Promo Top Up Game Termurahūüėć
Aplikasi

8 Aplikasi Penyimpanan Data Online Terbaik Untuk Android

Banyak orang yang belum tau bagaimana cara menyimpan data agar tidak hilang. Maka dari itu, artikel kali ini akan memperkenalkan 8 Aplikasi Penyimpanan Data Online terbaik untuk android.

Terkadang kita memiliki banyak sekali file penting seperti foto, video, maupun file berupa dokumen-dokumen penting seperti scan-an ijazah, surat-surat penting, file skripsi, dll. Sementara, memori penyimpanan HP kita tidak cukup untuk menyimpan semua data tersebut, dan jika seandainya pun cukup, penyimpanan data di dalam memori penyimpanan HP sangatlah tidak di rekomendasikan. Mengapa demikian? Karena jika sewaktu-waktu HP kita hilang atau rusak dan mati total maka data kita pun ikut juga hangus.

Di era digital sekarang ini sudah tidak zamannya lagi menyimpan data di memory card, Flashdisk, apalagi kaset seperti zaman dulu. karna itu sama saja seperti menyimpan file di penyimpanan HP, sangat tidak terjamin jika sewaktu-waktu item tersebut hilang dari genggaman kita maka data kita juga ikut hilang, disamping itu sangat tidak aman juga jika memory card atau flashdisk kita diserang virus atau terformat.

Maka dari itu, ulasan mengenai Aplikasi Penyimpanan Data Online berikut ini diperuntukkan buat teman-teman yang mengalami masalah seperti yang telah disebutkan diatas.

Apa itu Cloud Storage?

Sebagian teman-teman disini mungkin masih ada yang merasa asing dengan kata Cloud Storage ini sendiri. Cloud Storage merupakan media penyimpanan file/ data yang digunakan di era digital (berbasis online). Dalam hal ini kita harus mengandalkan koneksi internet untuk dapat mengakses data kita.

Keuntungan yang kita dapatkan apabila kita menggunakan media cloud storage dalam penyimpanan data kita adalah: File kita tidak akan hilang, bisa kita dapatkan kembali kapan dan dimana pun jika sewaktu-waktu kita butuh, bisa kita akses dari perangkat yang berbeda, dan masih banyak keuntungan lainnya.

Aplikasi Penyimpanan Data Online Terbaik untuk Android

Di bawah ini adalah ulasan mengenai beberapa Aplikasi Penyimpanan Data Online terbaik yang dihadirkan untuk pengguna android. Kamu mau pilih yang mana untuk penyimpanan data kamu? maka jangan kemana-mana, tentukan pilihan mu setelah membaca ulasan dibawah ini ya!

Aplikasi Bawaan Android

Android dilengkapi dengan fitur penyimpan dan pencadangan data masing-masing. Beberapa Aplikasi Penyimpanan Data Online dari aplikasi bawaan HP sendiri adalah sebagai berikut:

Aplikasi Penyimpanan Data Online Google Drive

Aplikasi Penyimpanan Data Online Google Drive
Aplikasi Penyimpanan Data Online Google Drive

Aplikasi Penyimpanan Data Online yang pertama yang akan kita bahas yaitu Google Drive. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi bawaan HP kita masing-masing. Jadi setiap android phone dilengkapi dengan fitur penyimpanan/ pencadangan data masing-masing. Namun, masih banyak pengguna android yang bahkan belum tau hal ini sehingga masih menggunakan Flashdisk maupun memory card sebagai media untuk menyimpan data-data pentingnya.

Kelebihan Google Drive sebagai Cloud Storage
  • Kapasitas memori yang cukup besar yaitu sebesar 15 GB. Bayangkan saja anda membeli Flashdisk maupun memory card untuk kapasitas 8 GB saja sudah mengeluarkan biaya yang cukup besar, sedangkan ini sudah tersedia di Gadget mu masing-masing dan lebih simpel & praktis.
  • Dapat menyimpan file dalam berbagai bentuk format, seperti foto, video, audio/rekaman, serta¬† dokumen-dokumen.
  • Memiliki fitur-fitur yang mudah untuk digunakan
  • Bisa diakses dari perangkat lain
  • Bisa membuat beberapa folder penyimpanan
  • Dapat membagikan file dengan mudah dan cepat
  • File yang kita hapus masih bisa kita dapatkan di menu tong sampah google drive
  • Bisa menggunakan beberapa akun google dengan penyimpanan yang berbeda di perangkat yang sama
  • Dapat melakukan edit file di google drive itu sendiri (tanpa harus diunduh lalu di edit melalui aplikasi lain)
  • Sistem keamanan yang tergolong cukup tinggi
Kekurangan Google Drive sebagai Cloud Storage
  • Sangat tergantung pada koneksi internet, sehingga jika data internet sobat habis, atau terdapat gangguan jaringan maka kamu tidak akan bisa mengakses google drive.Kalau data internetnya habis, beli di MOCIPAY aja! selain murah dapatkan juga berbagai promo dan cashback menarik…
  • Dikenakan tagihan apabila membutuhkan penyimpanan lebih dari 15GB

Aplikasi Penyimpanan Data Online Email

Aplikasi Penyimpanan Data Online Email
Aplikasi Penyimpanan Data Online Email

Aplikasi Penyimpanan Data Online untuk android yang berikutnya yaitu cloud storage melalui Email. Mungkin beberapa diantaranya kamu bertanya-tanya, memangnya ada fitur penyimpanan file di Email seperti google drive?. Aplikasi ini memang tidak memiliki fitur penyimpanan file khusus seperti google drive, karna aplikasi ini lebih di khususkan dengan fungsinya sebagai media untuk berkirim maupun menerima file.

Lantas, bagaimana kita bisa menyimpan data melalui Email? Nah, dalam hal ini kita membutuhkan dua akun email yang berbeda milik kita pribadi. Jadi untuk menyimpan data melalui Email, kita bisa mengirim file tersebut dari email yang satu ke email yang lainnya. Kabar baiknya lagi, saat kita melakukan pengiriman file, maka file tersebut akan tersimpan di kedua email kita, yang bisa kita lihat di menu terkirim dan kotak masuk.

File-file yang kita kirim maupun kita terima tersebut tidak akan terhapus sampai kapan pun kecuali kita sendiri yang menghapusnya, sehingga kita bisa mengaksesnya kapan pun kita butuh dengan membuka kotak masuk dan file terkirim.

Kelebihan Email sebagai Cloud Storage
  • Tidak tergantung pada kapasitas penyimpanan
  • Secara otomatis file kita terduplikat
  • Sangat mudah dan simpel diaplikasikan
  • Bisa berbagi file secara langsung
  • Sangat efektif untuk penyimpanan file berformat dokumen seperti Word, maupun PDF (Sangat direkomendasikan)
Kekurangan Email sebagai Cloud Storage
  • Tidak terdapat fitur penyimpanan data khusus
  • Tergantung pada jaringan internet
  • Tidak bisa mengelompokkan penyimpanan data dalam bentuk folder
  • Untuk penyimpanan file dalam bentuk format foto tergolong ribet (tidak direkomendasikan)

Aplikasi Eksternal Android

Selain aplikasi bawaan android, kita juga bisa mendownload aplikasi penyimpanan data online dari google play store. Berikut beberapa Aplikasi Penyimpanan Data Online yang bisa kita dapatkan dari google play store

Aplikasi Penyimpanan Data Online Terabox

Aplikasi Penyimpanan Data Online
Aplikasi Penyimpanan Data Online/ Sumber: metodeku.com

Aplikasi Terabox merupakan sebuah aplikasi penyimpanan data online yang kapasitas penyimpanan-nya mencapai hingga 1024 GB. Jika di Google Drive, kita harus mengeluarkan biaya untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan yang ratusan GB, berbeda dengan aplikasi Terabox ini sendiri, ruang penyimpanan yang mencapai ribuan GB kita dapatkan secara gratis. fantastic bangat gak sih?

Oleh karena itu, dengan ruang penyimpanannya yang demikian, aplikasi ini sangat di sukai dan sudah memiliki banyak pengguna. Dalam aplikasi ini kamu dapat menyimpan semua jenis file dalam berbagai jenis format seperti foto, video, dokumen, dll. Melalui Terabox kamu bisa menyimpan sekitar 300.000+ foto, 250+ video, atau 6,5 juta dokumen, dan tentunya aplikasi ini menjamin keamanan semua data yang anda simpan.

Kelebihan Terabox sebagai Cloud Storage
  • Ruang penyimpanan yang sangat besar (1024GB) dan GRATIS
  • Keamanan data terjamin
  • Bisa menyimpan file dalam berbagai format
  • Dapat di akses dari perangkat yang berbeda
  • Bisa membuat folder, untuk lebih mudah mengklasifikasikan file
  • Memungkinkan anda untuk membagikan file dengan mudah ke penyimpanan file yang berbeda
  • Dapat mengarsipkan file dengan mudah
Kekurangan Terabox sebagai Cloud Storage
  • Terdapat banyak iklan
  • Tergantung pada jaringan internet
  • Untuk pengunggahan file berukuran besar membutuhkan kecepatan internet yang tinggi
Link Dowload Aplikasi Terabox
Nama Aplikasi Terabox: Penyimpan Awan & Backup
Developer Flextech Inc
Ukuran Download 36 MB
LinkPlaystore Klik Disini

Aplikasi Penyimpanan Data Online Microsoft OneDrive

Aplikasi Penyimpanan Data Online Microsoft OneDrive
Aplikasi Penyimpanan Data Online Microsoft OneDrive

Aplikasi Penyimpanan Data Online selanjutnya yang akan kita ulas yaitu salah satu aplikasi penyimpan data online bernama Microsoft OneDrive. Aplikasi ini memungkin anda untuk mengakses berbagai foto, dokumen, video, dan yang lainnya dari mana pun secara gratis.

Aplikasi Microsoft OneDrive atau yang sering di sebut OneDrive saja, bisa kamu akses dalam beberapa perangkat sekaligus. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan secara berkelompok. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini? Simak berikut ini

Kelebihan Microsoft OneDrive sebagai Cloud Storage
  • Dapat diakses dalam berbagai perangkat yang berbeda
  • Memudahkan kita dalam berbagi file
  • Dapat membantu kita dalam pekerjaan secara berkelompok
  • Dapat mengakses file penting secara offline
  • Fitur-fiturnya yang ramah untuk pengguna baru
  • Keamanan data yang tinggi
Kekurangan Microsoft OneDrive sebagai Cloud Storage
  • Ruang penyimpanan yang sedikit (hanya 5GB saja), untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih, anda harus beralih ke akun premium
Link Dowload Aplikasi Microsoft OneDrive
Nama Aplikasi Microsoft OneDrive
Developer Microsoft Corporation
Ukuran Download 54 MB
LinkPlaystore Klik Disini

Aplikasi Penyimpanan Data Online Dropbox

Aplikasi Penyimpanan Data Online Dropbox
Aplikasi Penyimpanan Data Online Dropbox

Dropbox adalah salah satu Aplikasi Penyimpanan Data Online yang tak kalah populer dibandingkan dengan aplikasi yang telah diulas sebelumnya. Aplikasi ini dapat diakses dalam versi gratis maupun berbayar. Sama seperti aplikasi OneDrive, aplikasi ini telah melaunching Dropbox for Teams, yang artinya aplikasi Dropbox ini sangat direkomendasikan untuk pekerjaan berkelompok, atau untuk kantor-kantor.

Kelebihan Dropbox sebagai Cloud Storage
  • Dapat membagikan file dengan mudah, selain itu bisa juga berbagi file dengan menggunakan URL
  • Telah bekerja sama dengan pihak Microsoft, sehingga melalui Dropbox anda bisa dengan mudah mengakses seperti: Word, Excel, PowerPoint.
  • Tak hanya di Android, aplikasi ini juga dapat kamu akses dalam berbagai perangkat dan platform seperti situs Web, iOS, Windows, dll.
  • Terdapat fitur dalam membuat dokumen berekstensi paper
  • Penyimpanan data yang aman
Kekurangan Dropbox sebagai Cloud Storage
  • Kapasitas penyimpanan yang terbatas, yaitu hanya 2GB saja
  • Untuk mendapatkan penyimpanan dengan ruang penyimpanan yang lebih besar maka kita harus mendaftar sebagai pengguna premium (berbayar)
  • Tergantung pada jaringan internet
Link Dowload Aplikasi Dropbox
Nama Aplikasi Dropbox: Drive Foto & Dokumen
Developer Dropbox, Inc
Ukuran Download 59 MB
LinkPlaystore Klik Disini

Aplikasi Penyimpanan Data Online SugarSync

Aplikasi Penyimpanan Data Online SugarSync
Aplikasi Penyimpanan Data Online SugarSync

Aplikasi berikutnya yang akan kita ulas dengan fungsinya sebagai Aplikasi Penyimpanan Data Online adalah aplikasi luncuran dari SugarSync. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memungkinkan anda untuk menyimpan berbagai jenis file, seperti: dokumen, video, lagu, foto, dll.

Aplikasi ini dapat juga kita akses dalam beberapa perangkat yang berbeda. Jadi jika pekerjaan anda mengharuskan anda menggunakan berbagai media seperti HP, Laptop dan PC, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk kamu gunakan.

Kelebihan SugarSync sebagai Cloud Storage
  • Dapat digunakan dalam berbagai perangkat
  • Bisa mem-backup seluruh file pentng anda dalam semua folder anda
  • Dapat melakukan sharing folder dengan mudah dan cepat
  • Memungkinkan kamu untuk berbagi file ke orang yang bukan pengguna SugarSync
  • Dapat dengan mudah mengarsipkan file
  • Terdapat fitur untuk bisa editing file-file anda dengan mudah dan praktis
  • Sistem keamanan terjamin
  • Termasuk aplikasi yang memiliki fitur yang ramah digunakan oleh pengguna baru
Kekurangan SugarSync sebagai Cloud Storage
  • Ruang penyimpanan yang terbatas (sebesar 5GB) untuk pengguna gratis
  • Tergantung pada jaringan internet
Link Dowload Aplikasi SugarSync
Nama Aplikasi SugarSync
Developer SugarSync, Inc.
Ukuran Download 3.6 MB
LinkPlaystore Klik Disini

Aplikasi Penyimpanan Data Online Box

Aplikasi Penyimpanan Data Online Box
Aplikasi Penyimpanan Data Online Box

Aplikasi berikutnya terkait Aplikasi Penyimpanan Data Online adalah aplikasi bernama Box. Aplikasi ini berbeda dengan Dropbox ya gaes. Box merupakan salah satu aplikasi untuk penyimpanan data online yang sudah diluncurkan sejak tahun 2005, yang artinya aplikasi ini sudah merupakan aplikasi yang sudah tua, namun sampai sekarang masih tetap memiliki banyak pengguna.

Aplikasi ini menawarkan 2 layanan sekaligus, yaitu untuk pengguna umum dan pengguna bisnis. Berikut kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini:

Kelebihan Box sebagai Cloud Storage
  • Penyimpanan file yang aman
  • Dapat menyimpan file dalam format video, foto, dan dokumen
  • Dapat diakses dalam beberapa perangkat
  • Terdapat fitur untuk memberikan tanggapan/ komentar di file pengguna lain
  • Dapat berbagi file dengan mudah
Kekurangan Box sebagai Cloud Storage
  • Ruang penyimpanan yang tergolong kecil yaitu hanya 10GB untuk pengguna gratis, Lebih dari itu, maka anda akan dikenakan tagihan
  • Ukuran aplikasi 82 MB (termasuk ukuran aplikasi yang besar)
  • Tergantung pada koneksi internet
Link Dowload Aplikasi Box
Nama Aplikasi Box
Developer Box
Ukuran Download 82 MB
LinkPlaystore Klik Disini

Aplikasi Penyimpanan Data Online Facebook

Aplikasi Penyimpanan Data Online Facebook
Aplikasi Penyimpanan Data Online Facebook

Aplikasi yang terakhir terkait dengan fungsinya sebagai cloud storage adalah aplikasi Facebook. Untuk aplikasi yang satu ini dikhususkan untuk menyimpan file yang ber-format video dan foto. Anda bisa membagi-bagi/ mengkasifikasikan file anda dalam beberapa album yang berbeda supaya lebih mudah bagi anda untuk menemukan file yang kamu simpan ketika diwaktu mendatang anda membutuhkan nya.

Namun jangan lupa untuk terlebih dahulu Privasi Postingan, dengan memilih opsi Hanya saya. Dengan demikian ketika anda post, file tersebut tidak akan terlihat pada siapapun.

Sedang mencari tips untuk bisa mengakses aplikasi musik prabayar menjadi gratis? Temukan caranya disini 2 Cara Mendapatkan YouTube Music Premium Gratis 2022

Kelebihan Facebook sebagai Cloud Storage
  • Bisa mengelompokkan file ke dalam album yang berbeda
  • Tidak tergantung pada kapasitas penyimpanan
  • Simpel dan praktis digunakan, apalagi rata-rata pengguna android memiliki akun FB yang sampai sekarang masih aktif digunakan
  • Bisa membagikan file dengan mudah ke berbagai aplikasi lainnya seperti Whatsapp, Messenger, Gmail, Telegram, Google Drive, dll
Kekurangan Facebook sebagai Cloud Storage
  • Tergantung pada jaringan internet
  • Tidak mendukung untuk menyimpan file dalam format dokumen
  • Penyimpanan data yang tergolong belum cukup aman, jika seandainya akun kita di hack
Link Dowload Aplikasi Facebook
Nama Aplikasi Facebook
Developer Meta Platforms, Inc
Ukuran Download 67 MB
LinkPlaystore Klik Disini

Postingan Menarik Sebelumnya: 555+ Nama ML Keren Simbol, Berwarna, Unik, Singkat, dan Aesthetic

Penutup

Aplikasi Penyimpanan Data Online Terbaik
Aplikasi Penyimpanan Data Online Terbaik

Nah itulah beberapa Aplikasi Penyimpanan Data Online yang direkomendasikan untuk sahabat pengguna Android gunakan. Simpan dan amankan data mu dalam penyimpanan online sehingga lebih memudahkan kamu untuk mengakses kembali data kamu kapan dan dimana pun. Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Back to top button