Aplikasi

7 Aplikasi Penghitung Kontraksi Kehamilan Terbaik 2024: Siap Siaga Menjelang Persalinan!

Dalam perjalanan kehamilan, mengetahui aplikasi penghitung kontraksi kehamilan menjadi suatu keharusan! Alat ini dapat membantu calon ibu dalam melacak tahap kontraksi saat akan menuju persalinan.

Nah dalam artikel Mocipay kali ini, secara khusus akan membahas tentang aplikasi penghitung kontraksi kehamilan yang tak hanya menyediakan alat penghitungan akurat, tetapi juga memberikan keamanan dan kemudahan untuk memantau proses persalinan secara efektif.

Sekilas tentang Kontraksi Kehamilan

Apa itu Kontraksi kehamilan
Apa itu Kontraksi kehamilan

Apa itu kontraksi? Seperti apa kontraksi? Berapa lama kontraksi bertahan? Apa saja gejala kontraksi persalinan? Bagaimana saya tahu bahwa saya mengalami kontraksi kehamilan? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering kali dilontarkan, terutama oleh para calon ibu yang masih dalam pengalaman pertama kalinya.

Kontraksi mengacu pada kondisi yang mana otot-otot rahim atau uterus mengalami kontraksi sebagai respons alami tubuh wanita untuk membuka leher rahim dan mendorong bayi keluar dari rahim saat persalinan.

Kebanyakan perempuan yang mengalami kontraksi merasakan adanya gerakan dari punggung ke sekitar tubuh hingga perut. Kontraksi terdiri dari pembukaan 1 sampai 10. Kontraksi persalinan dapat dirasakan sebagai rasa sakit atau ketidaknyamanan yang meningkat seiring waktu.

Kontraksi umumnya disertai dengan pecahnya ketuban yang menjadi pertanda bahwa waktu persalinan akan segera tiba. Perlu diketahui bahwa ingkat rasa sakit pada setiap calon ibu dapat berbeda-beda.

Aplikasi Penghitung Kontraksi Kehamilan, Apakah Ada?

Benarkah ada aplikasi penghitung kontraksi kehamilan? Bagaimana cara kerjanya? Mungkin beberapa sobat Mocipay ada yang menanyakan hal demikian.

Ya, jawabannya tentu ada! Di era canggih sekarang ini, berbagai aplikasi canggih, termasuk salah satunya aplikasi penghitung kontraksi kehamilan, sudah bisa didapatkan dengan mudah lewat penyedia aplikasi seperti Play Store atau App Store.

Kegunaan Memakai Aplikasi Penghitung Kontraksi Kehamilan

Sebelum lanjut menampilkan beberapa rekomendasi aplikasi penghitung kontraksi kehamilan, ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu apa saja kegunaan dari pemakaian aplikasi penghitung kontraksi kehamilan ini.

Baca Juga :  30 Aplikasi Nonton Film Gratis Sub Indo Tanpa Berlangganan

Penggunaan aplikasi penghitung kontraksi kehamilan dapat memberikan anda beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membantu calon orang tua untuk memantau dan mencatat durasi antar kontraksi dengan lebih akurat
  2. Menentukan waktu yang tepat untuk pergi ke rumah sakit
  3. Sebagai alat yang dapat membagikan informasi kepada tenaga kesehatan
  4. Mempersiapkan mental dan fisik bagi calon ibu untuk menghadapi proses persalinan
  5. Membantu komunikasi dengan tim medis
  6. Untuk mencatat intensitas dan ketidaknyamanan

Rekomendasi Aplikasi Penghitung Kontraksi Kehamilan Terbaik

Ada berbagai aplikasi penghitung kontraksi kehamilan terbaik yang bisa dengan bebas atau gratis di unduh dari Play Store maupun App Store. Berikut kami tampilkan!

  • Timer Kontraksi

Aplikasi penghitung kontraksi kehamilan
Aplikasi penghitung kontraksi kehamilan/ play.google.com

Timer Kontraksi‘ merupakan salah satu aplikasi penghitung kontraksi kehamilan yang penggunaannya sangat mudah dan praktis. Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk melacak dan mempertimbangkan waktu untuk ke rumah sakit.

Aplikasi ini akan menganalisis durasi dan frekuensi kontraksi serta memberi tahu jika tiba waktunya untuk ke rumah sakit. Cara penggunaannya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengetuk satu tombol di awal dan akhir kontraksi.

  • Contraction Counter/ Penghitung Kontraksi

Lanjut ke aplikasi berikutnya yakni, aplikasi penghitung kontraksi yang dikembangkan oleh Wachanga. Aplikasi ini dirancang untuk ibu yang menghadapi persalinan untuk mengatur waktu kontraksi dengan mudah.

Selain mudah dan akurat digunakan, salah satu yang menjadi kelebihan aplikasi ini adalah dapat mengubah semuanya menjadi PDF sehingga informasi mengenai tahap kontraksi ditampilkan dengan lebih detail serta mudah dibagikan ke tenaga medis.

  • Contraction Timer & Counter 9m

Aplikasi penghitung kontraksi kehamilan
Aplikasi penghitung kontraksi kehamilan/ play.google.com

Aplikasi penghitung kontraksi kehamilan yang berikutnya adalah ‘contraction timer & counter 9m‘ Taukah kamu? Aplikasi termasuk sebagai salah satu aplikasi pemantau kontraksi terbaik di beberapa negara seperti Australia, Kanada, USA, Italia dan lain-lain.

Dengan kualitas mumpuni yang dimiliki, aplikasi ini telah berhasil meraih bintang 4.8 dengan jumlah download sebanyak 5jt+. Aplikasi ini akan membantu anda untuk menentukan waktu yang tepat untuk pergi ke rumah sakit.

  • Timer Kontraksi 4+

Timer kontraksi merupakan aplikasi penghitung kontraksi kehamilan yang dikhususkan untuk pengguna perangkat iOS, yang dapat digunakan secara gratis.

Baca Juga :  8 Aplikasi Penghilang Suara Vokal Android, Langsung Bisa Karaoke

Aplikasi ini dapat dengan sempurna menghitung kontraksi persalinan, durasi dan interval selama seminggu terakhir kehamilan anda minggu demi minggu untuk mengetahui kapan harus pergi ke rumah sakit untuk persalinan.

  • Contraction Timer (Labor)

Contraction Timer juga hadir menjadi salah satu aplikasi penghitung kontraksi kehamilan terbaik yang telah banyak digunakan. Aplikasi ini dirancang dengan berbagai fitur diantaranya adalah seperti:

  1. Menampilkan siklus kontraksi (periode kontraksi + interval) dengan mengukur periode kontraksi dan interval.
  2. Menampilkan hasil kontraksi dalam grafik atau daftar.
  3. Menyediakan musik klasik untuk meredakan ketegangan.
  4. Menyediakan daftar hal-lhal untuk mempersiapkan persalinan.
  5. Catatan kontraksi yang telah diukur sebelumnya dapat diperiksa melalui Menu.
  • Easy Contraction Timer

Aplikasi penghitung kontraksi kehamilan
Aplikasi penghitung kontraksi kehamilan/ play.google.com

Aplikasi penghitung kontraksi yang selanjutnya adalah ‘Easy Contraction Timer‘ Kaya akan fitur menjadi kelebihan dari aplikasi ini.

Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah seperti berbagi, note/ catatan yang bisa kamu gunakan untuk menuliskan keluhan yang kamu rasakan (jika ada), dan fitur edit.

  • Time for baby – Contractions

Bagian terakhir dari aplikasi penghitung kontraksi adalah ‘Time for baby‘ Aplikasi ini dikembangkan oleh dua orang pasutri yang telah berpengalaman. Antar muka yang ramah dan sederhana dengan fitur-fitur yang mudah digunakan tentu akan anda dapatkan dalam aplikasi ini.

Dalam aplikasi ini terdapat tampilan kurva kontraksi yang ditampilkan berdasarkan riwayat durasi kontraksi yang anda lewati. Ini akan memudahkan anda untuk melihat perkembangan tahap kontraksi anda. Anda akan mendapatkan pemberitahuan apabila sudah waktunya untuk pergi ke rumah sakit.

Note!

Beberapa aplikasi seperti yang telah kami sebutkan diatas dapat digunakan secara gratis serta mudah digunakan. Namun perlu diingat bahwa, penggunaan aplikasi tidak dapat dijadikan sebagai acuan utama. Jika durasi dan frekuensi kontraksi belum merespon, tetapi rasa sakit yang anda alami sudah tidak tertahankan lagi, maka sebaiknya pergilah segera ke rumah sakit untuk berkonsultasi langsung dengan dokter atau tim medis.

Cara Menggunakan Aplikasi Penghitung Kontraksi Kehamilan

Setelah membagikan beberapa aplikasi penghitung kontraksi kehamilan, berikutnya kami akan memberikan panduan terkait bagaimana cara penggunaannya.

Berikut cara menggunakan aplikasi penghitung kontraksi kehamilan melalui beberapa urutan langkah sederhana:

  1. Langkah pertama, tentunya dimulai dengan mengunduh dan memasang aplikasi terlebih dahulu. Pilihlah salah dari daftar aplikasi yang telah kami tunjukkan diatas.
  2. Jika aplikasinya telah berhasil terpasang, silahkan login dan buat akun
  3. Ketuk tombol ‘Mulai‘ setelah anda merasakan kontraksi sudah dimulai
  4. Setelah kontraksi berhenti, ketuklah kemudian tombol ‘kontraksi selesai/ berakhir
  5. Ulangi kembali langkah 3 – 4 ketika anda merasakan kontraksi dimulai lagi
  6. Catat waktu mulai dan selesai kontraksi
  7. Catat keluhan dan ketidaknyamanan (jika ada)
  8. Bagikan informasi dengan tenaga kesehatan
  9. Pantau perkembangan dan segeralah pergi ke rumah sakit untuk proses persalinan apabila anda telah menerima pemberitahuan atau peringatan dari aplikasi
Baca Juga :  10 Aplikasi Pinjaman 5 Juta Langsung Cair, Tanpa Jaminan Aman Dan Terpercaya

Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Kontraksi

Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Kontraksi kehamilan
Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Kontraksi kehamilan

Proses persalinan merupakan moment membahagiakan karena akan bertemu dengan buah hati yang telah di nanti-nantikan selama 9 bulan, namun sekaligus juga menegangkan karena rasa sakit dan kram yang dialami, ditambah lagi dengan perasaan cemas dengan hasil akhir persalinan nanti bagaimana.

Saat sedang mengalami tahap kontraksi, rata-rata perempuan akan merasakan rasa sakit yang hebat yang akan meningkat seiring waktu. Namun moms tidak perlu khawatir, dibawah ini kami akan membagikan beberapa tips untuk mengurangi rasa sakit selama kontraksi.

Tips mengurangi rasa sakit saat Kontraksi kehamilan Keterangan singkat
Perbanyak bergerak Pergerakan seperti berjalan-jalan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses persalinan.
Relaksasi dan pernapasan dalam Melakukan praktek pernapasan dalam dan relaksasi dapat membantu mengalihkan perhatian dari rasa sakit dan memberikan oksigen yang cukup pada tubuh.
Air hangat Mandi air hangat atau pun berendam dalam bak mandi air panas dapat memberikan perasaan relaksasi dan mengurangi rasa sakit.
Memusatkan pikiran Fokus kan pikiran anda, yang mana sebentar lagi akan bertemu dengan bayi. Ini dapat mendorong semangat dan membantu anda untuk melewati rasa sakit.
Kompres panas Terapkan kompres panas pada area yang terasa sakit. Tindakan ini dapat memberikan rasa nyaman dan mengurangi rasa kram.
Pijatan Mintalah pasangan anda untuk memberikan pijatan yang dapat membantu meredakan ketegangan otot dan memberikan sensasi atau perasaan nyaman dan tenang.
Obat penghilang rasa nyeri Apabila moms mengalami rasa sakit tak tertahankan, maka pertimbangkanlah untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Namun janga lupa, sebaiknya konsultasikan lah terlebih dahulu dengan dokter mengenai opsi obat penghilang nyeri yang aman selama persalinan.

Penutup

Aplikasi Penghitung Kontraksi Kehamilan
Aplikasi Penghitung Kontraksi Kehamilan

Di era teknologi yang semakin canggih saat ini, penting untuk mengikuti perkembangan zaman, salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi-aplikasi canggih sesuai kebutuhan.

Melalui bantuan aplikasi penghitung kontraksi kehamilan, anda tidak perlu cemas dan khawatir lagi selama tahap kontraksi hingga ke proses persalinan.

Back to top button