Promo Top Up Game TermurahšŸ˜
Tips

17+ Cara Mengecilkan Bibir Paling Ampuh : Medis, Alami, Kosmetik

Butuh referensi cara mengecilkan bibir tebal secara ampuh? Saat ini tren bibir tebal memang masih menjadi kiblat fashion sebagian besar wanita. Sosok Kendall Jenner yang memiliki bibir tebal dipercaya dapat memberikan kesan eksotis dan seksi.

Namun, walaupun bibir tebal ala Kendall Jenner termasuk populer, tidak sedikit juga wanita yang justru suka tipe bibir kecil atau tipis. Bibir tipis atau kecil menurut sebagian orang justru terkesan awet muda dan manis.

Oleh sebab itu, cukup banyak wanita yang saat ini mencari tips mengecilkan bibir sehingga terlihat proporsional. Sebetulnya, ada banyak cara mengecilkan bibir yang bisa dilakukan. Mulai dari medis, secara alami, penggunaan kosmetik, dan lainnya.

Cara Mengecilkan Bibir Secara Medis

Cara mengecilkan bibir
Sumber: Halodoc

Bagi yang mau hasil cepat, kamu bisa mengandalkan cara medis untuk mengecilkan bibir. Namun, jika pakai cara ini pastikan ditangani oleh professional. Selain cepat, hasil yang didapatkan nanti juga permanen. Beberapa cara mengecilkan bibir yang dimaksud seperti:

1. Lip Reduction Surgery

Cara mengecilkan bibir secara medis pertama bisa melalui prosedur bedah lip reduction surgery. Operasi ini dilakukan untuk mengurangi volume bibir dengan jalan mengangkat jaringan kulit dari bibir atas, bawah, maupun keduanya.

Tindakan ini bertujuan untuk membuat bentuk bibir menjadi makin professional. Seperti halnya operasi lainnya, lip reduction surgery pun tetap beresiko terjadi infeksi, pendarahan, pembengkakan, sampai mengakibatkan jaringan parut di sekitar luka bekas operasi.

Biasanya, prosedur lip reduction surgery ini pun tidak hanya bisa membuat bibir tipis. Namun juga sekaligus dapat memperbaiki bentuk ukuran serta senyum bibir pasien. Operasi ini terbilang aman asal ditangani oleh ahli bedah professional.

2. Laser

Cara mengecilkan bibir secara medis juga bisa dilakukan dengan jalan tindakan laser. Prosedur ini bertujuan untuk mengurangi penebalan bibir akibat keloid serta jaringan parut hipertrofik. Pada umumnya, jenis laser yang dipakai adalah Nd YAG Laser.

Menurut penggunaannya, laser ini dapat mengurangi produksi kolagen berlebih pada kedua jenis luka tersebut. Sebetulnya, kolagen cukup penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Walaupun begitu, produksi kolagen berlebih justru dapat menimbulkan adanya bagian kulit yang menebal dan cenderung tak merata. Seperti metode sebelumnya, Laser juga harus ditangani oleh dokter berwenang.

Prosedurnya pun harus dipilih dulu setelah dokter melihat kondisi keloid dan jaringan parut pasien. Jika kamu ingin mencobanya, sebelum dilakukan tindakan dokter biasanya akan memberikan bius dengan dioles ke bagian bibir. Lasernya nanti juga akan terasa seperti denyutan saja.

3. Mengoleskan Obat Krim

Kurang suka cara mengecilkan bibir secara medis dengan jalur pembedahan? Kamu bisa mencoba prosedur yang lebih aman yaitu dengan mengoleskan obat krim khusus. Krim semacam ini biasanya dipakai untuk mengobati penyakit penyebab bibir membengkak seperti actinic cheilitis.

Penyakit ini biasanya terjadi pada bibir dan diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Jika dibiarkan bisa berpotensi munculnya penyakit tumor hingga kanker kulit. Dari buku terbitanĀ  StarPearls (2022) ada beberapa krim yang dapat dipakai untuk mengatasi bibir tebal yaitu:

    • Fluorouracil (5-FU)
    • Imiquimod
    • Ingenol mebutate
    • Trichloroacetic acid
    • Diclofenac

Obat-obat di atas dapat bekerja dengan cara mempercepat kematian sel kulit yang rusak. Selain itu, dapat juga berfungsi sebagai antiradang sampai merangsang pembersihan tumor. Walaupun tidak secepat dengan tindakan pembedahan, cara mengecilkan bibir dengan krim ini tetap bisa direkomendasikan.

Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami

Cara mengecilkan bibir
Sumber: Merdeka

Cara mengecilkan bibir dengan metode medis memang tidak semua orang menyukainya. Ada yang kurang nyaman di meja operasi, keberatan soal biaya, dan lainnya. Bagi kamu yang sedang ingin mencari cara mengecilkan bibir dengan alami, berikut beberapa alternatifnya:

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cara mengecilkan bibir secara alami yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ketika kebutuhan cairan terpenuhi, tubuh pun akan terhidrasi dengan baik. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari bibir kering.

Kondisi kulit bibir yang kering bisa memberikan efek besar pada bentuknya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi setiap harinya dengan cara:

  • Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari
  • Konsumsi buah yang mengandung air tinggi seperti jeruk, strawberry, hingga semangka

2. Menggunakan Es Batu

Jangan salah, es batu nyatanya juga dapat digunakan untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi pada bibir. Dengan bibir yang tak lagi membengkak akhirnya akan didapatkan kondisi bibir yang lebih kecil dan menipis.

Bukan hanya itu saja, penggunaan es batu pada bibir pun juga akan membuatnya semakin terlihat merona. Cara mengecilkan bibir dengan es batu adalah sebagai berikut:

  • Ambil es batu secukupnya, setelah itu letakkan ke dalam handuk tipis
  • Kompres dingin bibir pakai es batu yang dibalut oleh handuk tipis tadi selama beberapa menit
  • Ulangi kompres dingin pada bagian bibir sampai terlihat mengecil dan membaik

3. Menggunakan Jeruk Lemon

Kamu pun bisa mencoba mengecilkan bibir dengan menggunakan jeruk lemon. Mengingat lemon sendiri sangat mudah ditemukan di pasaran. Hanya pakai lemon, kamu tak perlu repot harus laser atau melalui program bedah hanya untuk mendapatkan bibir kecil proporsional.

Dilansir dalam laman Dream.co.id, salah satu penyebab bibir tebal adalah menumpuknya sel kulit mati dan tak kunjung dibersihkan pada area tersebut. Maka, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan lakukan cara-cara di bawah ini:

  • Potong buah lemon menjadi 2 bagian sama besar
  • Gosok bibir menggunakan potongan buah lemon tersebut secara perlahan
  • Apabila sel kulit mati sudah terangkat, kamu sudah bisa membilas bibir sampai bersih kembali

4. Madu

Seperti yang telah banyak orang ketahui, madu punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antara sekian manfaat, madu ternyata cukup ampuh untuk mengecilkan bibir. Jika ingin mencobanya, lakukan hal-hal di bawah ini:

  • Ambil 2 sdm madu murni
  • Oleskan secara merata secara perlahan-lahan pada permukaan bibir
  • Diamkan sejenak sampai lebih kurang 30 menit
  • Basuh bibir menggunakan air hangat sampai dirasa bersih kembali
  • Terapkan kebiasaan ini dengan rutin hingga kamu berhasil mendapatkan bibir sehat dengan ukuran proporsional

5. Lidah Buaya

Berikutnya, ada cara mengecilkan bibir yang bisa dibilang tak kalah mudah dan murah. Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya yang dapat ditemukan di mana-mana. Kandungan didalamnya diklaim dapat melembutkan sekaligus memperkecil bibir kamu.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu cukup menyiapkan beberapa potongan lidah buaya. Jangan lupa sebelum itu bersihkan dulu dengan cara mencucinya sedemikian rupa. Jika sudah bersih segera pisahkan getah lidah buaya serta kulitnya.

Baru setelah itu, kamu bisa langsung mengoleskan getah dari lidah buaya tersebut di atas permukaan bibir secara perlahan. Lakukan praktik ini secara rutin karena bukan hanya membuat bibir kecil namun juga terlihat makin merona.

Cara Mengecilkan Bibir Pakai Kosmetik

Cara mengecilkan bibir pakai kosmetik
Sumber: Lemonilo

Ada yang suka main kosmetik? Ternyata dengan kosmetik juga bisa membantu kamu untuk mengecilkan bibir. Tanpa prosedur bedah maupun mencari bahan-bahan alami untuk treatment khusus. Berikut cara mengecilkan bibir menggunakan kosmetik:

1. Menggunakan Foundation

Bagi kamu yang suka main make-up, tentu sudah sangat tidak asing dengan yang namanya foundation. Dengan foundation, kamu dapat menutupi ukuran asli bibir. Caranya adalah mengaplikasikannya di area luar bibir.

Pasalnya, fungsi dari foundation sendiri adalah untuk menutupi flek hitam maupun garis halus di wajah. Untuk membuat bibir mengecil dalam sekejap pakai foundation, kamu hanya perlu mengoleskannya di bagian luar bibir sebelum menggunakan lipstik.

Setelah itu, tepuk-tepuk sampai merata sesuai dengan bentuk bibir yang diinginkan. Jika merasa telah merata, kamu timpa dengan lipstick favorit. Dengan begini, bibir akan terlihat jauh lebih kecil.

2. Menggunakan Concealer

Bukan hanya foundation saja, karena nyatanya kamu juga bisa mengandalkan alat kosmetik lain yaitu concealer. Fungsi concealer sendiri biasanya digunakan untuk menutupi noda hitam atau kantung mata.

Namun sekarang, justru banyak ditemukan concealer yang diperuntukkan untuk bibir. Sama dengan foundation, kamu hanya perlu menggunakan concealer di area luar bibir sebelum memakai lipstick.

Harus diperhatikan adalah pemilihan warna concealer yang digunakan. Pilih satu tingkat dibawah warna kulit. Paling aman adalah menyesuaikan dengan tone atau warna kulit wajah, dan memilih warna lipstik yang paling tepat.

3. Memakai Lip Liner

Selain kedua alat make-up di atas kamu juga sebaiknya mencoba untuk menggunakan lip liner. Produk lip liner bisa membantu membuat ilusi bahwa bibir kamu terlihat tipis dan kecil. Bahkan, tanpa perlu repot-repot operasi dan lain-lain.

Gunakan line liner dengan cara memulainya dulu dari bagian tengah atas bibir. Kemudian lanjutkan ke bagian ujung atas. Setelah itu, ke bagian tengah bawah sampai ujung bawah. Jangan lupa pemilihan warna lip liner juga tak boleh sembarangan.

Demi mendapatkan hasil maksimal, pastikan memilih warna lip liner yang tepat. Warna-warna seperti nude/kecoklatan akan membuat trik membuat bibir kecil kelihatan makin natural.

4. Penggunaan Lipstik yang Tepat

Cara mengecilkan bibir juga bisa diakali dengan menggunakan lipstik yang tepat. Kamu harus tahu warna dan teknik yang benar untuk mendapatkan tampilan bibir kecil. Pilih lipstik warna gelap untuk memunculkan kesan bibir kecil.

Hindari warna-warna yang mencolok jika hanya untuk aktivitas sehari-hari. Warna natural lebih diutamakan seperti misalnya coral dengan sedikit shade lebih gelap. Kamu juga sebaiknya menghindari warna lipstik yang terlalu terang atau nude karena justru memberikan kesan bibir penuh.

Selain itu jenis lipstik pun berpengaruh. Jika kamu lebih suka pakai lipstik glossy, ada baiknya mulai sekarang ganti yang tipe matte saja. Lipstick glossy dapat menyerap dan memantulkan cahaya sehingga membuat bibir seolah-olah kelihatan lebih besar.

Berbeda ketika kamu menggunakan lipstik berjenis matte atau lip cream. Begitu diaplikasikan pada bibir, langsung bisa membuat tampilannya menjadi jauh lebih kecil dari ukuran aslinya.

Kamu pun boleh mempertimbangkan untuk mengaplikasikan teknik gradient lips yang merupakan penggunaan gradasi warna pada bibir. Sehingga, bagian tengah bibir berwarna lebih gelap dan bertambah makin terang mendekati area bibir.

5. Hindari Menggunakan Lip Gloss

Pada umumnya, penggunaan lips gloss memang membuat bibir kamu menjadi lebih tebal. Selain itu, lip gloss pun dapat memberikan efek lembab. Bagian lembabnya bagus, tapi menjadi kelihatan tebal mungkin bukan yang kamu inginkan bukan?

Oleh sebab itu, kamu bisa ganti penggunaan lip gloss dengan lipstik yang senada dengan warna bibir. Ini akan membuat bibir kamu bisa terlihat jauh lebih tipis dari aslinya. Jika ingin sekali mencoba lips gloss, aplikasikan saja cukup pada bagian tengah bibir saja.

Selain mengecilkan bibir, kamu juga perlu merawat kulit wajah secara baik dengan mengikuti 5 Urutan Langkah Cara Pakai Yuzu Moisturizer Ms Glow disini.

Cara Mengecilkan Bibir Dari Kebiasaan Sehari-hari

Cara mengecilkan bibir
Sumber: Orami

Cara mengecilkan bibir atau membuatnya lebih tipis sebenarnya tidak terlalu susah. Selain melalui jalan medis, kosmetik, atau bahan-bahan alami, kamu juga bisa mengusahakannya melalui kebiasaan sehari-hari. Cara ini tentu lebih murah walaupun membutuhkan sedikit waktu, seperti:

1. Rajin Eksfoliasi

Cara mengecilkan bibir bisa kamu mulai dengan membiasakan diri untuk exfoliasi. Lakukan scrub bibir untuk menjaga kesehatan alami bibir karena terhindar dari tumpukan kulit mati. Jika tumpukan kulit tersebut tak segera dibersihkan maka membuat bibir semakin terlihat tebal.

Oleh sebab itu, kebiasaan scrub bibir paling tidak harus dilakukan minimal satu minggu sekali. Hal ini pun demi menjaga kelembaban bibir supaya tidak muncul kerutan yang memperburuk kondisinya.

Kamu bisa menggunakan berbagai produk exfoliate atau scrub bibir yang sekarang sudah banyak dijual di pasaran. Jika ingin yang lebih alami pun bisa dibuat sendiri. Seperti dari campuran gula pasir dan madu atau air lemon.

2. Lakukan Senam Bibir

Jangan lupa rajin-rajin untuk melakukan senam bibir. Senam bibir merupakan seperangkat gerakan sederhana pada bibir yang dipercaya mampu memperkecil bibir secara alami. Hasilnya akan mulai nampak jika kamu melakukannya secara teratur.

Sudah banyak yang mencoba teknik cara mengecilkan bibir yang satu ini. Mereka mengaku mencoba rutin melakukannya selama 2 bulan. Perubahan yang terjadi pun langsung bisa dilihat walaupun tidak signifikan.

Hal ini ditunjang dengan beberapa teori yang mengungkapkan jika senam bibir dapat melatih otot di sekitar bagian tubuh tersebut. Dengan begitu, bisa sekaligus merubah bentuk bibir secara lebih natural.

Walaupun sampai sekarang masih belum ada penelitian terbaru yang memberikan hasil jika cara ini benar-benar efektif untuk memperkecil bibir. Oleh karena caranya cukup mudah, maka tidak ada salahnya dicoba bukan?

3. Sering Tersenyum

Apakah kamu adalah orang yang cukup jarang tersenyum? Mulai sekarang sebaiknya rutin melakukannya. Sering tersenyum nyatanya dapat membantu membuat tampilan bibir menjadi lebih tipis.

Tidak hanya itu saja, dengan rajin tersenyum wajah juga kelihatan makin cantik dan menarik. Banyak yang bilang, cara ini pun bisa membuat kamu terasa awet muda, jauh di bawah umur aslinya.

Cukup masuk akal sebetulnya karena pada dasarnya, otot yang terletak di sekitar bibir kamu akan terbiasa untuk tertarik. Artinya, banyak tersenyum akan membuat bibir menjadi lebih tipis secara alami.

4. Hindari Kebiasaan Menggigit Bibir

Punya kebiasaan menggigit bibir? Jangan lagi kamu mengulang kebiasaan ini. Biasanya orang-orang cukup sering menggigit bibir apalagi saat mulai merasa gugup. Kebiasaan ini justru bisa membuat bibir menjadi kian menebal. Untuk mendapatkan bibir kecil dan tipis, hindari kebiasaan jelek ini.

5. Hindari Menggunakan Kawat Gigi

Cara Mengecilkan Bibir
Cara Mengecilkan Bibir

Kamu mungkin punya rencana untuk memasang kawat gigi. Jika ingin mendapatkan tampilan bibir kecil, coba pertimbangkan kembali niat tersebut. Penggunaan kawat gigi dapat membuat bibir kelihatan penuh.

Pasalnya terdapat tonjolan kawat pada gigi yang akan memakan ruang lebih di dalam mulut. Namun pastinya, tanyakan dulu pada dokter gigimu. Apabila pemasangan kawat memang harus dilakukan, maka ikuti saja. Kau bisa menggunakan cara yang lain untuk membuat bibir lebih kecil.

Itu dia tadi beberapa cara mengecilkan bibir. Bisa menggunakan metode medis, kosmetik, atau mengatur ulang kebiasaan. Pilih salah satu cara, mana yang memungkinkan untuk diaplikasikan

Back to top button