Tutorial

5 Cara Melihat Pesan Messenger Yang Sudah Dihapus

Kalau berbicara mengenai cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus tentu menjadi informasi cukup penting. Terlebih lagi kalau Anda ingin membaca kembali pesan yang sudah dihapus sebelumnya karena terdapat informasi penting.

Di era digital seperti sekarang, informasi tersebut benar-benar wajib untuk diketahui oleh para pengguna Facebook baik pengguna lama atau baru. Sebab nantinya, Anda mungkin akan membutuhkan informasi tersebut di kemudian hari terutama berkaitan dengan Messenger.

Untuk mengembalikan isi pesan tersebut sangat mudah dan sederhana baik menggunakan aplikasi tambahan ataupun tanpa aplikasi tambahan. Ini juga dapat menjadi solusi terbaik apabila Anda tidak sengaja menghapus pesan penting dimana tetap mau dilihat di kemudian hari.

Inilah mengapa informasi mengenai cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus wajib untuk diketahui. Berikut, kami berikan informasi lengkap mengenai cara melihat kembali isi pesan dimana telah terhapus tersebut.

Sekilas Tentang Messenger

Sekilas Tentang Messenger
Sekilas Tentang Messenger

Sebelum membahas mengenai cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus, Anda perlu mengetahui sekilas mengenai aplikasi satu ini. Jadi aplikasi Messenger adalah bagian dari Facebook dimana juga bisa menggunakannya melalui akun Facebook.

Fungsinya adalah berguna untuk pesan instan dengan tujuan memberikan kemudahan bagi para pengguna Facebook dalam melakukan komunikasi satu sama lain. Tidak hanya dapat mengirimkan pesan dalam bentuk teks saja, tetapi juga bisa melalui panggilan suara dan panggilan video.

Layanan pesan instan dari Facebook ini juga dapat digunakan melalui HP ataupun PC dengan layanan utama berupa jaringan sosial. Fitur di dalamnya juga cukup beragam mulai dari mengirim foto dan video, panggilan video, mengirimkan berkas hingga menyediakan berbagai emot dan stiker pendukung selama chat.

Cara Melihat Pesan Messenger Yang Sudah Dihapus

Cara Melihat Pesan Messenger Yang Sudah Dihapus
Cara Melihat Pesan Messenger Yang Sudah Dihapus

Sebagai pengguna Facebook Messenger, Anda tentunya pernah bukan tidak sengaja dalam menghapus pesan yang sudah dikirim sebelumnya. Namun di lain waktu, Anda juga ingin membacanya kembali karena terdapat informasi penting.

Tidak perlu khawatir! Sebab sekarang ada beberapa cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus dengan mudah dan simpel. Ini tentu bisa menjadi solusi terbaik kalau sewaktu-waktu ingin membaca kembali pesan tersebut, berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan pesan.

Baca Juga :  2 Cara Menghapus Akun TikTok yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

1. Melalui Menu Settings Pada Facebook

Cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus pertama tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Sebab developer dari Facebook telah menyediakan trik rahasia yang dapat digunakan oleh para pengguna Messenger dimana ingin mengembalikan pesan.

bahkan pesan berupa foto ataupun video dapat diakses kembali oleh para pengguna. Asalkan Anda mengetahui bagaimana langkah-langkahnya berikut ini, maka dijamin tidak akan kesulitan dalam melakukannya:

  • Silahkan buka aplikasi Facebook terlebih dahulu
  • Login menggunakan akun dimana tersambung ke Messenger bersangkutan
  • Langsung masuk ke menu pengaturan & privasi
  • Nantinya terdapat sejumlah opsi yang bisa dipilih, Anda tinggal memilih menu Akses Informasi Anda
  • Didalamnya terdapat informasi penting mengenai akun Facebook bersangkutan dan tinggal pilih Unduh Informasi Tambahan
  • Centang pada Aktivitas Pesan
  • Klik Buat File
  • Pilih Salinan Tersedia
  • Silahkan download file yang sudah dibuat tadi dan ekstrak file pada folder pilihan.

2. Melalui Browser PC

Cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus berikutnya dapat melalui aplikasi Browser PC. Cara ini dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah di Facebook termasuk kalau ingin melihat pesan yang sudah dihapus sebelumnya.

Cara untuk melihat pesan yang sudah terhapus tersebut sangat mudah dan hampir sama dengan cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus melalui aplikasi Facebook. Berikut tutorial untuk melihat pesan yang sudah dihapus melalui Browser PC:

  • Silahkan buka Facebook via browser di PC atau Laptop
  • Login ke akun pribadi
  • Jika sudah berhasil masuk, silakan pilih ke Your Facebook Information dan pilih Download Your Information
  • Centang pada bagian pesan dan klik Create File
  • Tunggu beberapa saat maka akan muncul opsi download dan bisa diklik
  • Silakan cari file yang sudah terdownload tersebut dalam format ZIP dan buka file, maka semua pesan akan terlihat nanti.

3. Meminta Salinan Pesan dari Sender

Jika Anda tidak mau ribet dengan cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus di atas, maka cobalah minta salinan pesan dari pengirim alias sender. Pengirim sendiri juga tidak perlu mengetik ulang pesan yang sudah dikirim asalkan masih ada di aplikasi Messenger mereka.

Apabila file tersebut berupa gambar atau video, maka Anda dapat meminta mereka untuk mengirimkannya kembali. Walaupun cara ini sangat mudah, tetapi mungkin kurang efektif terutama kalau pihak pengirim tidak mempunyai waktu untuk mencari pesan yang dimaksud.

4. Cobalah Cek Obrolan Yang Telah Diarsipkan

Terkadang Anda mungkin mengira bahwa pesan yang sudah dikirimkan sebelumnya telah terhapus, padahal ternyata hanya dimasukkan ke dalam arsip. Ya, kondisi tersebut sering dialami oleh sebagian besar pengguna tanpa sadar.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi GoPay Limit Bulanan: Transfer Dan Top Up

Oleh karena itulah, sebelum menggunakan cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus diatas, maka cobalah mengecek obrolan dimana pernah diarsipkan. Untuk memeriksa obrolan dimana sudah diarsipkan, maka dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka dan login pada aplikasi Messenger di HP
  • Langsung pilih ikon di Pojok Kanan atas pada jendela Messenger
  • Pilih Archived Threads di menu Drop-Down
  • Silahkan lakukan pratinjau terlebih dahulu pesan-pesan yang ada dan pilih pesan dimana ingin dibuka kembali.

5. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Masih belum puas dengan cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus diatas. Tenang saja! Karena kami masih mempunyai beberapa cara yang bisa diterapkan oleh pengguna apabila ingin melihat pesan kembali yakni menggunakan aplikasi tambahan.

Apabila ingin menggunakan aplikasi tambahan, maka harus dipastikan kalau belum menonaktifkan messenger terlebih dahulu. Sesudah itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut agar segera bisa melihat pesan terhapus.

  • Unduh ES File Explorer di Playstore
  • Silahkan buka penyimpanan telefon dan temukan folder Android dimana akan menampung semua data aplikasi di dalam HP
  • Berikutnya pilih file data yang terdapat pada folder android dan pengguna bisa langsung menemukan folder com.facebook.orca
  • Silahkan klik folder cache dan buka pada folder fb_temp dimana semua file cadangan dari Facebook akan tersimpan secara otomatis.

Baca Juga: 2 Cara Membuat Status Warna Warni di FB Lewat HP Tanpa Aplikasi

Fitur Menarik di Messenger Facebook

Fitur Menarik di Messenger Facebook
Fitur Menarik di Messenger Facebook

Sudah tahu bukan bagaimana cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus diatas. Sebagai salah satu aplikasi chatting yang populer, Messenger ternyata mempunyai sejumlah fitur menarik di dalamnya.

Dengan keberadaan fitur itulah, maka dapat memberikan pengalaman lebih menarik dan impresif kepada para pengguna. Bahkan Anda bisa melakukan grup video chat atau menggunakan berbagai stiker menarik di dalam pesan. Nah, daripada ragu dalam menggunakannya, berikut beberapa fitur menarik di dalam aplikasi Messenger.

  • Filter Yang Terus Diperbarui

Salah satu fitur rahasia yang terdapat di aplikasi Messenger adalah tersedia filter dimana terus diperbarui. Dimana filter tersebut dapat diterapkan di video ataupun foto atau bahkan melalui panggilan video langsung.

Terdapat banyak pilihan filter mulai dari beauty hingga lucu-lucu. Dengan hadirnya filter maka akan membuat gambar atau video semakin menarik, terutama kalau sedang melakukan panggilan video langsung.

  • Adanya Mode Gelap

    Adanya Mode Gelap
    Adanya Mode Gelap

Keberadaan mode gelap sangat berguna ketika Anda sedang berada di kondisi cahaya redup. Apabila pengaturan tersebut diaktifkan, maka latar belakang akan menjadi hitam dan teks juga akan disesuaikan agar bisa terlihat putih.

Adanya mode gelap sangat memberikan manfaat dimana mampu mengurangi adanya ketegangan mata dan cocok digunakan pada saat malam hari. Fungsi tersebut juga bisa dengan mudah dihidupkan atau dimatikan sesuai dengan kondisi.

  • Percakapan Rahasia

Tidak hanya diberikan kemudahan dalam cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus diatas, pengguna juga bisa menikmati fitur percakapan rahasia. Sebab pesan tersebut sudah di enkripsi end-to-end sehingga hanya tersedia di perangkat asli baik membuka ataupun membuat obrolan dahulu.

Baca Juga :  Cara Memilih Resolusi Status WA Agar Tidak Pecah

Apabila ingin memulai percakapan rahasia, maka silahkan ketuk foto profil dan geser ke bawah pada pilih percakapan rahasia dan alihkan ke aktif. Tetapi perlu diketahui bahwa ketika mengaktifkan mode ini, beberapa fitur lain mungkin akan tidak aktif.

  • Menghapus Pesan

Apabila Anda pernah mengirim pesan yang terkesan aneh atau typo kepada seseorang, maka jangan khawatir. Sebab Messenger ternyata juga sudah menyediakan fitur yang akan memungkinkan pesan untuk dihapus hingga 10 menit sesudah proses pengiriman.

Cara menghapus pesan yang diinginkan juga sangat mudah yakni dengan mengetuk dan menahan pesan dimana ingin dihapus. Silahkan pilih hapus untuk semua orang sehingga orang lain alias penerima juga tidak bisa membaca pesan tersebut.

Kelebihan Messenger dari Facebook

Kelebihan Messenger dari Facebook
Kelebihan Messenger dari Facebook

Cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus secara langsung melalui aplikasi memang menjadi salah satu kelebihannya dibandingkan aplikasi chatting lainnya. Hanya saja, ternyata juga masih terdapat kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan aplikasi ini diantaranya adalah

  • Tidak Perlu Mempunyai Akun Facebook. Jika beberapa waktu lalu, Anda harus mempunyai akun Facebook untuk bisa menggunakan layanan pesan instan ini, maka sekarang tidak perlu. Pengguna hanya perlu mengunduhnya melalui Play Store ataupun App Store. Setelah itu, Anda bisa melakukan chatting dengan mengirimkan teks, video, foto, melakukan panggilan suara hingga panggilan video. Anda hanya perlu mendaftar menggunakan nomor ponsel, sudah bisa menikmati layanan di dalamnya.
  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan grup video chat dengan 50 teman sekaligus lho. Ini tentu jumlah yang tergolong cukup besar dibandingkan aplikasi obrolan instan lainnya dimana sangat terbatas.
  • Menyediakan layanan berupa pesan atau ngobrol dengan bot di Messenger. Dimana bot tersebut biasanya berasal dari sebuah merek tertentu seperti Virtual Assistant Chat Banking
  • Melalui aplikasi pesan singkat inilah, Anda juga dapat memesan makanan sekaligus. Caranya sangat mudah yakni dapat membuka tanda tambah (plus) dengan warna biru di dalam percakapan dengan teman.
  • Pengguna bisa menemukan dan membagikan 30 detik dari lagi favorit di dalam Messenger. Selain itu, teman-teman lainnya juga bisa membuat grup daftar lagu bersama teman-teman
  • Nikmati juga kemudahan dalam bermain game di dalamnya mulai dari sederhana hingga kompleks bisa ditemukan di dalamnya.
Cara Melihat Pesan Messenger Yang Sudah Dihapus
Cara Melihat Pesan Messenger Yang Sudah Dihapus
No Cara Hapus Chat Messenger Permanen
1 Buka aplikasi messenger di ponsel anda
2 Pilih pesan yang ingin dihapus
3 Tekan dan tahan pesan tersebut
4 Pilih hapus atau ikon tong sampah
5 Pilih hapus untuk semua orang untuk menghapus pesan secara permanen

Ingin melihat pesan lama tetapi sudah terhapus terkadang memang membuat sebagian besar dari Anda akan merasa kesal termasuk pemilik Messenger. Untungnya sekarang ada cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus dengan mudah dan praktis.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button