Tutorial

5 Cara Membuat Makalah Di HP Menggunakan MS Word Dan WPS Office

Cara Membuat Makalah Di HP dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu Microsoft Word dan WPS Official ini. Dimana kedua aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur editing makalah yang akan memberikan hasil akhir yang berkualitas sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Dengan adanya aplikasi cara membuat makalah di hp ini, pembuatan makalah dari perangkat handphone menjadi lebih cepat, pratis, dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Sekilas Tentang Microsoft Word di Hp

Sekilas Tentang Microsoft Word di Hp
Sekilas Tentang Microsoft Word di Hp

Microsoft word merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan setiap pengguna untuk mengedit, dan mengelola dokumen, spreadsheet, dan presentasi dengan hasil akhir yang rapih.

Jika sebelumnya platform tersebut dirancang untuk pengguna perangkat laptop atau PC saja, namun seiring perkembangan teknologi kini aplikasi microsoft word sudah di rilis untuk pengguna perangkat seluler (hp).

Dengan integritas icloud, pengguna dapat menyimpan dan menyinkronkan data di berbagai perangkat. Aplikasi ini memungkinkan produktivitas yang mudah saat berpergian, memungkinkan akses mudah ke layanan Microsoft dalam genggaman,

Apakah Bisa Membuat Makalah di Hp?

Meski sudah banyak yang mengetahui hal ini, namun sampai sekarang masih banyak yang bertanya “Apakah bisa membuat makala di hp” terutama bagi pelajar, mahasiswa, pengajar, maupun kantoran.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang didesain khusus untuk membuat makalah, powerpoin, dan pdf di hp. Dimana aplikasi tersebut dapat diakses secara gratis tanpa perlu membayar.

Bukan hanya itu saja, setiap aplikasi juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan kamu untuk mengatur format penulisan sesuai dengan ketetuan makalah yang telah diminta.

Cara Membuat Makalah Di HP Menggunakan MS Word

Cara Membuat Makalah Di HP Melalui Microsoft Word
Cara Membuat Makalah Di HP Melalui Microsoft Word

Jika kamu tidak memiliki perangkat laptop namun tuntutan tugas semakin banyak, kamu bisa membuat makalah di hp dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sudah banyak digunakan.

Baca Juga :  3 Cara Mengganti Nama FF Gratis Terbaru 2024

Adapun cara membuat makalah di hp menggunakan Microsoft Word dengan metode simpel dan praktis hanya dengan beberapa langkah, silahkan ikuti panduan selengkapnya dibwah ini.

1. Unduh Aplikasi Ms Word

Langkah pertama cara membuat makalah di hp yaitu menginstall atau unduh aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store di perangkat Hp kamu. Pastikan ruang penyimpanaan kamu mencukupi agar aplikasi berhasil di dapatkan.

2. Registrasi Email

Setelah aplikasi berhasil diunduh, buat akun melalui metode yang ditawarkan seperti registrasi atau sign up email dan sign up menggunakan nomor hp maupun akun Skype.

Kamu juga bisa memilih metode login dengan mengklik Sign up later apabila tidak ingin menyamakan cara sign up dengan yang ada di laptop.

3. Buat Dokumen Baru

Langkah berikutnya setelah memiliki akun Microsoft Word, silahkan buat dokumen baru untuk membuat makalah di hp dengan mengklik ikon + yang ada di pojok kanan atas layar. Namun pastikan sudah memiliki akun Ms Word agar file yang dibuat tersimpan otomatis ke dalam aplikasi tersebut.

4. Pilih Tempat Penyimpanan

Jka isi makalah sudah selesai ditulis keseluruhan atau masih belum sepenuhnya, silahkan simpan makalah terlebih dahulu agar lebih mudah menemukannya kembali apabila sewaktu-waktu ingin mengeditnya. Untuk cara menyimpan dokumen makalah di Microsoft Word cukup mudah, klik kotak This device > Documents atau dibawah menu Create in.

5. Pilih Template Dokumen

Template word untuk menyediakan kerangka kerja atau format yang sudah ada sehingga pengguna tidak perlu memulai dari awal setiap kali membuat dokumen baru.

Selanjutnya pilih template dokumen. Apabila untuk membuat makalah, kamu bisa memilih ketas kertas kosong dengan mengklik opsi Black document.

Baca Juga :  6 Cara Top Up Ff Pakai Pulsa Smartfren Pasti Berhasil!

6. Edit Format Tulisan

Biasanya makalah memiliki format penulisan, seperti font, font size, space, dan lain sebagainya. Silahkan edit makalah sesuai format yang diminta dengan mengakses berbagai menu editing yang disediakan di bagian bawah layar secara gratis tanpa perlu bayar.

Namun makalah yang dibuat dari hp hanya bisa diedit tulisannya saja, artinya kamu tidak bisa mengubah ukuran kertas dan mengatur margin kanan kiri sesuai kriteria penulisan makalah yang diberlakukan.

7. Mulai Menulis

Jika semua format tulisan dan pengaturan lainnya sudah selesai dibuat, cara membuat makalah di hp menggunakan microsoft word sudah bisa dimulai. Tak heran jika banyak orang memutuskan untuk menulis makalah di hp dibandingkan di laptop, selain metodenya yang sangat mudah kamu juga tidak perlu ribet untuk membuka dan menutup laptop setiap kali ingin membuat makalah.

Cara Membuat Makalah di Hp Melalui WPS Office

Membuat Makalah Di HP Melalui WPS Office
Membuat Makalah Di HP Melalui WPS Office

WPS Office salah satu aplikasi poduktivitas yang menawarkan berbagai alat untuk membuat, mengedit, dan mengelola dokumen, spreadsheet, dan presentasi dengan hasil akhir yang rapih seperti membuat makalah di laptop.

Cara membuat makalah di hp menggunakan aplikasi WPS Office sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Download aplikasi WPS Office melalui Play Store atau App Store di perangkat hp kamu.
  • Login melalui metode yang disarankan, seperti lewat email.
  • Setelah berhasil masuk, klik ikon + Buat di sudut kanan layar.
  • PIlih DOC untuk membuat makalah di hp.
  • Pada dokumen baru, pilih dokumen kosong.
  • Atur format tulisan sesuai dengan yang diinginkan melalui fitur yang editing makalah yang telah tersedia dibagian bawah layar.
  • Lanjutkan menulis isi makalah .
  • Klik opsi Selesai dan pilih penyimpanan makalah.
  • Terakhir, klik Simpan.
  • Cara membuat makalah di hp melalui WPS Office berhasil dilakukan.

Cara Membuat Power Point (PPT) di Hp

Cara Membuat Power Point (PPT) di Hp
Cara Membuat Power Point (PPT) di Hp

Selain menyediakan layanan word, kedua aplikasi microsoft word dan WPS Office tersebut dilengkapi dengan fitur PPT atau biasa disebut Power Poin. Dimana fitur ini memungkinkan setiap pengguna untuk merancang kegiatan dalam bentuk presentasi.

Baca Juga :  8 Cara Login DANA Di Chrome: Mudah dan Praktis!

Untuk membuat power point di hp menggunakan aplikasi WPS Office, silahkan langsung saja ikuti panduan selengkapnya dibawah ini.

  • Pastikan kamu memiliki aplikasi WPS Office atau sudah terhubung ke platform tersebut.
  • Dihalaman utama, klik ikon + Buat di sudut kanan layar.
  • PIlih menu PPT untuk membuat presentasi dari power poin di hp.
  • Pada dokumen baru, pilih dokumen kosong.
  • Silahkan atur backgroud, slide, kotak teks, dan bentuk.
  • Mulailah untuk membuat presentasi dari power poin per slide.
  • Klik Selesai dan pilih penyimpanan.
  • Terakhir, klik Simpan.

Penting untuk diketahui, dokumen yang sudah edit dan disimpan tidak akan mempengaruhi bentuk ketika file dipindahkan ke laptop atau PC. Namun penting bagi kamu untuk mengatur ukuran tulisan agar lebih sesuai ketika slide ppt dibuka di laptop.

Keuntungan Membuat Makalah di Hp

Tak heran sampai sekarang banyak yang memilih cara membuat makalah di hp, karena proses pembuatannya sangat mudah. Selain itu, cara membuat makalah di hp banyak dilakukan karena memungkinkan akses instan ke berbagai aplikasi dan memungkinkan pengeditan revisi yang cepat ke fitur pelacakan perubahan.

Untuk mengetahui keuntungan lain membuat makalah di perangkat hp yang bisa kamu dapatkan, yaitu sebagai berikut.

Keuntungan Membuat Makalah di Hp  Penjelasan 
Portabilitas Handphone memungkinkan pengguna untuk membuat makalah dimana pun dan kapan pun mereka mau, karena pengguna tidak terikat pada lokasi tertentu seperti dekstop atau laptop.
Aksesibilitas Melalui perangkat ponsel, akses ke berbagai aplikasi produktivitas dan sumber daya online sangat mudah. Memungkinkan pengguna untuk mencari informasi, mengambil catatan, dan mengedit makalah dengan cepat.
Kemudahan Kolaborasi Hp memfasilitasi kolaborasi dengan rekan tim atau teman secara real-time melalui aplikasi seperti Google Docs dan memungkinkan pengguna untuk bekerja sama tanpa harus berkumpul bersama.
Fleksibilitas Penggunaan smartphone dalam membuat makalah memungkinkan berbagai enis input, seperti teks, gambar, atau rekaman suara, memperluas kemungkinan dalam membuat makalah yang kreatif dan menarik.
Pembaruan Langsung Dengan hp, pengguna dapat langsung menyunting atau menambahkan informasi ke dalam makalah saat mereka menemukan hal baru, tanpa perlu menunggu kembali ke komputer.

Artikel Menarik Lainnya : 6 Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad di Microsoft Word

Akhir Kata

Cara Membuat Makalah Di HP
Cara Membuat Makalah Di HP

Membuat makalah dari hp merupakan pilihan yang praktis dan efisien. Dengan aplikasi pengelola kata yang telah direkomendasikan, pengguna dapat dengan mudah menulis, mengedit, dan menyusun makalah dimana pun berada. Cara membuat makalah di hp diatas bisa kamu lakukan dengan benar untuk mendapatkan makalah yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Selamat Mencoba!

Back to top button