Tutorial

3 Cara Meliburkan Toko Di Shopee Sementara Melalui Aplikasi Dan Browser Terbaru

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Sementara dapat dilakukan melalui dua metode, yakni melalui aplikasi Shopee secara langsung dan lewat browser. Kedua metode ini memiliki sistem yang berbeda, terutama dalam mengaktifkan nya.

Dengan menutup toko sementara, seller tidak dapat lagi menjual produk atau menerima pesanan baru. Karena semua produk terdaftar di toko tidak akan bisa di klik meski gambar produk terlihat.

Apa Itu Toko Sedang Libur di Shopee?

Apa Itu Toko Sedang Libur di Shopee
Apa Itu Toko Sedang Libur di Shopee

Toko sedang libur di Shopee menyatakan bahwa toko tersebut tidak aktif sementara waktu. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa alasan, seperti pemilik toko sedang berhalangan untuk mengelola toko atau melakukan pengiriman barang karena alasan pribadi atau libur nasional.

Selama toko libur, pelanggan tidak dapat melakukan pemesanan atau berkomunikasi dengan pemilik toko hingga toko dibuka kembali.

Beberapa toko kemungkinan akan membiarkan pelanggan untuk melihat produk, namun tidak bisa melakukan transaksi hingga toko kembali aktif.

Apakah Toko di Shopee bisa Diliburkan?

Sebagai penjual yang memiliki toko di Shopee tentu kamu pernah bertanya, apakah toko di Shopee bisa di liburkan sementara? Apakah pesanan tetap masuk meski toko sudah diliburkan?

Jadi Shopee memungkinkan setiap penjual untuk meliburkan tokonya sementara hingga pengguna menonaktifkan kembali fitur toko libur tersebut. Jadi selama toko diliburkan, pembeli tidak dapat membuat pesanan.

Baca Juga :  7 Cara Menggabungkan Foto Dan Video dalam Satu Frame

Jadi, agar tidak ada pesanan yang masuk selama waktu libur pastikan sudah mengaktifkannya dan membukanya kembali setelah waktu libur sudah berakhir.

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Sementara

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Sementara
Cara Meliburkan Toko Di Shopee Sementara

Terdapat dua cara meliburkan toko si Shopee sementara, yakni melalui aplikasi Shopee secara langsung dan lewat Seller Center. Metode ini sangat mudah dilakukan, namun bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan ikuti panduan selengkapnya dibawah ini.

1. Meliburkan Toko di Shopee Melalui Aplikasi

Cara meliburkan toko di Shopee sementara dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee secara langsung dengan mudah dan praktis.

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Shopee di perangkat kamu.
  • Masuk ke menu Saya.
  • Di menu profil di atas username, klik Toko Saya.
  • Klik menu Pengaturan.
  • Pilih opsi menu Fitur Toko Libur.
  • Lalu klik Aktifkan.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi toko libur aktif.
  • Permintaan berhasil, pembeli tidak akan dapat membuat pesanan selama fitur tersebut diaktifkan.

2. Meliburkan Toko di Shopee Lewat Seller Center

Meliburkan Toko di Shopee Lewat Seller Center
Meliburkan Toko di Shopee Lewat Seller Center

Nah, selain metode diatas ada alternatif lain yang bisa dilakukan sebagai cara meliburkan toko di Shopee sementara yaitu dengan mengakses situs resmi Shopee. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

  • Akses situs resmi shopee.co.id melalui browser di hp kamu.
  • Setelah berhasil masuk ke akun, masuk ke menu Saya.
  • Klik Pengaturan.
  • Pilih Pengaturan Toko.
  • Lanjutkan mengklik Pengaturan Dasar.
  • Lalu klik menu Toko Libur.
  • Pilih opsi Aktifkan.
  • Tunggu notifikasi toko libur aktif.
  • Secara otomatis pembeli tidak akan bisa membuat pesanan di toko kamu.
Baca Juga :  10 Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa

Kenapa Toko Libur Shopee Tidak Bisa Diktifkan

Secara umum, jika fitur toko libur diaktifkan itu artinya toko yang berada di Shopee sudah tidak aktif lagi dan pembeli tidak akan bisa membuat produk yang tersedia kedalam keranjang.

Namun dalam beberapa kendala, ada penjual yang mengalami masalah seperti toko libur Shopee tidak bisa diaktifkan padahal sudah melakukan semua cara meliburkan toko di Shopee sementara diatas.

Fitur Toko Libur tidak dapat diaktifkan jika produk terdaftar dalam Promo Toko, Flash Sale Shopee, Flash Sale Toko Saya, Promo Shopee, dan Voucher yang diberikan.

Apabila beberapa atau keseluruhan produk yang terdaftar pada promosi yang disebutkan diatas, maka akan muncul pop-up yang menginformasikan penjual bahwa Fitur Toko Libur tidak dapat diaktifkan.

Cara Mengelola Pesanan Saat Toko Libur

Agar pesanan tidak terkendala, ada beberapa cara mengelola pesanan saat toko libur dengan mudah khususnya bagi para seller baru, yakni diantaranya :

Manfaatkan Pesan Otomatis

Shopee menyediakan fitur pesan otomatis yang memungkinkan penjual untuk menggunakannya selama liburan.

Agar cara meliburkan toko di Shopee sementara tidak terkendala, buatlah pesan yang jelas dan informatif, memberitahu pelanggan bahwa seller sedang dalam periode libur dan merespon pesan atau pesanan setelah libur berakhir.

Melalui pesan ini, akan membantu penjual mengelola harapan pelanggan dan memberikan mereka gambaran yang lebih jelas tentang situasi yang sedang terjadi.

Komunikasi yang Aktif

Meski cara meliburkan toko di Shopee sementara sangat mudah, penjual harus tetap aktif dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Sampaikan secara detail terkait status pesanan mereka, perkiraan pengiriman, dan ketersediaan stok.

Jika terjadi perubahan atau kendala terkait waktu yang telah diatur saat melakukan cara meliburkan toko di Shopee sementara, segera atur ulang pesan otomatis.

Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Siapkan Tim Cadangan

Apabila memungkinkan untuk dilakukan, siapkan tim cadangan yang dapat membantu mengelola pesanan selama seller sedang libur. Hal ini bertujuan untuk mengawasi proses pengiriman dan memberikan layanan pelanggan dasar.

Pastikan tim cadangan memiliki pemahaman yang baik mengenai operasional dan standar pelayanan yang diterapkan. Seller juga bisa menggunakan jasa e-commerce marketing untuk mengelola toko online saat sedang libur.

Bagaimana Cara Mengelola Pesanan dan Chat Saat Toko Libur?

Meski toko libur sementara, pastikan menghindari keterlambatan pengiriman dengan mematuhi batas waktu pengiriman yang ada dan mengelola ekspektasi pembeli menggunakan fitur Auto-Replay.

Dengan begitu pembeli dapat memiliki pengalaman berbelanja yang baik. Kamu dapat mengatur fitur ini pada Asisten Chat di menu Seller Center dengan memilih opsi Atur Sekarang pada menu Pengaturan Tokoketika mengaktifkan Fitur Toko Libur.

  • Pilih Atur Sekarang.
  • Klik Ubah di bawah standar Auto Reply.
  • Ubah pesan auto reply sesuai yang diinginkan.
  • Terakhir, klik Simpan.

Untuk menulis pesan auto replay yang benar ketika mengaktifkan fitur Toko Libur, kamu bisa menyertakan informasi atau hal-hal, seperti berapa lama toko akan libur, waktu yang dibutuhkan untuk menghubungi pembeli kembali, dan ucapan terimakasih atas ketertarikan pembeli pada produk yang di jual.

Artikel Menarik Lainnya : 9 Cara Belanja 0 Rupiah di Shopee 2024 Untuk Pengguna Baru dan Pengguna Lama

Kesimpulan

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Sementara
Cara Meliburkan Toko Di Shopee Sementara

Jadi cara meliburkan toko di Shopee sementara melalui metode diatas berhasil dilakukan apabila tidak terdapat produk terdaftar dalam Promo Toko, Flash Sale Shopee, Flash Sale Toko Saya, Promo Shopee, dan Voucher yang diberikan.

Apabila beberapa atau keseluruhan produk yang terdaftar pada promosi yang disebutkan diatas, maka akan muncul pop-up yang menginformasikan penjual bahwa Fitur Toko Libur tidak dapat diaktifkan. Saat cara meliburkan toko di Shopee sementara dilakukan, pastikan kamu juga menggunakan pesan otomatis untuk memberitahu pelanggan terkait pesanan yang sudah dibuat.

 

Back to top button