Tutorial

5 Cara Upload Video HD Di Story Whatsapp Tanpa Aplikasi

Beragam cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi, kualitas story di aplikasi wa biasanya sangat dramatis atau dapat dikatakan buram dan tidak enak untuk dilihat. Solusi terbaiknya adalah melakukan beberapa pengeditan baik itu kompres atau memperjelas kembali video tersebut.

Semua akan dibahas di dalam artikel kali ini, yaps benar sekali cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi. Solusi ini datang karena banyak sekali user atau pengguna whatsapp yang mengeluh dengan kualitas status ketika mengupload video hd dan seketika menjadi tidak sempurna untuk dilihat.

Tenang saja karena cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi yang akan dibahas kali ini, sudah terlebih dahulu digunakan oleh penulis sendiri. Dan wah ternyata semudah itu membuat video berkualitas HD tetap HD juga di story whatsapp penulis.

Apa Saja Fitur-Fitur Di Aplikasi WhatsApp?

Apa Saja Fitur-Fitur Di Aplikasi WhatsApp?
Apa Saja Fitur-Fitur Di Aplikasi WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi social media yang sampai saat ini paling banyak digunakan dalam bertukar pesan, foto termasuk video. Sebelum memahami bagaimana cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi, penting sekali untuk mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur di aplikasi whatsapp.

  • Pesan Teks Instan

Fitur utama aplikasi WhatsApp adalah Pesan Teks Instan, fitur ini memungkinkan kalian untuk mengirim pesan pribadi maupun lepas pribadi. Kalian dapat melakukan percakapan dengan mudah, dengan teman dan keluarga cemara, tentu saja ini menjadi hal yang baik.

  • Fitur Enkripsi End-to-End

Aplikasi WhatsApp selalu memberikan prioritas privasi dan keamanan bagia penggunanya. Jadi Semua pesan, foto dan video yang kalian kirim akan dienkripsi secara end-to-end. Jadi gini, hanya pengirim dan penerima saja yang bisa melihat atau mengakses percakapan tersebut.

  • Panggilan Suara dan Video

Fitur ketiga adalah akses panggilan suara dan video, jadi kalian juga bisa melakukan panggilan telepon dan video yang berkualitas tinggi sesuai kemampuan jaringan dengan kontak teman yang disimpan. Fitur Panggilan ini bisa kalian lakukan baik secara pribadi atau dengan grup.

  • Berbagi File Media Apapun

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, kalian dapat mengirim berbagai jenis file media, seperti foto, video, dan rekaman audio sekalipun. Dengan fitur ini kalian dapat bertukar file media penting dengan teman kontak yang sudah kalian simpan.

Baca Juga :  11 Cara Menghilangkan Coretan yang Menutupi Tulisan Tanpa Aplikasi
  • Voice Message

Jika kalian mager atau malas mengetik curhatan dengan teks tangisan yang sangat panjang. Tenang saja  kalian dapat mengirim pesan suara melalui WhatsApp. Fitur ini akan berguna ketika kalian ingin curhat, akan tetap sanagt malas mengetik dengan teks yang sangat panjang.

  • Grup Obrolan

Selanjutnya WhatsApp akan memberikan kalian fitur untuk bisa berpartisipasi di dalam satu obrolan grup, yang dimana kalian dapat mengumpulkan anggota kontak di dalam satu ruang percakapan. Ditambah dengan Admin grup yang dapat mengontrol isi daripada grup tersebut.

  • Status WhatsApp

Ini adalah fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna WhatsApp kalian dapat menambahkan dan memposting foto, video, dan teks selama 24 jam. Dan kalian dapat memilih orang yang ingin dibagikan dengan fitur setelan privasi.

  • Berbagi Lokasi Terkini (Sharelock)

Terakhir adalah fitur berbagai lokasi secara real-time dengan teman kontak atau grup tertentu di WhatsApp. Fitur ini sangat berguna sekali untuk kalian, agar tidak kebingungan saat mencari alamat teman. Tinggal nyalakan lokasi lalu sharelock lokasi kalian saat ini.

Penyebab Story WhatsApp Video Menjadi Buram Ketika Di Upload

Penyebab Story WhatsApp Video Menjadi Buram Ketika Di Upload
Penyebab Story WhatsApp Video Menjadi Buram Ketika Di Upload

Penting untuk diingat bahwa setiap video yang di upload pada story whatsapp dan memiliki hasil yang kurang maksimal atau buram disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari kendala jaringan, kompresi video, kualitas dari sumber video dan masih banyak faktor lainnya.

Faktor tersebut tentu saja akan mengurangi kualitas videoo yang nantinya akan di upload pada fitur story whatsapp. Oleh karena itu banyak sekali pengguna whatsapp yang menyayangkan kualitas video yang sebelumnya HD menjadi buram.

1. Koneksi Internet Buruk

Pertama dikarenakan koneksi internet yang tidak stabil atau buruk bisa mempengaruhi standar kualitas dari video yang sebelumnya. Jika status koneksi internet yang kalian gunakan tidak stabil, otomatis whatsapp akan mengurangi kualitas video yang akan di upload.

2. Kompresi Otomatis

Kedua karena WhatsApp akan menerapkan yang namanya kompresi guna untuk mengurangi beberapa ukuran video aslinya ketika proses upload ke dalam story. Tentu saja Kompresi ini bisa membuat hilangnya kualitas video dari file aslinya.

3. File Asli Video Turun

Seperti yang kita ketahui bahwa file dari video dengan kualitas yang downgrade akan berpengaruh pada tampilan di WhatsApp Story. Jika sebuah video diambil dengan kualitas yang sangat rendah maka akan menghasilkan kualitas video yang buram dan tidak bagus.

4. Resolusi Melebihi Persyaratan WhatsApp

Story WhatsApp pasti memiliki persyaratan khusus untuk sebuah video yang akan diupload pada fitur tersebut. Sebagai catatan jika video yang kalian unggah tidak sesuai dengan persyaratan. Otomatis WhatsApp akan memangkas dan mengubah kualitas dari video yang akan kalian upload.

Baca Juga :  Cara Menghitung IPK dan IP yang Benar Lengkap dengan Rumusnya

Bagaimana Cara Upload Video Hd Di Story Whatsapp Tanpa Aplikasi

Bagaimana Cara Upload Video Hd Di Story Whatsapp Tanpa Aplikasi
Bagaimana Cara Upload Video Hd Di Story Whatsapp Tanpa Aplikasi

Bagaimana cara yang benar upload video hd di story whatsapp tanpa harus menggunakan aplikasi, sebenarnya caranya cukup mudah dan simple. Kalian hanya perlu melakukan kompres dan mengubah bentuk format filenya saja, mungkin sudah dapat meminimalisir terjadinya buram pada whatsapp kalian.

Namun kali ini Mocipay akan membahas tuntas cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi yang paling work dan terbukti high quality. Tentu saja dengan petunjuk dan langkah dalam artikel ini selalu logis dan baik untuk kalian gunakan dalam mengupload story di whatsapp.

Untuk caranya silahkan simak beberapa info di bawah ini.

  • Siapkan Video Berkualitas Tinggi

Siapkan Video Berkualitas Tinggi
Siapkan Video Berkualitas Tinggi

Pertama siapkan video dengan kualitas dan resolusi paling tinggi versi kamera yang kalian miliki. Usahakan tidak menggunakan resolusi yang rendah, karena dapat mengakibatkan video menjadi buram karena sudah di kompres, usahakan menggunakan resolusi 1080P.

Jika video dikirim dari whatsapp, usahakan untuk menerima dengan file document. Agar video yang dikirim terformat bagus dan tidak pecah sama sekali. Dengan menyiapkan video dengan kualitas paling tinggi dapat memberikan kesan yang tidak buram saat di upload.

  • Kompres Video Secara Manual

Kompres Video Secara Manual
Kompres Video Secara Manual

Sebelum mengunggah di story whatsapp, silahkan untuk kompres video menggunakan aplikasi kompresi video atau website penyedia fitur kompres. Kalian dapat memilih pengaturan kompresi yang bisa  mempertahankan keseimbangannya antara ukuran dan kualitas file video kalian. Disarankan untuk menghindari kompresi berlebih, karena dapat menyebabkan turunnya kejernihan video sebelumnya.

Cara Kompres Video Manual Untuk Story WhatsApp

Cara kompres video manual untuk story whatsapp juga sangat mudah, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Silahkan salin link berikut ini https://www.veed.io/id-ID/alat/pengompres-video
  2. Kemudian tempel di Google Chrome kalian masing-masing.
  3. Silahkan tunggu sampai halaman terbuka.
  4. Klik Unggah File lalu masukkan video yang ingin dikompresi.
  5. Lalu klik dan pilih mode High pada quality.
  6. Silahkan klik Compres Video lalu tunggu proses Kompres.
  7. Setelah video selesai di kompres silahkan Save Video.
  8. Dengan cara ini video kalian sudah berhasil di kompres.
  9. Lalu kalian tinggal mengikuti langkah upload selanjutnya.
  10. Tunggu dan cek di bawah ini.
  • Buka Status WhatsApp

Cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi selanjutnya tinggal membuka status whatsapp kalian saja, nah setelah melakukan compres biasanya video akan tersimpan otomatis pada galeri kalian masing-masing. Jadi tinggal buka status whatsapp untuk proses peninjauannya.

Sebelum membuka whatsapp atau story yang ingin di unggah, pastikan sudah membersihkan chace aplikasi whatsapp terlebih dahulu. Agar tidak terjadi delay ketika proses upload berjalan, caranya mudah dengan tahan aplikasi lama lalu klik sampah dan pilih bersihkan chace.

  • Sesuaikan Dan Pratinjau Video

Sesuaikan Dan Pratinjau Video
Sesuaikan Dan Pratinjau Video

Setelah membersihkan sampah sisa dari aplikasi whatsapp, kalian tinggal upload video story tersebut di aplikasi whatsapp yang kalian gunakan. Disini kalian tinggal membuka whatsapp saja lalu klik video, eits tunggu dulu silahkan untuk memutar video terlebih dahulu sebelum hendak di unggah.

Baca Juga :  3 Cara Mendapatkan Teman Luar Negeri di Snapchat

Cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi silhkan masukkan video, kemudian putar video sebelum diunggah. Hal ini adalah salah satu teknik pratinjau video sebelum proses upload nantinya, dengan cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi akan lebih mudah untuk dilakukan.

  • Unggah Video Dengan Jaringan Wifi

Unggah Video Dengan Jaringan Wifi
Unggah Video Dengan Jaringan Wifi

Cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi yang terakhir adalah upload video yang ingin dijadikan story menggunakan jaringan wifi bukan data seluler. Jaringan adalah hal yang sangat berpengaruh untuk proses upload story whatsapp, karena sedikit saja koneksi internet buruk maka akan mempengaruhi kualitas video yang akan kalian upload.

Cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi Dengan Wifi

Kalau kalian bingung, berikut ini tips yang mungkin bisa kalian jadikan referensi.

  1. Pertama silahkan masuk ke dalam Mode Pesawat.
  2. Silahkan hidupkan wifi yang tersedia.
  3. Buka whatsapp setelah chace sudah di bersihkan.
  4. Silahkan upload Video yang ingin di unggah ke dalam Story.
  5. Tunggu proses upload sampai selesai.
  6. Jangan tutup laman upload story tersebut.
  7. Setelah berhasil maka kalian sudah menghasilkan kualitas video HD.
  8. Lalu matikan mode pesawat dan gunakan kembali data seluler.
  9. Lihat dan akses story yang sudah berhasil di upload.
  10. Selesai.

Tips Agar Video Tetap HD di Story WhatsApp

Setelah membaca langkah-langkah di atas, sekiranya para pembaca sudah memahami betul alasan dan apa yang menyebabkan story wa bisa menjadi buram. Cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi di artikel kali ini sebenarnya sudah cukup lengkap dan mudah untuk diikuti.

Selain menampilkan bagaimana Cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi, kalian juga dapat mencoba tips dan trik umum. Tentang bagaimana kualitas video di story whatspp tetap bandal dan stabil tanpa buram sedikitpun.

Berikut di bawah ini Tips Agar Video Tetap HD di Story WhatsApp:

Tips Penjelasan
Gunakan Kualitas Video Tinggi Saat merekam video, pastikan Anda menggunakan pengaturan kualitas video tertinggi yang tersedia di kamera ponsel Anda. Video dengan kualitas yang lebih tinggi akan mempertahankan kualitas HD lebih baik.
Batasi Durasi Video Hindari mengirim video yang terlalu panjang. Video yang lebih pendek akan lebih mudah mempertahankan kualitas HD daripada video yang panjang.
Hindari Zoom Digital Hindari menggunakan zoom digital saat merekam video. Zoom digital dapat mengurangi kualitas video. Lebih baik mendekati subjek secara fisik.
Gunakan Aplikasi Edit Video Sebelum mengirim video, sunting dan perbaiki kualitasnya menggunakan aplikasi edit video seperti Adobe Premiere Rush atau iMovie. Anda dapat memotong, stabilkan, dan melakukan penyesuaian kualitas dengan lebih baik menggunakan alat ini.
Konversi ke Format WhatsApp Sebelum mengirim video, konversi video Anda ke format yang lebih sesuai dengan WhatsApp, seperti MP4. Format ini dapat membantu mempertahankan kualitas.

Penutup

Cara Upload Video Hd Di Story Whatsapp Tanpa Aplikasi
Cara Upload Video Hd Di Story Whatsapp Tanpa Aplikasi

Cara upload video HD di Story WhatsApp tanpa aplikasi adalah trik yang sudah berhasil dilakukan oleh penulis di dalam artikel ini. Tentu saja cara di atas work dan berhasil untuk dilakukan, jadi dengan cara ini kalian tidak perlu bingung lagi untuk mengatasi masalah story yang buram ketika di upload.

Irfan Nathanael

"The Only Easy Day was Yesterday"
Back to top button