bawah kolom judul dan deskripsi, ada kolom kosong yang bisa Anda isi dengan judul “Nama Siswa”, setelah itu silakan sesuaikan jawaban untuk kolom tersebut dengan “Jawaban Singkat”.
  6. Aktifkan opsi “Wajib Diisi” agar tidak ada siswa yang bisa melewati kolom tersebut.
  7. Buatlah kolom jadwal dengan mengklik tombol “+” yang ada di sebelah kanan dan isi kolom tersebut sesuai dengan keperluan absensi Anda.
  8. Pilih jenis jawaban sesuai kebutuhan Anda.
  9. Jika sudah, lakukan langkah yang sama seperti di atas dan beri judul kolom dengan “Keterangan”.
  10. Masukkan opsi “Sakit”, “Izin”, dan “Alfa” untuk memberikan kemudahan siswa ketika memberi keterangan tidak hadir.
  11. Klik tombol “Kirim”, lalu copy link yang muncul setelah Anda submit form yang telah Anda buat.
  12. Bagikan link ke siswa dan biarkan siswa mengisi daftar hadir online sesuai dengan partisipasi mereka di dalam kelas.

Mudah sekali, bukan? Menggunakan Google Form sama saja dengan download aplikasi absensi siswa berbasis web gratis, karena GForm bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, mengelola data yang telah Anda dapatkan dari hasil pengisian Google Form juga sangat mudah, lho. Biasanya aplikasi absensi siswa online Google Form akan memberikan respon pengisi form dalam format excel. Jadi, Anda gak perlu repot-repot lagi, deh membuat format absensi baru.

Selain, dengan menggunakan Google Form, melakukan rekapitulasi kehadiran siswa selama ber semester-semester bukan jadi halnya yang sulit lagi. Pasalnya, Google Form juga akan memfasilitasi Anda dengan spreadsheet sehingga Anda akan lebih mudah untuk melakukan rekapitulasi.

Cara Membuat Rekap Absen Online Otomatis Menggunakan Google Form

Cara Membuat Rekap Absen Online Otomatis Menggunakan Google Form
Cara Membuat Rekap Absen Online Otomatis Menggunakan Google Form

Google memang tidak ada habisnya memanjakan para penggunanya. Produk-produk keluaran Google seperti Google Doc, Google Spreadsheet, hingga Google Form semuanya bisa Anda manfaatkan untuk menunjang kebutuhan pekerjaan Anda.

Jika Anda adalah seorang guru yang sedang menj

alani pembelajaran jarak jauh, Google Form adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan sebagai aplikasi absensi siswa online gratis!

Dengan tampilannya yang simpel dan mudah dipahami, siswa akan merasa nyaman ketika melakukan absensi online. Selain itu, Anda sebagai guru pun juga akan merasakan betapa efisiennya melakukan rekap absen melalui Google Form.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

  1. Buat form absensi di Google Form dengan cara mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas.
  2. Setelah menyebarkan link absensi kepada siswa, Anda bisa membuka “Respon” dari formulir Anda, caranya dengan membuka Google Drive > Pilih form absensi yang sudah diisi siswa > klik opsi “Respon”.
  3. Anda akan dibawa ke halaman “Tanggapan”. Pada halaman tersebut, silakan Anda klik logo Google Spreadsheet yang ada di pojok kanan atas.
  4. Buka sheets tersebut di form “Response” (Sheets 1).
  5. Tambahkan 3 kolom baru, yaitu “Tanggal Absen”, “Absensi Siswa”, dan “Keterangan”.
  6. Jika sudah, tabahkan rumus berikut untuk 3 kolom di atas.
  • Tanggal Absen

=arrayformula(if(row(A:A)=1;”TANGGAL ABSEN”;ARRAYFORMULA(IF((A:A)=””;””;TEXT(A:A;”DD/MM/YYYY”)))))

  • Absensi Siswa (Kombinasi Kolom Nama Siswa dg Tanggal Absensi)

=arrayformula(if(row(A:A)=1;”ABSENSI SISWA”;ARRAYFORMULA(B:B&text(E:E;”DD/MM/YYYY”))))

  • Keterangan

=arrayformula(if(row(A:A)=1;”KETERANGAN”;D:D))

  1. Selanjutnya, buatlah sheet baru dengan cara mengklik tombol “+” di bagian bawah, lalu ganti nama sheet misalnya menjadi “Rekap Absen Bulan Januari”.
  2. Pada sheet yang baru Anda buat, buatlah format rekap absen berupa tabel yang berisi kolom nama murid, tanggal, dan keterangan absensi (sakit, izin, alfa).
  3. Jika sudah, Anda bisa memasukkan rumus-rumus di atas ke dalam sheet tersebut.

Tidak sulit, kan membuat absen dengan Google Form? Jangankan buat absensi online, rekapitulasi juga bisa dilakukan dengan otomatis dan super cepat kalau Anda pakai Google Form. Manfaat Google Form ini memang tidak usah diragukan lagi, ya. Cukup dengan mengakses akun Google, Anda sudah bisa membuat absensi siswa online dan membuat rekapitulasinya dengan mudah dan gratis di Google Form!

Kesimpulan

Gimana? Membantu sekali, bukan kehadiran aplikasi absensi siswa online? Jika mengabsen manual dengan memanggil siswa satu persatu pada saat Zoom Meeting terkesan sangat merepotkan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi absensi siswa online yang bisa diakses secara cuma-cuma.

  1. Aplikasi absensi siswa onlinei memiliki beragam fitur yang akan memudahkan Anda untuk melakukan absensi online seperti face recognition, GPS, clock in/out, dan fitur lainnya.
  2. Dengan fitur-fitur ini, Anda bisa memantau kehadiran siswa dengan mudah sekaligus mencegah siswa untuk bolos di jam mata pelajaran Anda.
  3. Setiap aplikasi absensi siswa online gratis, juga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
  4. Anda tinggal menentukan aplikasi mana yang cocok untuk keperluan mengajar.
  5. Jika Anda ingin mendapatkan kemudahan dalam mengabsen siswa sekaligus mengelola data kehadiran seperti melakukan rekapitulasi, salah satu aplikasi yang perlu dijadikan pertimbangan adalah Google Form.

Penutup

Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis
Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis

Untuk bisa menggunakan Google Form sebagai aplikasi absensi siswa online, Anda harus memastikan setiap siswa punya akses ke Gmail, ya. Berikan sosialisasi yang jelas juga kepada siswa agar nantinya akan memudahkan Anda untuk mengelola data absensi siswa yang telah masuk.

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Di Indonesia. Yuk Download Aplikasi MOCIPAY Sekarang Juga
Back to top button